Connect with us

KESEHATAN

Memasuki Era Baru, Bali Dicanangkan Segera Bebas Rabies

BALIILU Tayang

:

de
HRS: Hari Rabies Sedunia (HRS) yang jatuh setiap 28 September, diperingati di Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, dengan kegiatan vaksinasi, strerilisasi, Selasa (28/9/2021).

Karangasem, baliilu.com – Hari Rabies Sedunia (HRS) yang jatuh setiap 28 September, diperingati di Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Selasa (28/9/2021). Selain dijadikan momentum pencanangan Bali bebas rabies, peringatan HRS 2021 juga dirangkai dengan Pengukuhan Relawan Pengendalian Rabies Desa Jungutan, vaksinasi rabies serta depopulasi melalui  sterilisasi anjing di Desa Jungutan. Jungutan dipilih sebagai lokasi peringatan HRS karena desa ini sempat mengalami kasus rabies yang cukup tinggi dan berulang-ulang.

Vaksinasi massal yang dilaksanakan di Banjar Adat Mumbul Desa Jungutan melibatkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Karangasem, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Diskominfos Provinsi Bali, Satpol PP Provinsi Bali, BPBD Provinsi Bali, Camat Bebandem dan Perbekel Desa Jungutan.

Kepala Bidang Keswanvet Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali drh. I Made Candra yang ditemui di lokasi vaksinasi menyampaikan, kegiatan yang difasilitasi oleh Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) ini dilatarbelakangi tingginya tingkat populasi anjing di Provinsi Bali. Di mana, setiap keluarga di Bali rata-rata memiliki 1 sampai 2 ekor anjing. Dari data yang diperoleh, populasi anjing di Bali mencapai 74.000 ekor dan tercatat baru 64.000 ekor yang divaksin rabies.

Lebih jauh Candra mengungkapkan, guna mencegah berulangnya kembali melonjaknya kasus rabies di Bali yang berbuah travel warning seperti beberapa tahun silam, Pemprov Bali bersinergi dengan OPD terkait di kabupaten/kota terus menggalakkan vaksinasi rabies. Agar lebih efektif, Pemprov juga melibatkan tim relawan yang melakukan vaksinasi ke rumah-rumah dan depopulasi dengan cara sterilisasi. Kegiatan vaksinasi massal kali ini disambut antusias oleh masyarakat setempat dengan membawa langsung anjing-anjing kesayangan mereka ke tempat vaksinasi.

Candra menambahkan, vaksinasi rabies massal ini juga merupakan perwujudan dan keselarasan terhadap konsep Bali Era Baru dalam upaya mengantisipasi maupun menghadapi munculnya permasalahan dan tantangan baru dalam tataran lokal, nasional, dan global yang akan berdampak secara positif maupun negatif terhadap kondisi Bali di masa yang akan datang. (gs)

Advertisements
de

de
Advertisements
de
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KESEHATAN

Sambut HUT Ke-71, IDI Cabang Denpasar Laksanakan Bhakti Sosial Kesehatan

Published

on

By

eka
BHAKTI SOSIAL: Sambut HUT Ke-71, IDI Cabang Denpasar laksanakan bhakti sosial kesehatan, Minggu (24/10).

Denpasar, baliilu.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-71 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Denpasar, dilaksanakan Gebyar Bhakti Sosial Kesehatan. Dalam kegiatan tersebut IDI Cabang Denpasar bersinergi dengan mahasiswa S3 Universitas Udayana Angkatan Nawasena menyasar lansia Banjar Kertha Bhuwana, Desa Dangin Puri Kangin, Minggu (24/10).

Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, I Wayan Sulatra mengatakan, kegiatan Gebyar Bhakti Sosial Kesehatan ini merupakan salah satu program dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-71 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Denpasar.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan di Banjar Kertha Bhuwana dengan menyasar 25 orang lansia serta melaksanakan pengecekan kesehatan seperti cek tensi, THT, mata, kulit, tulang, dan cek keseimbangan kepada Karang Lansia Rahayu Desa Dangin Puri Kangin. Tak hanya pelaksanaan pengecekan kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Denpasar juga melaksanakan pembagian sembako kepada warga masyarakat,” ujar Wayan Sulatra.

“Kami selaku Perbekel Desa Dangin Puri Kangin mengucapkan terimakasih kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Denpasar serta instansi terkait lainnya yang turut serta membantu dalam kegiatan sosial kesehatan ini. Dan kami berharap ke depanya agar kegiatan bhakti sosial kesehatan ini dapat terus berlanjut. Tak hanya pengecekan kesehatan, agar ke depannya juga dilaksanakan penyuluhan dalam menjaga kesehatan, sehingga lansia dan masyarakat lainnya dapat meningkatkan kualitas kesehatannya,” pungkas Wayan Sulatra. (eka/hd)

Advertisements
de

de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Distan Denpasar Genjot Vaksinasi Hewan Penular Rabies, Pelayanan Setiap Hari Kerja

Published

on

By

eka
KASTRASI: Pelaksanaan kastrasi di Kantor Dinas Pertanian Kota Denpasar, beberapa waktu lalu.

Denpasar, baliilu.com – Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian kembali melaksanakan vaksinasi rabies bagi Hewan Penular Rabies (HPR). Kegiatan yang bertujuan untuk memastikan kesehatan HPR ini dilaksanakan setiap hari kerja di Kantor Dinas Pertanian Kota Denpasar, Jalan A Yani.

Kabid Kesehatan Hewan Distan Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri saat dikonfirmasi Minggu (24/10) menjelaskan, vaksinasi HPR ini dilaksanakan dengan harapan dapat mendukung terciptanya kesehatan hewan berkelanjutan di Kota Denpasar. “Vaksinasi Rabies ini dilaksanakan untuk memastikan kesehatan HPR dan bebas rabies di Kota Denpasar,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, hingga saat ini pelayanan vaksinasi rabies bagi HPR seperti anjing, kucing, dan kera/monyet masih dilaksanakan secara rutin. Hal ini dilaksanakan guna mendukung pelayanan vaksinasi untuk kesehatan HPR dapat diberikan secara maksimal.

“Jadi kami khususkan bagi HPR yang pemiliknya adalah masyarakat Kota Denpasar, dan yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi rabies gratis dapat menghubungi Distan Kota Denpasar Bidang Kesehatan Hewan di Nomor 0361 422224,” ujar Sugiri.

Sugiri juga mengatakan, hal ini merupakan langkah berkelanjutan untuk mencegah virus  rabies di Kota Denpasar. Menurutnya, kini terdapat 52 ribu vaksin yang disiapkan untuk HPR yang pemiliknya merupakan masyarakat Kota Denpasar. “Kita siagakan sekitar 52 ribu dosis vaksin rabies bagi HPR, program ini dilaksanakan secara gratis setiap harinya untuk masyarakat yang ber KTP Denpasar,” jelasnya.

Sugiri juga mengajak masyarakat untuk ikut andil mencegah penularan rabies di Kota Denpasar. Hal ini dapat dilaksanakan dengan cara sederhana, yakni untuk tidak melepas liarkan hewan peliharaanya yang tergolong HPR. “Kami mengajak masyarakat untuk tidak melepasliarkan peliharaanya yang tergolong HPR, mari bersama kita cegah penularan rabies,” pungkasnya. (Ags/eka)

Advertisements
de

de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Bersinergi dengan Rumah Sakit Swasta, Polsek Kuta Kembali Gelar Vaksin Covid-19 Merdeka Polri Presisi

Published

on

By

de
VAKSIN PRESISI: Polsek Kuta kembali bersinergi dengan rumah sakit Murni Teguh Tuban menggelar Vaksin Covid-19 Merdeka Polri Presisi, Jumat (22/10)..

Badung, baliilu.com – Dalam upaya mempercepat dan menuntaskan program pemerintah soal vaksin massal Covid-19, Polsek Kuta kembali bersinergi dengan rumah sakit swasta yakni RS Murni Teguh Tuban menggelar Vaksin Covid-19 Merdeka Polri Presisi.

Vaksin Covid-19 Merdeka Polri Presisi yang digelar Polsek Kuta Polresta Denpasar dengan Rumah Sakit Murni Teguh Tuban Bali yang beralamat di Jalan Raya Tuban Kuta Badung ini dilaksanakan di rumah sakit tersebut dalam upaya mempercepat vaksinasi massal bagi masyarakat, Jumat (22/10/2021) pagi.

“Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 Polri Presisi kami bersinergi dengan pihak Rumah Sakit Murni Teguh Tuban Bali, dengan jenis vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua dengan target 300 warga sebagai upaya mempercepat vaksinasi massal bagi masyarakat guna mencegah dan menekan penyebaran virus Corona. Khususnya di wilayah hukum Polsek Kuta,” ujar Kapolsek Kuta Kompol Orpa SM Takalapeta, S.H. (gs)

Advertisements
de

de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca