Connect with us

SOSIAL

Pemkot Rancang Aktifkan Kembali Dapur Umum Gotong-royong, Sehari Siapkan 1.000 Nasi Bungkus Gratis

BALIILU Tayang

:

eka
DAPUR UMUM GOTONG ROYONG: Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati saat pelaksanaan rapat teknis dapur umum gotong -royong Kota Denpasar di Kantor Walikota Denpasar, Kamis (29/7).

Denpasar, baliilu.com – Pemkot Denpasar merancang pengaktifan kembali dapur umum gotong-royong. Hal ini dilaksanakan guna membantu dalam kesiapsiagaan ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19 di Kota Denpasar. Dalam pelaksanaanya dilakukan secara sukarela, tolong menolong, saling peduli, dan memiliki rasa persaudaraan yang kuat yang merupakan landasan kuat dari “Vasudhaiva Kutumbakam” atau menyama- braya.

Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati dalam rapat teknis dapur umum gotong- royong di Kantor Walikota Denpasar, Kamis (29/7) mengatakan, kebencanaan dalam bentuk wabah yang mendera dunia terjadi akibat pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 dan sampai sekarang belum usai, menyebabkan segala sektor kehidupan masyarakat mengalami keterpurukan. 

Pihaknya menekankan, penyelenggaraan dapur umum gotong-royong Kota Denpasar berlokasi di Jaba Paon Kaliasem Denpasar yang  dalam waktu dekat akan di-launching secara simbolis ini sasarannya adalah masyarakat yang sangat membutuhkan. Utamanya bagi mereka yang sama sekali belum mendapatkan bantuan dari sumber dana manapun. “Dalam sasaran ini diupayakan data dari masing-masing wilayah kecamatan serta masukan dari kelompok masyarakat atau pihak lainnya yang mengetahui keberadaan masyarakat yang perlu dibantu, sehingga  dapat diketahui masyarakat yang perlu didistribusikan,” kata Laxmy.

 Menurutnya ketersediaan pangan yang dibentuk melalui dapur umum ini tentu saja dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang baik dan hygine, bebas dari bahan-bahan yang merugikan dan dapat diterima seluruh kalangan. “Sehari kami rancang pembagian dua kali, yakni pagi pukul 11.00 Wita dan sore hari pukul 16.00 Wita dengan jumlah nasi rata-rata per hari 1.000 bungkus,” ujarnya.

Laxmy menambahkan, dengan program dapur umum gotong royong Kota Denpasar ini memberikan ruang bagi masyarakat, kelompok masyarakat, perseorangan, organisasi, perusahaan swasta, perbankan, dan BUMN atau BUMD untuk berkontribusi lewat donasi sebagai penerapan pola gotong- royong.

Baca Juga  Berharap Covid-19 Segera Usai, Pemkot Denpasar Gelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Mertasari Sanur

“Masyarakat yang membutuhkan bantuan pangan ini dapat menginformasikan satu atau dua hari sebelumnya, baik itu secara langsung melalui dapur umum Denpasar gotong- royong, melalui Tagana Dinas Sosial Kota Denpasar dan melalui Bagian Kerja Sama Setda Kota Denpasar, mari kita hadapi pandemi dengan hati,” pungkasnya. (eka)

Advertisements
de

de
Advertisements
de
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

Sekda Adi Arnawa Terima Bantuan Beras dari PT. Tirta Investama Mambal

Published

on

By

de
TERIMA CSR: Sekda Adi Arnawa saat menerima bantuan CSR berupa beras dari PT. Tirta investama Mambal di Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Jumat (17/9).

Badung, baliilu.com – Pemerintah Kabupaten Badung kembali menerima bantuan dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 5 ton beras (1.000 paket sembako) dari PT Tirta Investama (Pabrik Aqua Mambal) Badung.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Senior Plant Manager Aqua Mambal Wahyu Wulandari kepada Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa, didampingi Kepala Dinas Sosial Ketut Sudarsana, Kabid BPBD Badung serta instansi terkait di Lingkungan Pemkab Badung bertempat di Lobby Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Jumat (17/9).

Sekda Badung Wayan Adi Arnawa mengucapkan terima kasih atas bantuan beras yang diberikan PT Tirta Investama, tentunya hal ini sangat memberikan manfaat dalam mendukung ketahanan pangan masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Badung.

“Kami melalui Dinas Sosial akan segera salurkan bantuan ini kepada masyarakat di Badung yang benar-benar membutuhkan dan yang terdampak pandemi Covid-19. Atas nama pemerintah, kami mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan, tentunya hal ini sangat bermanfaat serta secara tidak langsung membantu masyarakat yang terdampak pandemi,” kata Adi Arnawa.

Di samping itu, pihaknya berharap ada BUMN, seperti perbankan dan perusahaan yang lain dapat ikut serta dalam memberi uluran tangan bagi mereka yang paling terdampak. “Semoga bantuan ini dapat meringankan beban mereka dalam menjalankan kehidupan di tengah pandemi ini,” harapnya.

Sementara itu, Senior Plant Manager Aqua Mambal Wahyu Wulandari mengatakan, PT. Tirta Investama Mambal yang beroperasi di Kabupaten Badung ikut memberikan dukungan untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Badung. Danone Indonesia selalu memberikan sembako beras sehat yang didapat dari petani, dimana petani itu sebagian besar binaan CSR dari PT. Tirta Investama Mambal.

“Di masa pandemi ini kita usahakan agar petani binaan tetap bisa menjalankan usahanya dan bisa memasarkan hasil panennya. Caranya kita beli hasil dari para petani kita yang tinggal di wilayah Badung, dengan begitu kita bisa ikut bergotong-royong dalam situasi pandemi Covid-19,” ungkapnya. (gs)

Baca Juga  Berharap Covid-19 Segera Usai, Pemkot Denpasar Gelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Mertasari Sanur

Advertisements
de

de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Bantu Keberlangsungan Satwa di Monkey Forest, MKF Serahkan 12 Ton Ubi dan Jagung

Published

on

By

SERAHKAH BANTUAN: Maharani Kemala Foundation (MKF) pada Selasa (14/9) menyerahkan bantuan secara simbolis 12 ton ubi dan jagung kepada pengelola DTW Monkey Forest Ubud..

Gianyar, baliilu.com – Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih terjadi membuat Daerah Tujuan Wisata (DTW) ditutup sementara. Hal ini tentu membuat pengelola DTW harus memikirkan keberlangsungan operasionalnya. Salah satu yang cukup mengalami dampak dari akibat pandemi ini adalah DTW Monkey Forest yang berada di Ubud, Gianyar.

Untuk tetap bisa menjaga keberlangsungan satwa yang ada di Monkey Forest, Maharani Kemala Foundation (MKF) pada Selasa (14/9) menyerahkan bantuan secara simbolis 12 ton ubi dan jagung. Bantuan tersebut akan diserahkan secara bertahap setiap bulannya selama 6 (enam) bulan ke depan.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung founder Maharani Kemala Foundation (MKF) Kadek Maharani Kemala Dewi didampingi Ketua Umum Maharani Kemala Foundation Fita Fitri diterima langsung General Manager Monkey Forest Ubud Nyoman Sutarjana.

Menurut Maharani, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial Maharani Kemala Foundation terhadap keberlangsungan hidup para satwa yang ada di DTW Monkey Forest.

“Seperti kita ketahui kan selama pandemi ini, Monkey Forest dan DTW lainnya ditutup. Tentu operasionalnya juga pasti terganggu. Terlebih di Monkey Forest kan banyak satwanya dan tentu ini memerlukan perhatian khusus. Untuk itu, hari ini kita serahkan secara simbolis bantuan dua belas (12) ton ubi dan jagung. Nanti distribusinya akan kita serahkan setiap bulannya selama enam (6) bulan ke depan,” jelas Maharani.

Sementara itu, Fita Fitri selaku Ketua Umum MKF menyampaikan dalam pemenuhan kebutuhan 12 ton jagung dan ubi untuk Monkey Forest, pihaknya akan menggandeng para petani di Bali.

“Untuk kebutuhan ini, kita akan gandeng para petani di Bali. Agar saling membantu dan bisa diberdayakan juga,” ungkapnya.

Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban operasional Monkey Forest agar keberlangsungan hidup para satwa dapat terus terjaga dengan baik. (gs)

Baca Juga  Berharap Covid-19 Segera Usai, Pemkot Denpasar Gelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Mertasari Sanur

Advertisements
de

de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Rotary Club Sumbangkan 700 Cup Loloh Imune untuk Pasien Covid-19 di 2 Isoter di Denpasar

Published

on

By

de
LOLOH IMUNE: Rotary Club Kuta menyumbang 700 Cup Loloh Imune yang diproduksi Agro Learning Centre (ALC) kepada pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi terpusat (isoter) di Kota Denpasar, Selasa (14/9)..

Denpasar, baliilu.com – Sebagai bentuk rasa kepedulian kepada sesama, Rotary Club Kuta  menyumbang 700 Cup Loloh Imune yang diproduksi Agro Learning Centre (ALC) kepada pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi terpusat (isoter) di Kota Denpasar.

Bantuan loloh ini diserahkan langsung oleh Founder ALC I Nyoman Baskara kepada petugas satgas yang berjaga di isoter yang berada di kawasan Sanur Hotel dan di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Denpasar, Selasa (14/9).

PR Rotary Club of Bali Kuta, Anggi Aruna mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya Rotary Club of Bali Kuta mendukung kegiatan Agro Learning Center yang membagikan Loloh Imune untuk pasien Covid-19, para tenaga kesehatan, keluarga dan tenaga non-medis di 2 lokasi isolasi terpusat di Kota Denpasar.

Menurutnya, inisiatif ini diambil sebagai bentuk dukungan dan perhatian bagi masyarakat yang sedang menjalani isolasi, tenaga kesehatan dan tenaga non-medis yang merawat pasien Covid-19. Selain itu, ramuan loloh adalah minuman herbal yang diwariskan turun-temurun  oleh para leluhur dengan menggunakan rempah-rempah produksi lokal.

Ia mengaku Loloh Imune yang dibuat ALC mengandung rempah-rempah lokal yang dapat membantu meningkatkan imun seperti temulawak, kunyit emas, sereh, kayu manis, asam jawa dan gula merah. “Dengan minum loloh ini diharapkan imun pasien Covid-19, para nakes, keluarga dan tenaga non-medis meningkat,” ungkapnya.

Selain itu, produksi loloh juga membantu penyerapan hasil produksi para petani lokal. Sehingga untuk kegiatan ini tidak hanya diadakan di Denpasar tapi juga di daerah Badung.

Mengingat kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam upaya menaikkan imun, maka pihaknya berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan tetap berupaya melakukan penggalangan dana untuk mendukung kegiatan ini.

Baca Juga  Berharap Covid-19 Segera Usai, Pemkot Denpasar Gelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Mertasari Sanur

Sementara Jubir Satgas Covid-19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan, sumbangan berupa Loloh Imune ini diharapkan mampu meningkatkan imun para pasien yang sedang menjalani isoter sehingga bisa cepat sembuh. ”Kami mengucapkan terima kasih dengan bantuan dari masyarakat untuk ikut bersama-sama menangani pandemi Covid-19, dan memang dalam situasi seperti ini diperlukan sikap gotong-royong untuk menangani pandemi Covid-19,” ungkap Dewa Rai. (gs)

Advertisements
de

de
Advertisements
de
Lanjutkan Membaca