Connect with us

OLAHRAGA

Atlet Karate Ayu Evita Satwikayani: Disiplin Antarkan Berhasil di Bangku Sekolah dan di Arena

BALIILU Tayang

:

de
AYU EVITA SATWIKAYANI: Atlet karate berprestasi dari Klungkung

JIKA ada yang menyebut bahwa kesibukan di luar sekolah akan mengganggu mata pelajaran di kelas, ternyata dugaan itu tidaklah benar. Paling tidak dibuktikan oleh Ayu Evita Satwikayani, siswi SMAN 2 Semarapura Klungkung. Putri kedua sensei Ketut Mastra, Spd asal Selat Klungkung ini tidak saja berhasil di bangku sekolah tetapi juga sukses di berbagai arena lomba karate dengan meraih sebajibun medali.

Ayu Evita mulai masuk Inkai sejak kelas 3 SD. Di bawah tempaan seorang guru yang selalu menekankan betapa pentingnya disiplin dan fokus, membuat Ayu Evita tambah usia tambah mumpuni menguasai  jurus-jurus Inkai. Bersama rekan-rekan yang lain, Ayu Evita mulai turun ke turnamen.

Kesibukannya berlatih saban hari dan aktif berlomba ternyata tidak mengurangi hasil nilai yang ditorehkan di sekolah. Ayu Evita tercatat selalu menyandang juara umum sekolah selama duduk di bangku SD. Juara umum juga disandangnya ketika mengikuti jenjang SMP.

Sebaliknya, prestasi di sekolah ternyata tidak mengurangi medali yang diraih di arena. Ketika mengikuti Olimpiada Olahraga Siswa Nasional (O2SN) pada Juni 2018 di Hotel Batukaru Denpasar, Ayu Evita berhasil meraih medali perak.

Di bulan November 2018, wanita kelahiran 23 Oktober 2001 ini yang ikut di kejuaraan Yogyakarta State University Cup 8 South Asian University championship bisa membawa pulang medali perak.

Pada Juni 2019, di ajang O2SN tingkat SMA, Ayu Evita yang lolos di Porprov dan dipercaya mewakili Bali berhasil menyandang gelar juara 1. Ayu Evita turun di kelas kata/jurus putri.  

Sebulan kemudian di ajang Porjar Provinsi Bali, Juli 2019 Ayu Evita kembali meraih medali emas di kelas kumite putri. Hasil ini sekaligus mengantarkan ke Popnas di Jakarta pada November 2019 dan berhasil meraih medali perak kelas kumite putri.

Menyandang gelar juara 1 di O2SN Provinsi Bali, Ayu Evita juga dipercaya mewakili Bali ke ajang nasional di Aceh Agustus 2019 dan berhasil masuk rangking 5 besar kelas kata. Ketika Porprov Bali XIV di Tabanan 4-8 September 2019 Ayu Evita juga berhasil masuk juara 3 kelas kata putri.

Ayu Evita juga ikut bersaing di ajang Walikota Surabaya Internasional Open. Turun di kelas kumite yunior putri, siswa yang juga aktif di OSIS ini berhasil membawa pulang medali emas.

Di event terakhir 2019, ikut Piala Pangdam Udayana, Ayu Evita berhasil merebut dua medali yakni juara 1 kelas kata dan juara 2 kumite junior putri. Lanjut di Piala Dandim Cup Tabanan Desember 2019, Ayu Evita berhasil meraih juara 1 kelas kata putri senior dan juara 2 kumite min-61 kg putri.

Ayu Evita yang beberapa kali bertengger di posisi puncak dipercaya mewakili Bali di ajang Kejurnas di Cibubur Jabar 21-23 Februari mendatang.

Walaupun bangku sekolah sering ditinggalkan, Ayu Evita masih selalu menyandang juara umum  di SMAN 2 Semarapura. Bahkan ketika pertemuan ketua OSIS seluruh Indonesia, Ayu Evita yang menjabat sebagai wakil ketua justru dipercaya mewakili sekolah pada pertemuan itu.

Siswi yang ingin melanjutkan studinya di Fakultas Kedokteran tahun ini, bisa berprestasi di dua bidang yang sama-sama membutuhkan waktu, tidak terlepas dari kedisiplinan dan selalu fokus pada yang dikerjakan. Baik ketika menerima mata pelajaran di sekolah dan berlatih di Dojo, mengerjakan PR di rumah hingga kegiatan sekolah yang selalu tepat waktu.  Toh begitu Ayu Evita masih sempat mengisi waktu luang dengan bermain game. (Balu1)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

Jelang PD U-20, Gubernur Koster Optimis Rehabilitasi Markas Bali United Bertaraf Internasional

Published

on

By

de
KUNJUNGAN KERJA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja bersama Gubernur Bali Wayan Koster pada Kamis, (6/8-2020) ke Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Gianyar, baliilu.com – Cita-cita Gubernur Bali Wayan Koster untuk mewujudkan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar sebagai stadion berstandar internasional, tidak lama lagi akan terwujud. Mengingat markas besar Bali United ini akan menjalani proses Rehabilitasi dan Pembangunan Venue Utama untuk menyambut hajatan akbar Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung 2021 mendatang.

Kabar gembira ini terungkap saat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja bersama Gubernur Bali Wayan Koster pada Kamis, Wraspati, Wage, Tolu (6/8-2020) ke stadion yang berwarna Tri Datu (merah, putih, hitam, red) itu usai kedua pemimpin Nasional dan Bali ini menyelesaikan tugas di Pura Agung Besakih, Karangasem dalam mewujudkan Program Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih.

“Saya kesini karena ada tugas untuk menyiapkan 6 stadion (Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Manahan di Solo, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Stadion Sriwijaya di Palembang, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung,) yang akan direncanakan dalam pertandingan World Cup U-20, dimana salah satunya adalah Stadion Kapten  I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar Bali,” jelas Menteri Basuki seraya mengatakan dalam agenda Rehabilitasi dan Pembangunan Venue Utama stadion ini berlangsung dari bulan Juli 2020 dengan program finalisasi perencanaan, kemudian di bulan September 2020 akan ada program pengadaan, sedangkan program konstruksi fisik dimulai dari bulan November 2020 sampai Maret 2021.

Jadi target pengerjaan rehabilitasi Stadion Kapten I Wayan Dipta ini dapat selesai pada bulan Maret 2021. Untuk proses pelelangan, dikatakan oleh Basuki bahwa akan dilakukan pada pertengahan bulan Agustus 2020.

Di sisi lain, Menteri Basuki menjelaskan dalam penanganan Stadion I Wayan Dipta ini akan meliputi 8 pekerjaan, dimulai dari pekerjaan persiapan, pekerjaan rehabilitasi struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal, elektrikal, dan plumbing, kemudian ada pekerjaan lapangan yang meliputi rumput, drainase, sistem penyiraman, dan lintasan lari. Ada juga pekerjaan lampu lapangan 2400 Lux, pekerjaan kursi dan scooring board, dan pekerjaan kawasan.

“Beberapa rumput harus ganti, drainase juga saya kira belum memenuhi syarat, lighting-nya masih kurang, serta fasilitas pendukungnya seperti ruang ganti, toilet, kamar mandi saya kira semua harus ada standarnya,” tambahnya sambil menjelaskan untuk kapasitas Stadion Kapten I Wayan Dipta  sebanyak  27.000  tempat duduk agar memenuhi regulasi FIFA yakni single seat.

Selain Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar yang akan menjalani proses Rehabilitasi  dan Pembangunan Venue Utama, ada juga program Penanganan Lapangan Latihan di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Lapangan Latihan Tri Sakti, Lapangan Latihan Gelora Samudra Kuta, dan Stadion Kompyang Sujana.

de
UNIFORM: Gubernur Koster dan Menteri Basuki mendapat uniform warna merah spesial.

Menyimak program yang akan dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, membuat Gubernur Bali Wayan Koster optimis Piala Dunia U-20 dan misi untuk menjadikan Bali sebagai destinasi pariwisata olahraga dunia akan terwujud. Karena posisi Bali dikatakan Koster sangatlah strategis di saat Pulau Bali selalu menyandang status sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

Sport tourism ini banyak mendapatkan atensi publik dan sangat potensial untuk dikembangkan berbarengan dengan bidang pariwisata, untuk  itu proses Rehabilitasi dan Pembangunan Venue Utama di markas Tridatu ini saya harapkan berjalan lancar dan berkualitas, mengingat even Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti adalah harapan krama Bali,” pungkasnya. (gs)

Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

“Gowes Bareng”, Cok Ace: Olahraga yang Menggembirakan Tingkatkan Imun Tubuh

Published

on

By

de
GOWES BARENG: Wagub Cok Ace bersama Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Bali Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali Trisno Nugroho, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali Ibnu Alkhatab, Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita ikuti acara 'Gowes Bareng', Minggu pagi (19/7).

Denpasar, baliilu.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyampaikan di tengah pandemi Covid-19 menjaga imun tubuh sangat penting sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan diri agar terhindar dari Covid-19. Dengan kita berolahraga dan melakukan hal yang menggembirakan akan memberi dampak positif bagi peningkatan imun tubuh kita.

‘’Meskipun kita melakukan kegiatan hobi yang menggembirakan seperti bersepeda, namun kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di samping tata tertib di jalan raya . Dengan demikian kita dapat bersepeda dengan aman, nyaman  dan selamat,’’ ujar Wagub Cok Ace mengingatkan saat memberikan arahan acara ‘Gowes Bareng’  bersama Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali dengan mengambil start di Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar, Minggu (19/7-2020) pagi.

Wagub Bali juga mengajak masyarakat untuk tertib melakukan protokol kesehatan Covid-19 ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Bersama-sama kita berjuang dan bersatu agar terbebas  dari Covid-19.

Kegiatan ‘Gowes Bareng’ pada pagi hari ini menempuh rute dari Pangkalan TNI AL menuju Jalan By Pass Ngurah Rai dan finish di Bali Collection Nusa Dua.

’Gowes Bareng’ pada pagi hari ini diikuti Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Bali  Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali Trisno Nugroho, Kepala Ombudsman  RI Perwakilan Bali Ibnu Alkhatab, Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita serta Jajaran TNI AL serta perwakilan dari Bank Mandiri dan BPD Bali. (*/gs)

Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Terkait Penundaan Porprov 2021, Gubernur Koster: Pemprov Bali masih Fokus Tangani Covid-19

Published

on

By

de
AUDIENSI KONI: Gubernur Koster menerima audiensi Ketua Umum KONI Provinsi Bali dan ketua KONI kabupaten/kota se-Bali di rumah jabatan Jaya Sabha Denpasar, Sabtu (30/5-2020) pagi. (Foto:Ist)

Denpasar, baliilu.com – Terkait penundaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2021, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan Pemprov Bali saat ini masih fokus dalam penanganan Covid-19. Meski Bali sudah menunjukkan penanganan yang baik hingga mendapatkan apresiasi dari Bapak Presiden, namun situasi saat ini belum sepenuhnya kondusif.

de
GUBERNUR BALI WAYAN KOSTER

‘’Seandainya Porprov Bali nantinya benar-benar tidak dapat dilaksanakan, bukan karena persoalan lain, tapi karena kondisi situasi saja yang belum mendukung, yakni masih mewabahnya Covid-19,’’ ujar Gubernur Koster saat menerima audiensi Ketua Umum KONI Provinsi Bali dan ketua KONI kabupaten/kota se-Bali di rumah jabatan Jaya Sabha Denpasar, Sabtu (30/5-2020) pagi.

Gubernur Koster berharap even olahraga ini nantinya bisa dilaksanakan dalam suasana yang baik dan dipersiapkan yang baik pula, sehingga berkontribusi terhadap pembinaan prestasi olahraga di Provinsi Bali.

Terkait waktu pelaksanaan Porprov berikutnya, mantan anggota DPR RI tiga periode itu menyerahkan sepenuhnya kepada KONI Bali untuk memutuskan waktu penyelenggaraan yang tepat. Pemerintah Provinsi Bali, kata Koster, akan mendukung keputusan KONI Bali.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi menyampaikan maksud kedatangannya menemui Gubernur Bali, untuk melaporkan hasil kesepakatan KONI Provinsi Bali dan KONI kabupaten/kota se-Bali tentang rencana penyelenggaraan Porprov Bali tahun 2021.

“Sesungguhnya Bapak Gubernur dalam hal ini sudah menetapkan Porprov 2021 dilaksanakan di Kabupaten Badung. Tetapi dengan situasi Covid-19 ini, kita KONI seluruh kabupaten/kota dan provinsi mempunyai rasa kepedulian terhadap krisis ekonomi, kesehatan dan sebagainya, sehingga kita sepakat berkumpul untuk menyampaikan kepada Bapak Gubernur agar ada penundaan Porprov (tahun, red) 2021,” ungkap Suwandi ditemui usai audiensi.

Pada pertemuan itu, Gubernur Koster dan ketua KONI se-Bali memanfaatkan juga untuk membahas isu-isu keolahragaan di Bali. “Walaupun sekarang beliau belum bisa memberikan yang terbaik untuk keolahragaan karena fokus di tempat lain, adalah sesuatu yang kami pahami. Astungkara di tahun 2023 (pembangunan, red) fisik Beliau akan bisa wujudkan untuk infrastruktur pembinaan keolahragaan di Provinsi Bali,” kata Ketut Suwandi

Tampak hadir dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa. (*/gs)

Lanjutkan Membaca