Thursday, 22 February 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

Uncategorized

Putri Koster Sampaikan Ucapan HUT kepada Megawati

BALIILU Tayang

:

de
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized

Test

Published

on

By

Testing. Testing. Testing. Testing.

Advertisements
ucapan Natal dan Tahun Baru
Advertisements
imlek
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Baca Juga  Terkait Hasil Rapid Test, Gubernur Koster Minta Desa Abuan Bangli Diisolasi Ketat
Lanjutkan Membaca

Uncategorized

Program “Lestari” Tingkatkan Budaya Literasi Anak di Kelurahan Sumerta

Published

on

By

program lestari kelurahan sumerta
LESTARI KERTA: Program Layanan Edukasi Safari Literasi Kelurahan Sumerta ditujukan bagi peserta didik mulai dari tingkat TK/PAUD, SD, hingga SMP telah dilaksanakan pada Jumat (22/9). (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Program Layanan Edukasi Safari Literasi Kelurahan Sumerta (Lestari Kerta) terus digencarkan Kelurahan Sumerta. Hal ini utamanya dalam mengoptimalkan minat literasi anak-anak dan menumbuhkan kesadaran lingkungan di wilayah Kelurahan Sumerta. Kegiatan ini ditujukan bagi peserta didik mulai dari tingkat TK/PAUD, SD, hingga SMP yang telah dilaksanakan pada Jumat (22/9).

Lurah Sumerta, I Wayan Eka Apriana, menjelaskan bahwa salah satu langkah dalam gerakan “Lestari Kerta” adalah mengajak anak-anak untuk membawa sampah anorganik dan menabung di bank sampah sebagai syarat untuk meminjam buku di perpustakaan. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan konsep pengelolaan sampah sejak usia dini serta mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya memilah sampah berdasarkan sumbernya.

Selain itu, dalam kegiatan ini, anak-anak juga mendapatkan sosialisasi dan edukasi tentang pengelolaan sampah berbasis sumber. Mereka diajarkan cara memilah sampah organik dan anorganik serta dampak buruk yang dapat timbul jika sampah tidak dikelola dengan baik.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini, anak-anak menjadi lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan memahami pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya,” ujar Eka Apriana.

Selain kegiatan literasi dan edukasi tentang lingkungan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan mesatua Bali. Mesatua Bali merupakan bentuk penyuluhan bahasa Bali dari penyuluh Bahasa Bali di Kelurahan Sumerta. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat belajar dan memahami kearifan lokal serta memperkaya pengetahuan mereka tentang budaya Bali.

Sementara itu, Bunda Literasi, Ny. Dewi Anggraeni Apriana, berkomitmen untuk terus menjalankan program “Lestari Kerta” secara berkelanjutan. Diharapkan, program ini dapat terus diikuti dan dinikmati oleh anak-anak di Kelurahan Sumerta sehingga dapat menciptakan generasi masa depan yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki minat literasi yang tinggi.

Baca Juga  Demi Masa Depan Anak, Handoko dan Santi Memilih Jalan Damai

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat sekitar yang menyambut baik upaya Bunda Literasi Kelurahan Sumerta dalam mengajarkan literasi dan kesadaran lingkungan kepada anak-anak.

“Semoga program ‘Lestari Kerta’ menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk melakukan gerakan yang serupa dalam menciptakan masyarakat yang sadar akan pentingnya literasi dan menjaga kebersihan lingkungan,” harapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, pihak Bunda Literasi melibatkan Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Penyuluh Bahasa Bali Kelurahan Sumerta, penggiat literasi Kelurahan Sumerta, dan pengurus bank sampah di wilayah Kelurahan Sumerta. (gs/bi)

Advertisements
ucapan Natal dan Tahun Baru
Advertisements
imlek
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

Uncategorized

Bulan Bakti Gotong-royong LPM Kelurahan Seminyak

Sekda Adi Arnawa Lepas Peserta Jalan Sehat

Published

on

By

Bulan Bakti Seminyak
LEPAS GERAK JALAN SEHAT: Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri puncak acara bulan bakti gotong royong "Seminyak Kolaborasi 2023" sekaligus melepas kegiatan gerak jalan sehat di Lapangan Banteng Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Minggu (3/9). (Foto: ist)

Badung, baliilu.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri puncak acara bulan bakti gotong-royong “Seminyak Kolaborasi 2023” sekaligus melepas kegiatan gerak jalan sehat, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan, di Lapangan Banteng Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Minggu (3/9). Turut Hadir Camat Kuta I Made Agus Suantara, Lurah Seminyak Putu Gede Adi Karmita Putra, Bendesa Adat Seminyak berserta undangan dan masyarakat lainnya.

I Made Widana Putra selaku ketua LPM Seminyak sekaligus Ketua Panitia acara menyampaikan kegiatan kali ini mengambil kolaborasi 3 organisasi antara lain LPM Seminyak, Karang Taruna Tunjung Mekar Kelurahan Seminyak, dan PS Purnama Putra. Kegiatan ini dijadikan pilot project untuk menyatukan beberapa organisasi di Kelurahan Seminyak agar bisa membuat satu event sehingga gaung kegiatan bisa lebih besar. Rangkaian kegiatan ini juga dimeriahkan dengan turnamen SSB U-12, kegiatan lomba mewarnai tingkat SD yang diikuti kurang lebih 450 peserta dan di puncaknya dilaksanakan jalan sehat, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan.

Sekda Badung Wayan Adi Arnawa dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah kami sangat mengapresiasi dan  menyambut baik pelaksanaan bulan bakti gotong-royong “Seminyak Kolaborasi 2023” dimana acara ini diisi dengan kegiatan gerak jalan sehat, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan.

“Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan ini kesehatan tubuh kita selalu bugar apalagi kegiatan ini berkolaborasi dengan 3 organisasi sehingga kegiatan ini menjadi meriah dan dapat mempererat kebersamaan antarorganisasi yang ada di Kelurahan Seminyak,” ucapnya seraya menyerahkan dana dari Pemkab Badung sebesar Rp 30 juta. (gs/bi)

Advertisements
ucapan Natal dan Tahun Baru
Advertisements
imlek
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Baca Juga  Lampaui Target Response Rate SPN, Pemkot Denpasar Raih Penghargaan Nasional dari BPS Pusat
Lanjutkan Membaca