Sunday, 25 February 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

KULINER

Merajut Harmoni Alam, Hidangan Lezat dan Pesona Budaya Bali di Restoran Taroo Ubud

BALIILU Tayang

:

taroo
Seremoni Taroo di Jl. Raya Kendran, Ubud, Bali yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan artis ibu kota. (Foto: ist)

Gianyar, baliilu.com – Taroo, restoran baru bernuansa “paddy pool lounge“, telah resmi dibuka di Ubud, Bali. Tak sekedar tempat makan, restoran ini mengusung konsep sebagai wahana bersantai yang dilengkapi kolam renang air hangat dengan pemandangan menghadap persawahan subak khas Pulau Dewata. 

Kentalnya nuansa budaya Bali dimunculkan Taroo dari arsitektur dan interior yang didesain untuk menyatu dengan alam. Setiap tamu yang datang akan disambut tiga patung “Cili” setinggi 4 meter. Patung-patung ini mencerminkan semangat tradisi Bali dan menjadi simbol tiga elemen kehidupan, yaitu kepala, tubuh, dan kaki. Ketiga patung Cili ini melambangkan kekuatan, keindahan, dan kesuburan.

“Kami sangat senang menyambut tamu di Taroo dan menawarkan pengalaman yang menggabungkan alam, budaya, dan gastronomi,” kata Abigail Khairunisa mewakili pemilik dan manajemen Taroo Paddy Pool Lounge. 

taroo
Seremoni pembukaan Taroo yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan artis ibu kota. (Foto: ist)

Abigail pun menjelaskan bahwa adanya perpaduan pemandangan sawah, kolam air panas, live musik, dan hidangan lezat, diharapkan dapat memberikan pengalaman berkesan bagi para tamu yang ingin bersantai dan terhubung dengan alam. “Tujuan kami adalah menciptakan ruang di mana tamu dapat bersantai dan meremajakan diri, sambil terhubung dengan keindahan alam dan budaya Bali,” ujar Abigail.

Filosofi Taroo

Nama Taroo sendiri berasal dari “Kalpataru” yakni pohon yang melambangkan kesejahteraan bagi semesta. Taroo berharap bisa membawa kemakmuran dan kesejahteraan tak hanya bagi pemiliknya, tapi juga bagi para pelanggan, staf, dan masyarakat sekitar. Di awal operasionalnya, Taroo mempekerjakan 30 orang tenaga kerja yang sebagian besar dari Ubud. “Mulai dari chef, pramusaji, sampai general manajer itu dari Ubud,” ujar Abigail.

Selain memberdayakan sumber daya manusia (SDM) lokal, Taroo juga bekerjasama dengan tokoh adat, kepala desa, dan pengelola subak. “Untuk semua kegiatan kita melibatkan mereka. Semoga kalau kita maju, itu artinya bisa maju bareng-bareng untuk kemakmuran masyarakat,” urai Abigail.

Baca Juga  Kapolres Gianyar Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Agung 2023

Menu Khas Taroo

Menu Taroo mengantarkan tamunya pada perjalanan kuliner dari masakan Indonesia hingga internasional. Dengan penekanan pada bahan-bahan segar dan metode memasak tradisional. Menurut Abigail, setiap hidangan Taroo adalah perayaan rasa dan tekstur yang akan memanjakan lidah pengunjungnya. Untuk makanan, manajemen mematok kisaran harga mulai dari Rp. 40 ribu sampai Rp. 150 ribu.

Salah satu menu yang menjadi ciri khas restoran ini adalah bebek krispi Taroo. “Enggak semua orang suka bebek, karena bau khas bebek. Nah disini, kita olah sedemikian rupa agar masuk ke selera semua orang. Kita sajikan dengan nasi hainam,” ujar Abigail.

Manajemen Taroo

Didirikan oleh Krisnawati, ibu Abigail, Taroo terletak di Jl. Raya Kendran, Ubud, Bali. Persiapan pendiriannya makan waktu sekitar tujuh bulan. Dalam merancang arsitektur restorannya, Krisnawati dibantu biro arsitek dari Bali, SHL Asia. Sementara desain interior dan dekorasi dikerjakan sendiri oleh Krisnawati. Restoran ini berdiri di atas lahan seluas 26 are dan dalam rencana jangka panjang akan diperluas dengan tambahan lahan 27 are. 

taroo
Paddy pool. (Foto: ist)

Taroo dilengkapi lahan parkir untuk kendaraan tamu. Manajemen Taroo juga menyediakan fasilitas parkir valley jika pengunjung ramai dan kapasitas parkir tak mencukupi. “Ke depan kita siapkan pengembangan parkir yang bisa cukup untuk 20 mobil,” kata Abigail.

Fasilitas lain untuk tamu disediakan ruang ganti baju, handuk, dan kamar mandi. Fasilitas ini untuk mendukung para tamu yang ingin berenang di paddy pool. Taroo juga menggunakan teknologi khusus agar kolam renang air panasnya tetap higienis. “Air kolam tidak pakai kaporit sama sekali dan metode pembersihan pake mesin garam agar sehat,” papar Abigail.

Taroo buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 11 malam. Restoran ini resmi dibuka sejak 12 Mei 2023 yang ditandai dengan acara grand opening. Acara seremoni pembukaan restoran ini yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan artis ibu kota. Diantaranya Indah Kalalo, Shanty, Nikita Mirzani, Gunawan dan sederet pesohor lainnya. (gs/bi)

Baca Juga  Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster ‘‘Kick Off‘‘ Liga Kampung Sepakbola PDI Perjuangan

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KULINER

Pemkot Gelar Pelatihan Inovasi Higienitas Kuliner Desa Serangan

200 Orang Peserta Ikuti Praktek Memasak dari Para Chef Ternama

Published

on

By

pelatihan memasak desa serangan
Para peserta pelatihan saat melakukan praktek memasak. (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Sebanyak 200 peserta pelatihan inovasi higienitas kuliner Desa Serangan langsung mengikuti praktek memasak bersama para chef pendamping di Kampus Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional, Kamis (14/12).

Pelatihan ini sinergitas program Pemkot Denpasar melalui Dinas Pariwisata Denpasar bersama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Filantra, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian PPN/Bappenas.

Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 11-15 Desember mendatang yang melibatkan pembicara dari chef terkenal dan telah berpengalaman.

Salah satu chef pendamping dari IPB Internasional, Chef I Made Juniartha Instruktur Tata Boga IPBI menyampaikan, para peserta diberikan ilmu mengenai dasar berbisnis FnB dan langsung melakukan praktek memasak makanan tradisional Bali.

“Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terutama saat melakukan praktek memasak langsung. Olahan yang dihasilkan juga memiliki cita rasa khas,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan dengan pelatihan ini diharapkan dapat mempersiapkan para pelaku usaha khususnya bidang FnB, sehingga Desa Wisata Serangan memiliki daya tarik sendiri.

Salah satu peserta, Putu Candra Pradana anak muda yang memiliki usaha kuliner di Serangan mengaku senang mengikuti kegiatan pelatihan ini. Di samping mendapatkan banyak pengetahuan baru, juga langsung mendapatkan praktek memasak dari para chef ternama. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan akan membuat para pelaku usaha kuliner di Desa Serangan “naik kelas” mulai dari pelayanan, promosi hingga tatacara penyajian makanan.

“Pembelajaran ini akan saya terapkan di usaha makan saya, banyak hal yang selama ini tidak saya pikirkan ternyata merupakan hal penting dalam usaha kuliner,” ujarnya. (eka/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Baca Juga  Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster ‘‘Kick Off‘‘ Liga Kampung Sepakbola PDI Perjuangan
Lanjutkan Membaca

KULINER

Bertepatan HUT Ke-57 Ny. Putri Koster, BCC Demo Masak Bertemakan Arak Bali di Jayasabha

Published

on

By

masak
Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster menyaksikan Demo Masak yang dilakukan oleh Bali Chef Community di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jayashaba Denpasar, Jumat (27/1). (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-57 Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster, Bali Chef Community mengadakan demo masak bertempat di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jayasabha Denpasar, Jumat (Sukra Pon, Medangsia) 27 Januari 2023.

Disaksikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali, ada yang berbeda dari demo masak kali ini karena Arak Bali diangkat dan dipadukan dengan masakan tradisional Bali oleh Bali Chef Community (BCC). Tujuannya adalah untuk menaikkan harkat Arak Bali. Tidak kalah dengan wine, Arak Bali juga dapat meningkatkan citra rasa masakan khususnya masakan tradisional Bali.

“Selama ini orang hanya mengenal Arak Bali sebagai minuman padahal Arak Bali juga memiliki manfaat lain jika dikolaborasikan dengan makanan,” ungkap Presiden Bali Chef Community, Putu Ambara Putra.

Ia menerangkan bahwa Arak Bali dapat menghilangkan bau amis pada daging seperti daging kambing dan bebek selain juga dapat membuat rasa daging menjadi lebih empuk dan enak. Di samping itu, dalam pembuatan kue dan roti, Arak dapat digunakan sebagai pengganti liqueur atau rhum yang biasa ditambahkan pada proses pembuatan kue dan roti. “Arak Bali memberikan cita rasa yang unik kepada kue dan roti,” jelas Ambara.

Terdapat tiga jenis masakan yang didemokan oleh Bali Chef Community kali ini antara lain Kambing Kuah Arak Bali, Penyon Bebek Kalasan Arak dan Ayam Arak Madu. Semuanya merupakan masakan yang bertemakan Arak Bali. Sementara untuk jenis kue dan roti terdapat 12 macam yang didemokan.

masak
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster foto bersama anggota Bali Chef Community usai demo masak bertemakan Arak Bali. (Foto: ist)

Sebelumnya Bali Chef Community (BCC) mendapat tantangan dari Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk membuat masakan bernuansa Arak Bali sehingga demo kali ini digunakan oleh BCC untuk menjawab tantangan tersebut. Di luar perkiraan ternyata respon masyarakat sangat baik bahkan banyak tamu undangan yang memberikan komentar positif terhadap tiga masakan dengan sentuhan Arak Bali tersebut.

Baca Juga  Tinjau Jalan Longsor di Jl. Raya Suweta - Ubud, Wagub Cok Ace Minta Segera Diperbaiki

Di sisi lain, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster menyambut baik hasil demo masak yang dilakukan oleh 15 chef hotel yang tergabung dalam Bali Chef Community (BCC) tersebut. Ia menyoroti bagaimana Arak Bali dapat meningkatkan cita rasa masakan dan memberikan sensasi yang berbeda pada makanan. “Enak lawar penyonnya, saya juga suka,” ungkapnya. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KULINER

Sawah Indah Resto Ubud, Unggulkan Menu Tradisional dengan Nuansa Pedesaan

Published

on

By

de
SAWAH INDAH, Resto bebek dan ikan bakar Sawah Indah berada di tengah sawah di Banjar Teges Desa Peliatan Ubud Bali.

JAUH dari hiruk pikuk keramaian dan kebisingan suara kendaraan, justru menjadi keunggulan dari Sawah Indah Resto yang berada di kawasan Peliatan Ubud, tepatnya di Banjar Teges, Desa Peliatan Ubud Kabupaten Gianyar, Bali.

Resto yang berada di tengah-tengah hamparan sawah yang menghinjau dengan sajian menu tradisional khas Bali buah karya Sawah Indah membuat para penikmat kuliner lokal, domestik hingga mancanegara menjadikan Sawah Indah sebagai destinasi kuliner pilihan jika berkunjung ke Pulau Dewata, khususnya ke Ubud.

de
SAWAH INDAH RESTO, Dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. (Foto: sebelum Corona).

Mereka datang berkali-kali karena merasakan sensasinya. Tidak saja taste masakan yang beda dari yang lain yang membuat lidah ketagihan, juga suasana alami pedesaan dengan hamparan padi yang menghinjau. Angin semilir diiringi alunan tabuh-tabuh Bali begitu meneduhkan hati, memberi rasa nyaman berada di bawah gazebo beratap ilalang. Tak heran, sensasi yang dirasakan setiap pengunjung yang datang membuat Sawah Indah Resto tercatat menjadi salah satu restoran berkelas di kawasan Ubud yang selalu disinggahi para penikmat kuliner.

Tak susah untuk berkunjung ke Sawah Indah. Untuk menuju lokasi, masuk melalui Jalan Sawah Indah ke utara di sebelah barat Pertamina Jalan jurusan Goa Gajah. Hanya 200-an meter maka akan langsung disambut air mancur dengan ikon patung bebek-bebeknya yang mungil nan imut.

de
MENU KHAS, Daging bebek menu khas Sawah Indah Resto.

Di tengah ramainya pengunjung yang singgah di Sawah Indah, baik wisatawan lokal, domestik dan juga mancanegara, wabah pandemi Covid-19 begitu menghatam pariwisata. Manajemen Sawah Indah pun mengikuti anjuran pemerintah dengan menutup sementara tanpa merumahkan karyawan.

Waktu jeda ini digunakan untuk membenahi dan menata fasilitas yang ada. Atap alang-alang sebagian direnovasi, begitu juga meeting room terbuka yang menampung 50-an peserta. Gazebo-gazebo pun ditata nyaman buat satu keluarga. Juga tersedia fasilitas mushola.

Baca Juga  Ribuan Siswa SMA/SMK di Gianyar Sambut Antusias Gubernur Koster di SMAN 1 Gianyar

Namun yang tak kalah penting adalah menyediakan fasilitas protokol kesehatan menyongsong new normal. Sawah Indah memasang beberapa wastafel batu di beberapa sudut strategis bersama sabun cair dan hand sanitizer. Secara rutin manajemen juga melakukan penyemprotan disinfektan agar lingkungan benar-benar terbebas dari virus dan kuman lainnya. Bahkan setiap pagi khusus meja, kursi dan lantai gazebo dibersihkan dengan bahan disinfektan.

de
GURAMI GORENG, Sambal asam manis.

Manajemen pun mewajibkan seluruh karyawan menggunakan masker plus face shield, begitu juga para koki wajib menggunakan sarung tangan dan juga masker. ‘’Kami ingin memberikan yang terbaik kepada para pengunjung. Mereka ke sini benar-benar merasakan kenyamanan, baik kebersihan maupun garansi kesehatan lingkungannya,’’ ujar owner Sawah Indah Eka Sugiyantha sehari setelah Sawah Indah kembali dibuka untuk turis lokal, sebelum menuju new normal.

de
EKA SUGIYANTHA, Owner Resto Bebek dan Ikan Bakar Sawah Indah Ubud-Bali.

Eka Sugiyantha menuturkan mengawali membangun Sawah Indah Resto dan Ikan Bakar pada 2008 silam begitu banyak tantangan. Lokasi yang berada di tengah sawah sepintas menyulitkan turis untuk datang. Tetapi di tengah kesulitan itu, ia terus berusaha menciptakan menu yang khas. Di antara menu yang begitu dikenal wisatawan domestik dan juga mancanegara adalah bebek krispi, bebek cabe ijo, bebek timbungan bakar dengan bahan bebek umur 4 bulanan agar tekstur dagingnya empuk. Dengan bumbu Bali yang beraroma khas, menu ini begitu disukai wisatawan. Bahkan seorang tamu dari Jakarta berulang kali mampir setiap berkunjung ke Bali untuk sekedar menikmati bebek timbungan (bebek bumbu Bali dimasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar, red).

de
GADO-GADO

Selain mengandalkan menu khas bebek timbungan, Sawah Indah juga selalu memperlakukan setiap turis yang datang sebagai keluarga. Tidak ingin ada satu pun turis yang merasa kecewa. Akhirnya setiap tamu yang merasakan kepuasan akan berpromosi dari mulut ke mulut yang membuat dari hari ke hari kunjungan semakin meningkat.

Baca Juga  Sambut Hari Susu Nusantara 2022, BEM-KM Fapet Unud Gelar Pengabdian di SD 3 Bukian Payangan Gianyar
de
MINUMAN KHAS KUNIR ASEM

Ada beberapa menu andalan Sawah Indah Resto, selain bebek krispi, bebek cabe ijo, bebek timbungan, juga ada gurami pepes, gurami timbungan, sop ikan gurami asam manis, gurami goreng, gurami bakar rica-rica, sate ayam, ayam bakar, sayur gado-gado, lumpia dengan aneka kudapan dan minuman khas seperti rujak buah campur, pisang goreng, es kelapa muda, daluman, cincau, teh jahe dll. ‘’Menu khas Sawah Indah adalah bebek krispi, bebek cabe hijau, bebek timbungan dan gurami timbungan yang asli ciptaan sendiri yang tidak akan ditemukan di tempat lain,’’ terang Eka Sugiyantha.

de
MINUMAN KHAS SAWAH INDAH, Pelepas dahaga.

Di Sawah Indah Resto juga membuka paket outbound bagi para pelajar, karyawan perusahan, instansi pemerintahan dan juga pertemuan keluarga. Mereka bisa melakukan atraksi dalam bentuk permainan di sebuah area di tengah sawah yang didukung fasilitas permainan, kamar mandi termasuk wifi dengan kecepatan tinggi yang menjangkau seluruh area Sawah Indah Resto. Untuk mengetahui profile Sawah Indah lebih lengkap bisa mengunjungi IG sawah_indah-resto atau FB Sawah Indah Indah. (rina)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca