Connect with us

SOSIAL

Ny. Putri Koster: Menjaga Tumbuh Kembang Anak dan Kesehatan Ibu Hamil, Upaya Tepat Cegah Stunting sejak Dini

BALIILU Tayang

:

de
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster berada di tengah-tengah warga Nusa Penida, Kamis (1/4).

Nusa Penida, baliilu.com  – Upaya mencegah dan menurunkan angka stunting di Bali terus dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster bersama TP PKK kabupaten dan jajarannya, mengingat pertumbuhan generasi yang sehat dan cerdas berawal dari janin saat berada dalam kandungan sampai lahir, dengan melalui cara asuh dan didikan orangtuanya, khususnya oleh sang ibunda.

“Ibu sebagai garda terdepan keluarga dalam menghasilkan generasi yang cerdas dan sehat yang dimulai sejak dia mulai mengandung, hingga si anak tumbuh remaja. Sehingga sejak hamil, seorang ibu saya pesankan agar selalu menjaga kondisi kandungannya, mulai dengan menjaga pola makan hingga pola tidur, terlebih kondisi pandemi Covid-19 saat ini dimana seorang ibu hamil akan mengalami penurunan imun (kekebalan) tubuh. Untuk itu, saya menekankan agar para ibu hamil supaya menjaga diri dan bayi dalam kandungan untuk tidak berada di tengah keramaian,” demikian disampaikan Ny. Putri Koster saat kunjungan sosial TP PKK Provinsi Bali ke Kabupaten Klungkung yang berlangsung di Wantilan Pura Penataran Ped, Nusa Penida, Kamis (1/4).

Berdasarkan dari laporan yang disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Astini Suwirta saat kunjungan sosial TP PKK Provinsi Bali serangkaian penyerahan bantuan kepada 10 balita kurang gizi, 10 ibu hamil KEK, 10 lansia dan 10 perajin IKM kali ini, terdapat satu orang balita yatim piatu di mana ibunya meninggal saat bayi berusia tiga bulan akibat lumpuh setelah melahirkan, dan ayahnya juga ikut meninggal beberapa bulan setelah istrinya tiada. Bayi malang ini kini di bawah pengasuhan oleh bibinya.

Mendengar hal ini, Ny. Putri Suastini Koster menyatakan sangat prihatin dengan kondisi balita tersebut. Beliau menitipkan agar balita tersebut dijaga layaknya menjaga putra kandung. “Anak itu anugerah yang luar biasa, dan mereka terlahir membawa rejekinya sendiri. Apabila mereka masih kecil dan belum bisa bekerja, maka rejeki itu tentu dititipkan melalui orangtua yang merawatnya, maka dari itu saya meminta rawat balita yatim piatu tersebut agar hidupnya terjamin dan tumbuh menjadi sehat dan kuat sehingga bisa berbakti dan mengubah masa depan menjadi lebih baik,” ujar Ny. Putri Koster.

“Apabila seorang wanita yang sedang hamil mengalami anemia akut, maka akan menyebabkan energi kronis. Sedangkan jika setelah bayi lahir kekurangan asupan bergizi, maka hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi fase tumbuh kembang anak,” tambah Ny. Putri Koster.

Sementara itu, Ny. Ayu Astini Suwirta melanjutkan, di daerah Nusa Penida tercatat wanita yang hamil rata-rata berumur di bawah 25 tahun. Terlalu mudanya wanita yang hamil secara psikis juga mempengaruhi keadaan bayi dalam kandungan, apabila si ibu belum memahami cara untuk menjaga kandungannya, termasuk jenis makanan dan zat gizi yang baik untuk dikonsumsi agar janin tetap terawat dan sehat.

“Sehingga stunting (kondisi gagal tumbuh kembang pada anak-anak baik, fisik, mental dan tingkat kecerdasan otaknya) dapat dihindari dan ditekan angka perkembangannya di Bali jika adanya pola edukasi yang tepat,” ujarnya.

Kali ini, Tim Penggerak PKK Provinsi Bali yang menggandeng Ikatan Bidan Indonesia Bali, dan Krisna Oleh-oleh, kali ini menyerahkan satu ton beras kepada 40 warga yang terdiri dari lansia, balita, ibu hamil dan P2K (masing-masing 25 kg per orang), pemberian makanan tambahan (PMT) dan tiga kaleng susu untuk balita, serta pemberian makanan tambahan ibu hamil masing-masing 10 paket, 40 bingkisan berupa biskuit dan pembagian kacamata baca gratis oleh RS. Mata Indera.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali Luh Putu Sukarini yang juga hadir mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Bali mengatakan bahwa pihaknya membawakan bantuan PMT bagi ibu hamil dan balita kurang gizi. Khusus untuk ibu hamil terdapat susu dan jus, yang merupakan jenis makanan bergizi untuk ibu hamil. Karena ibu yang sehat akan melahirkan bayi yang sehat juga. Dan pihaknya mengingatkan untuk tetap memeriksakan kandungan ke bidan atau puskesmas agar tidak terjadi kelainan pada janin yang sedang dikandung.

Selain melalui perhatian, kasih sayang dan menyiapkan waktu khusus bagi anak-anak dan keluarga, disarankan pula bagi orangtua supaya tidak membiasakan anak-anaknya (terutama yang masih termasuk bayi lima tahun) berdekatan atau memainkan gadget (handphone) tanpa kontrol, supaya tidak terjadi ketergantungan.

Pada kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali yang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung dan jajaran melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Penataran PED dan meninjau pameran IKM yang berada di areal wantilan Pura Penataran Ped. (gs)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

Pemkot Denpasar Terima CSR Kursi Roda, akan Disalurkan kepada Masyarakat yang Membutuhkan

Published

on

By

de
Pemerintah Kota Denpasar menerima CSR berupa bantuan kursi roda dari Pelindo III dan PT Taspen Denpasar, disaksikan Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Jumat (16/4).

Denpasar, baliilu.com – Pemerintah Kota Denpasar menerima corporate social responsibility (CSR)  berupa bantuan kursi roda  dari Pelindo III dan PT Taspen Denpasar. Bantuan ini diserahkan CEO Pelindo III  I Wayan Eka Saputra dan GM PT Taspen Denpasar Titik Supraptiningsih kepada Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar I Made Mertajaya disaksikan Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (16/4).

I Wayan Eka Saputra mengatakan, bantuan ini merupakan sebagai wujud nyata sinergitas Pelindo III dengan Pemerintah Kota Denpasar.  Sebagai kontribusi Pelindo kepada Pemerintah Kota Denpasar agar bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, Eka Saputra mengaku kegiatan ini juga sebagai wujud kepeduliannya kepada masyarakat khususnya yang terdampak Covid-19. Mengingat banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. “Dengan bantuan ini kita harapkan bisa berkelanjutan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Eka Saputra.

Menurutnya bantuan kursi roda yang diberikan dari Pelindo III sebanyak 4 buah. Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan bantuan sembako bagi keluarga yang melaksanakan isolasi mandiri karena salah satu keluarganya positif Covid-19.

PT Taspen Denpasar juga menyerahkan 4 buah kursi roda dari GM PT. Taspen Denpasar.  GM PT Taspen Denpasar Titik Supraptiningsih mengatakan bantuan ini serangkaian HUT ke-58 PT Taspen. Menurutnya bantuan kursi roda yang diserahkan kepada Pemkot Denpasar untuk selanjutnya bisa disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan sebanyak 4 buah.

Dengan bantuan ini pihaknya berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. “Kegiatan ini akan terus rutin dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengucapkan terima kasih atas bantuan CSR berupa kursi roda yang diberikan oleh PT Pelindo III dan PT. Taspen Denpasar. Menurutnya bantuan ini sangat  membantu bagi masyarakat Kota Denpasar yang membutuhkan.

Menurutnya, bantuan ini akan distribusikan oleh Dinas Sosial Kota Denpasar. Karena Dinas Sosial memiliki data masyarakat miskin dan kaum disabilitas yang membutuhkan yang ada di Kota Denpasar. “Dengan bantuan ini kami harapkan sinergitas PT Pelindo III dan PT Taspen semakin baik dalam membantu masyarakat,” harap Jaya Negara. (ayu/eka)

Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Ops Keselamatan Agung 2021, Polres Klungkung Gelar Baksos

Published

on

By

de
BAGI SEMBAKO: Personel Polres Klungkung bagikan sembago kepada warga yang membutuhkan, Kamis (15/4) di Terminal KLungkung.

Klungkung, baliilu.com – Polres Klungkung gelar bakti sosial (baksos) dengan membagikan sembako kepada warga yang ada di sekitar Terminal Klungkung, Kamis (15/4).

Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa, S.I.K., M.H. melalui Kasatlantas Iptu Anton Suherman, S.I.K. menyampaikan, kegiatan baksos ini dilaksanakan dalam rangka Operasi Keselamatan Agung 2021. Dengan tema “Melalui Ops Keselamatan 2021 Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan serta Tidak Melaksanakan Mudik Lebaran Tahun 2021”, operasi ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan sinergitas Polri dengan masyarakat  untuk mengimbau pentingnya menjaga keselamatan, taat aturan saat berkendara serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

‘’Di sela mengimbau masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara dan tetap menerapkan prokes, kami menggelar bakti sosial membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan yang terdampak pandemi khususnya yang ada di sekitar Terminal Klungkung,’’ ujarnya.

Kasatlantas Iptu Anton Suherman lanjut mengatakan, dengan adanya kegiatan ini semakin memupuk rasa kebersamaan, antara kepolisian dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Klungkung. “Ini juga sebagai wujud kepedulian dari Polres Klungkung terhadap masyarakat, sehingga masyarakat bisa sadar akan pentingnya menaati peraturan lalulintas dan menerapkan protokol Kesehatan,” pungkasnya. (gs)

Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Bantu UMKM, Pemkot Denpasar Sosialisasikan Program BPUM

Published

on

By

de
SOSIALISASI BPUM: Sosialisasi Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada UMKM yang terdampak Covid-19 di Kota Denpasar dilaksanakan, Senin (12/4) di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar.

Denpasar, baliilu.com – Sosialisasi Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang merupakan bantuan pemerintah kepada UMKM yang terdampak Covid-19 di Kota Denpasar dilaksanakan pada Senin (12/4) di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar. Dalam kesempatan ini hadir Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena serta menghadirkan kepala desa serta lurah se-Kota Denpasar.

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan terkait dengan bantuan pelaku usaha mikro ini merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kota Denpasar kepada ekonomi masyarakat serta pelaku usaha mikro agar bagaimana bisa melakukan pemulihan ekonomi khususnya di masyarakat Kota Denpasar. “Kalau program ini bisa berjalan dengan baik kami berkeyakinan sektor perekonomian di Denpasar bisa segera pulih, sejalan dengan bidang kesehatan dimana vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan secara simultan dan merata,” ujar Kadek Agus Arya Wibawa.

Lebih lanjut Wawali mengatakan, akselerasi untuk pelaku usaha mikro di Denpasar bisa dimaksimalkan dengan menyampaikan pertanggungjawaban secepatnya jika ke depan ada terjadi informasi yang salah yang diberikan para pelaku usaha yang akan dibantu. “Tapi yakin kita bisa bangkit dari keterpurukan akibat Covid-19 ini melalui program ekonomi strategis dibarengi dengan vaksinasi merata di masyarakat,” tegasnya lagi.

Sementara, Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena menjelaskan  Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini merupakan bantuan pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan kepada pelaku usaha yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara. “Bantuan ini bertujuan menjaga keberlangsungan UMKM yang terdampak Covid – 19 serta mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan besarannya di tahun 2021 sebesar 1,2 juta rupiah. “Pengusulannya nanti dikoordinir oleh desa/ kelurahan setempat, diusulkan kemudian oleh Dinas Koperasi UMKM. Tentu pada kesempatan ini kami menginformasikan kepada masyarakat untuk segera mensosialisasikan program ini agar nantinya UMKM di wilayah masing – masing terdata dengan baik dan bantuan dapat didistribusikan dengan tepat sasaran,” ucap Erwin. (eka)

Lanjutkan Membaca