Wednesday, 22 May 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

KESEHATAN

Ny. Putri Koster Minta TP PKK Sebarluaskan Informasi terkait Resiko Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19

BALIILU Tayang

:

de
DIALOG KHUSUS, Ny. Putri Koster (kiri) dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Agus Proklamasi (kanan) dalam acara dialog khusus di salah satu stasiun radio di Bali.

Denpasar, baliilu.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster mengatakan PKK sangat memiliki peranan penting dalam ketahanan suatu negara, khususnya dalam lingkung terkecil yaitu keluarga. Selain menjadi garda terdepan dalam menjaga keluarga PKK, juga bagian dari roda pemerintah dalam menggerakkan informasi ke lingkungan keluarga.

‘’Segala imbauan ataupun aturan yang dibuat oleh pemerintah, PKK memiliki tanggung jawab dalam menyebarluaskan ke lingkungannya terutama memberikan edukasi terhadap keluarga,’’  ujar Ny. Putri Koster ketika berkesempatan menjadi salah satu narasumber dalam dialog khusus dengan tema ‘’Peran Serta PKK dalam Menunda Kehamilan bagi Pasangan Usia Subur di Masa Pandemi Covid-19’’ yang diselenggarakan Studio Pro-1 RRI Denpasar, Senin (6/7-2020) siang.

Ny. Putri Koster menyatakan saat ini pemerintah khususnya BKKBN mengimbau masyarakat untuk menunda kehamilan bagi pasangan usia subur di masa pandemi Covid-19. Hal ini sesuai dengan 10 Program Pokok PKK terdapat poin yang menyatakan ‘Perencanaan Sehat’.

Dikatakannya, para ibu yang sedang hamil memiliki kecenderungan imunitas yang lebih lemah dibandingkan dengan wanita yang tidak dalam keadaan hamil. Sedangkan tipe dari penyebaran virus Corona adalah menyerang manusia yang memiliki imunitas lemah, atau penurunan imunitas. Sehubungan  dengan adanya resiko tersebut, ia mengimbau agar para ibu muda ataupun yang sudah lama berkeluarga, dapat menunda kehamilan.

“Untuk itu, terhadap poin perencanaan sehat tadi, saya harapkan TP PKK yang ada di seluruh kabupaten/kota sampai ke pelosok desa, dapat menyebarluaskan informasi terkait resiko kehamilan di masa pandemi Covid-19, tidak dengan informasi menakut-nakuti, namun dengan informasi yang edukatif,” ujar Putri Koster yang juga merupakan seniman multitalenta ini.

Baca Juga  Tanah Lot Art and Food Festival, Tak Semata untuk Pariwisata tapi Persembahan kepada Hyang Widhi

Lebih lanjut, Ny. Putri Koster mengatakan kehamilan memang merupakan hak setiap orang. Terlebih bagi pasangan pengantin baru, kehamilan merupakan suatu kewajiban dan terkadang menjadi tuntutan dari keluarga. Namun di masa pandemi ini, ada baiknya secara bersama-sama menyadari baik pasangan maupun pihak keluarga agar menunda kehamilan sehingga sang ibu atau sang calon anak tidak mengalami dampak buruk dari pandemi Covid-19 ini.

Namun lebih lanjut, ia mengatakan jika sudah telanjur mengalami kehamilan di masa pandemi ini, maka ibu hamil harus waspada dan memperketat protokol kesehatan terhadap diri sendiri agar terhindar dari paparan Covid-19. Selain itu, makanan bergizi dan seimbang juga harus terpenuhi agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. “Walaupun sedikit ribet dengan menerapkan protokol kesehatan pada diri sendiri yang lebih ketat dari orang lain, tidak apa-apa, karena itu semua demi kesehatan ibu-ibu dan bayi yang ada dalam kandungan,” sarannya.

Selain itu, Ny. Putri Koster juga meminta agar petugas medis yang ada di lapangan selain tetap fokus dalam menangani pasien Covid-19, juga agar tetap memperhatikan para ibu hamil sehingga para ibu hamil mendapatkan pelayanan yang terbaik dan aman dalam melahirkan.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Agus Proklamasi yang juga merupakan narasumber dalam acara tersebut menyampaikan saat ini jumlah pasangan subur yang ada di Bali terbilang sangat tinggi, terlebih beberapa bulan sebelumnya banyak pasangan yang melakukan perkawinan.

Menurutnya, sekitar 400 ribu pasangan baru yang ada di Bali, dan sebanyak 18.400 yang mengalami kehamilan, angka tersebut menurutnya sangat tinggi terlebih saat diberlakukannya WFH (work from home). Saat itu, terjadi peningkatan kehamilan sangat tinggi. “Saya khawatir dengan angka ini pada bulan September – Desember akan terjadi baby boom atau peningkatan jumlah kelahiran bayi,” tuturnya.

Baca Juga  Badung Terbitkan Perbup Nomor 52 Tahun 2020 Penerapan Prokes, Pelanggar Kena Denda Administratif

Selain itu, ia menyampaikan terdapat beberapa resiko yang akan dialami ibu hamil di masa pandemi ini. Seperti, melakukan kontrol ke puskesmas, bidan ataupun rumah sakit akan lebih sulit, karena penerapan protokol kesehatan. Selain itu, pada saat kontrol akan ada pelayanan kesehatan yang meminta surat keterangan rapid test, di mana untuk mencari surat keterangan itu akan diperlukan biaya tambahan.

Di samping itu, yang lebih penting menurutnya adalah ibu hamil lebih rentan terpapar Covid-19 karena imunitas tubuh ibu hamil cenderung lebih lemah. Apabila ibu hamil terpapar Covid-19, maka dampaknya akan juga dirasakan oleh calon bayi. Untuk itu, ia meminta agar bagi pasangan usia subur yang belum hamil untuk menunda kehamilan agar tidak berisiko.

Selanjutnya, ia berharap usaha BKKBN yang menggandeng TP PKK Provinsi Bali dalam melakukan sosialisasi ini dapat diterima oleh masyarakat dan dapat dimengerti dengan seksama. “Sekali lagi kami tidak melarang, tapi kami mengimbau agar pasangan muda hendaknya menunda kehamilan di masa pandemi ini dengan mempertimbangkan berbagai resiko yang ada. Setelah pandemi berakhir silahkan untuk melanjutkan program kehamilannya, ini semua demi kesehatan kita bersama khususnya untuk ibu hamil dan calon anaknya kelak,” katanya. (gs)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KESEHATAN

Kencing Manis, Ancaman di Tengah Masyarakat Modern

Published

on

By

Ni Made Nova Andari Kluniari bahas kencing manis
NARASUMBER: dr. Ni Made Nova Andari Kluniari, dokter spesialis penyakit dalam saat jadi narasumber Podcast B-Kom pada Selasa (7/5/2024). (Foto: bulelengkab.go.id)

Buleleng, baliilu.com – Berbicara tentang kesehatan di tengah masyarakat modern, tentu banyak penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup yang kurang memperhatikan kesehatan akibat kesibukan sehari-hari. Salah satunya adalah penyakit diabetes melitus, atau lebih dikenal dengan kencing manis.

Ni Made Nova Andari Kluniari, dokter spesialis penyakit dalam yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Buleleng sebagai dokter klinis dari bidang penyakit dalam, menjelaskan dengan rinci tentang diabetes melitus atau kencing manis dan kiat untuk mencegahnya, dalam Podcast B-Kom pada Selasa (7/5/2024).

Menurut Nova, penyakit diabetes mellitus atau yang lebih dikenal di masyarakat sebagai penyakit kencing manis ini merupakan suatu penyakit dengan tanda kelebihan zat atau kadar gula darah di dalam tubuh. Secara epidemiologi atau secara pemerataannya di dunia ini, pengidap diabetes atau kencing manis ini sangat tinggi.

“Jadi, kenapa kita penting sekali untuk mengetahui tentang diabetes ini? Karena sekarang kan makanan kita itu banyak yang mengandung gula, ya, jadi asupan gulanya tinggi sekali,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini banyak teknologi yang kita gunakan dalam bekerja, yang membuat manusia menjadi jarang bergerak dan mengharuskan manusia duduk dalam jangka waktu lama. Oleh karena itulah angka diabetes ini terus meningkat sepanjang tahun.

“Sedentary lifestyle seperti tadi yang saya bilang, kurangnya aktivitas fisik, juga membuat kita bisa terkena diabetes, selain genetik, ya,” jelasnya.

Terkait gejalanya, dr. Nova menjelaskan terdapat mengenal 4P, yaitu, polidipsi (haus berlebihan), poliuri (buang air kecil berlebihan), polifagia (lapar berlebihan), dan penurunan berat badan. Ia mengatakan apabila gejala tersebut muncul, maka sebetulnya diabetes sudah lama mengidap di tubuh akibat pola hidup yang salah.

Baca Juga  Kasatgas Covid-19 Dewa Indra: Kata Kunci Menangkan Perang Melawan Covid-19 adalah Ketaatan dan Kedisiplinan

Nova menjelaskan, mencegah diabetes dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, rutin berolahraga membantu menjaga keseimbangan glukosa dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kedua, menjaga berat badan tetap ideal sangat penting karena obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes. Ketiga, menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan rendah gula dan karbohidrat kompleks dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Keempat, melakukan pengecekan gula darah secara berkala penting untuk mendeteksi potensi diabetes sedini mungkin. Kelima, mengelola stres dapat membantu mengurangi risiko diabetes karena stres dapat mempengaruhi kadar gula darah. Terakhir, menghentikan kebiasaan merokok juga penting karena merokok dapat meningkatkan risiko diabetes dan komplikasi kesehatan lainnya.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, seseorang dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Pemkot Denpasar Kembali Gelar Safari Kesehatan

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Secara Menyeluruh di Kota Denpasar

Published

on

By

safari kesehatan denpasar
SAFARI KESEHATAN: Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa ikut cek kesehatan saat meninjau Safari Kesehatan yang digelar pada, Rabu (8/5) di Kantor Desa Dauh Puri Kaja. (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Pemerintah Kota Denpasar kembali menggelar Safari Kesehatan yang menyasar wilayah desa/kelurahan. Melalui Dinas Kesehatan, Safari Kesehatan yang digelar pada, Rabu (8/5) di Kantor Desa Dauh Puri Kaja ditinjau Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. AA. Ayu Agung Candrawati serta Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, I Gusti Ketut Sucipta.

Safari Kesehatan sebagai langkah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara menyeluruh yang bersinergi dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia, JCC Bali, serta pihak terkait lainnya.

Wakil Walikota, Arya Wibawa dalam kesempatan tersebut, tidak sekadar meninjau Safari Kesehatan, juga ikut mengecek tensi dan gula darah serta menyerahkan kacamata gratis kepada warga yang sudah selesai menerima pelayanan pemeriksaan mata.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan program Safari Kesehatan untuk mendukung terwujudnya kesehatan masyarakat Kota Denpasar yang berkelanjutan,” ujar Wakil Walikota, Arya Wibawa di sela-sela kegiatan Safari Kesehatan.

Lebih lanjut Wakil Walikota, Arya Wibawa menjelaskan, Pemkot Denpasar terus berupaya mengoptimalkan serta meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat. Sehingga pelaksanaan Safari Kesehatan ini penting dilaksanakan guna menyasar masyarakat hingga lapisan terbawah, serta memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Program Safari Kesehatan selain menjadi sarana bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, juga menjadi wadah edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat, di mana safari kesehatan kali ini juga dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-236 Kota Denpasar.

Menurut Arya Wibawa, dalam Safari Kesehatan ini berbagai pelayanan kesehatan diberikan kepada masyarakat. Mulai dari pengobatan penyakit menular hingga tidak menular sampai operasi mata katarak. Selain pelayanan kesehatan, masyarakat juga mendapat penyuluhan tentang kesehatan. Dengan demikian masyarakat secara tidak langsung bisa mendapatkan edukasi dalam menjaga kesehatannya.

Baca Juga  PKM di Desa Pemogan, Balik Arah jika Tak Gunakan Masker

”Saya harapkan seluruh masyarakat memanfaatkan Safari Kesehatan ini sebagai upaya edukasi tentang pola hidup sehat. Untuk itu Pemkot Denpasar terus memprogramkan kegiatan ini secara rutin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Arya Wibawa.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. AA. Ayu Agung Candrawati menambahkan, Safari Kesehatan kali ini turut menghadirkan pemeriksaan mata secara umum, pemeriksanan kesehatan dan pemberian obat secara gratis, pemberian kacamata minus dan plus sesuai standar tanpa dipungut biaya, serta pelayanan fisioterapi.

Selain itu, lanjut Ayu Candrawati, tujuan kegiatan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jenis pelayanan kesehatan yang dilayani antara lain pemeriksaan kesehatan umum, screening Penyakit Tidak Menular serta pengobatan dari UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Utara.

Kegiatan ini bekerjasama dengan RSUD Wangaya Kota Denpasar yang memberikan pelayanan fisioterapi, Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali yang memberikan pelayanan fisioterapi dan pemeriksaan THT, JFF (John Fawcett Foundation Indonesia) yang memberikan pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata baca (+ atau -) dan obat tetes mata sesuai hasil pemeriksaan, serta partisipasi dari RSU Bhakti Rahayu Denpasar yang memberikan pemeriksaan kesehatan umum.

“Safari kesehatan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai upaya promotif, preventif, dan kuratif demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Harapan kami, dengan adanya berbagai pelayanan pada Safari Kesehatan ini, masyarakat diharapkan bisa menjaga kesehatannya dan menjaga pola hidup dan pola makan,” ujarnya.

Salah Satu Warga Made Warta (66 tahun), mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar karena telah melaksanakan Safari Kesehatan ini. Juga ucapan terima kasih kepada Bapak Walikota yang sudah peduli dengan kesehatan masyarakat terutama lansia seperti saya.

Baca Juga  Update Covid-19 (16/8) di Bali, Total Pasien Sembuh 3.578 Orang atau Capai 88,02 Persen

“Dengan Safari Kesehatan ini masyarakat bisa mengecek kesehatannya tanpa menunggu lama serta tidak perlu pergi ke rumah sakit. Saya harapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,” harapnya. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Ayuning Gayatri, Kombinasi Terapi dan Spa dengan Konsep Franchise

Published

on

By

obat
Management PT Aura Life Nusantara berfoto bersama saat soft opening Ayuning Gayatri Therapy di Jalan Latu No. 88 Abian Semal Badung. (Foto: gs)

Badung, baliilu.com – Di tengah tumbuh suburnya berbagai macam jenis usaha di bidang kesehatan di Bali, kini hadir di tengah-tengah kita PT Aura Life Nusantara. Berbeda dari usaha lainnya, perusahaan ini bergerak mengembangkan konsep franchise atau waralaba dengan jenis usaha penggabungan seni treatment spa dan treatment fisioterapi dengan dilengkapi produk herbal untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit.

‘‘Kami menekankan pada kombinasi antara seni spa dan fisioterapi dengan standar pelayanan agar para klien merasa nyaman. Terlebih lagi berhubungan dengan kesehatan, maka kenyamanan adalah yang utama baik dari mulai masuk hingga keluar merasa lebih rileks dan refresh,‘‘ ujar Founder PT Aura Life Nusantara Bhadreswara Agustinus, saat soft opening Ayuning Gayatri Therapy, Your Relax & Refreshment Solution, Senin, 29 April 2024 di Jalan Latu Nomor 88 Abian Semal, Badung.

Bhadreswara Agustinus mengatakan PT Aura Life Nusantara mengusung visi menyejahterakan masyarakat Indonesia melalui peningkatan kesehatan dan penghasilan keluarga. Dengan misi memberikan kesehatan yang terjangkau untuk segenap lapisan masyarakat dan membuka lapangan kerja baru dengan pembukaan panti-panti sehat, bekerja sama dengan para pengusaha lokal serta mengikutsertakan masyarakat menyosialisasikan pemanfaatan, pemasaran produk-produk herbal dalam memulihkan dan meningkatkan kesehatan.

’’PT Aura Life Nusantara membuka ruang bagi wirausahawan yang tertarik menggeluti bisnis terapi dan spa. Bisnis yang ditawarkan dengan konsep franchise. Kami menawarkan konsep franchise kepada siapa pun pemilik modal,‘‘ ujarnya.

Sebelum masuk ke sesi terapi terlebih dahulu ditreatmen untuk relaksasi dan mendeteksi penyakit. (Foto: gs)

Untuk konsep franchise ini, perusahaan menyediakan tiga paket yakni paket silver, gold dan platinum. Seperti outlet Ayuning Gayatri yang mengambil paket gold. Adapun kewajiban dan keuntungan yang diperoleh yakni jika mengambil paket silver pembeli harus menyiapkan bangunan seluas 100 M2 dan luas parkir 100 M2 dengan membayar 200 juta. Paket gold dengan luas bangunan 150 M2 dan luas parkir 150 M2 dengan membayar 350 juta, sedangkan paket platinum dengan membayar 650 juta. Bangunan dalam keadaan kosong bercat putih.

Baca Juga  Update Covid-19 Kamis (30/4) Sembuh 17 Orang, 400-an Reaktif Covid-19 di Serokadan, Dewa Indra: Langsung Uji Swab untuk Pastikan Positif

Setelah melakukan MoU, maka pihak management PT Aura Life Nusantara akan mengerjakan setup ulang bangunan dari nol sampai terisi alat-alat terapis termasuk menata sumber daya manusianya. Baik para terapi, administrator, supervisi hingga promosi secara offline dan online. ‘’Yang mengerjakan full dari management PT Aura Life Nusantara dan pemilik franchise hanya menerima laporan tiap bulan dari hasil usaha ini,’’ ujarnya.

Proses pemeriksaan kesehatan dasar seperti tekanan darah tinggi kolesterol, gula darah dan asam urat. (Foto: gs)

Bhadreswara Agustinus menyontohkan untuk pengambilan paket gold, minimal 3 bulan setelah grand opening setelah dipotong operasional, promosi dll, tiap bulan akan mendapatkan keuntungan bersih sekitar 58 juta rupiah. Sedangkan untuk paket silver keuntungan bersih kurang lebih 40 juta rupiah, dan paket platinum keuntungan bersihnya bisa mencapai Rp 78 juta per bulan.

Sejak dilaunching dua bulan lalu, saat ini sudah ada dua wirausahawan yang inden yakni di Jimbaran Club dan di Pertokoan Puri Gading dekat GWK yang sudah sepakat segera menandatangani MoU.

Para terapis saat melakukan treatmen kepada klien. (Foto: gs)

Direktur PT Aura Life Nusantara Carlo Hartawan menambahkan, selain menggunakan alat-alat terapi dengan didukung para master terapis, di Ayuning Gayatri yang menjadi franschise pertama dari PT Aura Life Nusantara ini juga dilengkapi dengan produk-produk herbal unggulan yang sudah berizin BPOM dan standar halal serta sudah dirasakan oleh masyarakat karena perusahaan selektif memilih produk herbal. Di antaranya ada Bless Tea yang berfungsi mencegah segala jenis penyakit antara lain sinusitis, kencing batu, kolesterol, penyempitan pembuluh darah, darah tinggi, jantung, stroke, maag, diabetes, obesitas, lever, hati, asam urat, rematik, sariawan bau mulut, gigi berlubang, nyeri haid, sembelit, stress, vertigo dll.

Baca Juga  Kasatgas Covid-19 Dewa Indra: Kata Kunci Menangkan Perang Melawan Covid-19 adalah Ketaatan dan Kedisiplinan

Di Ayuning Gayatri ada menu lengkap, dimana mereka ditreatmen dengan sentuhan terapi ke fisiknya ditunjang menggunakan alat terapi modern dan dilengkapi dengan mengkonsumsi produk herbal yang sesuai dengan keluhannya. ‘’Dari luar dapat terapi sedangkan dari dalam dibantu produk herbal,‘‘ ujarnya.

Di Ayuning Gayatri selain didukung para terapis yang bersertifikat, juga bergabung para master terapis di antaranya Xinze Teguh yang terkenal dengan terapi tulang belakang untuk membantu mengatasi masalah saraf kejepit, tulang belakang bengkok agar kembali ke posisi semua dll.

Juga ada master hipnoterapi dan healing Made Suwenten yang banyak menangani masalah kesehatan akibat tekanan hingga menimbulkan stres, frustasi, patah hati, depresi, kecemasan yang berlebihan, termasuk juga hal-hal yang sifatnya pemberdayaan diri misalnya agar lebih percaya diri, lebih mudah mencapai sesuatu hal, lebih mempercepat tercapainya tujuan. Juga mengatasi masalah aditif seperti kecanduan narkotika, rokok, alkohol, judi/game. Termasuk menangani infertility, waktu melahirkan agar punya rasa bahagia atau hypnobirthing, dll. Dimana setiap kasus penyakit ditangani dengan beragam sesi.

‘’Hampir semua hal yang berkaitan dengan kehidupan yang bersentuhan dengan mental bisa dibantu dengan metode hipnoterapi,‘‘ ucap Suwenten, seraya menambahkan metode hipnoterapi sebagai pelengkap penanganan medis untuk mempercepat proses pemulihan kesehatan.

Selain itu ada Ibu Aser seorang master yang mampu menerawang hati seseorang melalui metode kartu. Lebih banyak membantu yang mengalami keluhan medis dan nonmedis. Secara medis Ibu Aser berpengalaman sebagai manager spa sekaligus mendalami dan memperoleh ilmu membaca pikiran melalui kartu.

Carlo Hartawan lebih lanjut mengungkapkan untuk soft opening selama dua hari di Ayuning Gayatri memberikan spesial treatment dengan harga discon hingga 50 persen dari tanggal 1-2 Mei 2024. Adapun daftar menu di Ayuning Gayatri yakni Healt & Beauty Treatment Full Body Massage + Body Scrub, Full Body Massage + Body Lulur, Full Body Scrub, Full Body Lulur, Facial dengan Alat, Totok Miss V + Ratus.

Baca Juga  Update Covid-19 (16/8) di Bali, Total Pasien Sembuh 3.578 Orang atau Capai 88,02 Persen

Sedangkan ada juga back massage biasa, Back Massage Plus Alat, Foot Massage Plus Alat, Balinese Massage, Paket Lengkap A (Balinese Massage + Alat Therapist + Obat Herbal), Hot Stone Massage, Lomi-Lomi Massage, Bekam, Foot Reflexiology, serta Terapi Tulang Belakang (Body Massage Plus Terapi Keretek). (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca