Sunday, 25 February 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Kejurda VII PPS Kertha Wisesa Resmi Ditutup

BALIILU Tayang

:

kejurda Kertha Wisesa
PENUTUPAN KEJURDA: Wabup Ketut Suiasa menghadiri Penutupan Kejurda VII Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa di Padepokan PPS Pusat Kertha Wisesa Jln. Bedugul No. 68 Lingk. Banjar Gadon, Kerobokan, Kuta Utara, Minggu (3/12). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa selaku Ketua IPSI Provinsi Bali, menghadiri acara Penutupan Kejurda VII serangkaian dengan Peringatan HUT ke-73 Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa bertempat di Padepokan PPS Pusat Kertha Wisesa Jln. Bedugul No. 68 Lingkungan Banjar Gadon, Kerobokan, Kuta Utara, Minggu (3/12).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Yang Mulia Dewan Guru Pusat PPS Kertha Wisesa l Made Arta, Guru Besar Pusat PPS Kertha Wisesa Ketut Yuta Mana Selamat, Ketua Dewan Pendekar Pusat PPS Kertha Wisesa AA Oka Budatama, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PPS Kertha Wisesa Ketut Widiana Karya, Sekjen DPP PPS Kertha Wisesa Made Juwana, Ketua DPD Wilayah Bali PPS Kertha Wisesa AA Ngurah Gede Widiada, Ketua DPC PPS Kertha Wisesa Kab/Kota se-Bali, Wasit Juri Kadek Sudiarta, Pelatih Wayan Sulantara, Ketua Harian DPD Wilayah Bali PPS Kertha Wisesa Komang Merta, Anggota DPRD Kabupaten Badung AA Bagus Adi Mahendra, Perwakilan Camat Kuta Utara, Lurah Kerobokan Kaja lGAN Marhaena Yasana Putra, Kelihan Adat/Dinas Banjar Gadon beserta Atlet PPS Kertha Wisesa seluruh Bali.

Pada kegiatan yang bertemakan “Junjung Tinggi Sportivitas” tersebut dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Wabup Suiasa. Sebagai bentuk dukungan dan motivasi pemerintah, Wabup Suiasa juga menyerahkan bantuan dana kegiatan kesra sebesar Rp. 30 juta yang diterima Ketua Panitia Penyelenggara I Putu Ari Purnawan serta disaksikan langsung oleh seluruh hadirin.

Wabup Suiasa sekaligus Ketua IPSI Bali dalam sambutannya mengatakan sebagai ketua IPSI Bali merasa senang dan berbahagia serta sangat mengapresiasi terlaksananya Kejurda VII yang dilaksanakan PPS Kertha Wisesa Bali yang telah memberikan kontribusi positif dan produktif dalam pengembangan kemajuan IPSI di Bali. Lebih lanjut dikatakan bahwa PPS Kertha Wisesa selalu tumbuh hidup dan berkembang serta selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. “Sebagai komponen keluarga besar di silat, ini menjadi kewajiban dan keharusan kita untuk mendorong dan mendukung terhadap pertumbuhan dan perkembangan silat di Bali,“ ujarnya.

Baca Juga  Perkuat Koordinasi dan Tingkatkan Kompetensi, Pemkab Badung Bimtek ke Bandung

Perguruan Kertha Wisesa merupakan salah satu organisasi perguruan silat yang menjadi inisiator juga berdirinya IPSI di Bali, dengan demikian dalam kedudukannya PPS Kertha Wisesa ini telah dikukuhkan sebagai anggota luar biasa IPSI Bali bersama lima perguruan lainnya. IPSI Bali telah membuat tatanan baru berkenaan dengan bagaimana tatanan dan mekanisme untuk menjadi anggota IPSI Bali.

“Karena perjalanan IPSI Bali sejak lahirnya sampai dengan sebelum saya diberikan kepercayaan menjadi Ketua IPSI Bali, keberadaan dan kedudukan itu tidak jelas, hanya dapat pengakuan-pengakuan secara tertulis/lisan tetapi dalam ketetapan tidak ada. Atas dasar pengalaman pengetahuan dan keilmuan saya berorganisasi, seluruh perguruan silat yang menjadi anggota IPSI Bali itu secara the facto, the jure telah kami tetapkan berdasarkan surat keputusan serta kami kukuhkan dengan memberikan piagam pengukuhan. Tujuannya kita semua harus mengakomodir semua perguruan silat yang ada di Bali, sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara moral formal kepada masyarakat. Karena itulah pengukuhan itu sangat penting untuk memperkuat kokohnya keberadaan organisasi IPSI di Bali,” jelas Suiasa.

Sementara itu, Ketua DPD Wilayah Bali PPS Kertha Wisesa AA Ngurah Gede Widiada menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Wabup Suiasa yang sekaligus Ketua IPSI Bali karena telah hadir pada acara Penutupan Kejurda VII serangkaian dengan Peringatan HUT Ke-73 PPS Kertha Wisesa.

“Dengan usia 73 tahun PPS Kertha Wisesa yang merupakan cikal bakal organisasi ini adalah kaum pergerakan yang dideklarasikan oleh bapak Made Regog Gunung, sehingga dalam prosesnya telah terbangun tonggak sejarah dalam mengisi kemerdekaan. Dalam jiwa dan raga yang sehat, kita berpikir ikhlas sehat sportif untuk menjadi kader-kader bangsa yang berguna untuk negara. Jadi PPS Kertha Wisesa menjadi centre point kekuatan dalam dinamika perbedaan yang ada sehingga dalam proses sejarah perjalanan berkehidupan berbangsa dan bernegara Kertha Wisesa selalu ambil bagian dalam kepengurusan selanjutnya,” ucapnya.

Baca Juga  Wabup Suiasa Hadiri Perayaan Bulan Bung Karno di Kabupaten Badung

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PPS Kertha Wisesa Ketut Widiana Karya menambahkan bahwa PPS Kertha Wisesa selalu dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang ada di IPSI baik dari kejuaraan di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi.

“Saya berharap melalui kegiatan Kejurda ini, adik-adik bisa mengikuti kegiatan-kegiatan di tingkat provinsi serta di tingkat kejuaraan pelajar dan kejuaraan lainnya. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini juga, kepada panitia kami sampaikan terimakasih karena penjaringan atlet-atlet itu akan dilanjutkan untuk kejuaraan-kejuaraan dimasa yang akan datang,” harapnya. (gs/bi)

galungan
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

Kembali Perkuat Bali United Pasca-AFC Asian Cup 2023, Elias Dolah Miliki Target Ini Atas PSM Makassar

Published

on

By

Elias Dolah
Pemain belakang asing Bali United, Elias Dolah. (Foto: Bali United)

Balikpapan, baliilu.com – Pemain belakang asing Bali United, Elias Dolah dipastikan akan kembali tampil dalam pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/24 menghadapi PSM Makassar hari Sabtu (24/2) besok malam.

Pemain Timnas Thailand itu akan kembali merumput bersama Serdadu Tridatu di Stadion Batakan, Balikpapan yang menjadi markas sementara dari Skuad Juku Eja.

Dolah yang baru saja menyelesaikan tugas negara bersama Thailand di AFC Asian Cup 2023 bulan Januari lalu kini akan menjadi andalan lini belakang Serdadu Tridatu.

Pemilik nomor punggung 4 di Bali United itu hadir dalam jumpa press conference satu hari jelang pertandingan di Stadion Batakan bersama sang pelatih, Stefano Cugurra.

Elias Dolah menjelaskan bila kondisi dirinya bersama tim tengah dalam kondisi terbaik dan siap memberikan hasil positif menghadapi tuan rumah PSM Makassar.

“Saya senang bisa kembali hadir dalam sesi press conference untuk kembali menjalani pertandingan setelah agenda Timnas dan jeda kompetisi. Persiapan kami selama ini baik dan tidak ada kendala jelang menghadapi PSM Makassar,” ungkap Dolah.

Dolah pun menilai kekuatan tuan rumah kali ini dan berharap Serdadu Tridatu mampu meraih kemenangan di laga besok malam seperti hasil pada putaran pertama lalu.

“Mereka tim yang bagus dan kami sudah bertemu di beberapa pertandingan. Kami dari pemain juga sudah mempelajari kekuatan mereka dan mudah-mudahan kami bisa meraih hasil positif di pertandingan besok malam,” harap Dolah.

Pada pertemuan pertama di musim ini, Bali United berhasil meraih kemenangan 3-2 atas tamunya PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar lalu (11/8/2023).

Saat ini Bali United berada di posisi ke-4 klasemen sementara dengan meraih 41 poin dari 12 kemenangan, 5 hasil imbang dan 7 kekalahan. Sementara PSM Makassar berada di posisi ke-10 dengan 32 poin dari 8 kemenangan, 8 imbang dan 8 kekalahan.

Baca Juga  Wabup Suiasa Pimpin Pertemuan “Pemuda Badung Bangkit” Bersama Yowana Se-Kabupaten Badung

Meski memiliki jarak 9 poin, Bali United ingin meraih hasil positif terutama 3 poin kemenangan untuk mengamankan posisi di babak Championship Series. (gs/bi)

galungan
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Persikabo 1973 dan Persija Jakarta Memulai Laga Kandang di Stadion Dipta

Pelatih Kepala Bali United Berikan Respons

Published

on

By

stadion bali united
Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. (Foto: media persija/baliutd.com)

Gianyar, baliilu.com – Dua tim Liga 1, Persikabo 1973 dan Persija Jakarta akan memulai laga kandang mereka di kandang Bali United FC yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Kedua tim akan bertindak sebagai tuan rumah pada hari Kamis (22/2) ini dengan menghadapi dua tim berbeda.

Persikabo 1973 akan menjamu Borneo FC Samarinda pada pukul 16.00 WITA sementara Persija Jakarta menghadapi Madura United FC pada pukul 20.00 WITA.

Dua tim yang memilih Stadion Dipta menjadi homebase mereka pun mendapat respons dari sang pelatih kepala Bali United FC, Stefano Cugurra.

Menurutnya kedua tim sudah memilih adaptasi yang bagus terhadap kualitas dari rumput Stadion Dipta sehingga menjatuhkan pilihan ke stadion yang ada di Bali.

“Benar sewaktu mereka sudah main beberapa kali di Stadion Dipta, pasti mereka memiliki adaptasi yang lebih bagus di sisa kompetisi musim ini,” ungkap Coach Teco.

Hanya saja Bali United harus tetap waspada sebab kedua tim ini juga belum berjumpa pada putaran kedua musim ini.

Persija Jakarta yang direncanakan akan memakai selama dua pekan laga kandang ini pun memiliki kesempatan adaptasi yang baik sebelum bertemu Bali United pada 30 Maret 2024 mendatang.

Sementara Persikabo 1973 yang akan menggunakan hingga akhir musim kompetisi di Stadion Dipta membuat Bali United akan sedikit berhemat saat laga tandang menghadapi Persikabo 1973 pada 4 April 2024 nanti.

“Situasi memang benar, kami akan tetap bermain di Bali meskipun laga tandang nantinya menghadapi Persikabo 1973 bulan April mendatang,” jelas Coach Teco.

Kedua tim yang memakai kandang Bali United ini pun sudah melakukan inspeksi hari Rabu (21/2) kemarin terhadap rumput lapangan yang sudah standar Internasional tersebut.

Baca Juga  Wabup Suiasa Pimpin Rapat Koordinasi TPID Kabupaten Badung

Dengan merapatnya Persikabo 1973 dan Persija Jakarta ke Stadion Dipta, maka penggunaan homebase Serdadu Tridatu itu pun bertambah selain daripada Arema FC di Liga 1 musim ini. (gs/bi)

galungan
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Bertolak ke Balikpapan, Inilah Misi Bali United Jelang Kontra Tuan Rumah PSM Makassar

Published

on

By

bali united psm makassar
BERTOLAK: Skuad Bali United pada hari Kamis (22/2) siang ini bertolak ke Balikpapan guna lanjutan laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/24. (Foto: Hms Bali United)

Balikpapan, Kaltim, baliilu.com – Skuad Bali United pada hari Kamis (22/2) siang ini bertolak ke Balikpapan guna lanjutan laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/24. Serdadu Tridatu akan menghadapi tuan rumah PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan.

Bertolak ke markas sementara PSM, inilah skuad asuhan Stefano Cugurra yang kemungkinan akan dibawa jelang menghadapi skuad Juku Eja. Bali United dipastikan akan tidak diperkuat oleh Mohammed Rashid karena akumulasi kartu kuning yang diperolehnya hingga pekan ke-24 lalu.

Dia telah memperoleh 4 kartu kuning pertamanya sepanjang kompetisi Liga 1 musim ini berjalan sehingga harus absen pada satu pekan pertandingan Bali United.

Elias Dolah juga dipastikan akan tampil kembali setelah memperkuat Timnas Thailand di Piala Asia 2023 lalu. Dia akan kembali berduet dengan Kadek Arel yang menjadi tandemnya selama ini di lini pertahanan Serdadu Tridatu.

Sementara untuk sektor winger pertahanan beberapa nama tenar seperti Ricky Fajrin, Made Andhika, Ardi Idrus, dan Agus Mahendra kemungkinan akan dibawa dalam lawatan tandangnya kali ini. Kemudian untuk sektor tengah, nama pemain asing Eber Bessa masih menjadi salah satu senjata utama bersama Fadil, Luthfi dan pemain muda Made Tito serta Gede Sunu di sektor tengah.

Lalu untuk lini serang, Rahmat Arjuna akan masih menjadi andalan Teco bersama Privat Mbarga dan juga Jefferson Assis. Tidak lupa Ilija Spasojevic, Yabes Roni dan Irfan Jaya akan menjadi pemain lainnya di lini serang yang akan disiapkan.

Dan sektor penjaga gawang, Adilson Maringa dan Muhammad Ridho menjadi penjaga gawang yang dibawa dalam lawatannya kali ini. Beberapa pemain lainnya masih menjalani penguatan pascacedera di Bali.

Baca Juga  Terima PT. Jamkrida Bali Mandara, Suiasa Komit Berdayakan Potensi Ekonomi Masyarakat UMKM

Pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra mengingatkan anak asuhnya untuk fokus dalam lawatan tandangnya kali ini agar memperoleh poin positif. “Saya mengingatkan para pemain untuk lebih fokus sama tim Bali United. Mudah-mudahan kami bisa bermain bagus melawan PSM Makassar dan bisa meraih hasil positif di sana nanti,” ungkap Coach Teco.

Saat ini Bali United berada di posisi ke-4 klasemen sementara dengan meraih 41 poin dari 12 kemenangan, 5 hasil imbang dan 7 kekalahan. Sementara PSM Makassar berada di posisi ke-10 dengan 32 poin dari 8 kemenangan, 8 imbang dan 8 kekalahan.

Meski memiliki jarak 9 poin, Bali United ingin meraih hasil positif terutama 3 poin kemenangan untuk mengamankan posisi di babak Championship Series. (gs/bi)

galungan
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca