Monday, 5 December 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Momentum IPSI Bali Reborn, Wabup Suiasa Kukuhkan Perguruan Pencak Silat Anggota IPSI Bali

BALIILU Tayang

:

Wabup Badung I Ketut Suiasa selaku Ketua Umum Pengprov IPSI Bali mengukuhkan Perguruan Pencak Silat Anggota IPSI Bali di Ruang Pertemuan Kertha Gosana, Puspem Badung, Sabtu (1/10). (Foto:Ist)

Badung baliilu.com – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Bali membuat sejarah baru, untuk pertama kalinya di Bali bahkan di Indonesia mengukuhkan Perguruan Pencak Silat Anggota IPSI Bali. Pengukuhan ini sebagai momentum IPSI Bali Reborn, lahirnya kembali IPSI Bali guna mempererat persaudaraan di bawah IPSI Bali dan PB IPSI Pusat. Pengukuhan perguruan pencak silat anggota IPSI Bali dilakukan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa selaku Ketua Umum Pengprov IPSI Bali, bertempat di Ruang Pertemuan Kertha Gosana, Puspem Badung, Sabtu (1/10).

Acara pengukuhan dihadiri Sekjen PB IPSI Teddy Suratmadji, Anggota DPRD Badung Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, Ketua Perguruan Pencak Silat se-Provinsi Bali, Pengurus IPSI Bali dan Kabupaten/Kota serta anggota perguruan yang dikukuhkan.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum IPSI Bali Nomor: SKEP-09 sampai dengan 20/X/2022, ada 11 Perguruan Pencak Silat yang dikukuhkan, diantaranya; Perguruan Seni Pencak Silat Bakti Negara, Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri, Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa, PP. Suro, Perguruan Pencak Silat Tujuh Sari sebagai anggota khusus IPSI Bali. Pencak Silat Tenaga Dasar Indonesia, Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia, Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih, Silat Bali Kuno Perguruan Seruling Dewata, Perguruan Pencak Silat Nahdlatul Ulama sebagai anggota biasa IPSI Bali.

Wabup Suiasa selaku Ketua Umum IPSI Bali menyampaikan bahwa acara pengukuhan ini sebagai bentuk ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan organisasi IPSI Pusat.

“Kita keluarga besar IPSI Bali membuat sesuatu yang monumental baik di Bali bahkan Nasional, karena sepanjang perjalanan IPSI pertama kalinya melakukan pengukuhan terhadap perguruan yang menjadi anggota IPSI Bali,” ungkapnya.

Baca Juga  Wabup Suiasa Terima Audiensi Perwakilan Penyuluh Bahasa Bali Se-Badung

Suiasa berharap, melalui pengukuhan ini kedudukan, peran dari perguruan di rumah besar IPSI Bali telah diakui secara de jure dan de facto. Jadi perguruan yang menjadi anggota IPSI harus terdaftar secara resmi dan mendapat pengakuan, ditetapkan dengan surat keputusan serta diberikan sertifikat pengukuhan.

“Memang semestinya dikukuhkan dan bersatu menjadi satu ke rumah besar IPSI. Dengan pengukuhan ini kita akan perkuat hubungan batiniah dan lahiriah antar perguruan di Bali dengan rumah besarnya IPSI. Untuk itu harus bersatu padu, tidak boleh menjalankan egoisme perguruan masing-masing,” tegasnya.

Suiasa menambahkan, pengukuhan hari ini dipilih karena bertepatan dengan momentum hari bersejarah di Indonesia, yakni Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober. “Hari ini IPSI Bali reborn. Lahir kembali dengan pengukuhan perguruan anggota IPSI Bali yang memperkuat persaudaraan di bawah IPSI Bali. Kita satu tujuan, satu haluan, dan satu visi-misi IPSI dalam mempertahankan seni budaya leluhur dan membangun kebersamaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekjen PB IPSI Teddy Suratmadji menyampaikan apresiasi dan juga selamat atas Pengukuhan Perguruan Anggota IPSI Bali. Menurutnya pengukuhan perguruan anggota IPSI ini hanya ada di Bali. “Jadi saya kira ini bukan reborn di Bali saja, akan tetapi reborn di Indonesia. Dengan reborn ini, maka semuanya bangkit,” ungkapnya. Ia menambahkan, pencak silat sudah terkenal di dunia, bahkan sudah ada di 70 negara. “Silat sudah diakui sebagai heritage, peninggalan budaya tak benda yang berasal dari Indonesia,” tandasnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

Raih Juara Umum, Kapolresta Apresiasi Kontingen Menembak Kota Denpasar

Published

on

By

kapolresta
Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, S.H.,S.I.K.,M.H. foto bersama saat syukuran berhasil menyabet juara umum dalam gelaran Porprov Bali XV Tahun 2022. (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, S.H.,S.I.K.,M.H. menyampaikan apresiasi dan selamat kepada seluruh altet cabor menembak Kota Denpasar yang telah berhasil menyabet juara umum dalam gelaran Porprov Bali XV Tahun 2022. Hal ini disampaikan Kapolresta dalam acara syukuran yang bertempat di Hotel Adiwana Suweta Ubud gianyar, Jumat malam (2/12/22) yang mana acara ini dihadiri seluruh pelatih, atlet dan official.

Sebelumnya kontingen menembak Kota Denpasar meraih prestasi gemilang dengan menjadi juara umum dan meraup 12 medali emas, 7 medali perak dan juga 7 medali perunggu dari total 18 nomor perlombaan dalam Porprov Bali XV yang dilaksanakan di lapangan tembak Tohpati dari tanggal 21 s/d 26 November 2022.

Bahkan kontingen Kota Denpasar juga menyapu bersih beberapa nomor perlombangan seperti di nomor 10 Meter Air Pistol Women dan 10 Air Pistol Men atlet Kota Denpasar menyabet seluruh Medali Emas, Perak dan Perunggu.

“Selamat kepada para atlet yang telah meraih medali, teruslah berlatih dan berprestasi,” ucap Kapolresta yang juga Ketua Perbakin Kota Denpasar yang dalam kesempatan tersebut didampingi Ketua Harian Perbakin Denpasar Ir. Kadek Kusuma Diputra, M.T.

Dirinya merasa bangga dengan pretasi luar biasa yang diraih dan berharap kedepan atlet menembak Denpasar dapat mengukir prestasi di event lomba nasional maupun internasional. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Baca Juga  Maksimalkan Vaksinasi Booster di Badung, Wabup Suiasa Pimpin Konsolidasi di Kuta Utara
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Walikota Jaya Negara Buka Tenis Meja antar Dusun Se-Dauh Puri Kauh

Published

on

By

Walikota
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara saat membuka secara resmi Turnamen Tenis Meja Antar Dusun se-Desa Dauh Puri Kauh Kota Denpasar di Balai Banjar Beraban, Desa Dauh Puri Kauh Denpasar, Sabtu (3/12). (Foto : ist)

Denpasar, baliilu.com – Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Turnamen Tenis Meja Antar Dusun se-Desa Dauh Puri Kauh Kota Denpasar yang diselenggarakan mulai 3-4 Desember 2022 di Balai Banjar Beraban, Desa Dauh Puri Kauh Denpasar, Sabtu (3/12). 

Kegiatan yang bertujuan  meningkatkan kesehatan, imunitas, menggali prestasi atlet, hingga mempererat persaudaraan antar sesama petenis meja ini dihadiri Anggota DPRD Kota Denpasar, I Ketut Beji, Camat Denpasar Barat, IB. Purwanasara, perwakilan Koni Denpasar serta undangan lainnya. 

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan Tenis Meja antar Dusun yang diselenggarakan oleh Desa Dauh Puri Kauh. Tentunya hal ini menjadi angin segar dalam perkembangan olahraga Tenis Meja di Kota Denpasar. Lebih lanjut dikatakan, selain menjadi wahana olahraga untuk meningkatkan kebugaran, kegiatan ini juga baik untuk meningkatkan imunitas dan mempererat tali persaudaraan antara petenis meja. 

“Kami menyambut baik kegiatan ini, selain dapat berolahraga juga bisa untuk bersilaturahmi, serta meningkatkan imunitas, selamat bertanding, jaga sportifitas, semoga berjalan lancar,” kata Jaya Negara.

Sementara Ketua Panitia I Gusti Agung Putu Martana mengatakan, kegiatan ini merupakan turnamen tenis meja yang diikuti tim dari 7 Banjar di Desa Dauh Puri Kauh. Dalam pertandingan diikuti sebanyak 44 peserta. 

“Kami berharap semoga terjalin hubungan yang semakin positif antar petenis meja menjadi lebih sehat dan meningkatkan imunitas kita bersama serta persaudaraan kita,” ujarnya.

Nantinya lanjut Martana, turnamen ini akan memperebutkan piala dan uang pembinaan. Pihaknya juga berharap ke depan turnamen ini terus bisa diselenggarakan. 

“Harapan kami  kegiatan ini berjalan lancar, sesuai harapan, dan ke depan bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun,” harapnya. (eka/bi)

Baca Juga  Apresiasi Investasi di Masa Pandemi, Wabup Suiasa Hadiri Grand Opening Hotel Tribe Bali Kuta Beach

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Panen Prestasi, Mahasiswa FTP Unud Kembali Raih Prestasi Lewat Porprov Bali 2022

Published

on

By

ftp unud
Mahasiswa STP Unud I Wayan Tobagus Pramauda dan Nyoman Narisadewi Sujata sukses berprestasi di Porprov Bali 2022. (Foto: ist)

Jimbaran, Badung, baliilu.com – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana panen prestasi dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV Tahun 2022. Kali ini FTP Unud mampu mengumpulkan 4 medali diantaranya 1 medali emas dan 2 perak dari cabang olahraga Renang yang berhasil diraih oleh I Wayan Tobagus Pramauda yang merupakan mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem. Selain itu 1 medali perak disumbangkan oleh Nyoman Narisadewi Sujata melalui cabang Softball Putri yang diselenggarakan di Lapangan Politeknik Negeri Bali, Jimbaran, Badung pada 18-22 November 2022.

Raihan 4 medali ini menambah raihan medali yang didapatkan oleh Mahasiswa FTP Unud dimana sebelumnya I Ketut Kembar Sugih Arta mampu meraih juara 3 dan menyumbangkan Medali Perunggu melalui cabang olahraga Judo pada Kategori Nage No Kata Judo dan I Komang Trisna Mahendra yang tergabung ke dalam Unit Kegiatan Mahasiswa KKI Universitas Udayana mampu memperoleh juara 2 Karate dan menyumbangkan medali perak melalui kategori Kumite Beregu Putra. 

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D. bangga dengan raihan mahasiswa FTP tersebut. Ia berharap seluruh mahasiswa dapat mempertahankan prestasinya, tidak cepat puas dan terus berlatih dan mengembangkan diri agar kedepannya lebih banyak prestasi yang dihasilkan dan diraih baik untuk Fakultas Teknologi Pertanian maupun untuk Universitas Udayana. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2267-Panen-Prestasi-Mahasiswa-FTP-Unud-Kembali-Raih-Prestasi-Lewat-PORPROV-BALI-2022.html (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Baca Juga  Persiapan Penerimaan Team Sea Games dan Jelang Porprov Bali 2022, Wabup Suiasa Beri Arahan kepada Anggota IPSI Se-Bali
Lanjutkan Membaca