Sunday, 21 July 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

BUDAYA

Sekda Alit Wiradana Hadiri ‘’Karya Pasupati’’ di Pura Dalem Segara Rupek Banjar Gunung Peguyangan

BALIILU Tayang

:

Sekda Alit Wiradana
HADIRI KARYA: Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana menghadiri Karya Pasupati Sesuhunan Ida Ratu Ngurah Agung Sakti, di Pura Dalem Segara Rupek, Banjar Gunung, Desa Adat Peguyangan, Rabu (19/6). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana menghadiri Karya Pasupati Sesuhunan Ida Ratu Ngurah Agung Sakti, di Pura Dalem Segara Rupek, Banjar Gunung, Desa Adat Peguyangan, Rabu (19/6).

Dalam upacara yang bertepatan dengan Budha Paing Wayang ini diiringi dengan tarian tetabuhan hingga kekidungan. Hadir dalam kesempatan tersebut, Penglingsir Puri Peguyangan, AAN Gede Widiada, Anggota DPRD Kota Denpasar, Wayan Sutama, Camat Denpasar Utara, Wayan Yusswara, Perbekel Desa Peguyangan Kaja, I Made Parmita, tokoh masyarakat desa setempat.

Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana  mengatakan, pelaksanaan Karya Ngodak Pelawatan Sesuhunan, Ida Ratu Ngurah di Pura Dalem Segara Rupek, Banjar Gunung, Desa Adat Peguyangan ini diharapkan dapat terus meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat, utamanya krama pengempon.

Alit Wiradana berharap, upacara yadnya ini, selain memperbaiki prarai Ida Sesuhunan, juga diharapkan dapat memberikan energi dharma yang dapat memancarkan hal positif bagi jagat Bali, khususnya Kota Denpasar. Selain itu upacara ini juga diharapkan mampu menetralisir hal-hal negatif, melihat berbagai macam situasi yang terjadi dewasa ini demi terciptanya keseimbangan alam beserta isinya.

“Pelaksanaan yadnya ini tentu sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat beragama. Ini adalah bagian dari dharmaning agama dan dharmaning negara. Tentunya kami berharap dengan upacara ini dapat memberikan manfaat baik secara sekala dan niskala bagi masyarakat dan umat,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia, I Made Parmita didampingi Kelian Banjar Gunung, Desa Adat Peguyangan, Nyoman Jana Artana mengatakan, upacara pasupati dilaksanakan serangkaian perbaikan Ida Sesuhunan. Setelah perbaikan tuntas, rangkaian dilanjutkan dengan upacara ngeratep, melaspas, ngurip, nuntun dan masupati pada hari ini.

Baca Juga  Sekda Alit Wiradana Buka Acara Khitanan Massal Desa Tegal Kertha

“Harapan kami dengan dilaksanakannya upacara ini dapat mendukung eksistensi budaya serta seluruh krama diberikan anugrah kelesamatan dan kesejahteraan,” ujarnya. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan

BUDAYA

Pemkot Denpasar Laksanakan Persembahyangan Serangkaian ‘’Karya Pujawali Pedudusan Alit’’ di Pura Luhur Candi Narmada

Published

on

By

jaya
SEMBAHYANG: Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat mengikuti persembahyangan serangkaian Karya Pujawali Pedudusan Alit di Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap, Desa Pemogan Denpasar, Sabtu (20/7). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Pemerintah Kota Denpasar, melaksanakan persembahyangan serangkaian Karya Pujawali Pedudusan Alit yang jatuh pada Purnamaning Kasa di Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap, Desa Pemogan Denpasar, Sabtu (20/7).

Hadir dalam pelaksanaan pujawali tersebut Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ayu Kristy Arya Wibawa, serta pemedek lainnya.

Wali Kota Denpasar, Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa dalam kesempatan itu, menyampaikan ucapan syukur dan doa untuk kemajuan, kesejahteraan, serta kerahayuan masyarakat Kota Denpasar.

Lebih lanjut pihaknya juga menekankan kegiatan persembahyangan ini guna memupuk nilai-nilai keagamaan dan persatuan di tengah masyarakat Denpasar. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keharmonisan dan semangat gotong-royong dalam menjalankan kehidupan serta pelaksanaan yadnya sehari-hari.

“Berharap melalui pelaksanaan pujawali ini dapat menjadi momen introspeksi bagi kita semua untuk lebih meningkatkan keimanan dan menjaga persatuan serta kebersamaan dalam membangun Kota Denpasar yang lebih maju,” ujarnya.

Ketua Panitia Pujawali Pedudusan Alit Pura Luhur Candi Narmada, I Dewa Gede Putu Mayadi di sela-sela pelaksanaan upacara mengatakan pelaksanaan pujawali ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan tepat jatuh pada rahina Purnama Kasa.

“Hari ini pada Saniscara Pon Sinta merupakan puncak dari Karya Pujawali di Pura Luhur Candi Narmada, dan berharap dengan pelaksanaan ini seluruh umat dapat diberi kesehatan serta kerahayuan,” tutur Dewa Mayadi.

Lebih lanjut dikatakan Dewa Mayadi, adapun rentetan upacara Pujawali Padudusan Alit di Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap yakni diawali pada Soma Pon Sinta, 15 Juli lalu yaitu pelaksanaan matur piuning karya, maguru piduka, nancep Sanggar Surya.

“Harapannya hingga nanti akhir dari pelaksanaan pujawali yang akan dilaksanakan pada Wrespati Pon Landep pada 25 Juli mendatang yang akan diisi dengan upacara Nganyarin, Pengilan Penyineban, dan Ngelugar Sekar akan berjalan lancar,” ujarnya. (eka/bi)

Baca Juga  Pimpin Apel Disiplin, Sekda Alit Wiradana Ingatkan ASN Pemkot Senantiasa Jaga Integritas

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

BUDAYA

Walikota Jaya Negara Hadiri Puncak ‘’Karya Ngenteg Linggih’’ Pura Batur Lap Lap, Penatih Dangin Puri

Published

on

By

batur
HADIRI KARYA: Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri puncak upacara Karya Ngenteg Linggih di Pura Batur Lap Lap, Desa Adat Lap Lap, Penatih Dangin Puri, pada Saniscara Pon Wuku Sinta, Sabtu (20/7). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri puncak upacara Karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Mamungkah, dan Caru Balik Sumpah Madya, di Pura Batur Lap Lap, Desa Adat Lap Lap, yang masuk dalam wilayah Penatih Dangin Puri, pada Saniscara Pon Wuku Sinta, Sabtu (20/7).

Hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, dalam kesempatan pagi itu, Walikota Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan upacara ini. Karya di Pura Batur Lap Lap ini, merupakan momentum bagi seluruh krama untuk selalu eling dan meningkatkan srada bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa.

Sehingga, sudah sepatutnya seluruh elemen masyarakat menjadikan ini sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari Tri Hita Karana.

“Dengan karya ini mari kita tingkatkan srada bakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai implementasi Tri Hita Karana,” ujar Jaya Negara.

Sementara itu, Ketua Panita Karya, I Wayan Agus Purnawirawan saat dijumpai menyampaikan, seluruh rangkaian acara yang dipuput oleh Ida Pandita Mpu Jaya Ashita Santi Yoga ini, telah dilangsungkan sejak bulan Mei 2024 lalu, dan kemudian akan dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan pada Minggu, 21 Juli 2024, yang meliputi kegiatan Nganyarin, Metatah Massal dan juga Pawintenan.

“Kami telah memulai seluruh rangkaian kegiatan karya ini sejak Mei 2024, dan hari ini adalah puncak karya yang bertepatan dengan Purnama Kasa, Saniscara Pon Wuku Sinta,” ungkapnya. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Sekda Alit Wiradana Paparkan Upaya Pemkot Dukung Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Lanjutkan Membaca

BUDAYA

Pemkot Denpasar ‘’Ngaturang Bhakti Pujawali’’ di Pura Pengubengan Besakih

Published

on

By

purnama
SEMBAHYANG: Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa saat sembahyang bersama serangkaian Pujawali di Pura Pengubengan Besakih, Sabtu (20/7). (Foto: Hms Dps)

Karangasem, baliilu.com – Pemerintah Kota Denpasar menghaturkan Pujawali di Pura Pengubengan Besakih, Sabtu (20/7). Pelaksanaan Pujawali yang bertepatan dengan Purnama Kasa ini dipuput Ida Pedanda Gede Manu Singaraga, Griya Sangkan Gunung, Karangasem dan Ida Pendada Putra Datah Griya Saraswati Budakeling.

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa hadir mengikuti prosesi pelaksanaan Pujawali bersama tokoh masyarakat desa setempat dan pemedek. Hadir pula Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa serta OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Walikota Jaya Negara di sela-sela pelaksanaan persembahyangan bersama menyampaikan bahwa Pemkot Denpasar setiap tahun melaksanakan upacara Bhakti Pujawali di Pura Pengubengan, Besakih. Hal ini merupakan wujud sradha dan bhakti umat kepada sang pencipta.

Dikatakannya, pelaksanaan Pujawali merupakan momen penting untuk menyampaikan rasa penghormatan dan pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa serta mempertahankan hubungan harmonis dengan umat manusia dengan Ida Sang Hyang Widi Wasa.

“Harapan kita bersama memperoleh keberkahan dan kesucian yang lebih besar dalam kehidupan serta meneguhkan nilai-nilai keagamaan dan menjaga integritas moral, serta menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Jaya Negara.

Sementara Panitia Pujawali, Jro Mangku Nyoman Artawan mengatakan, Pujawali di Pura Pengubengan Besakih dilaksanakan setiap tahun sekali bertepatan dengan Purnama Sasih Kasa. Dimana, tahun ini Ida Bhatara Pura Pengubengan Nyejer selama tiga hari.

“Semoga dengan upacara Pujawali yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dapat memberikan berkah kepada seluruh umat masyarakat Bali serta alam semesta beserta isinya selalu dalam lindungan Tuhan,” ujarnya. (eka/bi)

Baca Juga  Pimpin Apel Disiplin, Sekda Alit Wiradana Ingatkan ASN Pemkot Senantiasa Jaga Integritas

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca