Connect with us

BUDAYA

Tutup Mahasabha III PSN 2021, Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Harapkan Layanan Baik para Pinandita Mampu Lahirkan Umat yang Berkualitas

BALIILU Tayang

:

de
TUTUP: Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto saat menutup Mahasabha III PSN (Pinandita Sanggraha Nusantara) Tahun 2021, di Gedung Balai Diklat Industri, Denpasar, Sabtu (23/10).

Denpasar, baliilu.com  – Semakin maju dan berkembangnya negara di dunia tidak mampu dikendalikan hanya dengan kemajuan teknologi dan informasi saja, namun penekanan dan pembekalan terhadap karakter diri pribadi melalui ajaran agama juga menjadi penopang penting untuk terwujudnya toleransi dan kualitas kehidupan dalam bersosialisasi di tengah masyarakat. Sehingga perlu dilakukan peningkatan sumber daya manusia para pinandita yang merupakan tokoh dalam umat Hindu.

“Dengan ditingkatkan kualitas sumber daya manusia pinandita maka secara otomatis akan memberikan layanan yang baik terhadap masyarakat, sehingga kualitas umat juga akan semakin meningkat,” terang Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto kepada awak media sesaat setelah menutup Mahasabha III PSN (Pinandita Sanggraha Nusantara) Tahun 2021, di Gedung Balai Diklat  Industri, Denpasar, Sabtu (23/10).

Ditambahkannya, Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) merupakan ujung tombak dalam pelayanan umat, diharapkan bisa berperan dalam menuntun umat agar terus bertransformasi ke arah yang lebih baik lagi. “Para pinandita dan pemangku juga diharapkan mampu untuk terus mengajegkan Hindu dresta nusantara. Hal ini perlu perhatian para pemuka agama, agar bisa menuntun umatnya agar tidak terpengaruh aliran sampradaya.

Advertisements
de

Pengaruh arus globalisasi dan perkembangan teknologi informasi telah berperan dalam pergeseran pandangan dan nilai serta perubahan perilaku masyarakat. Hal ini tentu saja menjadi tantangan kita ke depan, sehingga peran pinandita dan pemangku sangat penting dalam membangun pengetahuan dan meningkatkan kualitas umatnya,” imbuh Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko.

Di sela penutupan Mahasabha III PSN Tahun 2021 yang mengangkat tema “Melalui Mahasabha III Pinandita Sanggraha Nusantara, Kita Tingkatkan Profesionalisme Pinandita Sesuai Harapan Umat dan Perkembangan Jaman”, dimaksudkan untuk melanjutkan sejumlah program kepemimpinan sebelumnya yang salah satunya adalah meningkatkan sumber daya manusia para pinandita dan pemangkunya, sehingga secara otomatis layanan terhadap masyarakat juga mengalami peningkatan yang serta merta juga akan menghasilkan umat yang berkualitas dan berkarakter penuh rasa tanggung jawab, toleransi serta saling melindungi.

Kegiatan Mahasabha III PSN 2021 ini tentu sejalan dengan visi Gubernur Bali Wayan Koster, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali di bidang Atma Kerthi.

Pemprov Bali akan terus berusaha menciptakan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia, tanpa meninggalkan kearifan lokal, sehingga program yang akan dilanjutkan oleh kepengurusan Pinandita Sanggraha Nusantara periode 2021-2026 ini penting sebagai landasan untuk diteruskan.

Hingga saat ini tercatat 80 ribu pinandita yang ada di Indonesia, sehingga dalam rangka mengembangkan wawasan pemangku dan pinandita terutama wawasan tatwa, susila dan upakara harus dilaksanakan secara periodik dengan pikiran yang jernih, wawasan yang luas serta perilaku yang santun dengan tujuan menjadi contoh untuk ditiru oleh masyarakat luas. (gs)

de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUDAYA

Tradisi Bali di Tengah Pandemi, Somya Putra: Desa Adat Ambil Alih dengan Manajemen Cepat, Tepat dan Sederhana

Published

on

By

de
Made Somya Putra. (Foto: gs)

Klungkung, baliilu.com – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah menyadarkan betapa maha kuasanya sang alam semesta. Kebiasaan aktivitas kemanusiaan tiba-tiba bergeser bahkan berubah. Dari kebiasaan berkumpul jadi terpisah, dari kebiasaan membuka wajah jadi menutup wajah. Tak terkecuali pergeseran juga terjadi pada tradisi Bali. Pandemi Covid telah memberi pesan kuat bahwa hidup harus menyesuaikan dan terus berlomba dengan waktu.

Seperti dituturkan Made Somya Putra dari The Somya International, bahwa saat ini kita sedang berlomba dengan waktu. Dalam situasi kekinian kita harus menyesuaikan diri, harus dinamis. Bahwa tidak menjadi terlalu mempertahankan tradisi, tetapi tidak mampu menyesuaikan dengan kekinian yang justru akan ketinggalan atau kita yang meninggalkan.

‘’Justru harus menyesuaikan dengan keadaan yang sekarang. Orang-orang yang ingin ngayah, tetap ada ruang. Jadi bukan ada rasa beban berat ketika akan ngayah,’’ terang Somya Putra saat ditemui menjenguk rekan sejawat dikremasi di Krematorium Sulang, Dawan Klungkung, belum lama ini.

Advertisements
de

Ia menyebut ke depan jumlah penduduk Bali akan semakin besar. Sarana dan prasarana upacara tentunya juga semakin mahal. Dan inilah yang sepatutnya perlu dipikirkan 10 sampai 20 tahun ke depan, tradisi Bali kita ini akan seperti apa. 

‘’Pertama, pemahaman bagaimana kita memikirkan saudara-saudara, semeton kita 10-20 tahun ke depan agar tidak ada diskusi lagi yang menurut saya terlalu basic tentang dresta dan lain sebagainya. Menurut saya bisa menjadi perdebatan yang tidak akan pernah selesai,’’ ucap pengacara ini.

Untuk menyelesaikannya, Somya Putra mengungkapkan mulai sekarang dengan cara pemahaman bahwa kita ini adalah sama atau saudara, wasudewa kutumbakan. Jadi, pertama kita berpikir bahwa bagaimana mengelola saudara kita dari lahir sampai meninggal. Kedua, ini harus digulirkan terus-menerus dari pemikiran diri sendiri kemudian dikembangkan kepada keluarga dan diambil oleh stakeholder yang ada, minimal oleh desa adat.

Ia mencontoh, kalau sekarang orang berpikir ngaben ke krematorium karena ingin mudah, ingin lebih simple, itu tujuannya bukan ingin meninggalkan dresta Bali, tetapi menyesuaikan dengan keadaan yang dimiliki. Kehadiran krematorium membuat masyarakat tak perlu takut akan biaya karena tujuan kehadirannya untuk membantu umat Hindu dengan cara mempermudah akses dalam sarana prasarana, salah satunya adalah ngaben.

Jadi ke depan harus diberdayakan potensi yang ada di desa adat melalui tata kelola manajemen yang lebih jelas. Sehingga ketika ada kematian, maka krama yang memiliki kematian sudah tidak berpikir lagi apa yang harus mereka lakukan. Jadi kenapa bukan orang-orang terdekat yang ada di krama sendiri yang mengelola potensi itu. Caranya, tentu sesuai dengan dresta tanpa meninggalkan sima dresta, desa kala patra yang ada.

‘’Jadi desa adat semestinya mengambil alih dengan manajemen cepat, tepat dan sederhana. Sehingga nantinya konsep menyama braya itu akan lebih simple tanpa melihat dari sisi ekonomi, tingkat strata orang. Jadi kita akan menjadi lebih kepada kesetaraan ke depannya. Jadi di tingkat desa adat pun bisa dilakukan,’’ papar Somya Putra seraya menegaskan BUPDA tidak hanya masalah simpan pinjam, tetapi bisa berkembang ke areal yang lebih basic mengenai banten, upacara dari orang lahir sampai orang meninggal bisa dipersiapkan di desa adat.

Jika upacara yadnya dikelola oleh desa adat melalui BUPDA, justru itu penting dilakukan dengan tidak menghilangkan dresta. Misal, orang tidak semua tahu tentang bagaimana cara membuat banten, tetapi dengan konsep manajemen yang jelas di tingkat desa adat, maka orang membuat banten diperkenalkan di tiap banjar tanpa harus ada pasraman, kemudian diperkenalkan di sekolah- sekolah masing-masing melalui ekstra-kurikuler atau sejenisnya orang akan tahu tentang banten.

Konsep ini tentu tidak meninggalkan prinsip gotong-royong. Karena prinsip gotong-royong terjadi pada satu rasa. Bahwa yang meninggal atau semua adalah saudara yang harus mendapatkan dan harus dilakukan benar-benar sebagai saudara, sebagai keluarga. ’’Kalaupun kita hanya mampu untuk majenukan tidak masalah, datang untuk menyumbang, sehingga orang yang kesusahan tidak lagi mengeluarkan dana,’’ ujarnya.

Jika kita menengok ke belakang, orang harus menyama braya dengan orang berkumpul di sebuah tempat, kemudian melakukan kegiatan massal. Tentu saja pandemi ini sudah membatasi hal itu. Nah inilah yang harus diuji tentang bagaimana kita mengikuti keadaan zaman, tidak meninggalkan esensi dresta tapi memberikan kemudahan sesuai dengan zaman sehingga orang-orang yang memiliki rasa militansi dalam persaudaraan tetap bisa melakukan kegiatan itu. Jadi jika sadar kalau kita semua bersaudara, kewajiban sebagai saudara harus dilakukan sebagai saudara. (gs)

de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca

BUDAYA

Bupati Giri Prasta Hadiri ‘’Karya Rsi Yadnya Apodgala Dwijati’’ Griya Agung Bongkasa

Published

on

By

de
RSI YADNYA: Bupati Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Rsi Yadnya Apodgala Dwijati di Griya Agung Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Selasa (30/11).

Badung, baliilu.com Rahina Anggara Kasih Wuku Medangsia, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Rsi Yadnya Apodgala Dwijati Ida Bhawati Pasek I Gede Nyoman Suastawa (diksa lanang) dan Ida Bhawati Pasek Istri Ni Luh Ketut Winarti (diksa istri), bertempat di Griya Agung Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Badung, Selasa (30/11).

Acara turut dihadiri oleh Nabe Napak, Nabe Waktra, Nabe Saksi, Kepala Dinas Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha, Kepada Bapenda I Made Sutama, Ketua PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel Bongkasa, Bendesa Adat Bongkasa, Semeton Dulang Mangap, Semeton Pasek serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sembramawaca-nya, Bupati Giri Prasta mengatakan pihaknya sangat bangga dan bahagia sekali dapat hadir sekaligus sebagai upasaksi dalam Karya Rsi Yadnya Sang Diniksan Ida Bhawati Pasek I Gede Nyoman Suastawa dan Ida Bhawati Istri Ni Luh Ketut Winarti di Griya Agung Bongkasa. Bupati juga menjelaskan upacara Dwijati merupakan upacara yang bermakna lahir untuk kedua kalinya (reinkarnasi) sebagai seorang sulinggih, seseorang yang telah melalui proses tata upacara diksa inilah yang mempunyai wewenang luas dan lengkap dalam pelaksanaan dan menyelesaikan berbagai upacara yadnya.

Advertisements
de

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan setelah melalui dwijati, sulinggih patut melaksanakan Catur Bandana Dharma sebagai tuntunan keseharian yang dilakukan seseorang yang telah menyucikan diri yaitu amari wesa atau tata cara menggunakan busana, amari sesana (beretika), amari aran (berubah nama) dan amari laksana (bertingkah laku). “Semoga sulinggih selalu mendoakan dan i agar masyarakat dan jagat Badung selalu diberikan keselamatan, gemah ripah loh jinawi serta pelaksanaan karya ini dapat berjalan dengan lancar labda karya side sidaning don,” ucapnya.

Sebagai wujud bhakti Pemkab Badung atas pelaksanaan upacara dwijati ini, Bupati Giri Prasta menghaturkan dana punia sebesar Rp 75 juta.

Sementara Prawartaka Karya I Wayan Madia menyampaikan terimakasih kepada murdaning jagat Badung (Guru Wisesa) dalam hal ini Bupati Giri Prasta yang telah berkesempatan hadir turut mendoakan sekaligus memberikan dharma wacana pada karya dwijati yang dilaksanakan pada Rahina Anggara Kasih Wuku Medangsia. Pihaknya berharap setelah upacara rsi yadnya apodgala dwijati ini, telah terlahir sulinggih di Griya Agung Bongkasa dan Ida Sulinggih sekarang sudah menjadi milik dari pemerintah dan masyarakat. “Semoga Ida Sulinggih selalu dapat melaksanakan swadharma beliau untuk mengabdi dan membina budi pekerti masyarakat,” harapnya. (gs)

de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca

BUDAYA

Walikota ‘’Ngayah Nopeng’’ pada Puncak ‘’Karya Panca Wali Krama’’ di Pura Luhur Uluwatu

Published

on

By

de
NGAYAH NOPENG: Walikota Denpasar ‘’ngayah mesolah’’ topeng serangkaian puncak ‘’Karya Panca Wali Krama’’ di Pura Luhur Uluwatu, Kabupaten Badung pada Anggara Kliwon Wuku Medangsia, Minggu (30/11). (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Walikota Denpasar IGN Jaya Negara Ngayah Mesolah Topeng serangkaian puncak Karya Panca Wali Krama di Pura Luhur Uluwatu, Kabupaten Badung pada Anggara Kliwon Wuku Medangsia, Selasa (30/11).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara ngayah nyolahang Topeng Dalem Arsawijaya dan Topeng Dalem Sidhakarya. Tak hanya itu, Walikota Jaya Negara yang didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana beserta istri ini tampak Ngayah Mundut Ida Bhatara Luhur Uluwatu ke Bale Peselang.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, Pengelingsir Puri Agung Jro Kuta, I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya, Bendesa Adat Pecatu I Made Sumerta. Puncak Karya yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali ini di-puput oleh delapan sulinggih dengan seluruh rangkaian menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Yakni Ida Pedanda Gede Ngurah Keniten, Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa, Ida Pedanda Gede Jelantik Giri Santicita, Ida Pedanda Gede Dwaja Tembuku Manuaba, Ida Pedanda Jelantik Giri, Ida Pedanda Istri Mayun Keniten, Ida Pedanda Istri Raka, dan Ida Pedanda Istri Rai Karang.

Advertisements
de

Pengrajeg Karya yang juga selaku Penglingsir Puri Agung Jero Kuta I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya menjelaskan, Karya Panca Wali Krama di Pura Luhur Uluwatu sepatutnya dilaksanakan pada bulan Mei 2021 namun karena adanya pendemi Covid-19 pihaknya bersama Desa Adat Pecatu sepakat mengundur pelaksanaan karya tersebut ke bulan November. Lebih lanjut dijelaskan, selain di Pura Uluwatu, rentetan karya juga mengambil lokasi di 7 pura prasanak Pura Uluwatu. Meliputi Pura Dalem Kulat, Pura Pererepan, Pura Dalem Selonding, Pura Dalem Pangleburan, Pura Karang Boma, Pura Goa Batu Metandal, dan Pura Goa Tengah.

“Dengan pelaksanaan karya ini semoga Ida Sesuhunan yang berstana di Pura Luhur Uluwatu memberikan berkah kerahayuan kerahajengan kepada kita semua. Dan semoga pandemi Covid-19 juga lekas berlalu dari muka bumi sehingga pariwisata bisa pulih kembali,” harapnya.

Sementara, Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan pelaksanaan Karya Panca Wali Krama ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat untuk selalu eling dan meningkatkan srada bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Karenanya, sudah sepatutnya seluruh elemen masyarakat menjadikan ini sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari Tri Hita Karana.

Selain itu, Jaya Negara juga turut mendukung penerapan protokol kesehatan yang secara disiplin diawasi oleh pecalang. Hal ini mengingat saat ini pandemi belum usai, kerenanya meski sudah divaksin, seluruh masyarakat tetap diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan, termasuk saat pelaksanaan upacara adat dan keagamaan.

“Dengan pelaksanaan pujawali ini mari kita tingkatkan rasa sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana, dan semoga pandemi Covid-19 dapat segara teratasi dan situasi kembali normal,” ujar Jaya Negara.

Untuk diketahui rangkaian Karya Panca Wali Krama di Pura Luhur Uluwatu telah dilaksanakan sejak 8 September lalu dengan Ngaturang Pejati/Pemiut yang dilanjutkan dengan Nyukat Genah pada 12 September 2021. Selanjutnya rangkaian terus berjalan hingga puncak Karya pada Anggara Kliwon Wuku Medangsia, Selasa 30 November 2021. Dimana, Ida Bhatara Luhur Uluwatu akan nyejer, upacara Penyineban pada 11 Desember mendatang. (ags/eka)

de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca