Tuesday, 5 March 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

KESEHATAN

Kasatgas Covid-19 Dewa Indra: Screening Test segera Beroperasi di RS Kesdam IX Udayana

BALIILU Tayang

:

de
KASATGAS COVID-19: Dewa Made Indra

Denpasar, baliilu.com – Terkait informasi kekurangtersediaan alat pelindung diri (APD) dan sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit, Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Dewa Made Indra menandaskan untuk ketersediaan SDM, Satgas Covid-19 sudah bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan sekolah tinggi ilmu kesehatan yang ada di Bali untuk memberikan dukungan SDM.  

‘’Kami sudah memahami kondisi tersebut terutama di RS Sanglah karena ada penambahan pasien dalam pengawasan (PDP-red). Kerja sama ini mulai berjalan, ke depan ditingkatkan sesuai kebutuhan. Begitu juga keterbatasan alat,’’ terang Dewa Indra menjawab pertanyaan awak media saat teleconference, Minggu (22/3-2020) di kantor Kominfos, Pemprov Bali Renon Denpasar.

Dewa Indra yang juga Sekda Pemprov Bali mengatakan ketersediaan alat pelindung diri, memang diakui mengalami kelangkaan walaupun anggaran sudah disediakan. Namun upaya Pemerintah Provinsi Bali melalui Satgas Covid-19 untuk mendapatkan APD sudah dilakukan ke Pemerintah Pusat, selain penggunaan APD digunakan seefektif mungkin. ‘’Untuk menghemat penggunaan APD dengan jalan mempercepat screening test, rapid test yang merupakan bagian dari strategi menghemat APD dan SDM di rumah sakit. ‘’Rencanannya screening test akan dilakukan di RS Kesdam IX Udayana. Saat ini alatnya sedang dipersiapkan. Mudah-mudahan beberapa hari ke depan bisa segera dilaksanakan,’’ katanya.

Dari 150.000 alat test corona yang sudah masuk ke Indonesia, kata Dewa Indra itu bukan angka final, tentu akan dibagikan sesuai dengan tingkat resiko di daerah masing-masing. Selain itu,  Pemerintah Provinsi Bali akan terus berusaha untuk mencari di luar jalur itu.

Terkait persoalan yang dihadapi RS Sanglah yang mengeluarkan surat imbauan untuk memberikan donasi mengatasi kesulitan di rumah sakit, Satgas sudah menyampaikan ke direktur Rumah Sakit Sanglah  meminta untuk merevisi surat tersebut atau mencabut. Kebutuhan RS untuk penanganan Covid-19 agar diajukan ke Pemprov, Gubernur bersedia membantu. Karena Pemprov memiliki anggaran pembiayaan tidak terduga senilai Rp 15 milyar. Jika ini habis, pemerintah daerah dapat melakukan reschedule kegiatan untuk menambah anggaran sesuai dengan kebutuhan. Sementara perkembangan penyakitnya terus berjalan maka Pemerintah Provinsi Bali juga akan melakukan reschedule atau bahkan pembatalan kegiatan yang sudah dianggarkan.

Baca Juga  Bupati Giri Prasta: Bangun Sinergitas jika Ingin Sukses Wujudkan Pembangunan

Mengenai anggapan Pemprov Bali tidak transparan tentang data PDP, Dewa Indra menjawab itu tidak benar. ‘’Saya rasa tidak benar. Bahwa yang diumumkan hanya menyebut jumlah, umur, kewarganegaraan itu adalah protokol komunikasi Covid-19. Tidak boleh menyampaikan identitas, nama, tempat karena hal ini bisa menimbulkan hal tidak diinginkan di masyarakat. Tidak benar tidak transparan dalam mengungkapkan angka-angka,’’ tegas Dewa Indra.

Menyinggung masih adanya masyarakat yang akan menggelar upacara dengan mengerahkan massa, Gubernur Bali telah mengeluarkan instruksi untuk membatasi jumlah orang yang melaksanakan kegiatan upacara keagamaan. Juga telah menyampaikan imbauan edaran untuk bersama menjaga jarak satu dengan yang lain. ‘’Ini berlaku semua kegiatan, termasuk upacara keagamaan. Kami mohon untuk memahami dengan benar arahan dari pemerintah pusat maupun Bali,’’ ujar Dewa Indra.

Sementara untuk menanggapi hari besar seperti Purnama Kedasa, tentu Pemprov akan memberikan arahan kembali. Yang terpenting keyakinan masyarakat bahwa arah kebijakan ini untuk penyelamatan masyarakat. ‘’Jangan cari alasan, jangan gunakan argumen yang sesungguhnya rugikan keselamatan diri sendiri dan keselamatan masyarakat.  Hal yang bisa ditunda mari tunda, yang bisa dibatalkan mari dibatalkan. Semua ini untuk keselamatan diri anda, keluarga, komunitas, seluruh masyarakat Bali,‘’ tegas Dewa Indra. (GS)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KESEHATAN

Cegah Stunting Bersama Little Joy di Gianyar

Owner Bali United: Mudah-mudahan Anak-anak Sehat dan Jadi Pemain Bali United

Published

on

By

bantuan bali united
SERAHKAN BANTUAN: Owner Bali United, Pieter Tanuri saat menyerahkan bantuan donasi produk Little Joy kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar Senin (4/3) pagi tadi di Bali United Café, Gianyar. (Foto: Hms Baliutd)

Gianyar, baliilu.com – Hal menarik disampaikan oleh Owner Bali United, Pieter Tanuri saat penyerahan bantuan donasi produk Little Joy kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar Senin (4/3) pagi tadi di Bali United Café, Gianyar.

Kakak kandung dari CEO Bali United, Yabes Tanuri itu berharap dengan diterimanya produk sehat Little Joy ini kepada anak balita di Gianyar berpotensi menghadirkan generasi pemain Bali United di masa mendatang.

Total 16.572 produk Little Joy akan dibagikan kepada 1.381 bayi sehat usia 6 hingga 12 bulan untuk kebutuhan 2 bulan dalam mencegah stunting di puluhan desa Kabupaten Gianyar.

“Saya merasa bangga dengan kehadiran ibu-ibu yang hadir pada acara kali ini. Tapi yang ingin saya sampaikan adalah saya ingin selalu ada pemain asli Bali untuk bisa bermain di tim Bali United. Untuk itu, fokus kita sejak mereka balita harus diperhatikan gizinya agar tumbuh kembang anak itu baik sehingga Bali United bisa terus mendunia di waktu mendatang. Saya juga terima kasih kepada Little Joy yang memperhatikan gizi balita dilihat dari berat badan dan tinggi badan mereka yang akan kita lihat satu hingga dua bulan kedepan setelah produk ini diterima,” terang Pieter Tanuri.

Dipilihnya saat ini Kabupaten Gianyar karena data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali menunjukkan jika Gianyar menjadi daerah dengan angka stunting anak tertinggi tahun 2024.

Untuk itu kehadiran Little Joy sebagai produk bubuk tabur bergizi untuk makanan balita sangat membantu dalam tumbuh kembang anak.

Pemberian bantuan produk Little Joy dari Bali United tersebut diterima langsung oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Gianyar, Ketut Pasek Lanang Sadia didampingi Pejabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Widiastuti Wirasa.

Baca Juga  Pemprov Bali Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019

Setelah secara simbolis diterima, nantinya pihak Pemerintah Daerah akan memberikan produk tersebut kepada balita yang tersebar di 7 kecamatan dari 5 hingga 25 Maret 2024 mendatang.

Adapun kecamatan yang akan diberikan bantuan produk Little Joy dimulai dari Kecamatan Blahbatuh, Sukawati, Gianyar, Tampaksiring, Ubud, Tegallalang, dan Payangan.

Nantinya satu orang balita akan ditimbang lebih dulu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar untuk menerima 6 bungkus produk Little Joy selama satu bulan.

Setelah mengkonsumsi produk tersebut, pada bulan berikutnya akan ditimbang kembali untuk melihat perkembangan dari balita.

Harapannya anak-anak balita ini mengalami pertumbuhan yang baik sehingga di waktu mendatang menjadi anak yang cerdas dan sehat.

Produk Little Joy sendiri adalah bubuk gizi lengkap yang terbuat dari 100% bahan alami dengan fortifikasi nutrisi penting untuk membantu pemerintah dalam upaya melawan malnutrisi dan menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat dan cerdas.

Produk Liittle Joy tidak mengandung gula dan garam, serta tidak berbahan pengawet atau penguat rasa sebagai bubuk gizi sehat yang bisa dicampur ke dalam makanan balita.

Adapun rasa produk Little Joy sendiri beragam yaitu Corn Carrot (bubuk jagung dan wortel), Moringa Pandan (bubuk daun kelor dan daun pandan), Red and Mung Beans (bubuk kacang merah dan kacang hijau), Chicken Tempe Sweetcorn (bubuk ayam tempe dan jagung manis), Red Bean Cheese and Beef (bubuk kacang merah dengan keju dan daging sapi), dan With Egg Salmon and Seaweed (bumbu dengan telur, ikan salmon dan rumput laut).

Pada acara pemberian produk sehat Little Joy di Bali United Café ini juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Tim Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas (PMD), Perwakilan Ibu-Ibu PKK dari 70 Desa di Gianyar, serta Perwakilan Ibu dan Balita di Kabupaten Gianyar. (gs/bi)

Baca Juga  Generasi Milenial Rawan Terpapar Narkoba, Desa Pemogan Denpasar Dapat Penghargaan P4GN

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Peringati HUT Ke-22, Sekda Dewa Indra Harap RSMBM Terus Menjadi Rumah Sakit Kepercayaan Masyarakat

Published

on

By

HUT RS mata bali mandara
HADIRI HUT: Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri Peringatan HUT Ke-22 RSMBM, di RS Mata Bali Mandara, Denpasar, Senin (4/3). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Denpasar, baliilu.com – Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri Peringatan HUT ke-22 Rumah Sakit Mata Bali Mandara (RSMBM), di RS Mata Bali Mandara, Denpasar, Senin (4/3).

Dalam sambutannya, Sekda Bali menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada manajemen beserta jajaran atas sejumlah raihan prestasi serta berbagai inovasi yang dicapai rumah sakit selama kurun waktu 22 tahun ini. Sekda Dewa Indra menambahkan, keberhasilan ini merupakan hasil dari sistem yang berjalan baik serta kolaborasi seluruh komponen rumah sakit termasuk juga kontribusi serta dukungan eksternal sehingga rumah sakit ini menghasilkan kemajuan dan lompatan seperti saat ini.

“Saya mewakili Pemprov Bali menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang mensupport rumah sakit ini sehingga berkembang seperti saat ini. Saya berharap RSMBM terus menjadi rumah sakit yang dipercaya masyarakat karena pelayanan yang baik dan berintegritas,“ imbuhnya.

Sekda Dewa Indra berharap kedepannya RSMBM agar terus meningkatkan kualitas layanan serta inovasi dalam upaya memberikan layanan prima kepada masyarakat. Adanya temuan baru dalam ilmu kedokteran dan teknologi yang terus maju, menjadikan kita juga harus terus bisa berkembang dan bergerak ke depan.

“Kita tidak boleh berpuas diri dan berhenti sampai disini, pelayanan publik terus berkembang, ilmu dan teknologi juga berkembang seiring juga dengan berkembangnya harapan masyarakat terhadap rumah sakit ini. Oleh karena itu kita harus terus bekerja keras, berkolaborasi dan mampu membawa rumah sakit ini terus bergerak maju,“ tuturnya.

Peringatan HUT Ke-22 RSMBM pada pagi hari ini juga dirangkai dengan serah terima jabatan Direktur RSMBM, dari Plt. Direktur RSMBM, Ni Made Yuniti kepada Direktur RSMBM, Ni Made Suryanadi.

Baca Juga  Coca-Cola Amatil Indonesia Rayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H dengan Berbagi Kebahagiaan bersama Masyarakat

Peringatan HUT RSMBM yang diselenggarakan secara sederhana dan penuh kekeluargaan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom, Direktur Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) I Gusti Ngurah Putra Dharma Jaya, Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali Ni Wayan Murdani, Dewan Pengawas Rumah Sakit serta undangan lainnya. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Pemkot Gelar Vaksinasi, Sterilisasi dan Konsultasi Gratis untuk HPR

Published

on

By

vaksinasi gratis di lapangan lumintang denpasar
VAKSINASI: Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat meninjau vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan dan sterilisasi gratis, Selasa (20/2) di Parkir Utara Lapangan Lumintang. (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Serangkaian HUT ke-236 Kota Denpasar, Dinas Pertanian Kota Denpasar bekerjasama dengan Yayasan BAWA (Bali Animal Welfare) dan Seva Buana menggelar vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan dan sterilisasi gratis, Selasa (20/2) di Parkir Utara Lapangan Lumintang.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana hadir meninjau pelaksanaan vaksinasi rabies yang tampak sejak pagi telah dihadiri masyarakat membawa binatang kesayangan, serta melaksanakan pendaftaran yang telah dimulai pada Pukul 09.00 Wita.

Sekda Alit Wiradana didampingi Kadis Pertanian, AA Gede Bayu Brahmasta didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Ni Made Suparmi menjelaskan, pelaksanaan pelayanan vaksinasi rabies seperti anjing, kucing dan kera/monyet dalam rangka memperingati HUT ke-236 Kota Denpasar, dimana kegiatan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 20-21 Februari 2024.

Kadis Pertanian, AA Gede Bayu Brahmasta menambahkan kegiatan vaksinasi ini untuk mengantisipasi Hewan Pembawa Rabies (HPR), serta mendukung terciptanya kesehatan hewan yang berkelanjutan di Kota Denpasar, dengan target 90% dari populasi HPR akan tervaksinasi.

“Vaksinasi rabies ini dilaksanakan untuk memastikan kesehatan HPR dan bebas rabies di Kota Denpasar,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, hasil dari pelaksanaan vaksinasi pada hari pertama yakni sebanyak 75 ekor anjing dan 12 ekor kucing. Terdapat pula sejumlah 20 ekor anjing dan 1 ekor kucing melakukan konsultasi kesehatan dan 25 ekor anjing dan 3 ekor kucing dilakukan sterilisasi.

“Kami berharap masyarakat Kota Denpasar yang memiliki hewan kesayangan dapat memanfaatkan layanan vaksinasi rabies gratis ini serta dapat menghubungi Distan Kota Denpasar Bidang Kesehatan Hewan, atau dapat melihat jadwal di masing-masing desa/kelurahan,” ujarnya. (eka/bi)

Baca Juga  Cegah Peningkatan Klaster Covid-19, Kelurahan Sumerta Gencarkan Monitoring di Pasar Ketapian

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca