Saturday, 25 May 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

POMNAS XVIII 2023 Resmi Dibuka, Diikuti 2.717 Atlet

BALIILU Tayang

:

pembukaan POMNAS 2023
BERFOTO BERSAMA: Rektor Universitas Udayana Prof. Ngakan Putu Gede Suardana selaku Ketua BAPOMI Bali sekaligus sebagai Ketua Umum Forpimawa Nasional berfoto bersama atlet Bali saat menghadiri pembukaan POMNAS XVIII 2023, di Komplek Perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan Banjarbaru, Rabu (15/11/2023).  (Foto: Hms Unud)

Banjarbaru, Kalsel, baliilu.com – Rektor Universitas Udayana (Unud) Prof. Ngakan Putu Gede Suardana selaku Ketua BAPOMI Bali sekaligus sebagai Ketua Umum Forpimawa Nasional menghadiri acara pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII 2023, di Komplek Perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan Banjarbaru, Rabu (15/11/2023).

Pembukaan ajang olahraga terbesar antarmahasiswa se-Indonesia ini dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bersama Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang ditandai dengan tembakan busur anak panah dan dimeriahkan dengan kembang api.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat Ahmad Alim Bachri dalam laporannya menyampaikan, kegiatan POMNAS ini dilaksanakan mulai tanggal 15 s/d 22 November 2023, dengan jumlah keseluruhan atlet yang ikut meramaikan sebanyak 2.717 atlet dari 34 Provinsi dari seluruh Indonesia. Untuk manager, pelatih dan official sebanyak 1.179. Jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam POMNAS tahun ini sebanyak 16 cabor. Merupakan kehormatan yang luar biasa bagi Kalimantan Selatan, khususnya bagi Universitas Lambung Mangkurat yang dipercaya untuk melaksanakan kegiatan berskala nasional yang diharapkan acara ini dapat berjalan lancar dan sukses.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor merasa bangga dipercaya sebagai tuan rumah POMNAS VIII. Sebuah kebanggaan yang luar biasa Kalimantan Selatan diberi kesempatan menjadi penyelenggara POMNAS antarmahasiswa ini. Dia berharap seluruh kontingen merasa nyaman dan betah berada di Kalimantan Selatan.

“Kami berusaha sebaik mungkin memberikan pelayanan yang terbaik. Apalagi ke depan, Kalimantan Selatan merupakan gerbang ibu kota negara,” ucapnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo menyampaikan apresiasi atas terselenggarannya POMNAS XVIII di Kalimantan Selatan. “Semua ini berkat dukungan penuh Gubernur Kalimantan Selatan dan seluruh masyarakat, termasuk Rektor Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan yang telah bekerja keras sehingga terselenggaranya event mahasiswa tanah air ini,” ucapnya.

Baca Juga  FK Unud dan Pemkab Sumba Timur Jajaki Kerja Sama Dukungan Layanan Kesehatan

Menpora Dito Ariotedjo bersama Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka POMNAS ditandai tembakan busur anak panah dan dimeriahkan dengan kembang api. (Foto: Hms Unud)

Dengan adanya tambahan dua cabor yakni gulat dan pencak silat, telah turut serta melakukan pembinaan olahraga dan menyebarluaskan potensi para mahasiswa. Menurutnya, atlet mahasiswa juga turut membantu dan memiliki peran penting dalam menjalankan program pemerintah melalui Desain Besar Olahraga Nasional. Program pembinaan ini memiliki jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, dimana atlet mahasiswa juga terlibat di dalamnya. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6108-Pembukaan-Pekan-Olahraga-Mahasiswa-Nasional-POMNAS-Ke-XVIII-2023-Diikuti-2-717.html (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan

OLAHRAGA

Turnamen Toulon Cup 2024 untuk Mencari Komposisi Terbaik di Tim U-20

Published

on

By

timnas u-20 indonesia
LATIHAN: Tim U-20 Indonesia saat melaksanakan sesi latihan di lapangan ABC Senayan, Jakarta pada Jumat (24/5). (Foto: pssi.org)

Jakarta, baliilu.com – Tim U-20 Indonesia terus dipoles pelatih Indra Sjafri sebelum bertolak ke Italia dan Prancis. Latihan dilakukan di lapangan ABC Senayan, Jakarta pada Jumat (24/5).

Garuda Nusantara akan mengikuti Turnamen Maurice Revello atau Toulon Cup 2024 di Prancis. Turnamen itu berlangsung pada 3 sampai 16 Juni mendatang.

Turnamen ini diikuti oleh 10 tim yang dibagi ke dua grup. Grup A berisikan Arab Saudi, Pantai Gading, Prancis, Meksiko, dan Korea Selatan. Sementara itu, dari Grup B ada Ukraina, Indonesia, Italia, Jepang, dan Panama.

Sebelum bertolak ke Prancis, Garuda Nusantara akan bertolak ke Como, Italia terlebih dahulu untuk menjalani pemusatan latihan.

“Turnamen Toulon Cup sebagai uji coba yang sangat baik sekali untuk membentuk tim U-20, baik itu mencari komposisi terbaik, baik itu untuk mereka mempraktikkan game plan atau filosofi yang akan kita mainkan nanti. Saat ini kondisi tim baik dan pemain terus mengalami peningkatan dalam segala hal,” kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri juga mengatakan pesan dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, terhadap para pemain.

“Pesannya dari awal tegas, siapkan tim sebaik mungkin dan carikan pemain yang terbaik. Baik itu keturunan dan lain sebagainya, yang penting bangun tim terbaik,” tambahnya.

Setelah mengikuti turnamen Toulon Cup 2024, Garuda Nusantara akan bermain di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Piala AFF U-19 2024 dijadwalkan berlangsung pada 17-29 Juli di Surabaya, Jawa Timur. Sementara itu, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 bulan September atau Oktober mendatang.

Sejumlah pemain seperti Welber Jardim (Sao Paulo), Riski Afrisal (Madura United), dan Kadek Arel (Bali United) sudah bergabung bersama Garuda Nusantara.

Baca Juga  FK Unud dan Pemkab Sumba Timur Jajaki Kerja Sama Dukungan Layanan Kesehatan

Indonesia akan bertemu Ukraina pada laga pertama di Vitrolles, Selasa (4/6). Setelah itu, Garuda Muda menghadapi Panama di Aubagne, Kamis (6/6). Dua hari kemudian, Sabtu (8/6), Indonesia menantang Jepang dan laga terakhir grup B menghadapi Italia, Rabu (12/6). (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Laga Kandang Terakhir Musim Ini, Kadek Agung Berharap Dukungan Penuh dari Suporter Bali United FC

Published

on

By

Kadek Agung Widnyana Putra Bbali United
Gelandang tengah Bali United FC, Kadek Agung Widnyana Putra. (Foto: baliutd.com)

Gianyar, baliilu.com – Gelandang tengah Bali United FC, Kadek Agung Widnyana Putra mengakui persiapan dirinya dan tim jelang menghadapi Borneo FC Samarinda hari Sabtu (25/5) malam.

Laga perebutan tempat ketiga Champions Series BRI Liga 1 2023/24 putaran pertama itu akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Mengingat sebagai laga kandang terakhir musim ini, Kadek Agung berharap Stadion Dipta sebagai homebase dari Serdadu Tridatu dipenuhi oleh dukungan penuh suporter.

“Persiapan normal tidak ada kendala dan sama seperti sebelumnya. Kami berharap suporter bisa hadir mendukung tim secara langsung mengingat ini adalah laga kandang terakhir kami di musim ini,” ujar Kadek Agung.

Kadek Agung sendiri sudah tampil membela Serdadu Tridatu sebanyak 26 kali di musim ini.

Pemain asal desa Luwus, Tabanan ini sudah mencetak satu gol untuk tim kelahirannya di musim ini.

Laga putaran pertama perebutan tempat ketiga ini akan menjadi momentum penting Kadek Agung menutup laga kandang terakhir di musim ini.

Meski gagal melaju ke babak final untuk berpeluang kembali meraih mahkota Liga 1 musim ini, Kadek Agung tidak menaruh kekecewaan.

“Saya harus mengakui perjuangan tim sudah luar biasa musim ini. Meski kami gagal melaju ke final tetapi di musim ini kami dapat belajar banyak untuk semakin matang di musim depan,” terang Kadek Agung.

Pada babak reguler, Bali United FC belum meraih kemenangan pada dua pertemuan di musim ini.

Serdadu Tridatu kalah di laga tandang 3-1 dengan tuan rumah Borneo FC Samarinda dan kalah 1-2 dari Pesut Etam di laga kandang.

Menarik dinantikan pertemuan Serdadu Tridatu dengan Pesut Etam di arena pertandingan besok malam. (gs/bi)

Baca Juga  Fakultas Kedokteran Unud Bersiap Menghadapi Akreditasi Internasional ASIIN

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Giri Prasta Buka Turnamen Botana Futsal Competition 2024

Published

on

By

turnamen futsal
BUKA TURNAMEN: Bupati Giri Prasta membuka Botana Futsal Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Botana Football Club Bali di GOR Lila Bhuana Denpasar, Kamis (23/5). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Bupati Badung Giri Prasta membuka Botana Futsal Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Botana Football Club Bali di GOR Lila Bhuana Denpasar, Kamis (23/5). Kegiatan tersebut selain sebagai ajang kejuaraan juga dapat sebagai tolak ukur perkembangan olahraga futsal di tingkat SMA dan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan Turnamen Futsal diberikan dana motivasi sebesar Rp 50 juta.

Menurut Bupati Giri Prasta, Botana Futsal Competition 2024 ini merupakan momentum untuk mendapatkan bibit-bibit yang akan mewakili Provinsi Bali tingkat Nasional. Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mempererat persatuan dan kesatuan antara generasi muda, antar sekolah di Bali yang selaras dengan slogan Kota Denpasar yaitu “Bhasudewa Kutumbakam”.

“Bapak berharap ajang turnamen ini bisa dijadikan mencari saudara, kalian generasi muda hari ini suatu saat nanti akan menjadi duta pulau Bali di tingkat nasional. Saya meminta sportifitas harus dijunjung dengan tinggi dalam proses pelaksanaan kegiatan ini, wasit, juri harus betul-betul menunjukkan netralitas yang kuat,” kata Bupati Giri Prasta.

Selain itu Bupati berharap untuk mengimplementasikan dengan baik kepada Gen Z sebagai generasi muda penerus bangsa untuk berperan serta ikut mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

“Kita tunjukkan kepada dunia bahwa anak muda hari ini betul-betul menciptakan keamanan dan kenyamanan dengan tubuh yang sehat tanpa narkoba ‘NO DRUG’,” pesan Giri Prasta seraya menyampaikan siap mendukung penuh kegiatan ini dan berharap turnamen seperti ini bisa menjadi event tahunan.

Sementara itu Ketua Umum Botana Futsal Competition (BFC) Anak Agung Ngurah Bagus Surya Arditha, Pelaksanaan Botana Futsal Competition 2024 yang diselenggarakan oleh Botana Football Club Bali dan diikuti oleh siswa-siswa SMA Se-Bali sebanyak 24 Tim.

Baca Juga  Perdana Ikuti Senastek, Sulastri Berharap Hasil Deseminasi Dapat Disebarkan Seluas-luasnya

“Saya berterima kasih yang setingginya atas kehadiran Bapak Bupati Badung beserta undangan lainnya bisa turut serta membuka  Botana Futsal Competition 2024, ini bisa menjadi ajang pemanasan dan mencari potensi talenta muda, semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” harapnya.

Hadir pada  event tersebut Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, Ketua KONI Provinsi Bali, Dirut BPD Bali dan seluruh peserta Turnamen. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca