Tuesday, 16 July 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Mulai 1 Juli, Dokumen Cetak Adminduk Gunakan Kertas HVS 80 Gram, yang Lama Tetap Sah

BALIILU Tayang

:

de
I DEWA GDE JULI ARTABRATA: Kadisdukcapil Kota Denpasar.

Denpasar, baliilu.com – Sebagai bentuk penerapan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan penyesuaian.

Dimana, pencetakan dokumen Administrasi Kependudukan tidak lagi menggunakan blanko security printing, melainkan menggunakan kertas HVS 80 gram berwarna putih. Sedangkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTPel) dan Kartu Identitas Anak (KIA) masih tetap menggunakan bahan yang sama.

Kadisdukcapil Kota  Denpasar, I Dewa Gde Juli Artabrata saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (29/6-2020) menjelaskan seluruh administrasi kependudukan sedianya mulai 1 Juli mendatang akan menggunakan bahan kertas HVS 80 gram berwarna putih. Hal ini sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 109 Tahun 2019.

“Iya ada pergantian dokumen cetak adminduk serentak seluruh Indonesia yang menyesuaikan dengan Permendagri Nomor 109, dimana tidak lagi menggunakan blanko security printing, melainkan menggunakan kertas HVS 80 gram berwarna putih mulai 1 Juli mendatang, khusus untuk KTP El dan KIA masih tetap menggunakan bahan yang sama,” kata Dewa Juli.

Lebih lanjut dijelaskan, adapun dokumen adminduk yang akan mengalami perubahan media cetak meliputi Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Kematian, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Pindah (SKPWNI, SKPOA, dan SKPLN), serta layanan lainya. Sedangkan KTP el dan KIA masih tetap menggunakan bahan yang sama.

Namun, lanjut Dewa Juli, dokumen adminduk yang diterbitkan sebelum tanggal 1 Juli masih menggunakan media blanko security printing dan masih sah dan tetap berlaku.

“Jadi yang sudah mencetak sebelumnya dengan menggunakan bahan yang lama atau security printing tetap berlaku dan sah, jadi baik yang bahan security printing atau kertas HVS 80 Gram berwarna putih tetap berlaku dan sah sebagai dokumen adminduk, jadi tidak perlu diperbaharui kecuali ada perubahan,” jelas Dewa Juli.

Baca Juga  Pemberlakuan Surat Edaran Gubernur Bali No. 10925/2020 Mulai 28 Mei, Gugus Tugas Siapkan Faskes Pelaku Perjalanan

Dewa Juli menambahkan kendati ada perubahan media, layanan di Disdukcapil Kota Denpasar tetap terpusat pada layanan Sistem Pendaftaran Daring (Si Taring), selain itu, untuk surat pindah datang juga sudah disiagakan di desa/lurah berbasis digitalisasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

“Jadi masyarakat diharapkan nantinya tidak kaget ketika ada perubahan media cetak dokumen adminduk, kekuatannya tetap sama dan sah berlaku, baik yang lama menggunakan media security printing, ataupun yang menggunakan kertas HVS 80 gram warna putih,” pungkas Dewa Juli. (*/eka)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Sapa Siswa SLBN 2 Saat MPLS, Ny. Antari Jaya Negara Juga Tekankan Pentingnya Menabung Sejak Dini

Published

on

By

antari jaya negara
SAPA SISWA: Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara hadir untuk menyapa para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Denpasar, saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di sekolah setempat, Selasa (16/7). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara hadir untuk menyapa para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Denpasar, dalam kegiatan Literasi Keuangan Bagi Siswa Sekolah Luar SLB, yang dirangkaikan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di sekolah setempat, Selasa (16/7).

Acara yang turut dihadiri Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Kabid PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Bali Agung Suryawan, dan Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati tersebut, merupakan hasil kolaborasi sekolah tersebut dengan Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar, dalam upaya menuju predikat nasional Kota Denpasar sebagai Wilayah Implementasi Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) Terbaik Tahun 2024, dan juga Bank BPD Bali sebagai bank dengan Bank Goes to School SLB Terbaik Tahun 2024.

Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara menyebut, edukasi perihal literasi keuangan perlu ditanamkan sejak dini sebagai bentuk didikan kepada para siswa untuk dapat mengelola dan mengatur keuangan dengan lebih baik.

“Sebagai hal, literasi keuangan haruslah didapatkan oleh semua kalangan tanpa terkecuali, termasuk siswa-siswi SLB Negeri 2 Denpasar, yang juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan literasi keuangan dari perbankan. Karena itu Bank BPD Bali saat ini hadir untuk memberikan literasi tentang pentingnya mengelola keuangan dan rajin menabung sejak dini,” ungkap Ny. Antari Jaya Negara.

Selebihnya, dirinya menyebutkan, literasi keuangan dapat direalisasikan melalui gerakan belajar menabung bagi para siswa. Ini juga tambahnya, adalah bentuk implementasi kesadaran terhadap Gerakan Indonesia Menabung.

Di lokasi yang sama, Wakil Cabang Bisnis Bank BPD Bali Komang Bayu Baruna, menyebutkan, kegiatan Literasi Keuangan yang menggunakan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah, dalam bentuk pembukaan rekening gratis tersebut dimaksudkan untuk memotivasi para siswa untuk terus menabung rutin, terutama setelah memperoleh pembekalan Literasi Cermat Kelola Keuangan dari Bank BPD Bali.

Baca Juga  Masuki Tatanan Kehidupan Era Baru, Pemkot Denpasar Lakukan Verifikasi di Bidang Pariwisata

“Dan Capem terdekat kami akan siap lakukan penjemputan rutin terjadwal ke sekolah ini. Sebagai bentuk apresiasi, hari ini seluruh peserta akan dibukakan rekening SimPel gratis oleh Bank BPD Bali,” tegas Bayu.

Sementara itu, Kepala SLB Negeri 2 Denpasar Ni Wayan Rapiyanti, S.Pd menyambut baik perihal kegiatan perbankan ini. Baginya, kegiatan ini merupakan langkah penentuan agar kedepannya para siswa tetap konsisten menabung di lembaga perbankan, termasuk Bank BPD Bali.

“Hari ini ada sekitar 83 orang siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini. Harapannya memang para siswa memahami dan dapat menjalankan gerakan gemar menabung sejak dini,” ujar Rapiyanti.

Sebagai informasi, selain literasi keuangan, rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan aneka penampilan seni dari para siswa, antara lain permainan angklung dan juga pantomim. Ada juga pembagian sejumlah paket dari Bank BPD Bali sebagai bentuk kepedulian bagi para siswa tersebut. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Presiden Jokowi Lantik 906 Perwira Remaja TNI dan Polri dalam Praspa 2024

Published

on

By

Praspa 2024
PELANTIKAN: Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tahun 2024 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2024. (Foto: BPMI Setpres/Vico)

Jakarta, baliilu.com – Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tahun 2024 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2024. Pada upacara hari ini, Presiden melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) berjumlah 906 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri, dikutip dari presidenri.go.id.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh lima orang perwira sesuai agama yang dianut yakni, M. Shultan Andika Bhakti dari perwakilan agama Islam, Gamail Marshal Pamungkas dari perwakilan agama Protestan, Beltazar Wirya Nugraha dari perwakilan agama Katolik, Komang Wiwin Tribuana Putri dari perwakilan agama Hindu, dan Michaeel Darmadi Cahyadi Joshua dari perwakilan agama Konghucu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 417 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 129 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 113 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 247 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudi Saladin turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akademi Militer, Mochamad Irvan Sugianto dari Akademi Angkatan Laut, Jofanka Hendhico Arintio dari Akademi Angkatan Udara, dan Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akademi Kepolisian. Mayjen TNI Rudi Saladin juga diketahui merupakan peraih Adhi Makayasa pada tahun 1997.

Baca Juga  Gubernur dan Wakil Gubernur Bali serta Ketua TP PKK Ny. Putri Koster: Mengucapkan Selamat Hari Suci Sugihan

Presiden Jokowi pun menyampaikan apresiasi atas kegigihan para perwira yang baru dilantik dalam mengikuti pendidikan mulai dari fisik, akademik, hingga keterampilan. Kepala Negara menegaskan bahwa pembelajaran yang telah didapatkan juga dapat diaplikasikan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang.

“Saya bangga saudara-saudara telah lolos pada proses pembelajaran yang sangat-sangat berat, fisik dan mental, akademik dan keterampilan dan saya bangga saudara-saudara telah menguasai banyak ilmu pengetahuan dan teknologi,” ucap Presiden dalam sambutannya.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2024 adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, para ketua lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Jadi Narasumber Kuliah Tamu Poltekkes Kemenkes Denpasar

Wawali Arya Wibawa Rangkul Kolaborasi, Selesaikan Permasalahan Kesehatan

Published

on

By

kuliah tamu poltekkes denpasar
KULIAH TAMU: Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat sebagai pembicara dalam kuliah tamu di Poltekkes Kemenkes Denpasar yang berlangsung di Auditorium Poltekkes Denpasar, Selasa (16/7). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didapuk sebagai pembicara dalam kuliah tamu bagi seluruh Civitas Akademika Poltekkes Kemenkes Denpasar yang berlangsung di Auditorium Poltekkes Denpasar, Selasa (16/7).

Kuliah tamu bertajuk ‘‘Dukungan dan Kebutuhan Pemerintah Kota Denpasar Dalam Peningkatan SDM Kesehatan dan Pendayagunaan Lulusan Poltekes Kemenkes Denpasar‘‘. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Poltekkes Kemenkes Denpasar, Dr. Sri Rahayu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar, IB. Alit Adhi Merta, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, AA Ayu Agung Candrawati serta undangan lainnya.

Dalam kuliah tamu tersebut, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memaparkan, berbagai program inovasi  dan profil Kota Denpasar. Di antara pemaparan tersebut dijelaskan pentingnya pendidikan, dan kesehatan sebagai program utama dalam pembangunan di Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengajak mahasiswa untuk terus belajar, dan memperkaya pengalaman. Pihaknya juga mengajak mahasiswa untuk berkolaborasi dan bersama- sama menyeleseaikan permasalahan kesehatan di Kota Denpasar.

“Anak muda harus banyak pengalaman, dan dari situ akan bisa belajar banyak hal. Mari bersama berlajar dan terus belajar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Arya Wibawa juga berpesan agar semua mahasiswa Poltekkes Kemenkes Denpasar harus berkualitas, dan menjadi teladan bagi semua. “Membangun bangsa butuh SDM yang bagus. Di mana SDM unggul, maka kota dan negara akan maju. Tapi kalau tidak, akan dekat dengan kemiskinan,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Poltekkes Kemenkes Denpasar serta mahasiswa yang terus terjun langsung bersama pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Bali, dan Denpasar pada khususnya.

Baca Juga  Saat Banyu Pinaruh, Bendesa Adat Intaran Imbau Masyarakat Tak Berduyun-duyun ke Pantai

Sementara Direktur Poltekkes Kemenkes Denpasar, Dr. Sri Rahayu mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dukungan dan kebutuhan Pemerintah Kota Denpasar dalam peningkatan kualitas SDM Kesehatan. Di samping itu pendayagunaan lulusan Poltekkes Kemenkes Denpasar, sehingga dapat dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat.

“Poltekkes Kemenkes Denpasar selalu berupaya bersinergi dan berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Denpasar di dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan, mengelola tenaga kesehatan, serta berbagai kegiatan lainnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan piagam kepada Pemerintah Kota Denpasar dan juga kepada Poltekkes Kemenkes Denpasar sebagai salah satu patner di dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan di Kota Denpasar. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca