Connect with us

KESEHATAN

Abaikan Prokes, Satpol PP Tertibkan Dua Kafe di Denpasar

BALIILU Tayang

:

de
Satpol PP Kota Denpasar saat penertiban Cafe di wilayah Kota Denpasar lantaran tidak mengindahkan penerapan protokol kesehatan di masa pandemic, Sabtu (28/11).

Denpasar, baliilu.com – Satpol PP Kota Denpasar kembali mengambil langkah tegas menyikapi masih adanya pelanggaran protokol kesehatan. Pada Sabtu (28/11) malam  dilaksanakan penertiban di dua kafe berbeda di wilayah Kota Denpasar. Dua kafe yang turut dilaksanakan penertiban yakni kafe  di Jalan Tukad Unda dan kafe Jalan Badak I. Hal ini lantaran ramainya pengunjung sehingga menimbulkan kerumunan dan tidak menerapkan protokol kesehatan, utamanya jaga jarak.

Kasat Pol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Suyoga saat dikonfirmasi Minggu (29/11) menjelaskan bahwa penertiban ini sebagai bentuk penegakan hukum sesuai  Pergub No 46 tahun 2020 dan Perwali No. 48 tahun 2020 tentang penerapan Protokol Kesehatan (Prokes). Sehingga upaya untuk menekan penyebaran dan mengendalikan kasus Covid-19 dapat dioptimalkan.

“Pada intinya kami tidak melarang masyarakat untuk beraktivitas, termasuk berusaha dan berdagang, namun protokol kesehatan wajib diterapkan sebagai upaya menciptakan masyarakat produktif dan aman Covid-19, jadi penertiban hari ini adalah untuk mendukung disiplin penerapan protokol kesehatan di masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penertiban ini bukanlah upaya untuk mencari kesalahan masyarakat, melainkan semata-mata untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, pemantauan dan pengawasan yang dikemas dengan monitoring dan evaluasi akan terus dilaksanakan. Sehingga penerapan protokol kesehatan di masyarakat dilaksanakan dengan baik.

“Jadi jangan sampai karena kita abai justru timbul kluster baru, karenanya kami akan rutin melaksanakan pemantauan, dan bagi pemilik usaha juga kami imbau untuk mengatur dan menerapkan protokol kesehatan di tempat usaha, sehingga dalam pelaksanaannya mampu mendukung pencegahan penularan Covid-19,” harapnya. (eka)

Baca Juga  Kelurahan Penatih Gelar Sidak Prokes, Nihil Pelanggar Apresiasi Kesadaran Masyarakat
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KESEHATAN

Kelurahan Ubung Kaja Laksanakan Sidak Masker di Pasar Adat Poh Gading

Published

on

By

Kelurahan Ubung Kaja laksanakan sidak masker di Pasar Adat Poh Gading

Denpasar, baliilu.com – Untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang semakin meluas di masyarakat, Desa Ubung Kaja bersama Satgas Desa dan Kepala Dusun melaksanakan pemantauan lapangan dan sidak masker yang dilaksanakan di Pasar Adat Poh Gading, Kelurahan Ubung Kaja, Denut, Minggu (24/1).

Perbekel Desa Ubung Kaja I Wayan Astika saat dikonfirmasi mengatakan, selain pemantauan lapangan dan sidak masker, kami juga mengimbau kepada masyarakat terkait pelaksanaan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan wajib menggunakan masker saat bepergian. Kegiatan ini dilaksanakan karena masih banyak terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakannya, saat pelaksanaan pemantauan ini kami tidak menemukan masyarakat yang melakukan pelanggaran. Walaupun demikian, kami akan terus memantau dan mengimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan,” katanya.

Diakui bahwa kasus Covid-19 di wilayah Desa Ubung Kaja masih cukup tinggi, yang disebabkan aktivas dan mobilitas masyarakat masih sangat tinggi. “Kami berharap dengan dilaksanakannya pemantauan ini masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan mulai dari diri sendiri. Dengan menjaga diri kita sendiri niscaya kita juga dapat melindungi orang lain dari paparan Covid-19 dan dapat menekan angka penyebaran virus di Kota Denpasar khususnya di Kelurahan Ubung Kaja,” harap I Wayan Astika. (eka)

Baca Juga  Menag: Jangan Ragu Ikuti Vaksinasi Covid-19
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Desa Dauh Puri Kangin Gencarkan Penyemprotan Disinfektan dan PPKM Wilayah

Published

on

By

Tekan penyebaran Covid, gelar penyemprotan disinfektan

Denpasar, baliilu.com – Kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah Banjar Gemeh, Desa Dauh Puri Kangin dilaksanakan pada Minggu (24/1) termasuk di lingkungan rumah warga yang terkonfirmasi positif terpapar Covid – 19.

Perbekel Dauh Puri Kangin Ni Ketut Anggreni Wati mengatakan Tim Satgas Covid-19 di Banjar Gemeh bergerak bersama dalam rangka menurunkan penyebaran Covid -19 di Desa Dauh Puri Kangin. Saat ini di wilayah Desa Dauh Puri Kangin jumlah warga terpapar Covid-19 berjumlah tiga orang dengan rincian di Banjar Gemeh dua orang dan di Banjar Suci sebanyak satu orang.

“Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, kami lakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga yang terpapar Covid-19 serta lingkungan rumah warga tersebut,” kata Anggreni.

Selain itu kata Anggreni, pemantauan PPKM juga sudah dilaksanakan serentak di lima dusun dan tetap berkoordinasi dengan Puskesmas II Denpasar Barat. “Begitu mendapat laporan kami langsung turun ke rumah yang terpapar Covid-19 agar data menjadi valid dengan data dari puskesmas, sehingga lebih mudah dalam melakukan koordinasi dan tindakan penanganan selanjutnya,” ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, dengan diadakan penyemprotan disinfektan dan PPKM ini, diharapkan masyarakat dapat semakin mematuhi protokol kesehatan sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2021 dan SE Gubernur Bali No. 01 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Mari bersama sama lindungi diri, keluarga dan lingkungan sekitar dengan menerapkan 3 M,” ajak Anggreni.(eka)

Baca Juga  Kapolda Bali Jalani Vaksinasi Covid-19
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Kodim Bangli Pasang Tempat Cuci Tangan di Lokasi Strategis

Published

on

By

de
Anggota Kodim Bangli pasang wastafel di obyek wisata anjungan Penelokan Kintamani Bangli.

Bangli, baliilu.com – Untuk  mewujudkan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di wilayah Kintamani, Kodim 1626/Bangli memasang tempat cuci tangan atau wastafel di sejumlah fasilitas umum, Jumat (22/1/2021).

Adapun tempat cuci tangan atau wastafel yang dipasang tersebut merupakan sumbangsih Kodam IX/Udayana untuk Bali Tercinta yang  didistribusikan ke Kodim 1626/Bangli  untuk dipasang di tempat-tempat yang berpotensi banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Pemasangan wastafel dipimpin langsung oleh Danramil 1626-04/Kintamani yang dipasang di depan Pura Ulundanu Batur dan Anjungan Penelokan Kintamani.

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf. I Gde Putu Suwardana, S.I.P., menyampaikan dipilihnya sasaran pemasangan wastafel di areal Pura Ulundanu Batur dan Anjungan Penelokan mengingat kedua lokasi tersebut sering dikunjungi oleh masyarakat untuk sembahyang dan berwisata.

“Dengan sudah terpasangnya wastafel ini semoga bisa bermanfaat bagi warga setempat serta khususnya bagi masyarakat yang akan melaksanakan persembahyangan dan melaksanakan kunjungan wisata  bisa selalu menerapkan protokol kesehatan,” kata Dandim.

Sementara itu Pengelola Obyek Wisata Penelokan dan Tokoh Agama Desa  Batur mengucapkan  terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangdam IX/ Udayana dan Dandim 1626/Bangli atas pemasangan wastafel ini. Tentunya wastafel ini sangat berguna bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. (tri)

Baca Juga  Pemprov Bali telah Berikan Insentif untuk Tenaga Medis dan Nonmedis Masa Pandemi
Lanjutkan Membaca