Sunday, 14 April 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Jalan Panjang Inkai Klungkung, Butuh Kesabaran Cetak Atlet Nasional

BALIILU Tayang

:

de
BUPATI KLUNGKUNG I NYOMAN SUWIRTA: Dukung penuh Inkai Klungkung, atlet tambah semangat. (Foto: Ist)

SEJAK tiga tahun belakangan Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) Kabupaten Klungkung telah berhasil mencetak atlet-atlet pelajar tingkat nasional. Di antaranya Ayu Evita Satwikayani, Abdika Yoga, AA Istri Purnama Utari Dewi, AA Istri Laksmi Pujantari, Cok Istri Indira Parameswari dan lain-lain. Mereka berlomba dan berhasil meraih juara tidak saja di tingkat Bali tetapi juga di laga nasional dan bahkan internasional. Namun siapa yang menyangka, di balik keberhasilan mereka mengharumkan Klungkung, ada Ketut Mastra, sang sensei atau guru yang penuh sabar bertahun-tahun menempa murid/kohai hingga menjadi atlet berprestasi.

de
DISIPLIN: Dasar menuju kesuksesan

Ketut Mastra menuturkan sebagai seorang atlet yang pernah mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur, di mana ia bertugas sebagai guru di Bajawa Kabupaten Ngada NTT, ia ingin sekali pulang untuk bisa mengabdikan ilmunya di daerah kelahirannya di Klungkung. Gayung bersambut, tahun 1997 Ketut Mastra pulang ke Bali dan bertugas di SMP 3 Banjarangkan Klungkung.

Hanya berselang beberapa pekan di Bali, Mastra memutuskan untuk membuka ranting Dojo Inkai di Banjarangkan. Dua tahun kemudian atau sekitar awal 2000-an putra asal Selat Klungkung ini membuka Dojo Inkai di Klungkung. Beberapa pelajar ikut bergabung. Mereka tekun berlatih dengan penuh kesabaran. Tahun demi tahun  saban sore mereka bergulat menempa diri yang akhirnya membuahkan hasil. Di antara anak asuhnya mulai mengikuti berbagai turnamen.

de
O2SN PROVINSI BALI: Digelar di Hotel Batukaru Denpasar

Di antaranya pada September 2017 turun di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Melalui atlet Cok Istri Indira Parameswari, siswi SMP 1 Klungkung yang turun di kelas kumite berhasil meraih posisi lima besar. Di bulan yang sama di ajang Porprov, Abdika Yoga dkk berhasil menyandang gelar juara 3 kumite beregu.

Baca Juga  Sidak Berkala Penduduk Non-Permanen di Desa Dangin Puri Kelod

Setahun kemudian pada Juni 2018 ketika O2SN digelar di Hotel Batukaru Denpasar, melalui atlet Ayu Evita Satwikayani, siswi SMAN 2 Semarapura berhasil meraih medali perak. Sebulan kemudian Juli 2018  Abdika Yoga juga berhasil menyandang juara I kelas kumite 55 kg putra senior di ajang Kejurnas Inkai di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

de
KEJURNAS INKAI: Digelar di Banjarmasin Kalimantan Selatan

Di bulan November 2018, Ayu Evita Satwikayani yang ikut di kejuaraan Yogyakarta State University Cup 8 South Asian University championship bisa membawa pulang medali perak.

Pada Juni 2019, di ajang O2SN tingkat SMA, Ayu Evita Satwikayani yang lolos di Porprov dan dipercaya mewakili Bali berhasil menyandang gelar juara 1. Ayu Evita turun di kelas kata/jurus putri. Begitu juga Cok Istri Indira Parameswari yang duduk di bangku SMAN 1 Semarapura juga berhasil meraih medali perak kelas kumite.   

de
AYU EVITA: Ikut di O2SN Bali 2019

Sebulan kemudian di ajang Porjar Provinsi Bali, Juli 2019, Ayu Evita kembali berhasil meraih medali emas di kelas kumite putri dan disusul Cok Istri Indira yang meraih medali perak kelas kumite.

de
WAGUB BALI: Beri dukungan atlet Bali berlaga di Jakarta

Menyandang gelar juara 1 di O2SN Provinsi Bali, Ayu Evita juga dipercaya mewakili Bali ke ajang nasional di Aceh Agustus 2019 dan berhasil masuk rangking 5 besar kelas kata. Sebulan kemudian di Porprov Bali XIV Tabanan 4-8 September 2019, Ayu Evita juga berhasil masuk juara 3 kelas kata putri.

Di bulan November 2019, Ayu Evita juga dipercaya mewakili Bali turun di Popnas Jakarta, dan  berhasil meraih medali perak kelas kumite putri yang saat itu mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

de
POPNAS JAKARTA 2019: Atlet Bali Berprestasi

Sinsei Ketut Mastra menceritakan, atlet Inkai Klungkung juga ikut berlomba di ajang Walikota Surabaya Internasional Open. Di mana Ayu Evita turun di kelas kumite yunior putri berhasil membawa pulang medali emas. Prestasi yang sama juga diikuti AA Istri Purnama Utari Dewi yang turun di kelas kumite usia dini putri. ‘’Kami mendapat apresiasi yang luar biasa dari  Bapak Bupati Klungkung Nyoman Suwirta,’’ aku Ketut Mastra yang kini menyandang sabuk Dan III.

Baca Juga  Update Covid-19 di Denpasar, 6 Orang Sembuh, Kasus Positif Bertambah 11 Orang
de
BUPATI SUWIRTA: Beri perhatian pada atlet Inkai Klungkung

Di event terakhir 2019, ikut Piala Pangdam Udayana, Ayu Evita berhasil meraih juara 1 kelas kata dan juara 2 kumite junior putri. Lanjut di Piala Dandim Cup Tabanan Desember 2019, Ayu Evita berhasil meraih juara 1 kelas kata putri senior dan juara 2 kumite min-61 kg putri.

Keberhasilan juga diraih AA Istri Laksmi Pujantari yang meraih juara 1 kelas kumite usia dini putri dan AA Istri Purnama Dewi sebagai juara 3 kelas kumite pra-pemula putri.

de
AYU EVITA: Berjaya di Popnas 2019.

Ayu Evita yang beberapa kali berhasil bertengger di posisi puncak dipercaya mewakili Bali di ajang Kejurnas di Cibubur Jabar 21-23 Februari  mendatang. ‘’Masih banyak kohai lainnya yang juga ikut di event-event local,’’ ujar Ketut Mastra yang keseharian bertugas sebagai guru di SMP 3 Banjarangkan.

de
KETUT MASTRA: Dengan salah satu kohai

Mastra menuturkan, apa yang diraih kohai Inkai Klungkung di kancah lokal dan nasional tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah Klungkung melalui Bupati Nyoman Suwirta, KONI, Dinas, Inkai Kabupaten Klungkung yang kepengurusannya ditetapkan pada 26 Januari 2020 dan juga para senpai. Sehingga anak-anak bisa bersemangat berlatih dan berangkat berlomba.

Adapun kepengurusan Inkai Klungkung masabakti 2019-2024 sebagai ketua umum AA Gde Bagus Mahendra Putra, SH, MH, sekretaris Ketut Mastra, SPd, bendahara Luh Putu Mardiani, S Pd, dibantu wakil bendahara, kabid-kabid, dan seksi-seksi.

BIDIK BAKAT

Selain membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi dalam melatih anak didik yang beragam karakter, urai Ketut Mastra, juga memerlukan kejelian seorang sensei dan senpai menentukan bakatnya. Anak-anak yang mempunyai bakat dan semangat yang didukung oleh postur tubuh, IQ yang tinggi yang begitu cepat menghafal gerakan, maka akan ditempa sebagai atlet. Namun ada juga yang ikut sekedar melatih kebugaran.

Baca Juga  Ny. Putri Koster: Ibu Hamil Rentan terhadap Virus

Anak-anak pemula biasanya latihan setiap Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu mulai jam 5 sore. Sedangkan yang sudah berstatus atlet hanya off pada Sabtu dan Senin. Bahkan bisa latihan setiap hari jika sudah mendekati lomba.

Ketut Mastra menandaskan bahwa anak-anak yang ikut bergabung di Dojo Inkai Klungkung di GOR Swecapura mengikuti jadwal latihan setiap sore, tidak saja meningkatkan kebugaran tetapi juga menempa mental dan kedisiplinan serta selalu menjunjung tinggi sportifitas. Dengan mengikuti latihan setiap hari terlebih lagi bisa ikut berlomba, akan menghindarkan anak-anak dari pergaulan yang kurang baik, seperti merokok, minum-minuman keras atau pergaulan bebas.  Dengan latihan yang sungguh-sungguh dan selalu focus, tidak sedikit para kohai di Dojo GOR Swecapura sukses di arena lomba dan juga berhasil di bangku sekolah.

Ketua Umum Inkai Kabupaten Klungkung yang baru dilantik 26 Januari 2020 AA Gde Bagus Mahendra Putra, SH, MH bersama pengurus lainnya akan berusaha semaksimal mungkin mengangkat potensi putra-putri Klungkung sehingga berprestasi tidak saja di turnamen tetapi juga di bangku sekolah melalui tempaan Inkai Klungkung yang latihannya terjadwal dan terstruktur di Dojo GOR Swecapura. Program latihan setiap sore mulai pukul 17.00 Wita baik pemula maupun atlet-atlet yang siap berlaga di berbagai turnamen lomba.

Dukungan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang concern pada bidang olahraga khususnya Inkai, imbuh Agung Mahendra telah menumbuhkan semangat ‘puputan’ putra-putri Klungkung di berbagai turnamen baik local, nasional maupun internasional. (balu1)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

Hadiri Sesi Latihan Bali United Academy, Adilson Maringa Bandingkan Proses Latihan dengan Negara Brasil

Published

on

By

Bali United Academy
Penjaga gawang Bali United, Adilson Maringa hadir dalam sesi latihan Bali United Academy hari Sabtu (6/4) sore tadi di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. (Foto: baliutd)

Gianyar, baliilu.com – Penjaga gawang Bali United, Adilson Maringa hadir dalam sesi latihan Bali United Academy hari Sabtu (6/4) sore tadi di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar.

Kiper asing Serdadu Tridatu cukup terpukau dengan semangat antusias latihan dari anak-anak didik Bali United Academy sore tadi.

Sebab itu menjadi pengalaman pertamanya untuk lebih dekat dan secara hangat bersama mereka menjalani proses latihan dengan tim pelatih yang hebat.

Mantan penjaga gawang Arema FC itu bahkan membandingkan dengan dirinya yang menjalani proses latihan untuk menjadi pemain profesional di negara asalnya, Brasil.

“Tentu, di negara saya (Brasil) sama seperti Indonesia yang sangat fanatik terhadap sepak bola. Kami memulai dari akademi sepak bola seperti ini sebelumnya. Saya memulai latihan dan pelatih percaya saya. Mereka memberikan saya kesempatan untuk menjadi pemain profesional di masa depan. Jadi, jika kalian memiliki anak yang memiliki mimpi menjadi pemain sepak bola profesional, datanglah ke Bali United Academy. Pelatih akan melihat bakat dan kualitas kalian untuk menjadi pemain profesional. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus,” terang Maringa.

Penjaga gawang yang kini menempati urutan pertama dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga 1 musim ini pun memberikan wejangan khusus untuk para penjaga gawang yang tengah menjalani proses bersama Bali United Academy.

“Khususnya untuk penjaga gawang, saya ingin berkata kepada mereka bahwa Bali sekarang memiliki Training Center yang besar dan indah serta  memiliki pelatih yang bagus. Bekerja keraslah dan percaya pada dirimu untuk terus berusaha sebagai kunci rahasia menuju sukses. Percaya diri dan percayakan kepada pelatih kalian,” jelas Maringa.

Baca Juga  Masuki Musim Penghujan, DLHK Denpasar Intensifkan Perompesan

Bali United Academy saat ini menjalani proses latihan untuk anak didik 5 kategori usia yaitu U8, U10, U12, U14, dan U16 serta tidak menutup kemungkinan kategori usia lainnya akan dibuka.

Segala proses telah dijalankan peserta didik yang sudah memasuki pekan ketiga latihan di sarana latihan dari Serdadu Tridatu ini.

Para anak didik ini akan terus ditempa dalam program latihan yang sudah dicanangkan oleh tim pelatih profesional dan berkesempatan menjalani berbagai turnamen dan kompetisi nasional di waktu yang akan datang.

Pasca-latihan di pekan ketiga ini, Bali United Academy akan menjalani waktu libur Idul Fitri tahun ini sebelum nantinya akan kembali melanjutkan program latihan dari tim jajaran pelatih Bali United Academy. (gs/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Tumbangkan UEA, Modal Positif untuk Garuda Muda

Published

on

By

Tim U-23 Indonesia saat laga uji coba dengan Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Shahab Al Ahli, Dubai, Senin (8/4) waktu setempat. (Foto: pssi.org)

Dubai, UEA, baliilu.com – Tim U-23 Indonesia meraih kemenangan atas Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0 pada laga uji coba jelang Piala Asia U-23 2024. Uji coba ini berlangsung di Stadion Shahab Al Ahli, Dubai, Senin (8/4) waktu setempat.

Dalam laga tersebut, gol kemenangan skuad Garuda Muda dilesakkan oleh Witan Sulaeman. Sebelumnya, Indonesia takluk 1-3 dalam laga uji coba melawan Arab Saudi.

Pelatih tim U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan starting eleven saat melawan UEA berbeda dengan saat kalah dari Arab Saudi. Ini merupakan starting eleven yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-23 2024.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu masih melihat ada beberapa masalah dalam Skuad Garuda Muda. Salah satunya soal finishing.

Memang ya para pemain inti yang dimainkan hari ini, jadi ya performa sangat baik, tetapi ya kurangnya mungkin, kurang fokus untuk cetak gol ya. Kalau fokus lebih ya mungkin harusnya cetak 3-4 gol lebih, tapi itu yang kurang. Tapi secara keseluruhannya sangat baik untuk performa,” kata Shin Tae-yong.

“Ya, pemain semuanya telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan permainan kita jadi tadi juga memang kelihatan menjadi baik juga dan tanggal 15 nanti akan pastinya menjadi lebih baik lagi,” tambahnya.

Piala Asia U-23 2024 digelar di Qatar, 15 April sampai 3 Mei mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Indonesia akan menghadapi Qatar, pada laga perdana di Jassim Bin Hammad Stadium, Senin (15/4).

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 berhak mentas di Olimpiade Paris 2024. Sedangkan posisi empat besar harus menjalani play-off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea. (gs/bi)

Baca Juga  Penyucian Diri dan Alam Semesta, Pemkot Gelar Upacara ‘’Pengelukatan Sudamala’’

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Wawali Arya Wibawa Tutup Porsenijar Kota Denpasar 2024

SMPN 2 Denpasar Sukses Kawinkan Juara Umum I Pada Cabang Olahraga dan Cabang Seni

Published

on

By

porsenijar denpasar 2024
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat menyerahkan Piala Bergilir bagi para Juara Umum serangkaian Penutupan Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024 di GOR Lila Buwana Denpasar, Minggu (7/4). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Setelah berlangsung selama sepekan, Gelaran Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Tahun 2024 secara resmi ditutup Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa di GOR Lila Buwana Denpasar, Minggu (7/4).

Dalam penutupan tersebut Juara Umum I cabang olahraga untuk tingkat SMA/SMK diraih SMAN 2 Denpasar, untuk tingkat SMP diraih SMPN 2 Denpasar dan Kecamatan Denpasar Selatan untuk tingkat SD.  Sedangkan untuk cabang seni Juara Umum diraih SMAN 4 Denpasar untuk tingkat SMA/SMK, SMPN 2 Denpasar untuk tingkat SMP dan Kecamatan Denpasar Timur untuk tingkat SD.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Forkopimda Kota Denpasar, Sekretaris KONI Kota Denpasar, I Made Damriyasa, Pimpinan OPD, serta seluruh Kontingen Porsinejar Kota Denpasar Tahun 2024. Dalam kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa turut menyerahkan hadiah bagi para pemenang dan atlet terbaik di masing-masing tingkat.

Adapun secara rinci kontingen menjadi pemenang yakni untuk Cabang Olahraga tingkat SMA/SMK Juara Umum I yakni SMAN 2 Denpasar, Juara Umum II yakni SMKN 1 Denpasar dan Juara Umum III yakni SMAN 7 Denpasar. Untuk tingkat SMP Juara Umum I yakni SMPN 2 Denpasar, Juara Umum II yakni SMPN 13 Denpasar dan Juara Umum III yakni SMPN 3 Denpasar. Sedangkan untuk tingkat SD Juara Umum I yakni Kecamatan Denpasar Selatan, Juara Umum II yakni Kecamatan Denpasar Utara dan Juara Umum III yakni Kecamatan Denpasar Timur.

Sementara itu untuk kategori Cabang Seni tingkat SMA/SMK Juara Umum I yakni SMAN 4 Denpasar, Juara Umum II SMAN 3 Denpasar dan Juara Umum III yakni SMAN 1 Denpasar. Untuk tingkat SMP Juara Umum I yakni SMPN 2 Denpasar, Juara Umum II yakni SMPN 6 Denpasar dan Juara Umum III yakni SMPN 3 Denpasar. Sedangkan untuk tingkat SD Juara Umum I yakni Kecamatan Denpasar Timur, Juara Umum II yakni Kecamatan Denpasar Barat dan Juara Umum III yakni Kecamatan Denpasar Selatan.

Baca Juga  Seniman Lukis Klasik Wayang Kamasan Mangku Mura: Sang Pengabdi Seni yang Bersinar di Luar

Dalam kesempatan tersebut juga turut diumumkan Atlet Terbaik pada ajang Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024. Yakni untuk tingkat SD Putra diraih I Gede Adonistino Chandra Wibawa dari Cabor Judo dan SD Putri diraih Putu Putri Indah Cahyani dari Cabor Tenis Meja. Untuk tingkat SMP Putra diraih Putu Alvino Putra Arsana dari Cabor Tarung Drajat dan Putri diraih Ni Ni Luh Putu Bunga Jelita Darmaja dari Cabor Balap Sepeda. Sedangkan untuk SMA/SMK Putra diraih Kadek Surya Pramestika dari Cabor Kabaddi dan untuk Putri diraih Ni Komang Nadine Vergian Dinatha dari Cabor Menembak.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa usai penyerahan hadiah berharap, melalui pelaksanaan Porsenijar ini dapat menjadi momentum bagi para siswa Denpasar untuk meningkatkan prestasi serta menyalurkan bakat serta talenta mereka. Pihaknya juga mengucapkan selamat bagi seluruh pemenang dan mengajak yang belum berhasil menjadi juara untuk tidak patah semangat.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Denpasar mengucapkan selamat bagi para pemenang, dan kepada yang belum meraih juara agar tidak patah semangat, terus berlatih untuk meraih juara di ajang berikutnya,” ujar Arya Wibawa.

Lebih lanjut Arya Wibawa menyampaikan, ajang Porsenijar merupakan momentum bagi para siswa siswi menguatkan jiwa dan kesehatan, Men Sana in Corpore Sano di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sehingga nantinya tidak hanya di kancah Kota Denpasar, melainkan terus mengasah diri untuk bertanding di ajang yang lebih tinggi.

Sementara Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Denpasar, AA Gede Wiratama mengatakan, Porsenijar Kota Denpasar telah dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 7 April 2024 yang pembukaan dan penutupannya bertempat di GOR Lila Buana Denpasar. Dimana, untuk cabang olahraga telah dilaksanakan di lapangan venue yang ada di Kota Denpasar. Sedangkan untuk cabang seni telah dilaksanakan di Kawasan Taman Budaya Art Center Denpasar dari tanggal 1 sampai 6 April 2024 lalu.

Baca Juga  Sidang Paripurna DPRD Denpasar, Pemkot Sampaikan KUA dan PPAS APBD Perubahan

Lebih lanjut dijelaskan, Porsenijar Kota Denpasar tahun ini diikuti sekitar 12.000 orang yang terdiri dari atlet dan artis beserta pembina/pelatih serta wasit/juri. Dimana dalam cabang olahraga dimulai dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK dengan mempertandingkan 32 cabor resmi dan sebanyak 5 cabor eksibisi yakni Rugby, Xiangqi, Pickle Ball, e-Sport dan Yongmoodo. Sedangkan untuk cabang seni dimulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK yang melombakan 22 cabang seni.

“Kami selaku panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang telah membantu dalam menyukseskan kegiatan porsenijar ini. Marilah kita junjung tinggi sportivitas baik peserta maupun wasit/juri, dan selamat bagi para menang, dan bagi yang belum juara kalian tetap terhormat,” ujarnya. (eka/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca