Monday, 15 July 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Jalan Panjang Inkai Klungkung, Butuh Kesabaran Cetak Atlet Nasional

BALIILU Tayang

:

de
BUPATI KLUNGKUNG I NYOMAN SUWIRTA: Dukung penuh Inkai Klungkung, atlet tambah semangat. (Foto: Ist)

SEJAK tiga tahun belakangan Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) Kabupaten Klungkung telah berhasil mencetak atlet-atlet pelajar tingkat nasional. Di antaranya Ayu Evita Satwikayani, Abdika Yoga, AA Istri Purnama Utari Dewi, AA Istri Laksmi Pujantari, Cok Istri Indira Parameswari dan lain-lain. Mereka berlomba dan berhasil meraih juara tidak saja di tingkat Bali tetapi juga di laga nasional dan bahkan internasional. Namun siapa yang menyangka, di balik keberhasilan mereka mengharumkan Klungkung, ada Ketut Mastra, sang sensei atau guru yang penuh sabar bertahun-tahun menempa murid/kohai hingga menjadi atlet berprestasi.

de
DISIPLIN: Dasar menuju kesuksesan

Ketut Mastra menuturkan sebagai seorang atlet yang pernah mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur, di mana ia bertugas sebagai guru di Bajawa Kabupaten Ngada NTT, ia ingin sekali pulang untuk bisa mengabdikan ilmunya di daerah kelahirannya di Klungkung. Gayung bersambut, tahun 1997 Ketut Mastra pulang ke Bali dan bertugas di SMP 3 Banjarangkan Klungkung.

Hanya berselang beberapa pekan di Bali, Mastra memutuskan untuk membuka ranting Dojo Inkai di Banjarangkan. Dua tahun kemudian atau sekitar awal 2000-an putra asal Selat Klungkung ini membuka Dojo Inkai di Klungkung. Beberapa pelajar ikut bergabung. Mereka tekun berlatih dengan penuh kesabaran. Tahun demi tahun  saban sore mereka bergulat menempa diri yang akhirnya membuahkan hasil. Di antara anak asuhnya mulai mengikuti berbagai turnamen.

de
O2SN PROVINSI BALI: Digelar di Hotel Batukaru Denpasar

Di antaranya pada September 2017 turun di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Melalui atlet Cok Istri Indira Parameswari, siswi SMP 1 Klungkung yang turun di kelas kumite berhasil meraih posisi lima besar. Di bulan yang sama di ajang Porprov, Abdika Yoga dkk berhasil menyandang gelar juara 3 kumite beregu.

Baca Juga  Dari Jambore PKK, Ny. Putri Koster: 10 Program Pokok PKK Sejalan dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali

Setahun kemudian pada Juni 2018 ketika O2SN digelar di Hotel Batukaru Denpasar, melalui atlet Ayu Evita Satwikayani, siswi SMAN 2 Semarapura berhasil meraih medali perak. Sebulan kemudian Juli 2018  Abdika Yoga juga berhasil menyandang juara I kelas kumite 55 kg putra senior di ajang Kejurnas Inkai di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

de
KEJURNAS INKAI: Digelar di Banjarmasin Kalimantan Selatan

Di bulan November 2018, Ayu Evita Satwikayani yang ikut di kejuaraan Yogyakarta State University Cup 8 South Asian University championship bisa membawa pulang medali perak.

Pada Juni 2019, di ajang O2SN tingkat SMA, Ayu Evita Satwikayani yang lolos di Porprov dan dipercaya mewakili Bali berhasil menyandang gelar juara 1. Ayu Evita turun di kelas kata/jurus putri. Begitu juga Cok Istri Indira Parameswari yang duduk di bangku SMAN 1 Semarapura juga berhasil meraih medali perak kelas kumite.   

de
AYU EVITA: Ikut di O2SN Bali 2019

Sebulan kemudian di ajang Porjar Provinsi Bali, Juli 2019, Ayu Evita kembali berhasil meraih medali emas di kelas kumite putri dan disusul Cok Istri Indira yang meraih medali perak kelas kumite.

de
WAGUB BALI: Beri dukungan atlet Bali berlaga di Jakarta

Menyandang gelar juara 1 di O2SN Provinsi Bali, Ayu Evita juga dipercaya mewakili Bali ke ajang nasional di Aceh Agustus 2019 dan berhasil masuk rangking 5 besar kelas kata. Sebulan kemudian di Porprov Bali XIV Tabanan 4-8 September 2019, Ayu Evita juga berhasil masuk juara 3 kelas kata putri.

Di bulan November 2019, Ayu Evita juga dipercaya mewakili Bali turun di Popnas Jakarta, dan  berhasil meraih medali perak kelas kumite putri yang saat itu mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

de
POPNAS JAKARTA 2019: Atlet Bali Berprestasi

Sinsei Ketut Mastra menceritakan, atlet Inkai Klungkung juga ikut berlomba di ajang Walikota Surabaya Internasional Open. Di mana Ayu Evita turun di kelas kumite yunior putri berhasil membawa pulang medali emas. Prestasi yang sama juga diikuti AA Istri Purnama Utari Dewi yang turun di kelas kumite usia dini putri. ‘’Kami mendapat apresiasi yang luar biasa dari  Bapak Bupati Klungkung Nyoman Suwirta,’’ aku Ketut Mastra yang kini menyandang sabuk Dan III.

Baca Juga  Jelang Galungan dan Kuningan, Disperindag Monitoring Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Pasar Rakyat
de
BUPATI SUWIRTA: Beri perhatian pada atlet Inkai Klungkung

Di event terakhir 2019, ikut Piala Pangdam Udayana, Ayu Evita berhasil meraih juara 1 kelas kata dan juara 2 kumite junior putri. Lanjut di Piala Dandim Cup Tabanan Desember 2019, Ayu Evita berhasil meraih juara 1 kelas kata putri senior dan juara 2 kumite min-61 kg putri.

Keberhasilan juga diraih AA Istri Laksmi Pujantari yang meraih juara 1 kelas kumite usia dini putri dan AA Istri Purnama Dewi sebagai juara 3 kelas kumite pra-pemula putri.

de
AYU EVITA: Berjaya di Popnas 2019.

Ayu Evita yang beberapa kali berhasil bertengger di posisi puncak dipercaya mewakili Bali di ajang Kejurnas di Cibubur Jabar 21-23 Februari  mendatang. ‘’Masih banyak kohai lainnya yang juga ikut di event-event local,’’ ujar Ketut Mastra yang keseharian bertugas sebagai guru di SMP 3 Banjarangkan.

de
KETUT MASTRA: Dengan salah satu kohai

Mastra menuturkan, apa yang diraih kohai Inkai Klungkung di kancah lokal dan nasional tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah Klungkung melalui Bupati Nyoman Suwirta, KONI, Dinas, Inkai Kabupaten Klungkung yang kepengurusannya ditetapkan pada 26 Januari 2020 dan juga para senpai. Sehingga anak-anak bisa bersemangat berlatih dan berangkat berlomba.

Adapun kepengurusan Inkai Klungkung masabakti 2019-2024 sebagai ketua umum AA Gde Bagus Mahendra Putra, SH, MH, sekretaris Ketut Mastra, SPd, bendahara Luh Putu Mardiani, S Pd, dibantu wakil bendahara, kabid-kabid, dan seksi-seksi.

BIDIK BAKAT

Selain membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi dalam melatih anak didik yang beragam karakter, urai Ketut Mastra, juga memerlukan kejelian seorang sensei dan senpai menentukan bakatnya. Anak-anak yang mempunyai bakat dan semangat yang didukung oleh postur tubuh, IQ yang tinggi yang begitu cepat menghafal gerakan, maka akan ditempa sebagai atlet. Namun ada juga yang ikut sekedar melatih kebugaran.

Baca Juga  Lab RS Sanglah Sudah Beroperasi, Tes Covid-19 Butuh Waktu 15 Menit

Anak-anak pemula biasanya latihan setiap Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu mulai jam 5 sore. Sedangkan yang sudah berstatus atlet hanya off pada Sabtu dan Senin. Bahkan bisa latihan setiap hari jika sudah mendekati lomba.

Ketut Mastra menandaskan bahwa anak-anak yang ikut bergabung di Dojo Inkai Klungkung di GOR Swecapura mengikuti jadwal latihan setiap sore, tidak saja meningkatkan kebugaran tetapi juga menempa mental dan kedisiplinan serta selalu menjunjung tinggi sportifitas. Dengan mengikuti latihan setiap hari terlebih lagi bisa ikut berlomba, akan menghindarkan anak-anak dari pergaulan yang kurang baik, seperti merokok, minum-minuman keras atau pergaulan bebas.  Dengan latihan yang sungguh-sungguh dan selalu focus, tidak sedikit para kohai di Dojo GOR Swecapura sukses di arena lomba dan juga berhasil di bangku sekolah.

Ketua Umum Inkai Kabupaten Klungkung yang baru dilantik 26 Januari 2020 AA Gde Bagus Mahendra Putra, SH, MH bersama pengurus lainnya akan berusaha semaksimal mungkin mengangkat potensi putra-putri Klungkung sehingga berprestasi tidak saja di turnamen tetapi juga di bangku sekolah melalui tempaan Inkai Klungkung yang latihannya terjadwal dan terstruktur di Dojo GOR Swecapura. Program latihan setiap sore mulai pukul 17.00 Wita baik pemula maupun atlet-atlet yang siap berlaga di berbagai turnamen lomba.

Dukungan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang concern pada bidang olahraga khususnya Inkai, imbuh Agung Mahendra telah menumbuhkan semangat ‘puputan’ putra-putri Klungkung di berbagai turnamen baik local, nasional maupun internasional. (balu1)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

Garuda Pertiwi Sudah Berjuang

Published

on

By

timnas wanita
LAGA UJI COBA: Timnas Wanita Indonesia saat berlaga melawan Timnas Hong Kong di Hong Kong Football Club Stadium, Minggu (14/7). (Foto: pssi.org)

Hong Kong, baliilu.com – Garuda Pertiwi, julukan bagi Tim Nasional Wanita Indonesia sudah tampil maksimal saat laga ujicoba international melawan Hong Kong, Minggu (14/7) di Hong Kong Football Club Stadium.

Tim asuhan pelatih kepala Satoru Mochizuki itu memberikan perlawanannya di bawah guyuran hujan deras yang membasahi tempat keduanya berlaga.

Babak pertama, harus diakui bahwa tim tuan rumah mendominasi permainan dengan gelontoran empat gol ke gawang Indonesia, yang dicetak oleh Wai Yuen Ting (5′), Ho Mui Mei (25′), dan dua gol dari Cheung Wai Ki (28′, 45+3′).

Sedangkan gol semata wayang Indonesia peroleh dari aksi Sheva Imut di babak kedua, menit ke-63.

Ini adalah kekalahan kedua melawan Hong Kong, sebelumnya pada Kamis (11/7) lalu, Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-3.

Sebelumnya, mereka memiliki rekor bagus dengan tampil tidak terkalahkan. Menang tipis 3-2 dan menang telak 3-0 saat melawan Bahrain, kemudian sebelumnya menang melawan Singapura 5-1 ketika bermain di Indonesia. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Hadiri Pengukuhan FK3D Badung, Bupati Giri Prasta Minta Kaling dan Kelian Dinas Tingkatkan Etos Kerja
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Wawali Arya Wibawa Buka Turnamen Billiard ST. Werdhi Yowana Banjar Tampak Gangsul

Published

on

By

Turnamen Billiard banjar tampak gangsul
BUKA TURNAMEN: Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara resmi membuka Turnamen Billiard yang diselenggarakan Sekaa Teruna (ST) Werdhi Yowana Banjar Tampak Gangsul, Desa Dangin Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Utara, Minggu (14/7). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara resmi membuka Turnamen Billiard yang diselenggarakan Sekaa Teruna (ST) Werdhi Yowana Banjar Tampak Gangsul, Desa Dangin Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Utara, Minggu (14/7).

Kegiatan pembukaan turnamen juga tampak dihadiri Anggota DPRD Provinsi Bali, A.A. Gede Agung Suyoga, Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, Ketut Suteja Kumara, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

“Turnamen ini sebagai ajang menyaring bibit-bibit atlet olahraga billiard, dan semakin memasyarakatkan olahraga ini, serta mampu membawa prestasi Kota Denpasar di cabang billiard semakin meningkat dengan melaksanakan pembinaan secara berkelanjutan,” ujar Arya Wibawa.

Lebih lanjut Arya Wibawa memaparkan, tujuan diselenggarakannya turnamen ini diharapkan dapat menggali potensi atlet yang ada di Kota Denpasar mulai dari banjar hingga desa-desa. Karena sulit untuk mencari atlet billiard sehingga nanti dapat disaring dan dibina lebih profesional lagi.

“Bagaimana harapan kita bersama bisa menunjukan kepada masyarakat bahwa billiard merupakan olahraga positif, dan mampu berprestasi, serta setelah ada bibit-bibit atlet pastinya akan bisa melahirkan juara-juara untuk mengharumkan Kota Denpasar,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Turnamen, I Made Gede Dwityanata Bagaskara mengatakan, kegiatan ini  merupakan rangkaian dari HUT ke-24 ST. Werdhi Yowana Banjar Tampak Gangsul. Adapun perserta yang ikut dalam turnamen ini sebanyak 96 orang, dan kami berharap untuk turnamen billiard yang pertama ini akan direncanakan digelar secara berkelanjutan setiap tahun.

“Semakin banyak turnamen-turnamen yang ada di Kota Denpasar nantinya makin banyak pula bibit-bibit atlet yang muncul,” tambahnya. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Tiga Pasien Covid-19 Meninggal di Denpasar (13/9), Pasien Sembuh Bertambah 21 Orang
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Tim U-19 Indonesia terus Dimatangkan

Published

on

By

U-19 Indonesia
Pemain Timnas U-19 saat mengikuti sesi latihan. (Foto: pssi.org)

Surabaya, baliilu.com – Tim U-19 Indonesia telah tiba di Surabaya. Garuda Nusantara berada di kota Pahlawan pada Rabu (10/7), kemudian melanjutkan latihan di lapangan THOR malam harinya.

“Alhamdulillah kita sudah sampai di Surabaya, kita TC terakhir di Jakarta tanggal 9 Juli kemarin, kita menciutkan pemain dari 33 pemain, menjadi 28 pemain,” buka Indra Sjafri, seusai latihan, dikutip dari pssi.org.

“Hari ini adalah latihan pertama kami, latihan adaptasi, dan sekitar satu jam kami memantapkan latihan lainnya,” sambungnya.

Indra menegaskan, latihan ini adalah dalam rangka untuk persiapan mereka berlaga di ajang ASEAN U-19 Boys Championship enam hari kedepan.

“Latihan ini adalah untuk persiapan menghadapi AFF, dan semua pemain yang kita bawa, sebanyak 28 pemain itu, dengan tiga penjaga gawang, semua dalam kondisi yang prima, dan Alhamdulillah nanti tanggal 15 Juli 2024, kita akan menciutkan pemain lagi menjadi 23 pemain yang sudah merupakan regulasi dari AFF,” tutup Indra.

Laga perdana tim U-19 di turnamen ASEAN U-19 Boys Championship yakni melawan Filipina tanggal 17 Juli 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pukul 19.30 WIB. Kemudian berikutnya melawan Kamboja di tanggal 20 Juli dan terakhir melawan Timor Leste di tanggal 23 Juli 2024, waktu dan tempat yang sama. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Tiga Pasien Covid-19 Meninggal di Denpasar (13/9), Pasien Sembuh Bertambah 21 Orang
Lanjutkan Membaca