Friday, 1 March 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Coach Teco Minati Pemain Naturalisasi dan Diaspora Timnas Indonesia untuk Gabung Bali United

BALIILU Tayang

:

bali united
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. (Foto: Hms Bali United)

Gianyar, baliilu.com – Pelatih Bali United, Stefano Cugurra mengaku tidak menutup kemungkinan para pemain Timnas Indonesia yang tampil di Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu bisa menjadi bagian skuadnya di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Coach Teco usai Timnas Indonesia terhenti langkah mereka di babak 16 besar Piala Asia 2023 hari Minggu (28/1) lalu.

Seperti yang diketahui, komposisi skuad Garuda pilihan Shin Tae-yong ini adalah komposisi dari beberapa pemain yang bermain di Liga 1, Naturalisasi dan Diaspora untuk Timnas Indonesia.

Naturalisasi sendiri terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok pertama adalah mereka yang memiliki darah Indonesia seperti Jordi Amat, Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama dari garis keturunan atasnya.

Kelompok kedua naturalisasi adalah mereka yang tidak memiliki darah keturunan Indonesia tetapi sudah menetap di atas lima tahun di Indonesia seperti legenda Indonesia Cristian Gonzales, Esteban Vizcarra, Victor Igbonefo, dan Bio Paulin.

Marc Klok juga bisa terbilang kelompok kedua karena berkas yang menyatakan dirinya memiliki darah keturunan Indonesia belum mampu dibuktikan.

Sementara pengertian diaspora sendiri adalah mereka yang meninggalkan Indonesia untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan dalam mengembangkan karier mereka.

Bisa dilihat dari karier Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan yang bermain sepak bola di luar negeri. Elkan Baggot juga bisa terbilang diaspora sebab ia telah memilih WNI dengan usia yang sesuai dan memiliki kewarganegaraan ganda terbatas.

Jika melihat perjalanan skuad Merah Putih di Piala Asia 2023, mayoritas skuad asuhannya yang diturunkan adalah mereka yang Naturalisasi dan Diaspora.

Beberapa pemain yang bermain di Liga 1 seperti Ernando Ari, Rizky Ridho, Egy Maulana, Yakob Sayuri, dan Witan Sulaeman kerap menjadi andalan.

Baca Juga  Berjuang Maksimal Hadapi Persik Kediri, Irifan Jaya Sebut Faktor Keberuntungan Belum Berpihak pada Bali United

Sementara beberapa pemain naturalisasi seperti Jordi Amat, Ivar Jenner, Sandy Walsh, Rafael Struick dan juga Shayne Pattynama kerap menjadi pilihan utama. Mereka kerap berduet dengan pemain diaspora seperti Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggot dan Marselino Ferdinan.

Coach Teco yang masih menjadi nahkoda tim Bali United ini memuji kualitas semua pemain di Timnas Indonesia. “Semua pemain memiliki kualitas dan bagus bersama Timnas Indonesia. Menurut saya bukan yang hanya pemain naturalisasi saja, semua yang diberikan kepercayaan membantu Timnas memiliki kualitas di lapangan,” ungkap Coach Teco yang dikutip dari laman baliutd.com

Usai memuji anak asuh dari pelatih asal Korea Selatan itu, Coach Teco juga tidak menampik kemungkinan bila para pemain Indonesia itu suatu saat nanti akan bergabung ke klub asal pulau dewata ini.

“Hal ini harus diketahui lebih dulu pemain bersangkutan sudah selesai kontrak atau belum dengan tim sebelumnya. Lalu pemain tersebut juga ingin main di Bali United atau tidak. Dan terakhir adalah perlu tahu dari manajemen punya budget untuk bayar pemain berapa. Saya pikir apapun bisa terjadi di sepak bola,” terang Coach Teco.

Saat ini Bali United sendiri juga memiliki beberapa pemain berlabel Timnas Indonesia dan juga naturalisasi yang tidak dipanggil Coach Shin Tae-yong menjadi bagian dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Sebut saja seperti Ricky Fajrin, Muhammad Ridho, Kadek Arel, Irfan Jaya, Yabes Roni, dan Ilija Spasojevic.

Saat ini fokus utama pasukan Serdadu Tridatu sendiri mempersiapkan timnya jelang lanjutan pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/24 awal Februari mendatang. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan

OLAHRAGA

Lepas Atlet FORKI, Ketua DPRD Badung Harapkan Kembali Bawa Medali ke Badung

Published

on

By

parwata
SERAHKAN BANTUAN: Ketua DPRD Kabupaten Badung Dr. Drs. Putu Parwata MK, M.M. menyerahkan bantuan dana usai melepas atlet FORKI Badung yang akan bertanding di Kejuaraan Ketua PB FORKI, di rumah kediamannya Jalan Panji Dalung Badung, Jumat (1/3/2024). (Foto: gs)

Badung, baliilu.com – Ketua DPRD Kabupaten Badung Dr. Drs. Putu Parwata MK, M.M. sekaligus sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kabupaten Badung pada Jumat, 1 Maret 2024 melepas Tim FORKI Badung terdiri dari 12 atlet dan 1 orang pelatih yang akan bertanding di Kejuaraan Ketua PB FORKI, di rumah kediamannya Jalan Panji Dalung Badung.

Selaku Ketua Umum FORKI Badung, Putu Parwata mengapresiasi dan mendukung atlet FORKI Badung yang akan bertarung di Kejuaraan Ketua PB FORKI di Tangerang Banten pada 6-8 Maret 2024. ‘‘Atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kami atas nama FORKI Badung melepas atlet yang akan dikirim mengikuti pertandingan di FORKI Pusat, semoga semuanya sukses dan kembali membawa medali ke Badung,‘‘ ucap Parwata kepada media.

Karena itu, sebelum melepas keberangkatan, pihaknya memberikan motivasi dan restu supaya olahraga karate ini betul-betul bisa mewarnai cabang olahraga di Badung.

‘‘Kami memberikan perhatian khusus kepada seluruh atlet yang ada di Badung ini dan sekarang mendorong 12 atlet untuk berlaga. Karena itu kami sudah memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh atlet dan kepada seluruh pelatih untuk betul-betul menjaga anak-anak agar memiliki satu prestasi yang bagus, mental yang kuat, fisik yang kuat, pikiran yang kuat, sportif dan punya spirit untuk menang dalam pertarungan,‘‘ ujar Parwata.

Parwata lanjut meminta para atlet agar memiliki jiwa yang betul-betul bertarung dalam kondisi fit sehingga bisa meraih prestasi. Ia berharap atlet FORKI Badung pulang dari Jakarta minimal membawa satu medali emas dan prestasi lainnya. Jadi kita dorong dan dukung semaksimal mungkin mendapatkan juara.

Baca Juga  Berjuang Maksimal Hadapi Persik Kediri, Irifan Jaya Sebut Faktor Keberuntungan Belum Berpihak pada Bali United

‘‘Jadi saya kasi bekal tambahan 10 juta. Sekali lagi jangan dilihat itunya, tapi dorongan dari FORKI Badung turut terus menggelora untuk atlet-atlet kita di Badung khususnya di FORKI Badung,‘‘ ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum FORKI Badung I Ketut Murti mengatakan dari pengurus dan pelatih menargetkan atlet FORKI Badung minimal mendapat satu medali emas untuk bisa dibawa ke Kabupaten Badung. Terget 1 medali emas karena persaingan yang cukup ketat di kancah nasional ini. ‘’Jadi harapan kami atlet-atlet yang berangkat nantinya bisa mewakili Indonesia di kejuaraan asia maupun internasional lainnya,’’ ujarnya.

Target medali emas ini, kata Murti diharapkan datang dari kelas komite 66 kg putri. Namun ada juga peluang yang lain di kata dan juga di komite putra. Tim FORKI Badung akan memberangkatkan 12 atlet dan 1 orang pelatih. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Unggul 2 Gol Babak Pertama, Bali United Tutup Kemenangan 3-2 atas Persis Solo

Published

on

By

bali united persis solo
RAIH KEMENANGAN: Bali United sukses meraih kemenangan 3-2 atas tamunya Persis Solo pada pekan ke-26 BRI Liga 1 2023/24 hari Kamis (29/2) malam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. (Foto: Hms Baliutd)

Gianyar, baliilu.com – Bali United sukses meraih kemenangan 3-2 atas tamunya Persis Solo pada pekan ke-26 BRI Liga 1 2023/24 hari Kamis (29/2) malam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Unggul dua gol di babak pertama melalui dua jebolan Bali United Youth, skuad Serdadu Tridatu akhirnya berhasil meraih kemenangan atas Laskar Sambernyawa.

Tiga gol Bali United terjadi melalui sepakan Gede Sunu menit 22, Made Andhika Wijaya menit 40 dan Rahmat pada menit 81.

Persis Solo juga sempat mengejar di babak kedua melalui Moussa Sidibe menit 48 dan Ramadhan Sananta di pengujung babak kedua.

Peluang terbuka Bali United pada sudah terjadi pada menit 2 melalui tembakan mendatar Andhika yang mengarah ke gawang lawan dan masih mampu diamankan Gianluca. Pada menit 10, Althaf Indie melepaskan tembakan keras yang berhasil ditangkis Adilson Maringa.

Gol pertama pun tercipta melalui Gede Sunu memanfaatkan bola rebound pada menit 22 dari luar kotak penalti. Tendangan keras mendatar Gede Sunu berhasil menghujam sudut kanan gawang Persis Solo. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Gol kedua terjadi melalui Made Andhika Wijaya pada menit 40 memanfaatkan bola rebound. Skema yang sama seperti gol pertama, Andhika Wijaya berhasil menggandakan keunggulan bagi Serdadu Tridatu. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan dua gol dari tuan rumah atas tamunya.

Memasuki babak kedua, Persis Solo memperkecil keadaan melalui umpan pemain pengganti, Eky Taufik yang disambut Moussa Sidibe menit 47. Skor 2-1 bagi kedua tim yang masih dipimpin Bali United.

Pada menit 52, Gede Sunu ditarik keluar dengan masuknya Sidik Saimima dan Irfan Jaya digantikan Rahmat. Pada menit 59, Rashid melepaskan set piece tendangan bebas depan kotak penalti namun masih melebar. Pada menit 70, giliran Privat Mbarga melepaskan tembakan keras dalam kotak penalti yang belum berbuah gol kembali bagi Bali United.

Baca Juga  Ini Alasan di Balik Kekalahan Tipis Bali United Atas Tuan Rumah Persik Kediri

Sembilan menit kemudian, Andhika Wijaya dan Privat Mbarga ditarik keluar dengan masuknya Ardi Idrus dan Yabes Roni. Pergantian ini memberikan kekuatan baru di sisi winger Bali United. Akhirnya Bali United memperlebar jarak gol jelang memasuki menit di atas 80.

Gol ketiga Bali United terjadi pada menit 81 melalui Rahmat memanfaatkan umpan lambung Rashid yang berhasil mengecoh pemain belakang dan penjaga gawang Persis.

Tertinggal interval dua gol, Persis kembali memperkecil keadaan melalui Ramadhan Sananta di pengujung babak kedua. Bali United pun menutup kemenangan 3-2 atas tamunya Persis Solo pekan ke-26 ini.

Berkat raihan 3 poin malam ini, Bali United naik ke peringkat 3 dengan perolehan 45 poin dari 26 pekan pertandingan.

“Kami tahu Persis Solo datang ke sini (Bali) dengan hasil positif di beberapa pertandingan mereka terakhir. Untuk itu kami berusaha dan kerja keras di pertandingan hingga akhirnya bisa unggul 2 gol di babak pertama melalui Sunu dan Andhika. Memasuki babak kedua, kami mencoba masukan Rahmat yang bisa memperlebar jarak gol. Mereka (Persis) juga mengejar dengan mencetak gol tetapi pertandingan sudah selesai dan kami bisa meraih kemenangan,” ungkap pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra.

Hasil ini membuat Bali United merangkak satu peringkat ke posisi ketiga menyamai poin dari Persib Bandung.

“Kami bersyukur atas hasil kemenangan ini karena bisa tetap berada di posisi empat besar. Kami berada di atas di posisi ketiga dengan poin sama dengan Persib Bandung,” tutup Coach Teco. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Terima FIFA Chief Member Associations Officer, Erick Thohir Paparkan Transformasi Sepak Bola Indonesia

Published

on

By

rapat fifa indonesia
TERIMA FIFA: Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menerima FIFA Chief Member Associations Officer, Kenny Jean-Marie dan delegasi FIFA Asia-Oceania pada Selasa (27/2) di Kantor FIFA Indonesia. (Foto: Hms pssi.org)

Jakarta, baliilu.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menerima FIFA Chief Member Associations Officer, Kenny Jean-Marie dan delegasi FIFA Asia-Oceania pada Selasa (27/2) di Kantor FIFA Indonesia. Mereka mengadakan rapat strategis tahunan di Kantor FIFA Indonesia.

Pada kesempatan ini, Erick diminta memaparkan progres transformasi sepak bola yang sudah dilakukan selama satu tahun terakhir. Mereka juga memastikan akan mengawal transformasi sepak bola Indonesia.

Sejumlah transformasi sepak bola Indonesia yang telah dilakukannya PSSI antara lain membenahi manajemen keamanan pertandingan. Dimulai dari pembekalan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan pertandingan sepak bola.

Selain itu renovasi sejumlah stadion menuju standar keamanan sesuai masukan FIFA agar tidak terjadi lagi tragedi memilukan dalam sepak bola Indonesia seperti tragedi Kanjuruhan Malang.

Erick juga merangkul suporter sepak bola Indonesia dengan lebih intensif melakukan komunikasi dan menggelar pertemuan antarperwakilan suporter sepak bola. Untuk mendapatkan masukan dari pemain ke-12 dalam sepak bola ini. Bahkan PSSI membentuk Komite ad hoc suporter.

Erick juga menyampaikan untuk memperbaiki kualitas liga perbaikan kualitas wasit, mulai dari memberikan penataran serta memerhatikan kesejahteraan mereka. Persiapan penerapan video assistant referre (VAR) yang rencananya akan diterapkan dalam championship series.

Erick juga mengungkapkan upaya memberantas mafia sepak bola Indonesia tak sekadar slogan. Dengan membentuk satgas Anti-Mafia Sepak Bola dan menggandeng kepolisian maupun dari perwakilan masyarakat. Hasilnya sudah ada pelaku yang mendapat sanksi, bahkan hukuman penjara.

Sepak bola putri tak lepas dari perhatian Erick yang bertekad membentuk timnas putri yang tangguh dengan mendatangkan pelatih dari Jepang, yakni Satoru Mochizuki. Serta ke depannya akan menggelar kompetisi sepak bola putri dimulai dari usia 15-17 tahun. (gs/bi)

Baca Juga  Bali United dan Disdikpora Bali Kembali Lanjutkan ‘’Coaching Clinic’’ Guru Olahraga Se-Bali di TC Purnama

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca