Tuesday, 5 March 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

KESEHATAN

Banjar Ujung Kesiman Jadi Percontohan PKM Preventif Skala Lingkungan di Denpasar

BALIILU Tayang

:

de
TINJAU: Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra melaksanakan peninjauan Pos PKM di Banjar Ujung Kesiman, Sabtu (6/6-2020).

Denpasar, baliilu.com – Beragam upaya yang digencarkan Satgas Solidaritas dan Gotong-Royong Covid-19 Lingkungan Banjar Ujung dengan bersinergi bersama desa adat dan kelurahan berhasil mencegah adanya kasus Covid-19 di wilayahnya. Terbukti, hingga saat ini wilayah Banjar Ujung Kesiman belum ditemukan kasus Covid-19. Demikian terungkap saat Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra melaksanakan peninjauan Pos PKM di Banjar Ujung Kesiman, Sabtu (6/6-2020).

Dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra memberikan apresiasi kepada seluruh Satgas Covid-19 mulai tingkat kota, kecamatan, desa/lurah, satgas gotong-royong desa adat, hingga satgas wilayah dusun, banjar atau lingkungan. Hal ini lantaran seluruh jajaran dari lapisan teratas hingga terbawah telah berusaha maksimal untuk mendukung percepatan penanganan dan pencegahan.

“Kami sangat mengapresiasi kegigihan dan semangat gotong-royong masyarakat Kota Denpasar yang sudah bahu-membahu mendukung percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 hingga tingkat terbawah,” jelasnya.

Lebih lanjut Rai Mantra berharap beragam upaya dan keberhasilan Satgas Covid-19 Lingkungan Banjar Ujung Kesiman ini dapat menjadi percontohan pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Preventif Skala Lingkungan.

“PKM itu kan memiliki tiga klasifikasi berdasarkan urgensinya, yakni preventif atau pencegahan, promotif atau peningkatan dan kuratif atau penyembuhan, sehingga nantinya setiap daerah melaksanakan PKM sesuai dengan urgensinya,” ujar Rai Mantra.

“Apa yang dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 Banjar Ujung ini merupakan bentuk PKM Preventif yang patut menjadi percontohan partisipasi masyarakat dalam penanganan Covid-19. Sedangkan untuk PKM kuratif dapat meniru pola yang diterapkan di Desa Adat Intaran, Desa Sanur Kauh,” imbuh Rai Mantra.

Sementara, Kaling Banjar Ujung Kesiman, I Gusti Ari Rai Temaja didampingi Kelihan Adat, IB Made Suryadarma mengatakan beragam upaya terus dan akan dimaksimalkan untuk mendukung penanganan Covid-19 ini. Dimana, pola utamanya yakni dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Baca Juga  Tim UPP Saber Pungli Bali Sidak Pelabuhan Padangbai

Pria yang akrab disapa Gung Nik ini menjelaskan sinergi terus dilaksanakan mulai dari kelurahan, desa adat, banjar adat, STT, hingga PKK. Dimana, segala bentuk kegiatan merupakan bantuan murni partisipasi masyarakat secara sukarela. Beragam bantuan sudah berhasil dikumpulkan, mulai dari donasi uang tunai, sembako, obat-obatan, vitamin, APD, disinfektan dan lainya, serta tenaga relawan.

Sedangkan program yang sudah dilaksanakan mulai dari sterilisasi wilayah, sosialisasi PHBS CTPS, wajib masker, ketahanan pangan perumahan, dan yang terpenting adalah pengecekan selektif penduduk non-permanen dan penghuni kos yang dilaksanakan rutin.

“Dari Oleh Akan (Dapur DOA) kembalikan ke masyrakat yang mana kita harus mampu memberikan pemahaman yang pas pantas dan tepat setiap apa yang menjadi gerakan untuk selalu bekerja sama bergotong-royong bersama mengatasi pandemi Covid-19 ini, sehingga diperlukan adanya kesepakatan dari semua laposan masyarakat bersama bersenergi untuk kesepahaman dan keserasian demi keselamatan bersama, dan PKM merupakan suatu pedomam/ panduan mengarah untuk membiasakan suatu hal yang baru menuju new normal life,” ujar Gung Nik. (*/eka)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KESEHATAN

Cegah Stunting Bersama Little Joy di Gianyar

Owner Bali United: Mudah-mudahan Anak-anak Sehat dan Jadi Pemain Bali United

Published

on

By

bantuan bali united
SERAHKAN BANTUAN: Owner Bali United, Pieter Tanuri saat menyerahkan bantuan donasi produk Little Joy kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar Senin (4/3) pagi tadi di Bali United Café, Gianyar. (Foto: Hms Baliutd)

Gianyar, baliilu.com – Hal menarik disampaikan oleh Owner Bali United, Pieter Tanuri saat penyerahan bantuan donasi produk Little Joy kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar Senin (4/3) pagi tadi di Bali United Café, Gianyar.

Kakak kandung dari CEO Bali United, Yabes Tanuri itu berharap dengan diterimanya produk sehat Little Joy ini kepada anak balita di Gianyar berpotensi menghadirkan generasi pemain Bali United di masa mendatang.

Total 16.572 produk Little Joy akan dibagikan kepada 1.381 bayi sehat usia 6 hingga 12 bulan untuk kebutuhan 2 bulan dalam mencegah stunting di puluhan desa Kabupaten Gianyar.

“Saya merasa bangga dengan kehadiran ibu-ibu yang hadir pada acara kali ini. Tapi yang ingin saya sampaikan adalah saya ingin selalu ada pemain asli Bali untuk bisa bermain di tim Bali United. Untuk itu, fokus kita sejak mereka balita harus diperhatikan gizinya agar tumbuh kembang anak itu baik sehingga Bali United bisa terus mendunia di waktu mendatang. Saya juga terima kasih kepada Little Joy yang memperhatikan gizi balita dilihat dari berat badan dan tinggi badan mereka yang akan kita lihat satu hingga dua bulan kedepan setelah produk ini diterima,” terang Pieter Tanuri.

Dipilihnya saat ini Kabupaten Gianyar karena data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali menunjukkan jika Gianyar menjadi daerah dengan angka stunting anak tertinggi tahun 2024.

Untuk itu kehadiran Little Joy sebagai produk bubuk tabur bergizi untuk makanan balita sangat membantu dalam tumbuh kembang anak.

Pemberian bantuan produk Little Joy dari Bali United tersebut diterima langsung oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Gianyar, Ketut Pasek Lanang Sadia didampingi Pejabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Widiastuti Wirasa.

Baca Juga  Tingkatkan SDP, Badung Gelar Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata

Setelah secara simbolis diterima, nantinya pihak Pemerintah Daerah akan memberikan produk tersebut kepada balita yang tersebar di 7 kecamatan dari 5 hingga 25 Maret 2024 mendatang.

Adapun kecamatan yang akan diberikan bantuan produk Little Joy dimulai dari Kecamatan Blahbatuh, Sukawati, Gianyar, Tampaksiring, Ubud, Tegallalang, dan Payangan.

Nantinya satu orang balita akan ditimbang lebih dulu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar untuk menerima 6 bungkus produk Little Joy selama satu bulan.

Setelah mengkonsumsi produk tersebut, pada bulan berikutnya akan ditimbang kembali untuk melihat perkembangan dari balita.

Harapannya anak-anak balita ini mengalami pertumbuhan yang baik sehingga di waktu mendatang menjadi anak yang cerdas dan sehat.

Produk Little Joy sendiri adalah bubuk gizi lengkap yang terbuat dari 100% bahan alami dengan fortifikasi nutrisi penting untuk membantu pemerintah dalam upaya melawan malnutrisi dan menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat dan cerdas.

Produk Liittle Joy tidak mengandung gula dan garam, serta tidak berbahan pengawet atau penguat rasa sebagai bubuk gizi sehat yang bisa dicampur ke dalam makanan balita.

Adapun rasa produk Little Joy sendiri beragam yaitu Corn Carrot (bubuk jagung dan wortel), Moringa Pandan (bubuk daun kelor dan daun pandan), Red and Mung Beans (bubuk kacang merah dan kacang hijau), Chicken Tempe Sweetcorn (bubuk ayam tempe dan jagung manis), Red Bean Cheese and Beef (bubuk kacang merah dengan keju dan daging sapi), dan With Egg Salmon and Seaweed (bumbu dengan telur, ikan salmon dan rumput laut).

Pada acara pemberian produk sehat Little Joy di Bali United Café ini juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Tim Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas (PMD), Perwakilan Ibu-Ibu PKK dari 70 Desa di Gianyar, serta Perwakilan Ibu dan Balita di Kabupaten Gianyar. (gs/bi)

Baca Juga  Koster Sediakan Arak Bali Panggung Terhormat di Dunia Pariwisata

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Peringati HUT Ke-22, Sekda Dewa Indra Harap RSMBM Terus Menjadi Rumah Sakit Kepercayaan Masyarakat

Published

on

By

HUT RS mata bali mandara
HADIRI HUT: Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri Peringatan HUT Ke-22 RSMBM, di RS Mata Bali Mandara, Denpasar, Senin (4/3). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Denpasar, baliilu.com – Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri Peringatan HUT ke-22 Rumah Sakit Mata Bali Mandara (RSMBM), di RS Mata Bali Mandara, Denpasar, Senin (4/3).

Dalam sambutannya, Sekda Bali menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada manajemen beserta jajaran atas sejumlah raihan prestasi serta berbagai inovasi yang dicapai rumah sakit selama kurun waktu 22 tahun ini. Sekda Dewa Indra menambahkan, keberhasilan ini merupakan hasil dari sistem yang berjalan baik serta kolaborasi seluruh komponen rumah sakit termasuk juga kontribusi serta dukungan eksternal sehingga rumah sakit ini menghasilkan kemajuan dan lompatan seperti saat ini.

“Saya mewakili Pemprov Bali menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang mensupport rumah sakit ini sehingga berkembang seperti saat ini. Saya berharap RSMBM terus menjadi rumah sakit yang dipercaya masyarakat karena pelayanan yang baik dan berintegritas,“ imbuhnya.

Sekda Dewa Indra berharap kedepannya RSMBM agar terus meningkatkan kualitas layanan serta inovasi dalam upaya memberikan layanan prima kepada masyarakat. Adanya temuan baru dalam ilmu kedokteran dan teknologi yang terus maju, menjadikan kita juga harus terus bisa berkembang dan bergerak ke depan.

“Kita tidak boleh berpuas diri dan berhenti sampai disini, pelayanan publik terus berkembang, ilmu dan teknologi juga berkembang seiring juga dengan berkembangnya harapan masyarakat terhadap rumah sakit ini. Oleh karena itu kita harus terus bekerja keras, berkolaborasi dan mampu membawa rumah sakit ini terus bergerak maju,“ tuturnya.

Peringatan HUT Ke-22 RSMBM pada pagi hari ini juga dirangkai dengan serah terima jabatan Direktur RSMBM, dari Plt. Direktur RSMBM, Ni Made Yuniti kepada Direktur RSMBM, Ni Made Suryanadi.

Baca Juga  Hari Ini, Tukang Suwun yang Positif Covid-19 Dipindahkan ke RS PTN Unud

Peringatan HUT RSMBM yang diselenggarakan secara sederhana dan penuh kekeluargaan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom, Direktur Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) I Gusti Ngurah Putra Dharma Jaya, Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali Ni Wayan Murdani, Dewan Pengawas Rumah Sakit serta undangan lainnya. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Pemkot Gelar Vaksinasi, Sterilisasi dan Konsultasi Gratis untuk HPR

Published

on

By

vaksinasi gratis di lapangan lumintang denpasar
VAKSINASI: Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat meninjau vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan dan sterilisasi gratis, Selasa (20/2) di Parkir Utara Lapangan Lumintang. (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Serangkaian HUT ke-236 Kota Denpasar, Dinas Pertanian Kota Denpasar bekerjasama dengan Yayasan BAWA (Bali Animal Welfare) dan Seva Buana menggelar vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan dan sterilisasi gratis, Selasa (20/2) di Parkir Utara Lapangan Lumintang.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana hadir meninjau pelaksanaan vaksinasi rabies yang tampak sejak pagi telah dihadiri masyarakat membawa binatang kesayangan, serta melaksanakan pendaftaran yang telah dimulai pada Pukul 09.00 Wita.

Sekda Alit Wiradana didampingi Kadis Pertanian, AA Gede Bayu Brahmasta didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Ni Made Suparmi menjelaskan, pelaksanaan pelayanan vaksinasi rabies seperti anjing, kucing dan kera/monyet dalam rangka memperingati HUT ke-236 Kota Denpasar, dimana kegiatan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 20-21 Februari 2024.

Kadis Pertanian, AA Gede Bayu Brahmasta menambahkan kegiatan vaksinasi ini untuk mengantisipasi Hewan Pembawa Rabies (HPR), serta mendukung terciptanya kesehatan hewan yang berkelanjutan di Kota Denpasar, dengan target 90% dari populasi HPR akan tervaksinasi.

“Vaksinasi rabies ini dilaksanakan untuk memastikan kesehatan HPR dan bebas rabies di Kota Denpasar,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, hasil dari pelaksanaan vaksinasi pada hari pertama yakni sebanyak 75 ekor anjing dan 12 ekor kucing. Terdapat pula sejumlah 20 ekor anjing dan 1 ekor kucing melakukan konsultasi kesehatan dan 25 ekor anjing dan 3 ekor kucing dilakukan sterilisasi.

“Kami berharap masyarakat Kota Denpasar yang memiliki hewan kesayangan dapat memanfaatkan layanan vaksinasi rabies gratis ini serta dapat menghubungi Distan Kota Denpasar Bidang Kesehatan Hewan, atau dapat melihat jadwal di masing-masing desa/kelurahan,” ujarnya. (eka/bi)

Baca Juga  Hari Ini, Tukang Suwun yang Positif Covid-19 Dipindahkan ke RS PTN Unud

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca