Saturday, 3 December 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

HOBIIS

Pegadaian Ajak Masyarakat Buka Peluang Usaha Aquascape

Dorong Kepedulian Lingkungan Sekaligus Tingkatkan Ekonomi

BALIILU Tayang

:

hobi
PT Pegadaian menggelar acara Talkshow dan Live Setting Aquascape bersama para pakar dari komunitas aquascape, yang disiarkan melalui Youtube Official Pegadaian, Minggu (17/7/2022). (Foto: Ist)

Jakarta, baliilu.com – PT Pegadaian menggelar acara Talkshow dan Live Setting Aquascape bersama para pakar dari komunitas aquascape, yang disiarkan melalui Youtube Official Pegadaian, Minggu (17/7/2022). Selain memperkenalkan seni menata aquascape, Pegadaian juga mengajak masyarakat mengenal hobi para sultan, untuk dijadikan peluang usaha yang bisa menghasilkan cuan.

Para pakar aquascape seperti Riswandi dan Dino dari komunitas, turut berbagi cerita bagaimana menata keindahan seni aquascape, yang membutuhkan skill untuk menyulap berbagai komponen tanaman, batu dan ekosistem lainnya di dalam sebuah wadah akuarium, agar terlihat seperti habitat aslinya.

Sementara pemenang kejuaraan International Aquatic Plant Layout Contest (IAPLC) 2021 di Jepang, Yoyo Prayogi, juga unjuk kepiawaiannya menata aquascape yang berhasil memanjakan mata para audiens. IAPLC sendiri merupakan kompetisi tertinggi para penghobi aquascape dari seluruh dunia yang diselenggarakan di Niigata, Jepang. Kompetisi ini diprakarsai oleh Takashi Amano selaku founder Aquascape yang dilaksanakan sejak tahun 2001. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh salah satu komedian ternama tanah air yang memiliki hobi aquascape, yaitu Deny Cagur.

Acara ini merupakan bentuk komitmen PT Pegadaian dalam merealisasikan Prioritas TJSL BUMN Tahun 2022 yang meliputi aspek Lingkungan, Pendidikan dan Pembinaan Usaha Mikro Kecil. Selain itu, kolaborasi antara Komunitas Aquascape Depok, Bekasi dan Tangerang ini, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran cinta lingkungan, bahwa kehidupan tumbuh bawah air seperti sungai, danau dan laut, perlu dijaga bersama. Di samping itu, kegiatan ini turut memberikan ruang untuk menambah pengetahuan serta keahlian para Scapper. Para komunitas yang hadir melalui offline dan online, juga berkesempatan untuk mendapat solusi alternatif pendanaan apabila sewaktu-waktu membutuhkan support modal usaha dari PT Pegadaian.

Baca Juga  Pegadaian Motorcycles Club Denpasar Salurkan Bantuan 250 Paket Sembako untuk Masyarakat Desa Susut Bangli

Aquascape adalah seni menghias tanaman di dalam air yang dipadukan dengan penempatan objek seperti batu, kayu, dalam wadah akuarium ataupun akrilik yang menggunakan ekosistem air tawar. Aquascape sendiri juga dapat disebut sebagai ilmu penataan akuarium yang dapat mendatangkan nilai tambah serta kepuasan batin yang tinggi. (eka/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan

HOBIIS

Dinas Perikanan Badung Gelar Mangupura Koi Festival

Published

on

By

kadis perikanan
Kadis Perikanan Badung I Nyoman Suardana. (Foto: ist)

Badung, baliilu.com – Serangkaian memeriahkan HUT Kota Mangupura Ke-13, Dinas Perikanan Kabupaten Badung menggelar Kontes Ikan Koi bertajuk “1st Mangupura Koi Festival”. Acara yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) dari tanggal 2-4 Desember 2022 di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung ini akan dimeriahkan dengan live akustik dan pameran ikan Koi dari penggiat ikan hias Koi di Kabupaten Badung serta stand kuliner dan UMKM Kabupaten Badung.

Kadis Perikanan Badung I Nyoman Suardana mengatakan, ada lima kategori yang dibagi dalam dua puluh satu kelas dan ukuran ikan yang dilombakan, mulai dari size 15 cm-65 cm. Kontes ikan Koi dilakukan secara open dimana peserta berasal dari berbagai daerah di tanah air yang bisa mendaftar melalui online di link : dekoishow.com/mangupura22. “Kontes ikan Koi ini untuk memeriahkan rangkaian HUT Mangupura Ke-13. Kontes ini momen untuk menumbuhkan kegemaran ikan Koi di Badung dan akan dinilai oleh tim juri nasional dari Asosiasi Pecinta Ikan Koi Indonesia (APKI). Kontes ini juga untuk membangkitkan minat dari generasi muda di Kabupaten Badung dalam membudidayakan ikan hias khususnya ikan Koi, karena komoditi ikan Koi sangat diminati oleh masyarakat kalangan umum. Dengan Kontes ini diharapkan budidaya ikan hias khususnya Koi bisa menjadi salah satu mata pencaharian di bidang usaha perikanan,” ujarnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Baca Juga  Pegadaian Motorcycles Club Denpasar Salurkan Bantuan 250 Paket Sembako untuk Masyarakat Desa Susut Bangli
Lanjutkan Membaca

HOBIIS

Semarak HUT Ke-529 Kota Tabanan, Bupati Sanjaya Serahkan Piala Bergilir Kontes Ikan Mas Koki

Bupati Sanjaya Bersyukur Para Komunitas Memberi Dampak Baik bagi UMKM Tabanan

Published

on

By

kontes ikan mas koki
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., saat mengamati Ikan Mas Koki peserta kontes di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Minggu (27/11). (Foto: ist)

Tabanan, baliilu.com – Masih dalam rangkaian menyemarakkan perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan “Jayaning Singasana“, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., menghadiri dan menyerahkan Piala Bergilir Bupati Cup I Kontes Bemas Koki Tahun 2022 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Minggu (27/11).

Kontes pertama kali digelar di Bali ini oleh Pelangi Koki Bali Tabanan (Pekat), diikuti oleh 170 peserta yang merupakan penggemar atau penggiat Ikan Mas Koki di seluruh Kabupaten/Kota se-Bali. Nampak juga hadir saat itu, Sekda, para Asisten dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, serta para peserta kontes.

Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya disampaikan oleh Bupati Sanjaya atas terselenggaranya kontes Ikan Mas Koki ini. “Ini kontes yang sangat bagus sekali dengan menampilkan 270 ikan Mas Koki terbaik dari 170 orang peserta, ini sangat luar biasa sekali,” ujar Bupati Sanjaya dalam sambutannya saat itu.

Orang nomor satu di Tabanan itu juga menyampaikan rasa syukurnya bisa bertemu bertatap langsung dengan para penyelenggara dan peserta kontes. “Walaupun situasi masih lelah, semua OPD tadi ramai-ramai mengikuti Parade Budaya Nusantara. Walaupun masih capek, namun semangatnya masih luar biasa,” puji Sanjaya dan berpesan agar melakukan kegiatan apapun dengan penuh suka cita dan hati yang tulus layaknya semangat HUT Kota tahun ini.

kontes maskoki
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., foto bersama di tengah-tengah arena Kontes Ikan Mas Koki Tahun 2022 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Minggu (27/11). (Foto: ist)

Terlepas dari itu, Sanjaya juga sangat menyadari bahwa banyak komunitas yang masih belum banyak diketahui eksistensinya. Untuk itu, dikatakannya disinilah tugas pemerintah untuk memfasilitasi, mengayomi, memberikan ruang waktu bagi komunitas yang ada di seluruh Tabanan, sehingga bisa muncul dengan jati diri masing-masing yang tentunya dengan potensi positif.

Pasalnya, dalam kegiatan semarak HUT Kota kali ini, Pemerintah Kabupaten melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk para komunitas. Ke depan, Sanjaya mengajak para komunitas bersama-sama melaksanakan kegiatan yang bisa mengharumkan nama Kota Tabanan dan juga berdampak multiekonomi, seperti terselenggaranya kontes Ikan Mas Koki ini.

Baca Juga  Mengetuk Pintu Langit, Pegadaian Gelar Khitan Massal di Tahun Baru Islam

Bupati Sanjaya sangat berharap agar para komunitas bisa membangkitkan potensinya masing-masing, sehingga seluruh komponen masyarakat merasakan dampak baiknya. “Seperti kali ini, UMKM kita laris manis, habis, rakyat tersenyum bulan ini. Rakyat tersenyum dalam semarak perayaan HUT Kota Tabanan. Ini yang saya inginkan,” harap politisi asal Dauh Pala Tabanan itu.

Terlihat dalam kontes ini, selain nampak lucu, Ikan Mas Koki sudah menjadi ikan hias primadona di kalangan penghobi khususnya di Bali. Sesuai yang dikatakan oleh Ketua Panitia Penyelenggara I Made Wida Adi Putra, hal itu bisa dilihat dari antusias dan banyaknya peserta yang menurunkan ikannya untuk berlaga pada kontes kali ini mencapai 170 peserta.

Adapun kategori dalam kontes kali ini, meliputi Kelas Sepak 2 All Size, Kelas Sepak 3 All Size, dan Kelas Sepak 4 yang dibagi 2 yaitu remaja solid dan kombinasi, serta dewasa solid dan kombinasi. Penilaian kontes atas keproporsionalan antara kepala, badan, sirip ikan dan lainnya serta untuk Piala Bergilir dinilai berdasarkan poin terbanyak yang didapat oleh satu kelompok, group atau team yang ikut lomba. Dimana Piala bergilir kali ini diperoleh Kelompok Taman Koki Bali. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

HOBIIS

Gowes Sepeda Ontel, Bupati Sanjaya Satukan Seluruh Elemen Masyarakat

Published

on

By

sanjaya
Bupati Sanjaya saat mengayuh sepeda ontel dari kantor Bupati ke Gedung Mario untuk membuka lomba Senam Sicita. (Foto: ist)

Tabanan, baliilu.com – Salah satu bentuk penghargaan serta rasa cinta terhadap tanah kelahiran ditunjukkan oleh Bupati Tabanan Dr. Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., dengan mengayuh sepeda ontel keliling kota bersama Komunitas Ontel Tabanan, Minggu (13/11) pagi.

Bupati Sanjaya menggunakan sepeda ontel dari kantor Bupati menuju Gedung Kesenian I Ketut Maria didampingi Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, sekaligus menghadiri serta membuka kegiatan lomba Senam Sicita rangkaian semarak perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan, Jayaning Singasana.

“Tepuk tangan untuk Komunitas Sepeda Ontel, tadi saya didorong naik sepeda ontel dari kantor Bupati sampai di sini. Lumayan masih berkeringat, betul-betul berkeringat, bagaimana asyiknya menaiki sepeda ontel,” ujar Sanjaya saat memberikan sambutan dalam kegiatan lomba Senam Sicita dirangkaikan dengan pameran sepeda ontel di Gedung Maria Tabanan.

Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya disampaikan Bupati Sanjaya kepada seluruh pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan ini. Ketika itu, Sanjaya turut didampingi Sekda, para Asisten dan OPD serta para Camat di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua beserta anggota Komunitas Sepeda Ontel Tabanan, senantiasa memberikan dukungan kepada peserta lomba Senam Sicita.

“Sebagaimana yang saya sampaikan, bahwa HUT Kota Tabanan tahun ini mengusung semangat gotong-royong dan melibatkan masyarakat maupun komunitas secara lebih luas. Hal ini dimaksudkan untuk menjadikan HUT Kota Tabanan pascapandemi, sebagai perayaan seluruh masyarakat Tabanan,” tegas Sanjaya.

Dan terbukti pada pagi ini, lomba Senam Sicita dan pameran sepeda ontel mampu menarik antusias masyarakat. Di sisi lain, melalui olahraga khususnya senam dan bersepeda tidak hanya membuat sehat, tetapi juga mampu menyegarkan ingatan dan juga pikiran, sehingga semakin paham akan sebuah nilai-nilai kebangsaan yang menyatukan seluruh komponen masyarakat.

Baca Juga  Pegadaian Motorcycles Club Denpasar Salurkan Bantuan 250 Paket Sembako untuk Masyarakat Desa Susut Bangli

Di samping itu, Sanjaya juga menegaskan, bahwa romantisme masa lalu dan juga semangat juang pendahulu sangat perlu diingat untuk lebih memahami arti perjuangan. Tidak selamanya masa lalu harus diabaikan, tetapi pada dasarnya juga dapat menjadi landasan melangkah untuk masa depan.

“Inilah salah satu poin penting yang coba kita angkat di HUT Kota tahun ini, bahwa peringatan yang kita lakukan bukan untuk kembali ke masa lalu, tetapi sebagai sebuah cermin bagaimana hebatnya leluhur kita pada masa itu yang telah berhasil membangun sebuah tatanan sosial dan hasil karya yang menakjubkan,” imbuh Sanjaya.

Politisi asal Banjar Dauh Pala Tabanan itu, juga tiada henti-hentinya meminta kepada hadirin untuk ikut serta mensosialisasikan dan menggaungkan nama Kota, yaitu Singasana dan sejarah yang mengiringinya. “Gaungkan terus semangat bangga sebagai orang Tabanan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau bukan sekarang, kapan lagi,” pinta Sanjaya.

Sesuai laporan Ketua Panitia, I Gede Urip Gunawan, bahwa kegiatan Senam Sicita rangkaian perayaan HUT Kota ini diikuti oleh sekitar 20 tim, dimana 2 tim mewakili tiap kecamatan yang setiap timnya terdiri dari 10 orang Guru SD dan Guru SMP di Kecamatan setempat. Sedangkan komunitas sepeda ontel yang turut berpartisipasi sebanyak 6 komunitas.

Adapun di sela-sela kegiatan, Bupati Sanjaya bersama Sekda mengikuti lelang sepeda ontel dan hasilnya diserahkan kepada panitia untuk dijadikan doorprize atau hadiah hiburan. Untuk memastikan hal tersebut, Bupati Sanjaya turut dalam pengundian serta menyerahkan hadiah berupa sebuah sepeda ontel kepada pemenang undian doorprize. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca