Sunday, 5 February 2023
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Sekda Adi Arnawa Hadiri HUT Ke-19 ST. Prana Sukma Banjar Pipitan Canggu

BALIILU Tayang

:

Sekaa Truna
Sekda Adi Arnawa disaat menghadiri HUT ke-19 ST. Prana Sukma Banjar Pipitan, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Sabtu (26/11). (Foto : ist)

Badung, baliilu.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri perayaan HUT ke-19 ST. Prana Sukma Banjar Pipitan, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Sabtu (26/11) bertempat di Balai Banjar Pipitan Canggu Kuta Utara Badung. Turut hadir Anggota DPRD Badung I Made Suryananda Pramana, Perwakilan Camat Kuta Utara serta Unsur Tripika Kecamatan Kuta Utara, Perbekel Desa Canggu I Wayan Suarya, Jro Bendesa Adat I Wayan Suarsana dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Badung membantu dana sebesar 10 juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Sekda Adi Arnawa kepada Perwakilan Sekaa Truna.

Dalam Sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa memberikan apresiasi kepada Sekaa Truna Prana Sukma sudah bisa bersatu berkumpul untuk melaksanakan kegiatan perayaan hari jadi yang ke-19 tahun.

“Sekarang ini masih dalam suasana hari Pahlawan 10 November dan 20 November kemarin bagaimana pejuang kemerdekaan kita dulu masih menggunakan bambu runcing. Sedangkan di jaman kemerdekaan ini masih tetap ada penjajahan bagaimana tantangan ke depan bagi anak-anak muda kita untuk bisa mengurangi kebodohan dan kemiskinan inilah tantangan ke depan kita. Maka dari itu harus disadari dan dipahami oleh seluruh generasi muda kita apalagi di Banjar Pipitan Canggu ini banjar yang banyak tokoh yang muncul yang sudah bisa bersatu maka dari itu jaga solidaritas jaga persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Lebih lanjut Sekda Adi Arnawa berharap dalam pelaksanaan perayaan hari ulang tahun sekaa truna ini ada kegiatan pelestarian seni dan budaya misalnya ada lomba seni dalam hal ini untuk pelestarian sehingga generasi muda ini agar tidak ketinggalan untuk ikut melestarikan seni adat dan budaya dan ini merupakan hal dasar di Pulau Bali tercinta ini. Pihaknya selaku pemerintah akan selalu mendorong dan bekerjasama dengan tokoh-tokoh masyarakat, perbekel, kelian adat dan lainya untuk tetap menjaga adat, seni dan budaya. Selain itu juga harus tetap menjaga alam semesta ini untuk selalu lestari dan indah untuk dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Baca Juga  Wabup Suiasa Pimpin Rapat Koordinasi IPSI Bali

“Maka dari itu Tri Hita Karana ini luar biasa sekali diantaranya hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam semesta oleh karena itu ini harus dijaga, kalau alam sudah merestui apapun bisa terjadi di Bumi Bali ini maka dari itu kita semua harus menjaga lingkungan ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut diimbau kepada sekaa truna untuk jangan sekali-kali menganggap organisasi sekaa truna ini kecil karena organisasi ini tempat untuk belajar berorganisasi bagaimana menghargai orang, memimpin orang termasuk bagaimana cara bermusyawarah mufakat.

“Kalau sudah bisa melewati tahapan – tahapan seperti ini saya yakin sekali suatu saat nanti dari sekaa truna Prana Sukma ini akan muncul sosok pemimpin di Badung ini. Dalam perayaan HUT ini, bukan hanya sekedar peringatan dan pergantian pengurus saja namun perlu kita evaluasi kembali apa yang harus kita laksanakan untuk ke depan dan lebih lanjut untuk kegiatan sekaa truna ini agar selalu bermanfaat bagi generasi ke depan untuk selalu mendukung aktivitas di masyarakat dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Badung,” ujarnya.

Sementara itu Ketua ST. Prana Sukma I Made Satria Wibawa menyampaikan terima kasih atas kehadiran Sekda Adi Arnawa bersama para undangan lainnya. Dilaporkan bahwa selain memperingati hari jadi yang ke-19 tahun, ST. Prana Sukma juga melaksanakan serah terima kepengurusan sekaa truna yang baru, di mana dalam perayaan kali ini mengambil tema “Nayaka Samahita” yang artinya Harmonisasi dalam Komando Persatuan.

“Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan rasa kekeluargaan antar anggota sekaa truna- truni, dan dapat kami sampaikan juga anggota Sekaa Truna-Truni Banjar Pipitan ini berjumlah 100 orang diantaranya 55 anggota laki-laki dan 45 anggota perempuan,” lapornya. (gs/bi)

Baca Juga  Cegah Degradasi Lahan, Badung Gelar FGD Subak

Advertisements
iklan natal dprd badung
Advertisements
dprd bali
Advertisements
dprd badung
Advertisements
walikota galungan kuningan
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
ucapan DPC PDI P Badung
Advertisements
imlek dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Hadiri Puncak HUT Ke-57 ST. Bhakti Yowana Loka, Sekda Adi Arnawa Ingatkan Sekaa Teruna Harus Bersatu

Published

on

By

sekda adi arnawa
Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri puncak HUT ST. Bhakti Yowana Loka ke-57 yang ditandai dengan pemotongan tumpeng di Banjar Karangjung, Desa Sembung Kecamatan Mengwi, Sabtu (4/2). (Foto: ist)

Badung, baliilu.com – Mewakili Bupati Badung Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri puncak HUT Ke-57 ST. Bhakti Yowana Loka yang ditandai dengan pemotongan tumpeng sekaligus pelantikan pengurus baru periode 2022-2025 Banjar Karangjung, Desa Sembung Kecamatan Mengwi, Sabtu (4/2).

Turut hadir anggota DPRD Badung Wayan Regep, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Sekdes Sembung, Bendesa Adat Karangjung serta tokoh masyarakat setempat.

Sebagai wujud dukungan dan motivasi, Pemkab Badung melalui Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana sebesar Rp.10 juta dan bantuan dana pribadi Bupati Badung Giri Prasta sebesar Rp.10 juta.

Sekda Adi Arnawa mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Badung menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada ST. Bhakti Yowana Loka Sembung karena sudah berinisiatif dan bersemangat serta bergotong royong melaksanakan segala kegiatan serangkaian HUT ST. Bhakti Yowana Loka yang Ke-57. “Saya menyampaikan sesuai dengan pesan Bupati Badung Giri Prasta terkait dengan kebutuhan sekaa teruna dalam menunjang segala kebutuhan dan melaksanakan segala kreatifitas untuk mewujudkan dan melestarikan adat, seni, tradisi dan budaya Pemkab Badung akan selalu hadir untuk membantu,” ucapnya.

Lebih lanjut Adi Arnawa juga mengingatkan agar sekaa teruna tetap bersatu karena dengan bersatu dan bersama-sama segala kegiatan di organisasi serta kegiatan di masyarakat akan dapat berjalan dengan baik, seraya mengucapkan selamat hari jadi untuk ST. Bhakti Yowana Loka Banjar Karangjung Desa Sembung semoga semakin jaya dan semakin kompak.

Sementara Ketua Panitia I Nyoman Juliastika menyampaikan terimakasih kepada Bupati Badung yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Badung yang sudah berkenan hadir sekaligus memberi bantuan sehingga kegiatan hut kali ini dapat terlaksana. Dilaporkan juga hut kali ini mengangkat tema “Kriyamana Giri Segara” yang bermakna kreatifitas tanpa batas. Sekaa teruna diharapkan memiliki kreatifitas yang memadukan kecerdasan serta kegembiraan dan keikhlasan karena sekaa truna merupakan ujung tombak dalam rangka meneruskan pembangunan dan perjuangan di masyarakat untuk kemajuan bangsa dan negara. (gs/bi)

Baca Juga  Badung Gelar Workshop Penyusunan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Advertisements
iklan natal dprd badung
Advertisements
dprd bali
Advertisements
dprd badung
Advertisements
walikota galungan kuningan
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
ucapan DPC PDI P Badung
Advertisements
imlek dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Sekda Adi Arnawa Hadiri HUT Ke-44 ST. Widya Dharma

Published

on

By

sekda adi arnawa
Sekda Adi Arnawa, menghadiri acara HUT Sekaa Teruna Widya Dharma Ke-44 di Wantilan Pura Puseh, Banjar Sayan Baleran Mengwi, Sabtu (4/2) malam. (Foto: ist)

Badung, baliilu.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung menghadiri acara HUT ke-44 Sekaa Teruna Widya Dharma sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan pengurus masa bakti 2023-2026, bertempat di Wantilan Pura Puseh, Banjar Sayan Baleran Mengwi, Sabtu (4/2) malam.

Turut juga hadir anggota DPRD Badung I Wayan Regep, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Desa Werdhi Bhuwana I Ketut Sadia Wijaya, Bendesa Adat Banjar Sayan I Made Kartika, Ketua BPD I Ketut Kariana, serta masyarakat setempat.

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan, kepada para yowana yang ada disini, agar selalu sejalan dengan Pemerintah Kabupaten Badung melalui program-program kepemimpinan Bupati Badung, dimana program Bupati yang selama ini berkomitmen untuk meringankan beban masyarakat di Badung, khususnya program Bupati Badung saat ini yakni membantu korban yang terkena bencana alam.

“Contoh jika ada warga Badung yang terkena bencana/musibah atau terdampak bencana, pasti akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung melalui pendataan BPBD Badung. Terkait dengan bencana, perlu saya sampaikan, Pemkab Badung sudah menggelontorkan anggaran sekitar Rp 4 miliar lebih. Jika ada warga yang mendapatkan musibah maupun bencana alam pasti akan dibantu. Saya juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada  ST Widya Dharma Ke-44, semoga sukses dan mampu melestarikan adat, agama, budaya maupun seni di Badung ini. Terima kasih juga kepada pengurus lama yang sudah melaksanakan program kerja yang bersifat positif di kalangan Sekaa Teruna,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum I Wayan Cita Yoga Premana dalam laporannya mengatakan, puncak perayaan HUT ST. Widya Dharma Ke-44 ini dirangkaikan dengan pelantikan kepengurusan baru periode 2023-2026 dan berlangsung lancar tanpa ada hambatan. “Kami dari panitia mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemkab Badung maupun para pihak, lembaga masyarakat dan tokoh masyarakat yang sudah membimbing, memberikan maupun memberikan arahan kepada kami. Terimakasih juga saya sampaikan kepada seluruh panitia yang bertugas maupun para rekan-rekan ST. Widya Dharma,” ungkapnya.

Baca Juga  PPNI Kabupaten Badung Lakukan Penanaman Pohon Mangrove

Pada kesempatan tersebut, Sekda Adi Arnawa menyerahkan dana motivasi dari Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp. 10 juta yang diterima oleh I Wayan Cita Yoga Premana selaku Ketua Umum, dana pribadi dari Bupati Badung sebesar Rp. 10 juta, serta anggota DPRD Badung I Wayan Regep sebesar Rp. 5 juta. (gs/bi)

Advertisements
iklan natal dprd badung
Advertisements
dprd bali
Advertisements
dprd badung
Advertisements
walikota galungan kuningan
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
ucapan DPC PDI P Badung
Advertisements
imlek dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

HUT Sekaa Teruna Praja Wisnu Murti, Bupati Giri Prasta Komit Dukung Kegiatan Sekaa Teruna

Published

on

By

giri prasta
Bupati Giri Prasta saat menghadiri HUT Sekaa Teruna Praja Wisnu Murti Banjar Pengembungan Bongkasa Ke-38, Jumat (3/2) di Balai Banjar Pengembungan, Desa Bongkasa, Abiansemal, Badung. (Foto: ist)

Badung, baliilu.com – Komitmen mendukung kegiatan Sekaa Teruna yang ada di wilayah Kabupaten Badung, Bupati Giri Prasta menghadiri puncak perayaan HUT Sekaa Teruna Praja Wisnu Murti Banjar Pengembungan Bongkasa Ke-38 dan pelantikan pengurus Sekaa Teruna Praja Wisnu Murti masa bakti 2023-2025, Jumat (3/2) bertempat di Balai Banjar Pengembungan, Desa Bongkasa, Abiansemal, Badung.

Turut hadir dalam kesempatan ini anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa beserta Tripika Kecamatan Abiansemal, Perbekel Desa Bongkasa I Ketut Luki, Bendesa Adat Bongkasa IB.  Gede Sujia Pradanta, Bendesa Adat Kutaraga I Gusti Agung Arsa Jaya, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bongkasa, Paiketan Yowana Abiansemal I Made Darmawan, Karang Taruna Dharma Bakti Desa Bongkasa, Kelian Adat dan Dinas se-Desa Bongkasa dan Kutaraga, Ketua STT se-Desa Bongkasa dan Kutaraga, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi serta dukungan terhadap segala kegiatan Sekaa Teruna, ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dan generasi muda dalam mengajegkan adat, seni dan budaya. Dengan semangat persatuan dari 3 Pilar yang ada yaitu wimuda, winata, dan wiwerda bersinergi untuk pembangunan Banjar Pengembungan kedepannya.

“Saya memberikan motivasi kepada generasi muda sebagai agen perubahan. Generasi muda harus membawa perubahan yang lebih baik, melek teknologi dan menjadi tuan di rumah sendiri,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengajak generasi milenial atau Sekaa Teruna setempat untuk terus meningkatkan kegiatan-kegiatan yang positif dalam rangka memperkuat rasa kekeluargaan dan persatuan antargenerasi muda melalui wadah organisasi Sekaa Teruna ini, serta mengingatkan agar tidak berbuat yang negatif seperti mabuk-mabukan terlibat narkoba serta kegiatan yang dapat merugikan banyak orang.

Baca Juga  PHDI Badung Gelar Forum Group Discussion

Sementara Ketua Panitia HUT Sekaa Teruna Praja Wisnu Murti yang Ke-38, I Kadek Karinuada mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung, Bapak anggota DPRD Provinsi, Bapak Camat dan undangan lainnya yang telah menyempatkan waktu untuk hadir di puncak acara HUT dan selalu mensupport kegiatan yang diselenggarakan. Pihaknya juga menyampaikan bahwa semua kegiatan kegiatan Sekaa Teruna Praja Wisnu Murti mengikuti konsep Tri Hita Karana dan ulang tahun ini dilakukan bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan, keakraban dan solidaritas antar Sekaa Teruna dan masyarakat.

Rangkaian kegiatan HUT Sekaa Teruna Praja Wisnu Murti yang Ke-38 telah berlangsung dari tanggal 31 Januari-3 Februari 2023 diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba.

Puncak acara HUT Sekaa Teruna Praja Wisnu Murti ditandai dengan pemotongan tumpeng yang langsung dilakukan oleh Bupati Giri Prasta. Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta membantu dana kegiatan sebesar Rp 30 juta untuk Sekaa Teruna dan Rp 5 Juta untuk PKK Banjar Pengembungan. (gs/bi)

Advertisements
iklan natal dprd badung
Advertisements
dprd bali
Advertisements
dprd badung
Advertisements
walikota galungan kuningan
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
ucapan DPC PDI P Badung
Advertisements
imlek dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca