Saturday, 25 May 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Atlet Karate Ayu Evita Satwikayani: Disiplin Antarkan Berhasil di Bangku Sekolah dan di Arena

BALIILU Tayang

:

de
AYU EVITA SATWIKAYANI: Atlet karate berprestasi dari Klungkung

JIKA ada yang menyebut bahwa kesibukan di luar sekolah akan mengganggu mata pelajaran di kelas, ternyata dugaan itu tidaklah benar. Paling tidak dibuktikan oleh Ayu Evita Satwikayani, siswi SMAN 2 Semarapura Klungkung. Putri kedua sensei Ketut Mastra, Spd asal Selat Klungkung ini tidak saja berhasil di bangku sekolah tetapi juga sukses di berbagai arena lomba karate dengan meraih sebajibun medali.

Ayu Evita mulai masuk Inkai sejak kelas 3 SD. Di bawah tempaan seorang guru yang selalu menekankan betapa pentingnya disiplin dan fokus, membuat Ayu Evita tambah usia tambah mumpuni menguasai  jurus-jurus Inkai. Bersama rekan-rekan yang lain, Ayu Evita mulai turun ke turnamen.

Kesibukannya berlatih saban hari dan aktif berlomba ternyata tidak mengurangi hasil nilai yang ditorehkan di sekolah. Ayu Evita tercatat selalu menyandang juara umum sekolah selama duduk di bangku SD. Juara umum juga disandangnya ketika mengikuti jenjang SMP.

Sebaliknya, prestasi di sekolah ternyata tidak mengurangi medali yang diraih di arena. Ketika mengikuti Olimpiada Olahraga Siswa Nasional (O2SN) pada Juni 2018 di Hotel Batukaru Denpasar, Ayu Evita berhasil meraih medali perak.

Di bulan November 2018, wanita kelahiran 23 Oktober 2001 ini yang ikut di kejuaraan Yogyakarta State University Cup 8 South Asian University championship bisa membawa pulang medali perak.

Pada Juni 2019, di ajang O2SN tingkat SMA, Ayu Evita yang lolos di Porprov dan dipercaya mewakili Bali berhasil menyandang gelar juara 1. Ayu Evita turun di kelas kata/jurus putri.  

Sebulan kemudian di ajang Porjar Provinsi Bali, Juli 2019 Ayu Evita kembali meraih medali emas di kelas kumite putri. Hasil ini sekaligus mengantarkan ke Popnas di Jakarta pada November 2019 dan berhasil meraih medali perak kelas kumite putri.

Menyandang gelar juara 1 di O2SN Provinsi Bali, Ayu Evita juga dipercaya mewakili Bali ke ajang nasional di Aceh Agustus 2019 dan berhasil masuk rangking 5 besar kelas kata. Ketika Porprov Bali XIV di Tabanan 4-8 September 2019 Ayu Evita juga berhasil masuk juara 3 kelas kata putri.

Ayu Evita juga ikut bersaing di ajang Walikota Surabaya Internasional Open. Turun di kelas kumite yunior putri, siswa yang juga aktif di OSIS ini berhasil membawa pulang medali emas.

Di event terakhir 2019, ikut Piala Pangdam Udayana, Ayu Evita berhasil merebut dua medali yakni juara 1 kelas kata dan juara 2 kumite junior putri. Lanjut di Piala Dandim Cup Tabanan Desember 2019, Ayu Evita berhasil meraih juara 1 kelas kata putri senior dan juara 2 kumite min-61 kg putri.

Ayu Evita yang beberapa kali bertengger di posisi puncak dipercaya mewakili Bali di ajang Kejurnas di Cibubur Jabar 21-23 Februari mendatang.

Walaupun bangku sekolah sering ditinggalkan, Ayu Evita masih selalu menyandang juara umum  di SMAN 2 Semarapura. Bahkan ketika pertemuan ketua OSIS seluruh Indonesia, Ayu Evita yang menjabat sebagai wakil ketua justru dipercaya mewakili sekolah pada pertemuan itu.

Siswi yang ingin melanjutkan studinya di Fakultas Kedokteran tahun ini, bisa berprestasi di dua bidang yang sama-sama membutuhkan waktu, tidak terlepas dari kedisiplinan dan selalu fokus pada yang dikerjakan. Baik ketika menerima mata pelajaran di sekolah dan berlatih di Dojo, mengerjakan PR di rumah hingga kegiatan sekolah yang selalu tepat waktu.  Toh begitu Ayu Evita masih sempat mengisi waktu luang dengan bermain game. (Balu1)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

Turnamen Toulon Cup 2024 untuk Mencari Komposisi Terbaik di Tim U-20

Published

on

By

timnas u-20 indonesia
LATIHAN: Tim U-20 Indonesia saat melaksanakan sesi latihan di lapangan ABC Senayan, Jakarta pada Jumat (24/5). (Foto: pssi.org)

Jakarta, baliilu.com – Tim U-20 Indonesia terus dipoles pelatih Indra Sjafri sebelum bertolak ke Italia dan Prancis. Latihan dilakukan di lapangan ABC Senayan, Jakarta pada Jumat (24/5).

Garuda Nusantara akan mengikuti Turnamen Maurice Revello atau Toulon Cup 2024 di Prancis. Turnamen itu berlangsung pada 3 sampai 16 Juni mendatang.

Turnamen ini diikuti oleh 10 tim yang dibagi ke dua grup. Grup A berisikan Arab Saudi, Pantai Gading, Prancis, Meksiko, dan Korea Selatan. Sementara itu, dari Grup B ada Ukraina, Indonesia, Italia, Jepang, dan Panama.

Sebelum bertolak ke Prancis, Garuda Nusantara akan bertolak ke Como, Italia terlebih dahulu untuk menjalani pemusatan latihan.

“Turnamen Toulon Cup sebagai uji coba yang sangat baik sekali untuk membentuk tim U-20, baik itu mencari komposisi terbaik, baik itu untuk mereka mempraktikkan game plan atau filosofi yang akan kita mainkan nanti. Saat ini kondisi tim baik dan pemain terus mengalami peningkatan dalam segala hal,” kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri juga mengatakan pesan dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, terhadap para pemain.

“Pesannya dari awal tegas, siapkan tim sebaik mungkin dan carikan pemain yang terbaik. Baik itu keturunan dan lain sebagainya, yang penting bangun tim terbaik,” tambahnya.

Setelah mengikuti turnamen Toulon Cup 2024, Garuda Nusantara akan bermain di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Piala AFF U-19 2024 dijadwalkan berlangsung pada 17-29 Juli di Surabaya, Jawa Timur. Sementara itu, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 bulan September atau Oktober mendatang.

Sejumlah pemain seperti Welber Jardim (Sao Paulo), Riski Afrisal (Madura United), dan Kadek Arel (Bali United) sudah bergabung bersama Garuda Nusantara.

Indonesia akan bertemu Ukraina pada laga pertama di Vitrolles, Selasa (4/6). Setelah itu, Garuda Muda menghadapi Panama di Aubagne, Kamis (6/6). Dua hari kemudian, Sabtu (8/6), Indonesia menantang Jepang dan laga terakhir grup B menghadapi Italia, Rabu (12/6). (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Laga Kandang Terakhir Musim Ini, Kadek Agung Berharap Dukungan Penuh dari Suporter Bali United FC

Published

on

By

Kadek Agung Widnyana Putra Bbali United
Gelandang tengah Bali United FC, Kadek Agung Widnyana Putra. (Foto: baliutd.com)

Gianyar, baliilu.com – Gelandang tengah Bali United FC, Kadek Agung Widnyana Putra mengakui persiapan dirinya dan tim jelang menghadapi Borneo FC Samarinda hari Sabtu (25/5) malam.

Laga perebutan tempat ketiga Champions Series BRI Liga 1 2023/24 putaran pertama itu akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Mengingat sebagai laga kandang terakhir musim ini, Kadek Agung berharap Stadion Dipta sebagai homebase dari Serdadu Tridatu dipenuhi oleh dukungan penuh suporter.

“Persiapan normal tidak ada kendala dan sama seperti sebelumnya. Kami berharap suporter bisa hadir mendukung tim secara langsung mengingat ini adalah laga kandang terakhir kami di musim ini,” ujar Kadek Agung.

Kadek Agung sendiri sudah tampil membela Serdadu Tridatu sebanyak 26 kali di musim ini.

Pemain asal desa Luwus, Tabanan ini sudah mencetak satu gol untuk tim kelahirannya di musim ini.

Laga putaran pertama perebutan tempat ketiga ini akan menjadi momentum penting Kadek Agung menutup laga kandang terakhir di musim ini.

Meski gagal melaju ke babak final untuk berpeluang kembali meraih mahkota Liga 1 musim ini, Kadek Agung tidak menaruh kekecewaan.

“Saya harus mengakui perjuangan tim sudah luar biasa musim ini. Meski kami gagal melaju ke final tetapi di musim ini kami dapat belajar banyak untuk semakin matang di musim depan,” terang Kadek Agung.

Pada babak reguler, Bali United FC belum meraih kemenangan pada dua pertemuan di musim ini.

Serdadu Tridatu kalah di laga tandang 3-1 dengan tuan rumah Borneo FC Samarinda dan kalah 1-2 dari Pesut Etam di laga kandang.

Menarik dinantikan pertemuan Serdadu Tridatu dengan Pesut Etam di arena pertandingan besok malam. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Giri Prasta Buka Turnamen Botana Futsal Competition 2024

Published

on

By

turnamen futsal
BUKA TURNAMEN: Bupati Giri Prasta membuka Botana Futsal Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Botana Football Club Bali di GOR Lila Bhuana Denpasar, Kamis (23/5). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Bupati Badung Giri Prasta membuka Botana Futsal Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Botana Football Club Bali di GOR Lila Bhuana Denpasar, Kamis (23/5). Kegiatan tersebut selain sebagai ajang kejuaraan juga dapat sebagai tolak ukur perkembangan olahraga futsal di tingkat SMA dan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan Turnamen Futsal diberikan dana motivasi sebesar Rp 50 juta.

Menurut Bupati Giri Prasta, Botana Futsal Competition 2024 ini merupakan momentum untuk mendapatkan bibit-bibit yang akan mewakili Provinsi Bali tingkat Nasional. Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mempererat persatuan dan kesatuan antara generasi muda, antar sekolah di Bali yang selaras dengan slogan Kota Denpasar yaitu “Bhasudewa Kutumbakam”.

“Bapak berharap ajang turnamen ini bisa dijadikan mencari saudara, kalian generasi muda hari ini suatu saat nanti akan menjadi duta pulau Bali di tingkat nasional. Saya meminta sportifitas harus dijunjung dengan tinggi dalam proses pelaksanaan kegiatan ini, wasit, juri harus betul-betul menunjukkan netralitas yang kuat,” kata Bupati Giri Prasta.

Selain itu Bupati berharap untuk mengimplementasikan dengan baik kepada Gen Z sebagai generasi muda penerus bangsa untuk berperan serta ikut mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

“Kita tunjukkan kepada dunia bahwa anak muda hari ini betul-betul menciptakan keamanan dan kenyamanan dengan tubuh yang sehat tanpa narkoba ‘NO DRUG’,” pesan Giri Prasta seraya menyampaikan siap mendukung penuh kegiatan ini dan berharap turnamen seperti ini bisa menjadi event tahunan.

Sementara itu Ketua Umum Botana Futsal Competition (BFC) Anak Agung Ngurah Bagus Surya Arditha, Pelaksanaan Botana Futsal Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Botana Football Club Bali dan diikuti oleh siswa-siswa SMA Se-Bali sebanyak 24 Tim.

“Saya berterima kasih yang setingginya atas kehadiran Bapak Bupati Badung beserta undangan lainnya bisa turut serta membuka  Botana Futsal Competition 2024, ini bisa menjadi ajang pemanasan dan mencari potensi talenta muda, semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” harapnya.

Hadir pada  event tersebut Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, Ketua KONI Provinsi Bali, Dirut BPD Bali dan seluruh peserta Turnamen. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca