Monday, 20 May 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Polda Bali Gelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77

BALIILU Tayang

:

kapolda
PERIKSA: Kepala Kepolisian Daerah Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. saat memeriksa pasukan upacara memperingati Hari Bhayangkara ke-77 di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu (1/7/2023) pagi. (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Kepolisian Daerah (Polda) Bali menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 yang diikuti oleh personel gabungan di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu (1/7/2023) pagi.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah, Kepala Kepolisian Daerah Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si.

Upacara memperingati Hari Bhayangkara ke-77 dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Bali, para Pejabat Utama Polda Bali & Pejabat Utama Kodam IX/Udayana, Pemerintah Daerah dan instansi terkait, Bhayangkari, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari personel TNI-Polri, PNS Polri, Dishub, Satuan Polisi Pamong Praja, Satpam dan Pecalang.

Rangkaian kegiatan upacara di antaranya ditandai dengan penghormatan kepada pataka Polda Bali, mengheningkan cipta, pengucapan Tri Brata, penghargaan Bintang Nararya serta doa. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
idul fitri
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Baca Juga  Kapolda Bali Pastikan Pengamanan Ops Gapura Agung V 2022
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Gubernur Bali Turut Dampingi Presiden RI Hadiri Gala Dinner WWF Ke-10 di GWK

Published

on

By

gala dinner wwf
DAMPINGI: Penjabat (Pj) Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo menghadiri Gala Dinner World Water Forum ke-10 yang digelar di Plataran Garuda Wisnu Kencana, Jimbaran pada Minggu (19/5). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Badung, baliilu.com – Penjabat (Pj) Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo menghadiri Gala Dinner World Water Forum (WWF) ke-10 yang digelar di Plataran Garuda Wisnu Kencana, Jimbaran pada Minggu (19/5).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang kepada para delegasi yang datang. Presiden berharap para tamu menikmati pertunjukan khas Indonesia yang ditampilkan maupun hidangan makan malamnya. Jokowi berharap agenda ini bisa membawa semangat bersama dalam memperbaiki lingkungan.

‚ÄúYang Mulia, selamat malam dan selamat datang di Bali Indonesia. Terima kasih telah berpartisipasi pada World Water Forum Ke-10 dan saya berharap semangat kebersamaan pada malam ini dapat membawa kita pada kolaborasi yang hebat, untuk menjamin akses air bersih dan sanitasi bagi semua orang,‚ÄĚ ujar Jokowi seperti dilihat di siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden.

Adapun kepala negara yang telah tiba di Bali di antaranya Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe dan Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere. Kemudian Wakil Perdana Menteri Papua Nugini John Rosso juga telah tiba, serta mantan Presiden Hungaria Janos Ader. Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dennis Francis dan Presiden World Water Council (WWC) Lo√Įc Fauchon juga telah tiba.

Selain itu tamu undangan lainnya dalam jamuan makan malam adalah 17 menteri atau pejabat setingkat Menteri diantaranya dari Australia, Brunei Darussalam, Tiongkok, Kongo, Mesir, Prancis, Kenya, Palestina, Filipina, Saudi Arabia, Senegal, Singapura, Tanzania, Timor-Leste, Tunisia, Persatuan Emirat Arab dan Uzbekistan.

Kemudian delegasi dari negara Brazil, Gambia, Italia, Jepang, Kazakhstan, Meksiko, Mozambik, Belanda, Nigeria, Palau, Qatar, Kepulauan Solomon, Federasi Saint Kitts dan Nevis, Slovakia, Thailand, Turki dan Vanuatu. Turut hadir perwakilan Organisasi Internasional ada EU, Bank Dunia, IPU (diwakilkan DPR), serta Sekjen PBB (UNESCAP). (gs/bi)

Baca Juga  Kapolda Bali Pastikan Pengamanan Ops Gapura Agung V 2022

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
idul fitri
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

‚Äė‚ÄôPower Wheeling‚Äô‚Äô¬†akan Buka Peluang Investasi Energi Terbarukan di Indonesia

Published

on

By

peluang power wheeling
Direktur Eksekutif IESR, Fabby Tumiwa. (Foto: IESR/bi)

Jakarta, baliilu.com РPemerintah kembali mendorong skema power wheeling masuk dalam Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET). Skema ini diwacanakan akan tercantum dalam ketentuan pemenuhan pasokan EBET Pasal 29A dan 47A, berbentuk rumusan kerja sama pemanfaatan jaringan (open access).

Skema power wheeling adalah penggunaan bersama jaringan listrik. Dalam skema ini, produsen tenaga listrik dapat menyalurkan listrik langsung kepada pengguna akhir menggunakan jaringan transmisi dan distribusi yang dimiliki pemegang izin.

Institute for Essential Services Reform (IESR) mendukung masuknya power wheeling dalam RUU EBET. IESR memandang pemberlakuan power wheeling akan menciptakan peluang pengembangan sumber dan pemanfaatan energi terbarukan yang lebih luas untuk mendukung transisi energi menuju net-zero emission (NZE) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Keberadaan power wheeling akan berdampak pada semakin banyaknya pasokan dan permintaan energi terbarukan, khususnya untuk solusi elektrifikasi industri, sehingga memicu peningkatan investasi. Pada akhirnya, power wheeling juga meningkatkan akses bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk menggunakan energi terbarukan.

Fabby Tumiwa, Direktur Eksekutif IESR mengatakan ketergantungan pada permintaan (demand) dan proses pengadaan (procurement) dari PLN menjadi salah satu faktor yang menyulitkan pengembangan energi terbarukan di Indonesia secara cepat. Posisi PLN sebagai single offtaker (pembeli atau penyedia energi tunggal), menyebabkan pengembangan sumber daya energi terbarukan tidak optimal. Menurutnya, skema power wheeling akan mendorong keterlibatan produsen listrik baik BUMN lain dan swasta dalam pengembangan energi terbarukan sehingga dapat menambah bauran energi terbarukan Indonesia lebih cepat.

Fabby menilai kekhawatiran yang menganggap power wheeling sebagai bentuk privatisasi kelistrikan tidak tepat. Jaringan transmisi itu tidak dijual ke pihak swasta dan masih dalam kepemilikan PLN sebagai BUMN. Justru skema ini dapat mengoptimalkan utilisasi aset jaringan transmisi PLN sehingga menambah penerimaan PLN dari biaya sewa jaringan, yang bisa dipakai untuk memperkuat investasi PLN di jaringan.

Baca Juga  Bongkar Kasus Doksing Ngurah Dibia, Ditreskrimsus akan Lakukan Digital Forensik

IESR menyoroti beberapa hal yang perlu diperhatikan  dalam pelaksanaan power wheeling. Pertama, skema power wheeling ini harus menjadi mekanisme yang mempromosikan energi terbarukan. Oleh karenanya secara spesifik harus disebutkan dalam RUU sebagai power wheeling energi terbarukan (renewable power wheeling). Kedua, penerapan power wheeling tidak mengorbankan keandalan pasokan listrik. Ketiga, power wheeling perlu diatur sehingga tidak merugikan pemilik jaringan. Untuk itu, tarif penggunaan jaringan listrik bersama (wheeling charge) harus  mencerminkan biaya yang diperlukan untuk mempertahankan dan meningkatkan keandalan sistem, biaya layanan (ancillary services), serta menutupi biaya investasi untuk penguatan jaringan. Keempat, pemerintah atau regulator yang menetapkan formula tarif penggunaan jaringan listrik bersama, dan kelima, untuk memperjelas implementasi maka diperlukan pembuatan aturan turunan  mengenai power wheeling yang lebih rinci.

‚ÄúRUU EBET dapat mengamanatkan aturan¬†power wheeling¬†yang lebih rinci dan teknis di instrumen peraturan pelaksanaan UU dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) dan peraturan teknis dan detailnya akan diatur melalui peraturan menteri ESDM,‚ÄĚ jelas Fabby.

Lebih jauh, Fabby mengungkapkan, penerapan power wheeling dapat menciptakan pasar energi terbarukan dan berdampak positif bagi investasi industri di Indonesia.

‚ÄúSaat ini, industri mempunyai kepentingan untuk membangun industri yang berkelanjutan. Banyak asosiasi industri mendesak hal serupa, salah satunya industri-industri yang bergabung dalam RE100, yang memiliki target penggunaan energi terbarukan sebelum 2030.¬† Adanya skema¬†power wheeling, akan memudahkan industri untuk memperoleh listrik dari sumber energi terbarukan sehingga dapat mengurangi jejak karbon industrinya, mencapai target keberlanjutannya, dan memberikan citra industri hijau yang baik bagi pelanggannya. Ini positif bagi peningkatan iklim investasi di Indonesia,‚ÄĚ imbuh Fabby.

IESR berharap agar DPR dan pemerintah mempertimbangkan kepentingan dan manfaat nasional yang lebih luas dalam penetapan klausa power wheeling di RUU EBET. (gs/bi)

Baca Juga  Polsek Kutsel Amankan Empat Komplotan Pelaku Curanmor Jaringan Antarpulau

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
idul fitri
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Ketua TP PKK Tabanan Galangkan Sosialisasi Kesehatan Kulit Bagi Para Wanita di Tabanan 

Published

on

By

TP PKK Tabanan
SOSIALISASI KESEHATAN: Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya hadir di gelaran¬†‚Äė‚ÄôSosialisasi Kesehatan Kulit‚Äô‚Äô¬†yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Jayaning Singasana, Kantor Bupati Tabanan, Senin (20/5).¬†(Foto: Hms Tbn)

Tabanan, baliilu.com – Fokus Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya dalam memperhatikan dan mengajak para wanita di Tabanan untuk menjaga kesehatan baik secara pribadi maupun keluarga, sebagaimana yang dijelaskan di program pokok ke-7 dalam 10 program pokok PKK, diimplementasikannya dalam gelaran ‚Äė‚ÄôSosialisasi Kesehatan Kulit‚Äô‚Äô yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Jayaning Singasana, Kantor Bupati Tabanan, Senin (20/5).

Menggandeng narasumber Dr. Muhammad Saian, M.Ms., M.Kes., AIPO selaku tenaga ahli pada bidangnya dalam kegiatan sosialisasi, Bunda Rai juga mengajak serta para kepala OPD terkait, para pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan dan para Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Tabanan serta Kader PKK se-Kabupaten Tabanan sebagai peserta kegiatan.

Bagi Bunda Rai, menjaga kesehatan sangatlah penting, karena dengan tubuh dan jiwa yang sehat, akan membantu kita untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan menjalankan peran dalam kehidupan, utamanya bagi wanita. Sebab wanita mempunyai peranan sentral dalam menentukan kualitas generasi penerus dan kualitas keluarga. Selain itu, kesehatan juga akan sangat mempengaruhi kualitas hidup wanita itu sendiri.

Oleh sebab itu, Bunda Rai menegaskan wanita memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa dan dapat dikatakan wanita sehat, maka masyarakat pun juga akan sehat.¬†‚Äė‚ÄôSelain kesehatan reproduksi, kesehatan kulit menjadi prioritas bagi kebanyakan wanita, bahkan menjadi kebutuhan atau lifestyle. Memiliki kulit yang sehat, tentunya menjadi idaman setiap wanita, karena secara psikis akan mempengaruhi penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri,‚Äô‚Äô¬†sebut Bunda Rai.

Ia juga merasa bahagia sekali bisa menghadirkan dokter Ian dalam kegiatan ini. “Nantinya adalah bagaimana ibu-ibu sekalian tidak hanya menjaga kesehatan dari luar, termasuk kecantikan juga tidak kalah penting, termasuk kulit wajah juga harus kita jaga. Tujuannya bagaimana agar kita nantinya bisa menjalankan tugas dengan nyaman, enak dipandang dan enak dilihat, karena kita akan menjadi contoh, menjadi panutan untuk masyarakat, selalu berpenampilan baik, rapi dan bersih, sesuaikan dengan acaranya dan tidak berlebihan,” pesannya.

Baca Juga  Polda Bali Siap Amankan G20 EWG dan G20 LEMM

Selain itu, Srikandi Panutan Tabanan siang itu juga tak hentinya menghimbau, terutama pada para pengurus dan Kader PKK Kabupaten Tabanan untuk selalu mengutamakan perilaku hidup sehat. ‚Äė‚ÄėMenerapkan pola hidup sehat, serta rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, agar kita sebagai wanita mampu mengemban tugas multiperan ini dengan maksimal dan dapat berdaya bagi keluarga dan masyarakat,‚Äė‚Äė terang Bunda Rai.

Dalam penyuluhan dan sosialisasi yang digelar siang hari tersebut, Dr. Ian menjelaskan terkait pentingnya menjaga dan merawat kesehatan kulit terutama bagi para wanita, di mana tak hanya memberikan edukasi, pihaknya juga membuka tanya jawab bagi para peserta, dan juga memberikan hadiah bagi peserta yang aktif memberikan pertanyaan di sesi diskusi. Tak hayal, ibu-ibu yang turut serta sangat bersemangat mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
idul fitri
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca