Tuesday, 16 July 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Rapat Paripurna Ke-6, Dewan Tanggapi Pendapat Gubernur Bali Atas Raperda PUG

BALIILU Tayang

:

dewan
TANGGAPAN: Koordinator Raperda PUG DPRD Bali Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputri Suyasa, SE, MM saat membacakan tanggapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali terkait pendapat Gubernur Bali terhadap Raperda Inisiatif Dewan tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) pada Rapat Paripurna Ke-6 DPRD Provinsi Bali Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024, Senin (Soma Pon Pahang), 1 April 2024 di ruang Sidang Utama Kantor DPRD Bali, Renon Denpasar. (Foto: gs)

Denpasar, baliilu.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali memberikan tanggapan terkait pendapat Gubernur Bali terhadap Raperda Inisiatif Dewan tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) pada Rapat Paripurna Ke-6 DPRD Provinsi Bali Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024, Senin (Soma Pon Pahang), 1 April 2024 di ruang Sidang Utama Kantor DPRD Bali, Renon Denpasar.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua Dewan Nyoman Adi Wiryatama didampingi Wakil Ketua II Nyoman Suyasa dan Wakil Ketua III Tjok. Gede Asmara Putra Sukawati bersama segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Bali. Hadir Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya, Forkopimda Bali, Sekda Bali Dewa Made Indra bersama OPD dan Kelompok Ahli Dewan.

Mengawali memberikan tanggapan, Koordinator Raperda PUG DPRD Bali Dr. I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputri Suyasa, SE, MM mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pj. Gubernur Bali yang telah memberikan apresiasi inisiasi Dewan untuk menyusun raperda ini.

Ayu Diah menjelaskan bahwa peyelenggaraan PUG dalam pembangunan daerah dilaksanakan berdasarkan asas penghormatan terhadap hak asasi manusia; kesetaraan substantif; inklusi; partisipatif; nondiskriminasi; dan keberlanjutan.

PUG dalam pembangunan daerah bertujuan untuk mewujudkan pembangunan yang Responsif Gender dengan mengintegrasikan Perspektif Gender ke dalam proses pembangunan dimulai dari perencanaan, penganggaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, pengawasan dan pelaporan di Daerah; menciptakan program kegiatan yang Responsif Gender di lingkungan Pemerintah Daerah; dan meningkatkan peran dan kemandirian lembaga yang menangani pemberdayaan perempuan.

Terkait masukan bahwa Konsideran Menimbang perlu disesuaikan agar memuat uraian singkat pokok-pokok pikiran yang menjadi latar belakang dan alasan pembuatan Ranperda tersebut dengan mempertimbangkan aspek filosofis, sosiologis, dan yuridis, Dewan menanggapi  telah sejalan dengan hasil konsultasi, harmonisasi dan sinkronisasi Raperda tentang PUG itu dengan Kemenkum HAM RI Kanwil Bali dan Kemen PPPA RI, sehingga Konsideran Menimbang menjadi: bahwa perempuan dan laki-laki sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan warga negara, mempunyai kewajiban dan hak yang sama sebagai mana diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; bahwa untuk mencapai Kesataraan Gender dalam seluruh kebijakan dan program pemerintah Provinsi Bali, diperlukan pengintegrasian Perspektif Gender ke dalam proses pembangunan dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, pengawasan dan pelaporan; bahwa untuk memberikan landasan dan kepastian hukum bagi semua pihak dalam rangka percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan di Provinsi Bali; bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud perlu menetapkan Peraturan Daerah tentang Pengarusutamaan Gender.

Baca Juga  Sangat Rinci, Fraksi Nasdem PSI Hanura Apresiasi kepada Gubernur atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2022

Ayu Diah mengungkapkan, terkait masukan bahwa Dasar Hukum Mengingat dalam Ranperda tentang Pengarusutamaan Gender perlu ditambahkan peraturan perundang-undangan mengenai pembentukan peraturan perundang-undangan dan pembentukan produk hukum daerah serta peraturan perundang-undangan teknis terkait pedoman umum pengarusutamaan gender di daerah. Dewan menanggapai sependapat bahwa sesuai dengan butir 28 dan butir 39 Lampiran II UU Nomor 12 Tahun 2011, yang perlu dicantumkan yaitu dasar hukum “kewenangan” dan “yang mendelegasikan”.

Terkait masukan bahwa materi muatan terkait partisipasi masyarakat perlu dicermati kembali, mengingat partisipasi masyarakat tidak bersifat wajib. Pihaknya mengatakan hal tersebut sudah dikonsultasikan ke Kementerian terkait dan memang tidak bersifat wajib, sehingga pengaturan dan penormaan BAB dan Pasal mengenai Partisipasi Masyarakat ini, menjadi: BAB XI Partisipasi Masyarakat, dimana dalam Pasal 26 menegaskan  bahwa Masyarakat dan dunia usaha berpartisipasi dalam penyelenggaraan PUG di daerah.

Dewan juga sependapat bahwa pelanggaran terhadap partisipasi masyarakat tidak dikenakan sanksi administratif. Sehingga pengaturan dan penormaan mengenai penghargaan dan sanksi (reward and punishment) kami gabung dalam satu BAB.

‘’Berdasarkan hasil diskusi dan konsultasi dengan Menteri PPPA RI, Plt Sesmen, Deputi Kesetaraan Gender dan Staf Khusus Kementerian PPPA RI yang menerima Pansus DPRD Provinsi secara langsung, yang juga mengakomodasi aspirasi kelompok masyarakat yang disampaikan pada kami, maka dapat kami sampaikan bahwa pasca-pemberlakuan UU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Provinsi Bali, maka yang menjadi ciri khas dalam Raperda tentang PUG ini adalah dibukanya ruang bagi partisipasi masyarakat lokal dan masyarakat adat yang pengaturan dan penormaannya tertuang dalam batang tubuh. Sedangkan aspirasi untuk memperhatikan “Kelompok Rentan” telah diakomodasikan dalam penormaan dan pengaturan,’’ ujar Ayu Diah.

Baca Juga  DPRD Bali Apresiasi Gubernur Koster ‘’Sutindih’’ Membangun Bali dan Berani Jalankan Kebijakan Pro-Rakyat

Ayu Diah lanjut menegaskan agar Raperda ini untuk dapat dilanjutkan dengan pembahasan dan penajaman dalam rapat gabungan berikutnya, sekali lagi dengan Perangkat Daerah terkait dan organisasi serta lembaga masyarakat yang peduli dengan Kesetaraan Gender dan peduli Anak. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan

NEWS

Propam Polres Gianyar Laksanakan Gaktibplin kepada Personel Ops Patuh Agung

Published

on

By

polres gianyar
GAKTIBPLIN: Sie Propam Polres Gianyar saat melaksanakan kegiatan Gaktibplin kepada personel bertempat di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar, Selasa (16/7/2024) pagi. (Foto: Hms Polres Gianyar)

Gianyar, baliilu.com – Dalam upaya menjaga disiplin dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam berlalulintas, Sie Propam Polres Gianyar melaksanakan kegiatan Gaktibplin kepada personel bertempat di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar, Selasa (16/7/2024) pagi.

Kapolres Gianyar AKBP Umar, S.I.K., M.H. melalui Kasi Propam Polres Gianyar menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan kedisiplinan anggota Polri dalam melaksanakan tugasnya.

“Dalam kegiatan Gaktibplin tersebut, Sie Propam Polres Gianyar melakukan pemeriksaan sikap tampang personel serta kelengkapan surat-surat kendaraan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa anggota Polri tetap menjunjung tinggi disiplin, integritas, dan memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat,” jelas Iptu Made Mulata.

Kasi Propam Iptu Made Mulata menambahkan, Operasi Patuh Agung 2024 sendiri merupakan operasi yang dilaksanakan oleh Polres Gianyar bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta mengurangi angka fatalitas kecelakaan.

“Jadi, sebelum melaksanakan operasi Patuh Agung kepada masyarakat, kita dahului dengan Gaktibplin personel. Kita tertibkan lebih dahulu anggota sebelum mereka melaksanakan operasi terhadap masyarakat,” ujar Kasi Propam.

“Dengan adanya kegiatan Gaktibplin ini, diharapkan anggota Polres Gianyar dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam kedisiplinan berlalulintas. Selain itu, kegiatan Gaktibplin ini juga menjadi sarana untuk memperbaiki kinerja anggota Polri agar masyarakat semakin nyaman dalam mendapatkan pelayanan kepolisian,” tambahnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Berdasarkan Masukan Gubernur, DPRD Bali Setujui Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Ditetapkan Jadi Perda
Lanjutkan Membaca

NEWS

Sapa Siswa SLBN 2 Saat MPLS, Ny. Antari Jaya Negara Juga Tekankan Pentingnya Menabung Sejak Dini

Published

on

By

antari jaya negara
SAPA SISWA: Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara hadir untuk menyapa para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Denpasar, saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di sekolah setempat, Selasa (16/7). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara hadir untuk menyapa para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Denpasar, dalam kegiatan Literasi Keuangan Bagi Siswa Sekolah Luar SLB, yang dirangkaikan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di sekolah setempat, Selasa (16/7).

Acara yang turut dihadiri Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Kabid PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Bali Agung Suryawan, dan Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati tersebut, merupakan hasil kolaborasi sekolah tersebut dengan Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar, dalam upaya menuju predikat nasional Kota Denpasar sebagai Wilayah Implementasi Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) Terbaik Tahun 2024, dan juga Bank BPD Bali sebagai bank dengan Bank Goes to School SLB Terbaik Tahun 2024.

Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara menyebut, edukasi perihal literasi keuangan perlu ditanamkan sejak dini sebagai bentuk didikan kepada para siswa untuk dapat mengelola dan mengatur keuangan dengan lebih baik.

“Sebagai hal, literasi keuangan haruslah didapatkan oleh semua kalangan tanpa terkecuali, termasuk siswa-siswi SLB Negeri 2 Denpasar, yang juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan literasi keuangan dari perbankan. Karena itu Bank BPD Bali saat ini hadir untuk memberikan literasi tentang pentingnya mengelola keuangan dan rajin menabung sejak dini,” ungkap Ny. Antari Jaya Negara.

Selebihnya, dirinya menyebutkan, literasi keuangan dapat direalisasikan melalui gerakan belajar menabung bagi para siswa. Ini juga tambahnya, adalah bentuk implementasi kesadaran terhadap Gerakan Indonesia Menabung.

Di lokasi yang sama, Wakil Cabang Bisnis Bank BPD Bali Komang Bayu Baruna, menyebutkan, kegiatan Literasi Keuangan yang menggunakan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah, dalam bentuk pembukaan rekening gratis tersebut dimaksudkan untuk memotivasi para siswa untuk terus menabung rutin, terutama setelah memperoleh pembekalan Literasi Cermat Kelola Keuangan dari Bank BPD Bali.

Baca Juga  DPRD Bali Apresiasi Gubernur Koster ‘’Sutindih’’ Membangun Bali dan Berani Jalankan Kebijakan Pro-Rakyat

“Dan Capem terdekat kami akan siap lakukan penjemputan rutin terjadwal ke sekolah ini. Sebagai bentuk apresiasi, hari ini seluruh peserta akan dibukakan rekening SimPel gratis oleh Bank BPD Bali,” tegas Bayu.

Sementara itu, Kepala SLB Negeri 2 Denpasar Ni Wayan Rapiyanti, S.Pd menyambut baik perihal kegiatan perbankan ini. Baginya, kegiatan ini merupakan langkah penentuan agar kedepannya para siswa tetap konsisten menabung di lembaga perbankan, termasuk Bank BPD Bali.

“Hari ini ada sekitar 83 orang siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini. Harapannya memang para siswa memahami dan dapat menjalankan gerakan gemar menabung sejak dini,” ujar Rapiyanti.

Sebagai informasi, selain literasi keuangan, rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan aneka penampilan seni dari para siswa, antara lain permainan angklung dan juga pantomim. Ada juga pembagian sejumlah paket dari Bank BPD Bali sebagai bentuk kepedulian bagi para siswa tersebut. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Presiden Jokowi Lantik 906 Perwira Remaja TNI dan Polri dalam Praspa 2024

Published

on

By

Praspa 2024
PELANTIKAN: Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tahun 2024 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2024. (Foto: BPMI Setpres/Vico)

Jakarta, baliilu.com – Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tahun 2024 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2024. Pada upacara hari ini, Presiden melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) berjumlah 906 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri, dikutip dari presidenri.go.id.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh lima orang perwira sesuai agama yang dianut yakni, M. Shultan Andika Bhakti dari perwakilan agama Islam, Gamail Marshal Pamungkas dari perwakilan agama Protestan, Beltazar Wirya Nugraha dari perwakilan agama Katolik, Komang Wiwin Tribuana Putri dari perwakilan agama Hindu, dan Michaeel Darmadi Cahyadi Joshua dari perwakilan agama Konghucu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 417 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 129 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 113 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 247 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudi Saladin turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akademi Militer, Mochamad Irvan Sugianto dari Akademi Angkatan Laut, Jofanka Hendhico Arintio dari Akademi Angkatan Udara, dan Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akademi Kepolisian. Mayjen TNI Rudi Saladin juga diketahui merupakan peraih Adhi Makayasa pada tahun 1997.

Baca Juga  Pendapat Gubernur Bali Terhadap Raperda Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketenteraman Masyarakat dan Pelindungan Masyarakat

Presiden Jokowi pun menyampaikan apresiasi atas kegigihan para perwira yang baru dilantik dalam mengikuti pendidikan mulai dari fisik, akademik, hingga keterampilan. Kepala Negara menegaskan bahwa pembelajaran yang telah didapatkan juga dapat diaplikasikan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang.

“Saya bangga saudara-saudara telah lolos pada proses pembelajaran yang sangat-sangat berat, fisik dan mental, akademik dan keterampilan dan saya bangga saudara-saudara telah menguasai banyak ilmu pengetahuan dan teknologi,” ucap Presiden dalam sambutannya.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2024 adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, para ketua lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca