Tuesday, 16 August 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

HOBIIS

Pegadaian Ajak Masyarakat Buka Peluang Usaha Aquascape

Dorong Kepedulian Lingkungan Sekaligus Tingkatkan Ekonomi

BALIILU Tayang

:

hobi
PT Pegadaian menggelar acara Talkshow dan Live Setting Aquascape bersama para pakar dari komunitas aquascape, yang disiarkan melalui Youtube Official Pegadaian, Minggu (17/7/2022). (Foto: Ist)

Jakarta, baliilu.com – PT Pegadaian menggelar acara Talkshow dan Live Setting Aquascape bersama para pakar dari komunitas aquascape, yang disiarkan melalui Youtube Official Pegadaian, Minggu (17/7/2022). Selain memperkenalkan seni menata aquascape, Pegadaian juga mengajak masyarakat mengenal hobi para sultan, untuk dijadikan peluang usaha yang bisa menghasilkan cuan.

Para pakar aquascape seperti Riswandi dan Dino dari komunitas, turut berbagi cerita bagaimana menata keindahan seni aquascape, yang membutuhkan skill untuk menyulap berbagai komponen tanaman, batu dan ekosistem lainnya di dalam sebuah wadah akuarium, agar terlihat seperti habitat aslinya.

Sementara pemenang kejuaraan International Aquatic Plant Layout Contest (IAPLC) 2021 di Jepang, Yoyo Prayogi, juga unjuk kepiawaiannya menata aquascape yang berhasil memanjakan mata para audiens. IAPLC sendiri merupakan kompetisi tertinggi para penghobi aquascape dari seluruh dunia yang diselenggarakan di Niigata, Jepang. Kompetisi ini diprakarsai oleh Takashi Amano selaku founder Aquascape yang dilaksanakan sejak tahun 2001. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh salah satu komedian ternama tanah air yang memiliki hobi aquascape, yaitu Deny Cagur.

Acara ini merupakan bentuk komitmen PT Pegadaian dalam merealisasikan Prioritas TJSL BUMN Tahun 2022 yang meliputi aspek Lingkungan, Pendidikan dan Pembinaan Usaha Mikro Kecil. Selain itu, kolaborasi antara Komunitas Aquascape Depok, Bekasi dan Tangerang ini, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran cinta lingkungan, bahwa kehidupan tumbuh bawah air seperti sungai, danau dan laut, perlu dijaga bersama. Di samping itu, kegiatan ini turut memberikan ruang untuk menambah pengetahuan serta keahlian para Scapper. Para komunitas yang hadir melalui offline dan online, juga berkesempatan untuk mendapat solusi alternatif pendanaan apabila sewaktu-waktu membutuhkan support modal usaha dari PT Pegadaian.

Baca Juga  Wabup Suiasa Terima Audiensi PT. Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar

Aquascape adalah seni menghias tanaman di dalam air yang dipadukan dengan penempatan objek seperti batu, kayu, dalam wadah akuarium ataupun akrilik yang menggunakan ekosistem air tawar. Aquascape sendiri juga dapat disebut sebagai ilmu penataan akuarium yang dapat mendatangkan nilai tambah serta kepuasan batin yang tinggi. (eka/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
logo dies natalis
Advertisements
iklan dtw tanah lot
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HOBIIS

Wagub Cok Ace Buka Sanur Motor Show

Published

on

By

cok ace
Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) membuka kegiatan Sanur Motor Show di Kawasan Pantai Mertasari. (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) membuka kegiatan Sanur Motor Show di Kawasan Pantai Mertasari, Jumat (Sukra Kliwon Wuku Pujut), 8 Juli 2022 petang. Pembukaan pameran yang akan berlangsung hingga 10 Juli 2022 ini juga dihadiri Walikota Denpasar IGN Jaya Negara dan Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana.

Dalam sambutan singkatnya, Wagub Cok Ace menyambut baik kegiatan pameran motor yang merupakan pendahuluan dari event Sanur Village Festival pada bulan Agustus mendatang. Menurutnya, kegiatan ini menjadi bagian penting dalam upaya pemulihan Bali yang saat ini tengah gencar dilaksanakan.

“Pemerintah tak henti menerapkan kebijakan untuk pemulihan Bali. Gerbang dibuka makin lebar dan saat ini telah ada 23 maskapai masuk Bali,” ungkapnya. Melalui berbagai kebijakan yang ditempuh, sektor pariwisata berangsur pulih. Diungkapkan olehnya, saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali telah menyentuh angka 8.500 orang. Menurut Wagub Cok Ace, angka itu telah mencapai 50 persen jika dibandingkan tingkat kunjungan sebelum pandemi Covid-19. Lebih dari itu, kunjungan wisatawan domestik juga telah menyentuh angka rata-rata sejumlah 14 ribu.

Kendati kondisi makin membaik, ia mengingatkan kalau persaingan dalam sektor pariwisata semakin ketat. Kompetitor Bali terus bergerak dan tak segan memanfaatkan isu-isu yang bisa menjatuhkan. Salah satu isu yang saat ini banyak dihembuskan adalah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti ternak sapi. Menyikapi hal ini, Guru Besar ISI Denpasar ini mengajak seluruh komponen merapatkan barisan dan menepis sentimen negatif dengan kegiatan positif.

“Kue pariwisata terbatas sehingga persaingan akan makin ketat. Mari kita lawan bad news dengan kegiatan positif seperti ini,” ajaknya.

Baca Juga  Pegadaian Siapkan KUR Syariah Rp 5,9 Triliun untuk Pengembangan Usaha Super Mikro

Ketua Yayasan Pembangunan Sanur Ida Bagus Gede Sidharta menyampaikan terima kasih atas sambutan positif yang diberikan Wagub Cok Ace. Ia menerangkan, kegiatan ini bertujuan mewadahi penggemar dan pemain otomotif yang jumlahnya cukup banyak di Sanur. “Selain merangkul penggemar otomotif, kita juga beri kesempatan pelaku UMKM dan seniman untuk berpartisipasi dalam pameran,” cetusnya.

Kegiatan yang memamerkan 82 motor custom dan 120 motor modifikasi ini tak saja melibatkan peserta lokal, tapi juga dari luar Bali. Ditambahkan olehnya, Sanur Motor Show ini menjadi pemanasan dari ajang Sanur Village Festival yang akan digelar 17 hingga 18 Agustus 2022 mendatang. Masih di bulan Agustus, Sanur juga akan menjadi tuan rumah kejuaraan layangan dunia yang rencananya diikuti 60 pemain layangan berkelas dunia dari 25 negara. Ia berharap berbagai event yang dilaksanakan mampu mempercepat kebangkitan sektor pariwisata Bali.

Pembukaan Sanur Motor Show ditandai pemukulan gong oleh Wagub Cok Ace disaksikan Walikota Jaya Negara dan undangan lainnya. Selepas itu, Wagub Cok Ace berkeliling ke sejumlah stand untuk melihat-lihat motor yang dipamerkan. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
logo dies natalis
Advertisements
iklan dtw tanah lot
Lanjutkan Membaca

HOBIIS

Hadiri Pameran Bonsai di Gianyar, Bupati Giri Prasta Sebut Potensi Ekonomi Bonsai Menjanjikan

Published

on

By

bupati giri prasta
Bupati Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Pameran dan Kontes Bonsai Nasional serangkaian HUT ke-251 Kota Gianyar di Lapangan Astina Gianyar, Selasa (10/5). (Foto: Ist)

Gianyar, baliilu.com – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyebut pelaksanaan pameran dan Kontes Bonsai Nasional memiliki nilai dan daya tarik yang sangat tinggi. Selain itu jika ditekuni dengan baik, bonsai akan menjadi potensi ekonomi yang menjanjikan bagi masyarakat.

“Selaku pemerintah dan Penasehat Bali Adenium Dewata kami mengapresiasi atas dilaksanakannya Pameran Bonsai Nasional ini. Kegiatan ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat yang datang dan bagi pecinta bonsai, ini juga merupakan aktivitas penuh estetika dengan cita rasa seni yang jika ditekuni bonsai itu akan memiliki potensi ekonomi untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,’’ demikian disampaikan Bupati Giri Prasta saat menghadiri Pameran dan Kontes Bonsai Nasional serangkaian HUT ke-251 Kota Gianyar di Lapangan Astina Gianyar, Selasa (10/5).

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra beserta Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Mayun, Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana dan Ketua Umum PPBI Haji Erwin Lismar tersebut, Bupati Giri Prasta diberi kehormatan untuk menancapkan bendera penilaian di Kelas Adenium kategori Best in Show dan di kelas Bonsai kategori Best In Show.

Lebih lanjut Giri Prasta mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung juga sangat siap menjadi tuan rumah pameran dan kontes bonsai nasional di event berikutnya. “Kabupaten Badung juga akan berusaha sebaik mungkin menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan pameran bonsai nasional berikutnya. Karena pameran dan kontes bonsai dapat menggairahkan generasi muda untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan, sekaligus sebagai event daya tarik wisata,” pungkas Giri Prasta.

Sementara itu, Ketua Panitia Wayan Artana menerangkan Pemeran dan Kontes Bonsai Nasional serangkaian HUT ke-251 Kota Gianyar diikuti oleh 1.161 peserta dengan rincian Adenium 102 peserta dan Bonsai 1.059 peserta dan melibatkan juri dari luar Bali. (gs/bi)

Baca Juga  Mengetuk Pintu Langit, Pegadaian Gelar Khitan Massal di Tahun Baru Islam

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
logo dies natalis
Advertisements
iklan dtw tanah lot
Lanjutkan Membaca

HOBIIS

Obati Kerinduan Pemancing Mania, Walikota Buka Ujung Fun Fishing

Published

on

By

de
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara saat ikut memancing dalam lomba Ujung Fun Fishing. (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Lomba mancing yang bertajuk “Ujung Fun Fishing” diselenggarakan Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur, Minggu (10/4) di Tukad Bindu.

Acara yang diikuti ribuan peserta ini dibuka Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara ditandai dengan pelepasan ikan lele. Turut hadir Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Anggota DPRD Provinsi Bali AA Ngurah Adhi Ardhana, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, serta tokoh masyarakat desa setempat.


Walikota Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan lomba mancing Ujung Fun Fishing di tengah situasi pandemi yang tetap menerapkan disiplin prokes. Jaya Negara berharap dalam kegiatan lomba mancing di Tukad Bindu dapat menjadi media edukasi kepada masyarakat untuk turut dapat menjaga kelestarian ekosistem sungai dari sampah.

“Mari kita bersama-sama untuk dapat menjaga kelestarian sungai sehingga tetap bersih serta terjaga keasriannya, dan yang terpenting sekali jangan membuang sampah ke sungai terlebih sampah plastik. Jika sampah plastik sampai di laut otomatis ekosistem laut juga akan terganggu tidak saja kepariwisataan namun juga perekonomian kita juga otomatis terganggu,” kata Jaya Negara.

Sementara Ketua Panitia, I Gusti Ketut Ari Sudewa menyampaikan kegiatan Ujung Fun Fishing diikuti hampir ribuan peserta untuk mengobati kerinduan pemancing mania di Denpasar karena sudah lama tidak digelar lomba mancing. Keikutsertaan peserta ini dapat dilihat dari jumlah kupon yang terjual mencapai 3.000 kupon. Antusiasme masyarakat mengikuti lomba mancing ini di samping dalam rangka edukasi keasrian sungai juga dalam agenda penggalangan dana pembangunan Balai Banjar Ujung.

“Kami gelar dalam rangka penggalian dana perbaikan balai Banjar Ujung serta kami mengucapkan terima kasih antusias peserta yang mengikuti,” ujarnya.

Baca Juga  Unud Buka Peluang bagi Siswa Berprestasi Tingkat Nasional maupun Internasional Diterima melalui ‘’Jalur Khusus’’

Disampaikan pula bahwa pelaksanaan lomba ini tidak terlepas dari visi Denpasar dalam motto Vasudaiva Khutumbakam atau menyama braya. Pihak panitia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan lomba ini yang memperebutkan hadiah utama satu buah sepeda motor dan puluhan hadiah hiburan. Kriteria lomba juga telah ditentukan yakni peserta wajib melakukan registrasi, menjaga kebersihan hingga disiplin mengikuti prokes. (eka/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
logo dies natalis
Advertisements
iklan dtw tanah lot
Lanjutkan Membaca