Monday, 20 May 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Terus Menyala! Pegadaian Catat Laba Rp. 1,4 Triliun di Kuartal I/2024

BALIILU Tayang

:

kinerja pegadaian 2024
Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan. (Foto: Hms Pegadaian)

Jakarta, baliilu.com – PT Pegadaian mengukir kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di tahun 2024. Tercatat pertumbuhan aset sebesar 14,3% yoy dari Rp 76,1 triliun naik menjadi Rp 87 triliun. Kemudian Outstanding Loan (OSL) Gross tumbuh sebesar 17,0% yoy dari Rp 61,2 triliun menjadi Rp. 71,6 triliun. Sementara itu Laba Bersih tumbuh sebesar 33,2% dari Rp 1 triliun menjadi Rp 1,4 triliun.

Pertumbuhan kinerja perusahaan turut didorong oleh peningkatan jumlah nasabah Pegadaian sebesar 9,3% dari 22,4 juta nasabah di Maret 2023 menjadi 24,4 juta nasabah di Maret 2024 dan penyaluran pinjaman (omzet) pembiayaan tumbuh 10,7% dari Rp 49,4 triliun naik menjadi Rp 54,7 triliun. Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan menyampaikan bahwa pencapaian tersebut turut dihasilkan dari kinerja Holding Ultra Mikro.

“Kinerja memuaskan ini merupakan kado indah untuk Pegadaian yang telah genap berusia 123 tahun. Selain transformasi yang dijalankan, konsistensi yang dilakukan, tentu pencapaian ini tidak luput dari holding BUMN Ultra Mikro yang berhasil mendorong bisnis pembiayaan mikro melalui produk gadai dan investasi lewat produk non-gadai. Bersama BRI dan PNM, Pegadaian berkomitmen untuk mengembangkan UMKM, salah satunya dengan menyalurkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah,” ujar Damar pada Kamis, 25 April 2024

Pembiayaan KUR Syariah Pegadaian mencetak kinerja cemerlang sebesar 303,9% menjadi Rp 2,9 triliun di kuartal I Tahun 2024 dari 710 miliar di kuartal I Tahun 2023. Sementara itu dari sisi rasio keuangan, Pegadaian dinilai semakin sehat dengan adanya penurunan kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) dari 1,37% di kuartal I Tahun 2023 menjadi 1,24% di kuartal I Tahun 2024, serta BOPO yang turut mengalami penurunan menjadi 62,74% dari 65,27% yoy.

Pegadaian juga senantiasa berusaha untuk selalu hadir di tengah masyarakat dengan tidak henti memberikan literasi terkait investasi, sebut saja produk Cicil Emas dan Tabungan Emas Pegadaian yang tahan inflasi. Tidak hanya memfasilitasi pembiayaan produktif, namun pinjaman konsumtif seperti fitur baru Pembiayaan Wisata Religi, Multiguna Wisata hingga pembiayaan kendaraan listrik yang dapat dinikmati oleh seluruh Sahabat Pegadaian. (eka/bi)

Baca Juga  Pimpinan dan Staff PT Pegadaian Kanwil 7 Denpasar Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
idul fitri
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

GSI Badung Tahun 2024 Resmi Dibuka

Disdikpora Berharap Lahirkan Atlet-atlet Berprestasi

Published

on

By

GSI Badung
FOTO BERSAMA: GSI tingkat SMP se-Kabupaten Badung Tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Sekretaris Disdikpora Badung, I Gusti Bagus Adi Parwata dilanjutkan sesi foto bersama di Lapangan Umum Mengwi, Kecamatan Mengwi, Badung, Senin (20/5). (Foto: Diskominfo Badung)

Badung, baliilu.com – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) menyelenggarakan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat SMP se-Kabupaten Badung Tahun 2024. Acara yang dibuka oleh Sekretaris Disdikpora Badung, I Gusti Bagus Adi Parwata mewakili Kepala Disdikpora ditandai dengan pelepasan balon di Lapangan Umum Mengwi, Kecamatan Mengwi, Badung, Senin (20/5).

Hadir Ketua KONI Badung, I Made Nariana, Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Badung dan para peserta GSI.

Sekretaris Disdikpora Badung, I Gusti Bagus Adi Parwata mengatakan, GSI merupakan event tahunan yang secara rutin dilaksanakan Disdikpora Badung. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dan perhatian Pemkab Badung melalui Disdikpora Badung. “Sehingga, kami berharap adik-adik siswa dan atlet ini nantinya menjaga disiplin dan keseriusan dalam mengikuti GSI ini untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut Adi Parwata bertujuan untuk meningkatkan dunia olahraga terutama di cabang olahraga sepak bola. Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan mutu para atlet sehingga dapat menciptakan atlet-atlet yang berprestasi untuk berlaga di event-event yang lebih tinggi.

“Kita berharap GSI melahirkan atlet yang berprestasi, berkompetensi yang nantinya bisa membawa nama sekolah, Pemerintah Kabupaten Badung bahkan Bangsa dan Negara di kancah yang lebih tinggi. Yang kita harapkan nanti mereka bisa berlaga di tingkat Provinsi bahkan hingga kancah internasional,” terangnya.

Sementara, Ketua Panitia GSI tahun 2024, I Gusti Ngurah Agung Cahya Krisna melaporkan, GSI merupakan upaya nyata untuk menumbuhkan, meningkatkan dan memberdayakan semangat olahraga khususnya di cabang sepak bola. Sekaligus, untuk mengevaluasi serta mengukur sejauh mana hasil dari pembinaan masing-masing sekolah pada cabang olahraga sepak bola di Kabupaten Badung.

Baca Juga  Gandeng KUMPUL.ID, Pegadaian Ajak 50 UMKM Kintamani Ikut Program Sahabat UMKM

GSI BadungPara peserta Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat SMP se-Kabupaten Badung Tahun 2024 saat mengikuti acara pembukaan di Lapangan Umum Mengwi, Senin (20/5). (Foto: Kominfo Badung)

“Melalui kegiatan GSI ini juga akan dicoba mengevaluasi secara cermat dan teliti peningkatan prestasi yang telah dicapai oleh masing-masing sekolah tingkat SMP di Kabupaten Badung untuk dapat diterjunkan pada event-event serupa yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 20-25 Mei 2024 ini, diikuti 6 kecamatan di Kabupaten Badung. Perwakilan masing-masing kecamatan, merupakan sekolah yang mendapatkan juara 1 di tingkat kecamatan masing-masing. Hadiah yang diterima oleh para pemenang yakni, Juara 1 berupa piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta, Juara 2 piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 8 juta, Juara 3 berupa piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta rupiah serta pemain terbaik akan mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
idul fitri
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Indonesia Dorong Empat Inisiatif Konkret di World Water Forum Ke-10

Published

on

By

empat inisiatif world water forum
PIMPIN PERTEMUAN: Presiden Joko Widodo memimpin Pertemuan Tingkat Tinggi World Water Forum Ke-10 2024 di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (20/5/2024). (Foto: Media Center WWF 2024)

Badung, baliilu.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menegaskan pentingnya peran air dalam kehidupan manusia. Tata kelola air yang bermasalah, selain dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi, juga berpotensi memicu perang dan menjadi sumber bencana. Oleh karena itu, Indonesia mendorong empat inisiatif konkret dalam World Water Forum ke-10 di Bali pada 18 – 25 Mei 2024.

“Too much water maupun too little water, keduanya dapat menjadi masalah bagi dunia,” kata Presiden Joko Widodo saat membuka Pertemuan Tingkat Tinggi World Water Forum Ke-10, yang dihadiri 48 negara dan organisasi internasional di Bali, Senin (20/5/2024).

Untuk pertama kalinya sejak World Water Forum digelar, persoalan air dunia dibahas di tingkat kepala negara atau High Level Meeting.

Dalam 10 tahun terakhir, Indonesia telah memperkuat infrastruktur air dengan membangun 42 bendungan, 1,18 juta hektare jaringan irigasi, 2.156 km pengendali banjir dan pengamanan pantai, serta merehabilitasi 4,3 juta hektar jaringan irigasi.

Indonesia juga telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung di Waduk Cirata sehingga didapuk sebagai PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara.

Presiden Joko Widodo menegaskan World Water Forum Ke-10 sangat strategis untuk merevitalisasi aksi nyata dan komitmen bersama dalam mewujudkan manajemen sumber daya air terintegrasi.

Tiga hal yang konsisten didorong Indonesia antara lain, pertama meningkatkan prinsip solidaritas dan inklusivitas untuk mencapai solusi bersama, terutama bagi negara-negara pulau kecil dan yang mengalami kelangkaan air.

Indonesia juga mendorong pemberdayaan hydro-diplomacy untuk kerja sama konkret dan inovatif, menjauhi persaingan dalam pengelolaan sumber daya air lintas batas.

Bagi Indonesia memperkuat political leadership merupakan kunci sukses berbagai kerja sama menuju ketahanan air berkelanjutan.

Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan empat inisiatif baru yang diusung oleh Indonesia dalam World Water Forum Ke-10 yakni penetapan World Lake Day, pendirian Center of Excellence di Asia Pasifik, tata kelola air berkelanjutan di negara pulau kecil dan penggalangan proyek-proyek air.

Baca Juga  Sekda Alit Wiradana Lepas Mudik Bersama BUMN PT. Pegadaian Kanwil VII

“Air bukan sekedar produk alam, tapi merupakan produk kolaborasi yang mempersatukan kita sehingga butuh upaya bersama untuk menjaganya,” pungkas Joko Widodo yang dikutip dari laman infopublik.id. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
idul fitri
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

Published

on

By

pengelolaan air sektor pariwisata
HADIRI WWF Ke-10: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (tengah jas hitam) saat menghadiri ‘’opening ceremony’’ World Water Forum Ke-10 di Mangupura Hall, Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali, (20/5/2024). (Sumber Foto : Kemenparekraf)

Badung, baliilu.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menegaskan jika Indonesia terus melakukan upaya kolaboratif untuk memaksimalkan pengelolaan air di sektor pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut diungkap Sandiaga saat menghadiri opening ceremony World Water Forum Ke-10 yang dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Mangupura Hall, Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024).

“Sektor pariwisata banyak sekali bersinggungan dengan air, ada yang menyampaikan no water no tourism. Saat ini kita telah berkolaborasi bagaimana sektor pariwisata dapat memaksimalkan penggunaan air di sektor pariwisata yang dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata Sandiaga Uno yang dikutip dari laman infopublik.id.

World Water Forum merupakan forum internasional yang menghimpun para pemangku kepentingan di bidang air. Forum global yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali sejak 1997 ini mengajak semua pihak untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan berpraktik nyata dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya air yang berkelanjutan.

“Forum air sedunia ini menjadi ajang di mana Indonesia menunjukkan kepemimpinannya dalam pengelolaan air. Juga bagaimana kita memastikan air sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita dan akan terus kita jaga di masa yang akan datang untuk anak cucu kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sebelumnya, Presiden dikatakan Sandiaga mengatakan bahwa Indonesia ke depan akan terus mengambil peran strategis dan berperan penting dalam pengelolaan air dunia. Hal ini karena 72 persen permukaan bumi yang tertutup air, hanya 1 persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi.

Baca Juga  Bersatu dan Tumbuh Bersama UMKM, Pegadaian Luncurkan GadePreneur

“Oleh karena itu tugas kita bersama untuk mengambil peran, apalagi Indonesia 65 persen wilayahnya adalah air,” kata Menparekraf Sandiaga.

Hal lain yang menjadi perhatian dikatakan Sandiaga adalah pemanfaatan teknologi dikatakan Sandiaga, akan menjadi bagian penting dalam pengelolaan air ke depan.

“Seperti yang disampaikan Elon Musk yang hadir sebagai prominent speaker, bahwa dengan teknologi maka pengelolaan air dan energi untuk menghadirkan kesejahteraan bersama akan semakin dimudahkan,” ujar Sandiaga.

World Water Forum Ke-10 masih akan berlangsung hingga 25 Mei 2024. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun memberikan dukungan dengan menghadirkan sejumlah kegiatan di antaranya World Water Forum Fair and Expo serta Bali Street Carnival.

“Kami berharap kegiatan ini dapat sekaligus mempromosikan budaya Bali dan Indonesia untuk seluruh peserta (World Water Forum) yang per pagi ini terkonfirmasi sudah mencapai angka 20 ribu peserta. Kita prediksi dengan rombongan delegasinya, sudah mencapai angka hampir 40 ribu sampai 50 ribu, jauh melebihi target,” kata Menparekraf Sandiaga.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu; serta Staf Ahli Pengembangan Bidang Usaha Kemenparekraf/Baparekraf Masruroh. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
idul fitri
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca