Saturday, 25 May 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

SOSIAL

Sabtu Ini ’Penggak PKK’ Sasar Karangasem, Ny. Putri Koster: Murni Swadaya Ibu-ibu PKK

BALIILU Tayang

:

de
PENGGAK PKK: Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster saat kegiatan ''Penggak PKK'' di Selat Karangasem.

Karangasem, baliilu.com – Tim Penggerak PKK Provinsi Bali bersinergi dengan TP PKK kabupaten/kota menggelar kegiatan ‘Penggak PKK’ secara bergilir di seluruh Bali. Kali ini, Sabtu (6/5-2020), kegiatan ‘Penggak PKK’ dilaksanakan di Kabupaten Karangasem, bertempat di wantilan Kantor Camat Selat.

Penggak merupakan istilah untuk tempat berjualan tidak permanen yang biasanya dibuat di depan rumah penduduk. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TP PKK provinsi dan kabupaten/kota se-Bali dalam penanganan dampak Covid-19. ‘Penggak PKK’ yang menyediakan bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, kopi, telur, lauk, sayur mayur dan bumbu-bumbuan, terselenggara dengan memanfaatkan dana secara swadaya dari jajaran pengurus TP PKK se-Bali.

Dalam setiap pelaksanaannya, bahan-bahan kebutuhan pokok yang disediakan ‘Penggak PKK’ diperuntukkan bagi 50 orang yang telah ditentukan oleh aparat desa setempat. Artinya, 50 orang tersebut adalah mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Secara lebih spesifik, kegiatan ini menyasar para lansia yang notabene masuk kelompok rentan dalam penyebaran Covid-19. Tiap orang yang sudah terdata, secara bergiliran mengambil barang-barang tersebut seperti sedang berbelanja di pasar. Namun, dalam kegiatan ‘Penggak PKK’, semuanya diberikan dengan cuma-cuma. Sejalan dengan protokol pencegahan Covid-19, pihak panitia tetap menerapkan social distancing.

de
SOSIALISASI: Ny. Putri Koster sosialisasikan pencegahan Covid-19 melalui brosur.

Terkait dengan ‘Penggak PKK’ yang kali ini digelar di Kabupaten Karangasem, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menyampaikan  kegiatan ‘Penggak PKK’ murni urunan dari ibu-ibu PKK sebagai wujud kepedulian mereka terhadap situasi prihatin yang dihadapi masyarakat sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Ada yang menyumbang beras, sayur, tempe, pindang dan lainnya. Karena ini murni dari swadaya ibu-ibu PKK, bantuan bisa diberikan lebih dari satu kali. Beda halnya dengan bantuan dari dana pemerintah yang menurut aturan hanya boleh diberikan sekali kepada setiap orang yang berhak menerima.

Baca Juga  Gubernur Koster: Pemasangan Atap Solar Panel di Area PT Indonesia Power Bali Pangkas Nilai Emisi Hingga 41T CO2

Selain bantuan dari dana swadaya, Ny. Putri Koster yang merupakan Ketua TP PKK dan Dekranasda Bali juga menyisihkan anggaran yang diperoleh untuk dua lembaga ini untuk penanganan dampak Covid-19. Hingga saat ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa 410,9 ton beras ke seluruh Bali. Selain beras, TP PKK dan Dekranasda Bali juga menyalurkan bantuan berupa 103 ribu buah masker.

Khusus untuk kegiatan ‘Penggak PKK’ di Kecamatan Selat, Ny. Putri Koster menyerahkan bantuan 1.000 buah masker yang diterima oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Selat. Dalam kegiatan ini diserahkan pula bibit tanaman seperti cabai dan terung sebagai bagian dari upaya memperkuat progam HATINYA PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman).

Ny. Putri Koster selalu merasa bersemangat hadir dalam kegiatan ‘Penggak PKK’, karena sekaligus punya kesempatan untuk bertatap muka langsung dengan nak lingsir (sebutan untuk para lansia). Melalui tatap muka, ia secara langsung mengetahui kalau masyarakat, khususnya para lansia di desa, dalam kondisi sehat.

Pada kesempatan itu, dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, Ny. Putri Koster juga menyelipkan edukasi terkait Covid-19. Menurutnya, penyakit yang menyerang sistem saluran penapasan ini disebabkan oleh virus Corona dan menular sangat cepat antarmanusia. Karena penyebarannya yang begitu cepat, virus ini sudah mewabah hampir di seluruh belahan dunia. Menurut para ahli, virus ini menular lewat cairan yang keluar saat bersin atau istilah ilmiahnya droplet.

Karena penyebarannya lewat droplet, lanjut dia, upaya pencegahan yang harus dilakukan adalah dengan disiplin menggunakan masker, menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain serta rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

Pendamping orang nomor 1 di Bali itu juga mengingatkan kalau lansia termasuk dalam kelompok rentan. Oleh sebab itu, ia minta para lansia lebih baik tetap tinggal di rumah kalau memang tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Laksanakan imbauan pemerintah agar pandemi ini segera dapat diatasi.

Baca Juga  Jadi Narasumber di Radio, Ny. Putri Koster: Pakai Masker Terbukti Efektif Kurangi Penyebaran Covid-19

“Kita tak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Oleh sebab itu kita tak bisa hanya berpangku tangan. Pemerintah juga mulai mencanangkan era new normal, artinya kita tetap harus produktif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya, menekankan.

Secara khusus, Ny. Putri Koster membagi-bagikan brosur yang berisikan informasi tentang Covid-19. Menurutnya, brosur itu dibuat secara khusus oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Silahkan dibaca-baca untuk menambah pengetahuan tentang Covid-19 dan upaya pencegahannya.

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh TP PKK Provinsi Bali yang bersinergi dengan TP PKK kabupaten/kota. Ia juga menyampaikan terima kasih karena masyarakat Karangasem, khususnya di Kecamatan Selat kebagian bantuan sembako yang disalurkan melalui kegiatan ‘Penggak PKK’.

Menurut Artha Dipa, bantuan sembako di tengah wabah Covid-19 pastinya sangat dirasakan manfaatnya oleh mereka yang menerima. Kegiatan ‘Penggak PKK’ di Kecamatan Selat dihadiri pula oleh Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana, Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem Ny. Sarini Artha Dipa dan penjabat Sekda Karangasem Gede Darmawa. (*/gs)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

Ketua K3S Denpasar Serahkan Bantuan Kursi Roda di Dentim

Published

on

By

bantuan kursi roda denpasar
SERAHKAN KURSI RODA: Ketua K3S, Ny. Antari Jaya Negara didampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, dari Dinas Sosial, dan hadir pula Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, perbekel/lurah dan kadus/kaling setempat saat penyerahan empat buah bantuan kursi roda kepada para lansia di wilayah Kecamatan Denpasar Timur, Senin (29/4). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Dinas Sosial Kota Denpasar kembali menyerahkan bantuan kursi roda kepada lansia, Senin (29/4) di Kecamatan Denpasar Timur (Dentim).

Empat lokasi kediaman para lansia di Kecamatan Denpasar Timur dikunjungi Ketua K3S, Ny. Antari Jaya Negara didampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, perbekel/lurah dan kadus/kaling setempat. Para lansia yang dikunjungi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan K3S dan Dinas Sosial Denpasar.

“Matur suksma Ibu Ketua K3S dan dari Dinas Sosial yang telah melihat kondisi kesehatan kami, serta menyerahkan bantuan kursi roda,” ujar Lansia I Nyoman Lotra yang bertempat tinggal di lingkungan Banjar Tegal Kuwalon, Sumerta Kaja.

Ia juga berharap bantuan ini dapat diberikan secara berkesinambungan kepada para lansia yang membutuhkan di Kota Denpasar.

Sementara Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan, bantuan yang diserahkan kali tidak terlepas dari peran serta pihak corporate social responsibility (CSR) yang datang dari lembaga swasta, hingga BUMN. Empat bantuan kursi roda yang diserahkan kali ini datang dari CSR PT. Nindya Karya, dan telah kami serahkan langsung kepada para penerima yakni, para lansia yang membutuhkan bantuan alat kesehatan di wilayah Kecamatan Dentim.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan pihak CSR yang telah diserahkan kepada lansia yang membutuhkan bantuan alat kesehatan di Kecamatan Dentim,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, penyerahan bantuan juga tidak terlepas dari peran serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang melaksanakan peninjauan di lapangan. Harapan kita bersama, bantuan ini dapat bermanfaat bagi para penerima untuk mendukung kegiatan sehari-hari di rumah maupun saat melaksanakan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit.

Baca Juga  Gubernur Koster Dukung Penuh Program PKK, Pastikan Anggaran PKK Naik

“Penyerahan bantuan ini juga tidak terlepas dari pelayanan Pemkot Denpasar dan pihak CSR kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Bergerak bersama dalam balutan Vasudhaiva Kutumbakam, kita semua bersaudara dan bergotong-royong dalam menangani permasalahan sosial di Kota Denpasar,” ujar Antari Jaya Negara. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Pemprov Bali Melalui BPBD Bantu Warga Kurang Mampu di Desa Sibetan

Published

on

By

bantuan pemprov bali
SERAHKAN BANTUAN: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin saat menyerahkan bantuan dana kepada warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Seperti yang dilakukan BPBD Bali yang mengunjungi warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4).

Bantuan berupa uang tunai senilai Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin kepada warga kurang mampu I Nyoman Daging, seorang buruh serabutan yang penghasilan sehari-harinya tidak menentu. Sebelumnya, ia bersama istri dan seorang anaknya tinggal bersama di rumah saudaranya. Yayasan Lentera Hati sebelumnya juga telah memberikan bantuan pembangunan berupa sebuah rumah namun sempat viral di media sosial bahwa keluarga Nyoman Daging juga membutuhkan bantuan berupa peralatan rumah tangga, seperti kasur, lemari, hingga peralatan dapur.

“Melalui pemberitaan viral itu, Bapak Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya yang melihat pun tergerak dan mengajak jajarannya untuk menyambangi langsung dan membantu Bapak Nyoman Daging dengan cara Ngrombo,” jelas I Made Rentin pagi tadi.

I Made Rentin pun berpesan agar uang yang diberikan ini dipergunakan sebaik-baiknya, sembari berharap bisa memenuhi kebutuhan mendesak lainnya di rumah baru I Nyoman Daging kelak. “Semoga Bapak Nyoman Daging sehat terus, agar bisa membangun kehidupan yang bahagia bersama keluarga kecilnya kelak,” imbuhnya.

Tak lupa, pada kesempatan pagi itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus desa khususnya Camat Bebandem dan Perbekel Desa Sibetan atas partisipasi aktifnya selama ini. Ia berpesan bahwa Pemprov Bali terus ingin berkolaborasi untuk mengurangi kemiskinan di lapangan, sehingga peran aktif aparat desa dan kecamatan terus dibutuhkan.

Baca Juga  Keluarga Jadi Klaster Baru, Rai Mantra Tekankan Disiplin Prokes dan VDJ saat di Rumah

Camat Bebandem I Gusti Ngurah Wiranata dan Perbekel Desa Sibetan I Made Beru Suryawan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Bali beserta jajaran atas kepedulian yang ditunjukkan kepada warganya. Mereka pun menyatakan komitmen akan terus berkoordinasi aktif baik dengan Pemkab Karangasem dan Pemprov Bali dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Bali.

Ucapan terima kasih juga dilontarkan I Nyoman Daging, karena bantuan ini sangat berguna baginya. Ia pun berharap, dengan bantuan pembangunan rumah serta peralatan rumah tangga, ia dan keluarga kecil bisa membuka lembaran baru yang lebih baik dalam kehidupan mereka. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Inspektorat Bareng BRIDA Bantu Dua Anak Yatim Piatu di Desa Penaban

Published

on

By

pemprov bali hadir
PEMPROV BALI HADIR: Pemerintah Provinsi Bali saat melakukan gerakan “Pemprov Bali Hadir” kepada dua anak yatim piatu di Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Salah satunya di Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/4).

Bantuan kemanusiaan “Pemprov Bali Hadir” diserahkan langsung oleh Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada, serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali I Made Gunaja didampingi Kepala Dinas Sosial dan P3A Provinsi Bali Drh. Luh Ayu Aryani kepada 2 (dua) anak yatim piatu.

Bantuan sebesar masing-masing Rp. 15.000.000,- (Lima belas juta rupiah) ini diserahkan kepada Putu Widya Ardana dan Kadek Jaya Artana, yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi biaya pendidikan.

Kakak beradik yatim piatu ini, diasuh oleh I Ketut Karang (kakek) dan Ni Nengah Sundi (nenek) sejak ayahnya meninggal belasan tahun silam dan ibunya menikah lagi.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali Bali I Made Gunaja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan motivasi dari pimpinan (Pj. Gubernur Bali) dengan program “Pemprov Bali Hadir”, untuk turut serta membantu dan peduli terhadap mereka yang kurang mampu dan membutuhkan uluran tangan. Dengan bekerja sama dan Ngrombo, semua akan terasa ringan dan dapat disentuh dengan optimal.

Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada, menambahkan bahwa bantuan Ngrombo ini adalah untuk membantu biaya pendidikan kedua anak yang yatim piatu ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya memajukan pendidikan nasional, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengenyam pendidikan seperti anak-anak lainnya untuk memiliki bekal masa depan yang lebih baik, terlebih sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar.

Baca Juga  Jelang Idul Adha, Pemkot Denpasar Siagakan Tenaga Kesehatan Hewan

Kepala Lingkungan Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Karangasem I Gede Mutarsa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali yang hadir dan memberikan perhatian terhadap warganya, terlebih dua anak yang sejak kecil sudah yatim piatu ini sangat membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak, selain juga mereka belum memiliki tempat tinggal yang layak. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca