Sunday, 2 October 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Sekda IB Alit Wiradana Buka Smansa Fun Bike

Serangkaian HUT Ke-62 Smansa Denpasar

BALIILU Tayang

:

Sekda
Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana saat membuka Smansa Fun Bike, Sabtu (06/8)

Denpasar, baliilu.com – Ratusan pecinta sepeda turut menyemarakkan bersepeda santai Smansa Fun Bike dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-62 SMAN 1 Denpasar tahun 2022, Sabtu (6/8) pagi.

Acara Smansa Fun Bike yang dimulai dari SMAN 1 Denpasar ini dibuka langsung Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana yang ditandai dengan pemotongan pita dan pengibaran bendera start. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dan Walikota Denpasar periode 2008 – 2021 yang juga merupakan alumni SMAN 1 Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, didampingi istri Ny. Selly Mantra, serta alumni dan siswa- siswi setempat.

Ketua panitia Smansa Fun Bike Nyoman Gede Naradhipa Abhiwardhana saat diwawancara mengatakan, kegiatan Smansa Fun Bike ini merupakan salah satu rangkaian dari berbagai kegiatan menjelang Hari Ulang Tahun ke-62 Smansa Denpasar yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2022 mendatang.

Lebih lanjut dikatakan Gede Naradhipa, adapun tema yang diangkat kali ini yaitu “Connect People, Concern Planet, and Create Prostperity”. “Dan rute yang kami lewati dalam Smansa Fun Bike kali ini dimulai dari Smansa Denpasar (Jl. Kamboja), Jalan Hayam Wuruk menuju Bundaran Renon, Jalan Raya Puputan, Jalan Dewi Sartika, Jalan Diponegoro, Jalan Hassanudin, Jalan Udayana, Jalan Veteran, Jalan Patimura, lalu kembali ke Jalan Kamboja,” ujarnya.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya acara ini dapat mempererat tali persaudaraan baik itu antar siswa maupun alumni yang telah lulus. Selain itu mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi maka kami harapkan dengan dilaksanakannya fun bike ini dapat meningkatkan imun sehingga kami semua terbebas dari penyebaran virus Covid-19”, pungkas Gede Naradhipa.

Baca Juga  Walikota Jaya Negara “Launching” Tiga Inovasi Berbasis Digital

Sementara Sekretaris Daerah Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengucapkan selamat ulang tahun kepada SMAN 1 Denpasar. “Kami berharap di ulang tahun yang ke-62 SMAN 1 Denpasar ini kedepannya semakin maju dan dapat membimbing siswa sehingga menjadi anak yang kreatif baik dibidang akademik maupun non akademik,” pungkas Alit Wiradana. (eka/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan

OLAHRAGA

Momentum IPSI Bali Reborn, Wabup Suiasa Kukuhkan Perguruan Pencak Silat Anggota IPSI Bali

Published

on

By

Wabup Badung I Ketut Suiasa selaku Ketua Umum Pengprov IPSI Bali mengukuhkan Perguruan Pencak Silat Anggota IPSI Bali di Ruang Pertemuan Kertha Gosana, Puspem Badung, Sabtu (1/10). (Foto:Ist)

Badung baliilu.com – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Bali membuat sejarah baru, untuk pertama kalinya di Bali bahkan di Indonesia mengukuhkan Perguruan Pencak Silat Anggota IPSI Bali. Pengukuhan ini sebagai momentum IPSI Bali Reborn, lahirnya kembali IPSI Bali guna mempererat persaudaraan di bawah IPSI Bali dan PB IPSI Pusat. Pengukuhan perguruan pencak silat anggota IPSI Bali dilakukan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa selaku Ketua Umum Pengprov IPSI Bali, bertempat di Ruang Pertemuan Kertha Gosana, Puspem Badung, Sabtu (1/10).

Acara pengukuhan dihadiri Sekjen PB IPSI Teddy Suratmadji, Anggota DPRD Badung Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, Ketua Perguruan Pencak Silat se-Provinsi Bali, Pengurus IPSI Bali dan Kabupaten/Kota serta anggota perguruan yang dikukuhkan.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum IPSI Bali Nomor: SKEP-09 sampai dengan 20/X/2022, ada 11 Perguruan Pencak Silat yang dikukuhkan, diantaranya; Perguruan Seni Pencak Silat Bakti Negara, Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri, Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa, PP. Suro, Perguruan Pencak Silat Tujuh Sari sebagai anggota khusus IPSI Bali. Pencak Silat Tenaga Dasar Indonesia, Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia, Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih, Silat Bali Kuno Perguruan Seruling Dewata, Perguruan Pencak Silat Nahdlatul Ulama sebagai anggota biasa IPSI Bali.

Wabup Suiasa selaku Ketua Umum IPSI Bali menyampaikan bahwa acara pengukuhan ini sebagai bentuk ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan organisasi IPSI Pusat.

“Kita keluarga besar IPSI Bali membuat sesuatu yang monumental baik di Bali bahkan Nasional, karena sepanjang perjalanan IPSI pertama kalinya melakukan pengukuhan terhadap perguruan yang menjadi anggota IPSI Bali,” ungkapnya.

Baca Juga  Walikota IGN Jaya Negara Lepas Calon Jemaah Haji Kota Denpasar

Suiasa berharap, melalui pengukuhan ini kedudukan, peran dari perguruan di rumah besar IPSI Bali telah diakui secara de jure dan de facto. Jadi perguruan yang menjadi anggota IPSI harus terdaftar secara resmi dan mendapat pengakuan, ditetapkan dengan surat keputusan serta diberikan sertifikat pengukuhan.

“Memang semestinya dikukuhkan dan bersatu menjadi satu ke rumah besar IPSI. Dengan pengukuhan ini kita akan perkuat hubungan batiniah dan lahiriah antar perguruan di Bali dengan rumah besarnya IPSI. Untuk itu harus bersatu padu, tidak boleh menjalankan egoisme perguruan masing-masing,” tegasnya.

Suiasa menambahkan, pengukuhan hari ini dipilih karena bertepatan dengan momentum hari bersejarah di Indonesia, yakni Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober. “Hari ini IPSI Bali reborn. Lahir kembali dengan pengukuhan perguruan anggota IPSI Bali yang memperkuat persaudaraan di bawah IPSI Bali. Kita satu tujuan, satu haluan, dan satu visi-misi IPSI dalam mempertahankan seni budaya leluhur dan membangun kebersamaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekjen PB IPSI Teddy Suratmadji menyampaikan apresiasi dan juga selamat atas Pengukuhan Perguruan Anggota IPSI Bali. Menurutnya pengukuhan perguruan anggota IPSI ini hanya ada di Bali. “Jadi saya kira ini bukan reborn di Bali saja, akan tetapi reborn di Indonesia. Dengan reborn ini, maka semuanya bangkit,” ungkapnya. Ia menambahkan, pencak silat sudah terkenal di dunia, bahkan sudah ada di 70 negara. “Silat sudah diakui sebagai heritage, peninggalan budaya tak benda yang berasal dari Indonesia,” tandasnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Wagub Cok Ace Apresiasi Bali Dipilih Jadi Tuan Rumah ANOC World Beach Games 2023

Published

on

By

wagub cok ace
Sekretaris Jenderal ANOC Indonesia Harry Warganegara menyematkan pin kepada Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok. Oka Sukawati bertempat di Ruang Tamu Wakil Gubernur Bali, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (Soma Kliwon Wayang), 26 September 2022. (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok. Oka Sukawati menerima perwakilan Associate of National Olympic Committee (ANOC) yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal ANOC Indonesia Harry Warganegara bertempat di Ruang Tamu Wakil Gubernur Bali, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (Soma Kliwon Wayang), 26 September 2022.

Wakil Gubernur yang juga merupakan Ketua PHRI Bali itu mengapresiasi terpilihnya Bali sebagai tuan rumah penyelenggaraan ANOC World Beach Games tahun 2023. Menurutnya ini sebuah kebanggaan untuk Bali karena untuk kesekian kalinya dipercaya sebagai tuan rumah event internasional.

Selain itu, penyelenggaraan event internasional menurutnya sebagai sebuah stimulus agar Bali semakin dikenal aman oleh masyarakat internasional, terlebih setelah pandemi Covid-19 yang melanda dunia dua tahun terakhir. “Bali yang sektor ekonominya bertumpu pada sektor pariwisata sebagai sektor utama sangat merasakan dampak pandemi tersebut. Selama dua tahun kami benar-benar mati suri, berkat perhelatan internasional di Bali membuat proses kami bangkit lebih cepat,” ujarnya pada kesempatan pagi itu.

Tokoh Puri Ubud itu juga menyampaikan agar panitia ANOC bekerja sama dengan masyarakat dan organisasi lokal serta dengan siswa dan mahasiswa di Bali. Ia menambahkan masyarakat sudah familiar dengan even seperti ini, sehingga tidak perlu banyak mengajari mereka. “Mereka sangat suportif dan adaptif dan yang terpenting, mereka akan selalu mendukung setiap perhelatan yang diselenggarakan di Bali,” imbuhnya. Akhir kata Wagub pun berharap agar perhelatan tersebut akan berjalan tanpa hambatan berarti di Bali, serta bisa memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi panitia, atlet, maupun bagi masyarakat Bali.

Sebelumnya Harry Warganegara menyatakan jika ANOC World Beach Games 2023 akan diselenggarakan pada 5-12 Agustus 2023, setelahnya diikuti dengan Sidang Umum ANOC pada tanggal 13-15 Agustus, setelah ditetapkan pada Sidang Umum ANOC tahun 2021 di Qatar. Perhelatan tersebut rencananya akan diadakan di beberapa pantai di Bali seperti di wilayah Nusa Dua, Kuta, Jimbaran maupun Sanur.

Baca Juga  Kota Denpasar Masuk Nominasi Penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana

Ia pun melanjutkan sekitar 1.500 atlet dari 100 negara akan berkompetisi pada acara tersebut. Jumlah itu menurutnya belum termasuk petugas yang akan datang. Harry Warganegara memperkirakan para atlet dan petugas tidak akan datang sendiri, namun kemungkinan besar mengajak keluarga bahkan supporter, sehingga bisa dibayangkan pada kesempatan tersebut Bali akan sibuk lagi. Selain itu, pihaknya juga mengaku akan menyiapkan program tambahan seperti berbelanja ke sentra-sentra UMKM di Bali. “Untuk itu ia pun berharap Pemprov Bali bisa memberikan rujukan sentra-sentra yang bisa dikunjungi,” imbuhnya.

Di bagian lain, pihak ANOC juga berharap koordinasi dan kooperasi yang baik bisa terjalin ke depan dengan stakeholder, seperti unsur pemerintah, RS Rujukan hingga sekolah maupun universitas demi kebutuhan relawan. “Karena tanpa dukungan banyak pihak terutama Pemprov Bali saya yakin acara ini tidak bisa berjalan dengan baik. Apalagi panitia internasional mengaku sudah sangat cinta Bali dan enggan meninggalkan Bali,” tandasnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Bupati Tabanan Buka Secara Resmi Kejurnas Livoli Divisi I di Gor Debes

Published

on

By

Bola Voli
Bupati Tabanan saat membuka secara resmi Kejurnas Livoli Divisi I di Gor Debes, Minggu (25/9). (Foto : Ist)

Tabanan, baliilu.com – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi Satu Tahun 2022 yang diikuti oleh 42 tim atau Klub Putra dan Putri dari 15 Provinsi di seluruh Indonesia, dibuka secara langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., di Gor Debes Tabanan, Minggu, (25/9) sore.

Ditunjuknya Tabanan sebagai tuan rumah pagelaran Livoli Divisi I tentu membawa angin segar bagi olah raga di Tabanan khususnya bola voli. Untuk itu, Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi dan menyambut gembira Kejurnas Livoli ini. Tidak lupa juga sambutan hangat dan ucapan selamat datang disampaikan orang nomor satu di Tabanan kepada seluruh peserta.

Pembukaan kejuaraan antarklub Bola Voli Divisi Satu ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Bali, Ketua PBVSI Pusat, Ketua Koni dan Ketua PBVSI Bali, Ketua dan beberapa anggota DPRD Tabanan, jajaran Forkopimda Tabanan, Sekda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua Koni dan Ketua PBVSI Tabanan serta peserta Livoli Divisi I.

“Voli merupakan salah satu olah raga yang populer di kalangan masyarakat. Permainan ini bisa dengan mudah kita temukan hingga ke desa-desa di pelosok Tabanan. Selain sebagai penyalur hobi dan kegemaran, permainan ini juga sangat efektif untuk memupuk rasa kebersamaan, persatuan, dan persaudaraan,” imbuh Sanjaya dalam sambutannya saat itu.

Untuk itu, ia sangat meyakini bahwa olah raga ini akan selalu berkembang dan meningkat kualitasnya dari waktu ke waktu. Dengan itu diharapkan juga kondisi ini mampu mempercepat pencapaian visi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM) khususnya pencapaian misi kedua, yaitu membangun masyarakat Tabanan yang memiliki kemampuan dan berdaya saing tinggi di segala bidang kehidupan.

Baca Juga  May Day Kota Denpasar Berlangsung Meriah dan Tertib

Terlebih, bola voli juga merupakan salah satu cabang prestasi, Bupati Sanjaya berharap pengembangan dan pembinaan atletnya terukur dan dilakukan secara terencana, sistematis, terpadu dan berjenjang disertai dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang olah raga. Diharapkan juga dapat menjadi ajang untuk menjaring bibit-bibit potensial untuk dijadikan atlit bola voli yang berkualitas bagi Indonesia.

Sanjaya juga sangat berharap, kejuaraan ini mampu meningkatkan perekonomian di Kabupaten Tabanan. Untuk itu, Sanjaya sangat menginginkan bukan hanya voli, namun olah raga lainnya di tingkat nasional maupun daerah juga bisa digelar di Tabanan, sehingga berdampak pada perekonomian di Kabupaten Tabanan.

Selaku Ketua Panitia Pelaksana, Gede Made Anom Putra mengatakan, Livoli Divisi I ini diikuti oleh 42 klub yang terdiri dari 23 Klub Putra dan 19 Klub Putri dari 15 Provinsi di Indonesia, yakni Provinsi Bali, Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, Kepri, Jabar, Jatim, Jateng, DKI, Banten, DIY, Kalimantan Timur, NTB dan NTT.

Adapun Provinsi Bali diikuti oleh 6 klub, terdiri dari 3 klub putra, yaitu Manik, Kris Badung, Bimantara dan 3 klub putri, yaitu Jimbarwana, Kris Badung serta SDC Denpasar. Di mana pelaksanaan dilangsungkan dari 25 September 2022 sampai 2 Oktober 2022, dengan waktu pelaksanaan dari jam 09.00 Wita sampai selesai. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca