Connect with us

SOSIAL

Aksi Sosial Kemanusiaan, Kodim Buleleng Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Biasa

BALIILU Tayang

:

de
Aksi Sosial Kemanusiaan, Kodim Buleleng Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Biasa

Singaraja, baliilu.com – Kodim 1609/Buleleng kembali melaksanakan kegiatan sosial kemanusiaan berupa donor plasma konvalesen dan donor darah biasa, Kamis (07/01/2021) bertempat di Poli Bedah RST Singaraja Jalan Ngurah Rai Nomor 70 Singaraja, Kelurahan Banjar Jawa Buleleng.

Dalam kegiatan tersebut terdaftar 22 pendonor. Namun berdasarkan persyaratan kesehatan hanya 10 orang bisa melakukan donor plasma konvalesen dan 6 orang donor darah biasa. Sementara 6 orang lainnya tidak memenuhi persyaratan dengan alasan kesehatan. Hal tersebut dijelaskan oleh Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, S.E., M. I. K., yang juga saat itu melaksanakan donor.

“Hari ini (07/01) kita melaksanakan donor plasma konvalesen dan juga donor darah biasa dan menghasilkan 10 donor plasma konvalesen dan 6 donor darah biasa dari berbagai golongan darah,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan kedua macam donor tersebut dilatarbelakangi adanya komunikasi dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Provinsi Bali Kantor RSUP Sanglah melalui stafnya dr. Chandra Indria Sari yang mengatakan keterbatasan stok plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan mereka yang saat ini menderita Covid-19, termasuk stok donor darah biasa.

“Jadi kita bisa melaksanakan donor plasma konvalesen dari para penyintas dan juga para pendonor biasa yang berasal dari lingkungan Keluarga Besar TNI (KBT) yang ada di wilayah Buleleng,” jelas Dandim.

Ketika ditanya lebih lanjut, terkait apa kegiatan donor tersebut, Letkol Windra secara lugas menjawab bahwa kegiatan donor tersebut tidak terkait adanya suatu kegiatan event khusus, tetapi spontanitas KBT di Buleleng yang dikoordinir oleh Kodim 1609/Buleleng. Sehingga ini murni kegiatan sosial kemanusiaan hasil kita berkomunikasi dengan UPTD PMI Provinsi Bali.

Pelaksanaan donor tersebut tetap mempedomani protokol kesehatan dengan melakukan pengecekan  suhu tubuh dan tensi atau tekanan darah bagi personel yang melaksanakan donor darah yang dilakukan oleh 5 orang petugas UTD PMI Provinsi Bali.

Donor tersebut menghasilkan donor plasma konvalesen dari mereka mantan pasien yang sudah sembuh dari CovidD-19 atau penyintas sebanyak 10 orang dan donor darah biasa sebanyak 6 orang.

“Semoga kegiatan donor ini dan hasil yang didapatkan yang tentunya akan diuji dulu di Laboratorium UTD PMI Provinsi Bali nantinya dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” pungkas Dandim.

Sementara itu, Kepala Bidang Litbang dan Mutu UTD PMI Bali dr. Candra Indria Sari, mengatakan donor plasma konvalensen memang sangat diperlukan saat ini, terutama bagi pasien Covid-19 yang bergejala sedang hingga berat.

“Permintaan plasma konvalesen saat ini sangat tinggi, bukan hanya dari rumah sakit yang ada di Bali, tetapi juga luar Bali. Banyak yang antre untuk mendapatkan plasma tersebut dari pendonor,” jelas  dr. Chandra yang sudah sangat familiar berkegiatan dengan jajaran TNI di Bali. (gs)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

Posko Peduli Bencana ACT Bali Siap Salurkan Donasi Dermawan

Published

on

By

de

Denpasar, baliilu.com – Dalam mengantisipasi banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bali mendirikan Posko Peduli Bencana, yang bertempat di kantor Aksi Cepat Tanggap Bali Jl. Waturenggong, No. 160 A, Denpasar.

“Kami berharap dengan dibukanya posko peduli bencana yang berada di Bali ini dapat memudahkan masyarakat di Bali dalam mendermakan bantuannya untuk masyarakat yang tengah terdampak bencana di Indonesia, mulai dari tanah longsor Sumedang, gempa bumi Majene Sulbar, dan banjir bandang Kalimantan Selatan serta banjir bandang Jembrana Bali.

Bantuan yang diterima, bisa berupa paket sembako, pakaian layak pakai, dan bisa langsung cash donation yang nantinya bantuan yang diterima akan disalurkan langsung ke tempat bencana melalui Cabang ACT di daerah yang terdampak.

Posko Peduli Bencana ini juga memfasilitasi masyarakat terkait update informasi terkait bencana yang terjadi sehingga dapat memetakan sekiranya bantuan apa saja yang dibutuhkan dan yang paling menjadi prioritas utama di daerah bencana.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi 08113951818 atau dapat datang langsung ke Kantor Aksi Cepat Tanggap Bali, Jl. Waturenggong No. 160 A Denpasar. (*/gs)

Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Kodim Bangli Bantu Pengamanan Distribusi KPM bagi Warga Tujuh Desa

Published

on

By

de
Sejumlah Personel Kodim 1626/Bangli dalam hal ini Koramil 1626-04/Kintamani bersinergi dengan Polsek Kintamani ikut membantu jalannya pembagian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bagi penerima Kartu Keluarga Sejahtera dari Kementerian Sosial, Sabtu (15/1/2021)

Bangli, baliilu.com – Sejumlah Personel Kodim 1626/Bangli dalam hal ini Koramil 1626-04/Kintamani bersinergi dengan Polsek Kintamani ikut membantu jalannya pembagian Keluarga Penerima Manfaat  (KPM)  bagi penerima Kartu Keluarga Sejahtera dari Kementerian Sosial, Sabtu (15/1/2021). Pendistribusian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kintamani, Bangli oleh Dinas Sosial Pemkab Bangli.

Sebanyak  343 warga yang tersebar di 7 desa yang ada di Kintamani hari ini mendapat KPM dari Dinas Sosial. Adapun 7 desa tersebut antara lain Desa Belandingan, Desa Buahan, Desa Kedisan, Desa Pinggan, Desa Songan A, Desa Songan B dan Desa Terunyan. Dalam pelaksanaan kegiatan pendistribusian tetap memperhatikan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf. I Gde Putu Suwardana, S.I.P., menyampaikan dalam kegiatan ini pihaknya membantu Dinas Sosial agar dalam pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan aman.

Pihaknya juga mengajak kepada warga yang  menerima KPM agar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga dapat membantu di saat pandemi Covid-19,” harap Dandim.

Semasih dalam situasi pandemi Dandim  juga mengajak warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, agar terhindar dari Covid-19. (tri)

Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Banjir Bandang di Jembrana, Dandim Sambangi Warga Terdampak Bencana

Published

on

By

de
Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna, S.Sos., turun langsung meninjau lokasi terjadinya banjir sekaligus memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir, Jumat (15/1/2021)

Jembrana, baliilu.com – Mendapat informasi adanya bencana alam banjir bandang di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna, S.Sos., turun langsung meninjau lokasi terjadinya banjir sekaligus memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir, Jumat (15/1/2021)

Didampingi oleh Danramil 1617-04/Pekutatan Kapten Inf. Tri Winarto, Pasi Intel Kodim 1617/Jembrana Lettu Czi Ida Made Putra, Dan Unit Inteldim 1617/Jembrana Letda Inf Made Sujana, Kanit Bimas Polsek Pekutatan AKP I Gusti Putu Sutama, Kepala Kewilayahan Banjar Loloan serta Babinsa Medewi, Dandim menyambangi warga dan melihat langsung kondisi kerusakan rumah warga maupun kerugian lainnya akibat bencana banjir bandang tersebut. Kepada korban banjir,  Dandim memberikan bantuan sembako berupa beras, air mineral dan mie instan.  

Peninjauan lokasi banjir dan penyerahan bantuan sembako merupakan wujud kepedulian TNI khususnya Kodim 1617/Jembrana terhadap musibah yang dialami warga Desa Medewi sekaligus memberikan dukungan moril terhadap korban yang terdampak banjir agar tetap sabar dan tabah menghadapi musibah.

Dandim berharap bantuan sembako yang diberikan kepada korban banjir dapat membantu untuk meringankan beban yang dihadapi oleh warga.

“Mudah-mudahan musibah ini merupakan yang terakhir yang menimpa masyarakat di wilayah Kabupaten Jembrana,” harap Dandim 1617/Jembrana.

Seperti diketahui sebelumnya banjir bandang terjadi Jumat (15/01/2021) sekitar pukul 01.00 Wita, menimpa warga akibat meluapnya sungai Yeh Santang, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan. Banjir Bandang disebabkan oleh tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di pegunungan. Terjadinya banjir bandang tersebut mengakibatkan hanyutnya beberapa rumah dan ternak warga. Selain itu banjir juga mengakibatkan putusnya akses jalan sepanjang 300 meter yang menghubungkan Kampung Lebah Banjar Loloan dengan Banjar Delod Setra, Desa Medewi. (gs)

Lanjutkan Membaca