Connect with us

KESEHATAN

Kecamatan Kuta Jadi Prioritas Vaksinasi setelah Tuntaskan di Zona Hijau

BALIILU Tayang

:

de
Wabup Suiasa saat bertatap muka terkait vaksinasi dengan para lurah, bendesa adat, kepala lingkungan se-Kecamatan Kuta dan UPT Disdikpora Kecamatan Kuta, di Kantor Camat Kuta, Kamis (1/4).

Badung, baliilu.com – Pemkab Badung saat ini sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi Covid-19. Setelah nanti dapat menuntaskan vaksinasi bagi masyarakat di wilayah zona hijau, selanjutnya vaksinasi akan diprioritaskan dan difokuskan untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Kuta.

“Kami pemerintah daerah berkomitmen, setelah 80 persen masyarakat di zona hijau menerima vaksin, sebanyak 10 tim vaksinasi akan kami arahkan ke Kuta dan dibagi untuk masing-masing kelurahan, sehingga mempercepat jalannya vaksinasi dan terciptanya zona hijau di Kuta,” tegas Wabup Suiasa saat bertatap muka terkait vaksinasi dengan para lurah, bendesa adat, kepala lingkungan se-Kecamatan Kuta dan UPT Disdikpora Kecamatan Kuta, di ruang pertemuan Kantor Camat Kuta, Kamis (1/4).

Pertemuan tersebut dihadiri anggota DPRD Badung dapil Kuta I Gst. Anom Gumanti, Kadis Kesehatan dr. I Nyoman Gunarta dan Camat Kuta I Nyoman Rudiarta.

Wabup Suiasa menyampaikan, guna mempercepat bangkitnya pariwisata dan perekonomian di Bali serta Badung khususnya di masa pandemi, Pemerintah Pusat telah menetapkan wilayah zona hijau untuk Bali. Di Badung ada 4 (empat) kelurahan sebagai zona hijau yaitu Kelurahan Tanjung Benoa, Kelurahan Benoa, Kelurahan Jimbaran di Kecamatan Kuta Selatan serta Kelurahan Tuban di Kecamatan Kuta. Bila zona hijau sudah selesai divaksin, pemerintah pusat akan mulai merintis dibukanya pariwisata MICE seperti pertemuan-pertemuan internasional diselenggarakan di Bali, serta membuat program work from Bali, dimana kementerian dan lembaga membuat kegiatan di Bali untuk mempromosikan Bali aman. “Ini menjadi skenario untuk membangun kepercayaan internasional bila Bali itu aman,” jelasnya. 

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini vaksinasi di empat zona hijau sedang berjalan, dengan memaksimalkan 56 tim. Begitu pula vaksinasi oleh tim reguler di masing-masing puskesmas dan rumah sakit juga tetap dilakukan. Bila vaksinasi di zona hijau sudah 80 persen, tim akan diarahkan ke wilayah Kuta. Demi lancarnya vaksinasi, Wabup Suiasa mohon dukungan dan fasilitasi dari camat, lurah, bendesa maupun kaling untuk menyiapkan sarana prasarana pendukung dari petugas vaksinasi seperti laptop, printer, kursi dan meja.

Di bagian lain, Suiasa juga menyampaikan terkait akan dibukanya Pembelajaran Tatap Muka (PTM), yang akan dimulai di sekolah di Kecamatan Petang yang sebagian besar wilayahnya sudah zona hijau. Saat ini Satgas Covid-19 Kecamatan Petang masih melakukan kajian dan meminta persetujuan ortu murid. “Petang kita akan jadikan contoh penerapan PTM. Bila sudah berjalan baik, akan dilanjutkan ke sekolah lain,” tambahnya. 

Sementara itu, Anggota DPRD Badung Gst. Amon Gumanti, mengajak para lurah, bendesa adat dan kaling di Kecamatan Kuta untuk bersatu dan bersama-sama mensosialisasikan vaksinasi ini. “Karena tidak ada alasan lain kecuali seluruh masyarakat Kuta sudah divaksin, itu bukti otentik yang kita bisa setorkan ke pusat untuk membuka zona hijau di Kuta,” jelasnya. Ia juga mengharapkan bersama-sama membantu petugas medis untuk melakukan vaksinasi sebaik-baiknya. Ditambahkan, demi lancarnya vaksinasi, pihaknya juga minta camat agar diskemakan tempat vaksinasi agar masyarakat lebih mudah menjangkaunya. Bila tidak ada tempat yang representatif agar dapat bekerjasama dengan pihak pengusaha terutama pemilik hotel. 

Camat Kuta I Nyoman Rudiarta menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi green zona tahap I untuk Kelurahan Tuban sudah berjalan selama 8 hari. Ada 4 titik vaksinasi yaitu di Br. Kelan Abian, vaksinasi sudah dilaksanakan dengan jumlah sasaran 1.578 dan hingga hari ini (kemarin-red) sudah menerima vaksin 1.576 dan akan dilakukan lagi hari Sabtu sebanyak 250 sasaran. Sehingga melebihi target kurang lebih 110 persen. Br. Kelan Desa dari 1.246 sasaran, yang tervaksin sudah 1.708 sasaran, ada penambahan 400, pencapaian sekitar 120 persen. Br. Tuban Griya jumlah 7.600 sasaran, baru divaksin ada 2.650. Untuk itu kegiatan vaksinasi masih berjalan 8 hari kedepan. 

Sedangkan di Br. Pesalakan sasarannya 5.000, baru divaksin 1.812, masih berlanjut 6 hari ke depan. Khusus untuk petugas pelayanan publik dan lansia masih tetap berlanjut. Dimana Puskesmas Kuta II yang mewilayahi Legian dan Seminyak sudah mencapai 1.916 orang, dan di Puskesmas Kuta I yang pelayanan vaksinasi dipindahkan ke Gedung Lotring sudah 2.900 sasaran. Pihaknya juga berharap guru-guru menjadi prioritas vaksinasi guna mengantisipasi dibukanya pembelajaran tatap muka. “Kami dan masyarakat Kuta sangat berharap green zona yang sudah dilakukan di Tuban bisa dilanjutkan di wilayah lainnya di Kecamatan Kuta,” imbuhnya. (bt)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KESEHATAN

Wabup Suiasa Tinjau Vaksinasi di Discovery Shopping Mall, Wantilan Palguna Kedonganan dan Banjar Pasek Kedonganan

Published

on

By

de
Wabup Suiasa saat melakukan pemantauan vaksinasi di Discovery Shoping Mall Kuta, Wantilan Palguna Kedonganan dan Banjar Pasek Kelurahan Kedonganan Kecamatan Kuta, Jumat (9/4).

Badung, baliilu.com – Untuk memastikan target yang ditentukan dan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan lancar, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa terus melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh pelaku pariwisata dan masyarakat.

Kali ini pemantauan dilaksanakan di tiga tempat yakni di Discovery Shopping Mall Kuta, Wantilan Palguna Kedonganan, dan Banjar Pasek Kelurahan Kedonganan Kecamatan Kuta, Jumat (9/4).

Kegiatan ini juga dihadiri anggota DPRD I Gusti Anom Gumanti, Luh Gede Mediastuti, Direktur Utama Discovery Shopping Mall Richard Karwelo beserta staf, Kadis Kesehatan dr. I Nyoman Gunarta, Camat Kuta I Nyoman Rudiarta bersama Sekcam I Made Agus Suantara, Lurah Kedonganan I Kadek Laksana serta tokoh masyarakat setempat.

Wabup Suiasa pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa Pemkab Badung saat ini sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi guna mempercepat dan menuntaskan vaksinasi Covid-19. Hal ini dilaksanakan guna mempercepat bangkitnya pariwisata dan perekonomian di Bali serta Badung di masa pandemi ini. “Pemkab Badung sudah berkomitmen menuntaskan pelaksanaan vaksinasi di wilayah khususnya di daerah pariwisata serta pelaksanaan vaksinasi untuk memperluas zona hijau,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Suiasa menyampaikan, target warga yang harus divaksin setiap harinya kurang lebih 300 orang dan melihat antusias masyarakat yang datang ke tempat vaksinasi, pihaknya yakin target pasti akan terpenuhi. “Saya mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang begitu antusias berpartisipasi aktif dalam kegiatan vaksinasi ini. Dengan antusiasme masyarakat ini, saya yakin target warga yang divaksin setiap hari akan terpenuhi,” katanya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi ini, Wabup Suiasa mengatakan telah menjalin kerjasama dengan pihak Discovery Shopping Mall serta sangat mengapresiasi karena pelaksanaannya sangat luar biasa, tertata rapi dan pasti dijamin prosesnya berjalan dengan baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Tempat ini memang benar-benar representatif, kegiatan ini kami rancang dalam rangka untuk mempercepat proses terbentuknya herd immunity khususnya di Kuta karena kita sadar betul bahwa Kuta ini adalah sentral dari pariwisata kita dan diharapkan semakin cepat herd immunity tercipta untuk masyarakat Kuta ini maka pariwisata ini juga akan cepat dibuka,” ujarnya.

Untuk itu, Suiasa berharap sebelum Galungan ini semua masyarakat Kuta sudah tervaksinasi, sehingga dengan demikian target sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada bulan Juni atau Juli pariwisata Bali sudah dibuka. “Kita bangun kepercayaan publik masyarakat mancanegara atau sektor pariwisata kalau mereka datang ke Bali merasa aman dan nyaman, tidak ada keragu-raguan dan rasa khawatir. Inilah yang kita akan wujudkan dan tugas kita sekarang adalah ikuti vaksin, taati prokes, serta kami dari pemerintah tidak akan bisa berbuat sendiri,” pungkasnya seraya berharap demi suksesnya pelaksanaan vaksinasi ini dibutuhkan sinergi dan koordinasi semua pihak. (bt)

Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Kodim Tabanan Gelar Vaksinasi bagi Veteran, Purnawirawan dan Warakawuri

Published

on

By

de
Vaksinasi kepada para veteran di Kodim Tabanan

Tabanan, baliilu.com – Dalam rangka membentuk herd immunity untuk mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 di wilayah Tabanan, jajaran Kodim 1619/Tabanan kembali menggelar kegiatan vaksinasi.

Setelah melaksanakan vaksinasi terhadap seluruh personel militer dan PNS Kodim Tabanan, saat ini jajaran Kodim menggelar kembali kegiatan vaksinasi terhadap para veteran, purnawirawan dan warakawuri di wilayah Kodim Tabanan.

Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf. Dewa Putu Oka, seizin Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto mengatakan kegiatan vaksinasi terhadap para veteran, purnawirawan dan warakawuri tersebut, Kamis (8/4/2021) di Tabanan.

“Pada vaksinasi tahap pertama akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu Kamis (8/4) dan Jumat (9/4) di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau FKTP Klinik Rindam IX/Udayana. Target peserta sekitar 90 orang. Untuk vaksinasi Kamis ini telah divaksin 63 orang terdiri dari veteran 19 orang, warakawuri 3 orang dan purnawirawan 41 orang, sedangkan sisanya sekitar 27 orang akan dilaksanakan Jumat,” terang Kasdim.

Kasdim menjelaskan program vaksinasi ini merupakan program atau menindaklanjuti perintah dari komando atas yang merupakan wujud perhatian TNI terhadap para veteran, warakawuri dan purnawirawan seiring dengan pelaksanaan vaksin terhadap lansia dan masyarakat yang juga telah mendapat vaksinasi dari pemerintah.

Para veteran, warakawuri dan purnawirawan ini telah lebih dahulu memberikan amal baktinya kepada TNI dan negara, maka sudah sepantasnyalah kita memberikan perhatian sebagai wujud penghargaan atas segala amal baktinya tersebut.

“Di masa pandemi ini para veteran, warakawuri dan purnawirawan sudah banyak yang lanjut usia dan dianggap perlu untuk mendapkan vaksinasi karena termasuk golongan yang rentan terhadap Covid-19,” lanjut Mayor Dewa.

Kita berharap dengan dilaksanakannya vaksinasi ini para veteran, warakawuri dan purnawirawan akan tetap sehat, produktif dan kekebalan tubuhnya meningkat sehingga terhindar dari penyebaran Covid-19 dan terbentuknya herd immunity.

Salah seorang veteran yang hadir mengatakan cukup senang dan antusias terhadap program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Kodim Tabanan dan merasa mendapat perhatian di usianya yang telah senja.

Kegiatan vaksinasi oleh petugas FKTP Klinik Rindam IX/Udayana dipimpin dr. Karta Sawenda, ditinjau langsung oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto. (gs)

Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Suiasa Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Beachwalk dan Legian Beach Hotel

Published

on

By

de
Wabup Suiasa saat melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh pelaku pariwisata dan masyarakat di Beachwalk dan Legian Beach Hotel, Kamis (8/4).

Badung, baliilu.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh pelaku pariwisata dan masyarakat yang dilaksanakan di Beachwalk dan Legian Beach Hotel, Kamis (8/4). Acara ini juga dihadiri Anggota DPRD A A Anom Gumanti, Kadis Kesehatan dr. I Nyoman Gunarta, Kasatpol PP IGAK Suryanegara, Camat Kuta Nyoma, Rudiarta, Lurah Kuta dan Lurah Legian.

Wabup Suiasa pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemkab Badung saat ini sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi guna mempercepat dan menuntaskan vaksinasi Covid-19. Hal ini dilaksanakan guna mempercepat bangkitnya pariwisata dan perekonomian di Bali serta Badung di masa pandemi ini. “Pemkab Badung sudah berkomitmen menuntaskan pelaksanaan vaksinasi di wilayah khususnya di daerah pariwisata serta pelaksanaan vaksinasi memperluas zona hijau,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Suiasa mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang sudah mendukung vaksinasi ini dan memberikan apresiasi, mudah- mudahan dengan vaksinasi ini bisa memperluas kepercayaan kepada publik khususnya wisatawan asing bahwa di Bali ini khususnya Badung merasa aman saat pariwisata dibuka kembali. Untuk di wilayah Kuta ini diturunkan 26 tim, pihaknya akan terus mendorong vaksinasi di luar zona hijau ini agar bisa berjalan maksimal dan sesuai yang diharapkan, sehingga kasus positif Covid-19 ini bisa menurun dan nantinya diharapkan bisa menjadi zona hijau.

“Untuk pencapaian zona hijau khususnya di Kuta sangat kita harapkan bersama karena dengan diberikan vaksinasi kepada seluruh masyarakat dan pelaku pariwisata di Kuta dan Badung, tentunya akan memberikan kepercayaan diri dan akan membuat herd immunity. Sekali lagi mari kita bersama sama dan bersinergi kepada seluruh elemen dan jajaran yang ada guna mensukseskan vaksinasi ini, serta mari sama- sama melakukan pengawasan dan kontrol terhadap vaksinasi sehingga prosesnya berjalan sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.(bt)

Lanjutkan Membaca