Connect with us

NEWS

Kodam Udayana Salurkan Bantuan Beras dan Minyak Goreng kepada Masyarakat Terdampak PPKM Darurat

BALIILU Tayang

:

eka
SALURKAN BANTUAN: Kodam Udayana saat menyalurkan bantuan beras dan minyak goreng kepada masyarakat terdampak PPKM Darurat.

Denpasar, baliilu.com  – Upaya pemerintah dalam rangka meringankan beban masyarakat akibat dampak dari pandemi Covid-19 terus dilaksanakan. Salah satunya adalah dampak diberlakukannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dimana Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI memberikan bantuan berupa ribuan ton beras kepada masyarakat yang terdampak pada PPKM Darurat khususnya di wilayah Jawa dan Bali.

Demikian diungkapkan Waka Pendam IX/Udayana Letkol Kav Sigit Priyo Utomo, S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Denpasar, pada Rabu (21/7/2021) terkait kegiatan penyaluran bantuan sembako PPKM Darurat peduli Covid-19.

Khusus di Provinsi Bali yang merupakan wilayah teritorial Kodam IX/Udayana menerima bantuan berupa beras sebanyak 300 ton dan untuk pendistribusiannya ke masyarakat terdampak agar tepat sasaran, Kodam IX/Udayana melalui jajaran Satuan Teritorial membagikannya sebanyak 150 ton dan 150 ton lagi akan didistribusikan oleh pihak kepolisian daerah.

Untuk Kodam IX/Udayana, dari 150 ton tersebut akan dibagikan berupa paket yang masing-masing isinya 5 kg beras (30.000 paket) dan ditambah lagi bantuan khusus dari pihak Kodam IX/Udayana yaitu sebanyak 18.000 liter minyak gereng.

“Dalam pelaksanaan pendistribusian, dari Makodam IX/Udayana telah diserahkan ke satuan jajaran yaitu Korem 163/WSA, pada Selasa (20/7) untuk selanjutnya masing-masing kodim jajaran menyalurkannya kepada masyarakat zona pemberlakuan PPKM Darurat khususnya masyarakat yang tidak menerima program bantuan lainnya dari pemerintah atau untuk pekerja sektor informal terdampak pandemi di wilayah Bali,” jelas Waka Pendam. (eka)

Advertisements
idul fitri pemprov bali
Baca Juga  Sebanyak 250 Orang Sembuh Covid-19 di Denpasar, Kasus Positif Bertambah 541 Orang

NEWS

Pin Emas Dari Kapolri untuk Danrem 163/Wira Satya

Published

on

By

eka
PIN EMAS: Penyerahan Pin Emas dari Kapolri kepada Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H.,

Denpasar, baliilu.com – Makorem 163/Wira Satya kedatangan tamu istimewa yakni Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., Jumat (30/7/2021) pagi. Kedatangan orang nomor satu di Kepolisian Daerah Bali yang dalam rangka kunjungan silaturahmi sekaligus penyerahan Pin Emas dari Kapolri kepada Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., tersebut disambut hangat oleh Danrem dan para perwira staff.

Kapolda Bali yang didampingi Dirbinmas Polda Bali Kombes Pol Arum Priyono menyampaikan, kehadiran di Makorem 163/Wira Satya untuk silahturahmi sekaligus menyerahkan Pin Emas dari Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., untuk Danrem 163/Wira Satya. Hal ini sebagai bentuk apresiasi Kapolri dalam penanggulangan dan penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Bali.

“Ini wujud apresiasi Bapak Kapolri kepada Danrem 163/Wira Satya atas prestasi penerapan PPKM Mikro terbaik di provinsi dan kabupaten/kota yang memiliki strategi dan peran yang paling efektif dalam tata kelola pengendalian Covid-19 serta penerapan PPKM Mikro di wilayahnya,” ungkap Kapolda Bali yang sangat berharap semoga kasus makin menurun dan pandemi ini cepat berlalu.

Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., sangat berterima kasih atas perhatian dan apresiasi yang diberikan Kapolri. Menurut Danrem sinergi antara TNI-Polri bersama instansi terkait dan juga masyarakat yang sudah berjalan harus semakin baik dalam melakukan penanganan Covid-19 yang sejauh ini sangat berdampak pada berbagai lini kehidupan masyarakat.

“Terima kasih kepada Bapak Kapolri atas perhatian dan penghargaan ini, mari kita lanjutkan sinergi dalam penanganan Covid-19 ini hingga kita menuju situasi yang lebih baik dan berkehidupan normal,” kata Danrem.

Kedua pejabat berkesempatan juga mendiskusikan terkait pelaksanaan 3 T (tracing, testing dan treatment). Terkhusus terkait tracing atau pelacakan yang saat ini gencar dilaksanakan dengan melibatkan tenaga tracer dari TNI, Polri, tenaga kesehatan (Nakes) dan juga relawan, kedua pejabat ini sangat memberikan atensi.

Baca Juga  Donasi Sosial Kompol Aris Purwanto, Serdik Sespimmen Polri Dikreg Ke-61 di Yayasan Al-Ittihad Rasyid Wa Habib Denpasar

Pengerahan tracer baik dari unsur Babinsa, Bhabinkamtibmas, Nakes dan juga relawan dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara digital dan manual. Cara digital akan dimaksimalkan bagi Personel TNI maupun Polri. Sebagai langkah pertama yang akan dilakukan para tracer dimana akan menerima pemberitahuan atau notifikasi dari dinas kesehatan di daerah kemudian petugas akan menghubungi dan mewawancarai warga yang kontak erat Covid-19 lewat aplikasi pengiriman pesan WhatsApp atau telepon. Jika tidak bisa maka akan ditindaklanjuti secara manual mendatangi langsung door to door ke rumahnya.

Rangkaian acara tersebut ditandai dengan pemasangan Pin Emas dan penyerahan piagam oleh Kapolda Bali kepada Danrem 163/Wira Satya. (eka)

Advertisements
idul fitri pemprov bali
Lanjutkan Membaca

NEWS

Sekretariat Presiden Resmi Luncurkan Pendaftaran Upacara Virtual HUT Ke-76 RI

Published

on

By

de
PENDAFTARAN: Yusuf Permana, Kepala Biro Protokol, Sekretariat Presiden, dalam peluncuran pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 RI, yang digelar di halaman Istana Negara Jakarta, pada Jumat, 30 Juli 2021. (Foto: Lukas)

Jakarta, baliilu.com – Sekretariat Presiden kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi memeriahkan pesta akbar kemerdekaan Republik Indonesia dengan turut serta mengikuti upacara secara virtual Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.

“Kali ini kami juga kembali memberikan kesempatan, mengajak, menggugah untuk bersama-sama kita hadir di acara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Yusuf Permana, Kepala Biro Protokol, Sekretariat Presiden, dalam peluncuran pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 RI, yang digelar di halaman Istana Negara Jakarta, pada Jumat, 30 Juli 2021.

Yusuf menjelaskan bahwa masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman Pandang Istana yang beralamat di pandang.istanapresiden.go.id.

Sekretariat Presiden pun telah mengalokasikan sebanyak 40 ribu undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2021 mendatang. Pemohon yang mengajukan kuota undangan tersebut akan terlebih dahulu dilakukan verifikasi data untuk kemudian memperoleh pesan melalui WhatsApp dan surel yang berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya upacara secara langsung melalui konferensi video.

“Kali ini kita melakukan pendaftaran jauh lebih besar lagi yang ini hampir mencapai 40 ribu peserta yang hadir secara virtual, baik masyarakat Indonesia di dalam negeri maupun masyarakat Indonesia yang di luar negeri, termasuk juga para diaspora tentu saja,” imbuhnya.

Pada peluncuran kali ini, Sekretariat Presiden juga memberikan hadiah bagi lima orang pendaftar pertama yang telah berhasil melakukan pendaftaran lewat laman pandang.istanapresiden.go.id.

Kelima pendaftar yang beruntung tersebut adalah Rusdianto (UPP Amurang Sulawesi Utara), Erwindyah Nurani (BKKBN), Nurohman (Setpres), Sukardin (Kepala SMAN 10 Sigi Sulawesi Tengah), Riza Marisa Hermawati (Biro Adpin Setda Provinsi Jawa Barat).

Baca Juga  Update Covid-19 di Bali (15/7), Kasus Baru Melonjak Sebanyak 843 Orang, Sembuh 420 Orang

“Hadiahnya adalah uang Rp75.000 baru. Nanti bisa menghubungi protokol kami untuk bisa kami kirimkan hadiahnya,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Tak hanya itu, Sekretariat Presiden juga akan memberikan hadiah bagi 200 orang pendaftar pertama yang akan mengikuti upacara virtual HUT ke-76 RI. Oleh karena itu, Heru mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan menyosialisasikan kegiatan upacara virtual HUT ke-76 RI.

“Selamat mendaftar dan tolong disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat,” ucap Heru.

Untuk diketahui, upacara HUT RI secara virtual ini merupakan yang kedua kali digelar di masa pandemi Covid-19. Sebelumnya, Sekretariat Presiden juga menggelar upacara kemerdekaan secara daring pada HUT ke-75 RI dan menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor peserta terbanyak. Sekretariat Presiden pun optimistis upacara virtual HUT ke-76 RI kali ini akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Kalau bahasa sederhananya kalau tidak daftar akan merugi sekali jadi segera daftar, jangan sampai kehabisan tempat,” ujar Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, dengan ini kami buka pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Bey saat membuka secara resmi pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 RI.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti upacara HUT ke-76 RI ini cukup tinggi. Hingga pukul 16.30 WIB, telah tercatat 2.110 pendaftar dari dalam negeri dan 14 pendaftar dari luar negeri. (gs)

Advertisements
idul fitri pemprov bali
Lanjutkan Membaca

NEWS

SMSI Usulkan, Setiap Konstituen Perlu Punya Keterwakilan di Dewan Pers

Published

on

By

de
RAPAT PLENO SMSI: Rapat pleno SMSI barlangsung Rabu sore (28/7/2021) via online yang diikuti oleh para ketua pengurus SMSI daerah dan pengurus lainnya yang tersebar di 34 provinsi.

Jakarta, baliilu.com – Konstituen Dewan Pers perlu mempunyai keterwakilan di Dewan Pers (DP) agar setiap asosiasi konstituen memiliki akses informasi dan kebijakan dalam mengantisipasi berbagai persoalan masyarakat pers yang semakin kompleks. Dengan demikian, diharapkan setiap asosiasi konstituen memiliki kesempatan untuk terus berkembang bersama.

Itulah gagasan yang muncul dari peserta rapat pleno Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), yang menaungi sekitar 1.300 media siber di seluruh Indonesia. Rapat pleno itu sendiri barlangsung Rabu sore (28/7/2021) via online yang diikuti oleh para ketua pengurus SMSI daerah dan pengurus lainnya yang tersebar di 34 provinsi.

Rapat dihadiri juga Pengurus Harian SMSI Pusat antara lain, Bendahara Iwan Jamaluddin, Ketua Bidang Pendataan dan Verifikasi SMSI Wilson Bernardus Lumi, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dr. Retno Intani ZA, M.Sc, Ketua Bidang Luar Negeri Aat Surya Safaat, Wasekjen Heru.
Sidang pleno yang dipimpin oleh Ketua Umum SMSI Firdaus memutuskan SMSI akan mengirimkan calonnya untuk turut mengisi posisi anggota DP untuk periode yang akan datang.

Sistem penjaringan pencalonannya telah ditetapkan, semua peserta pleno mengusulkan empat nama. Nanti nama yang diusulkan, akan disaring kemudian diajukan menjadi calon anggota DP.

“Dan, calon dari SMSI yang nanti terpilih yang merupakan utusan SMSI tersebut, tidak boleh hanya bekerja untuk SMSI, tapi harus memperhatikan semuanya, semua kelompok, dan semua konstituen DP, demi kemajuan dan kemerdekaan pers,” kata Firdaus yang didampingi Anggota Penasihat SMSI Ervik Ary Susanto, dan Ketua Bidang Hukum, Arbitrase, dan Legislasi Hendra J. Kede.

Pada kesempatan tersebut, disepakati untuk memberikan kesempatan kepada seluruh jajaran pengurus SMSI, dan Ketua Umum tidak diusulkan menjadi calon.

Baca Juga  Kasus Sembuh Covid-19 di Denpasar Bertambah 125 Orang, Kasus Positif Masih Tinggi di Angka 347 Orang

“Agar adil, hanya pengurus yang kita usulkan dan Ketua Umum SMSI tidak perlu diusulkan untuk menjadi anggota dewan pers” ujar Firdaus. (gs)

Advertisements
idul fitri pemprov bali
Lanjutkan Membaca