Thursday, 18 July 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Terima Eks Pemain Gelora Dewata, Gubernur Koster Janji Hidupkan lagi Piala Gubernur Bali

BALIILU Tayang

:

de
GUBERNUR KOSTER: Menerima audiensi mantan pemain Gelora Dewata di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar pada Selasa (28/1). (Foto:Ist)

Denpasar, baliilu.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengapresiasi rencana reuni akbar tim sepak bola legendaris Bali Gelora Dewata ’89 yang akan mengadakan laga reuni di Stadion Ngurah Rai, Denpasar pada 8 Februari mendatang.

“Saya senang sekali mendengar rencana ini, karena saya tahu tim ini dulu sangat terkenal dan punya prestasi membanggakan untuk Bali. Jadi saya dukung penuh,” kata Gubernur Koster saat menerima audiensi mantan pemain Gelora Dewata di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar pada Selasa (28/1).

Gubernur Koster menganggap nama besar Gelora Dewata akan selalu tercatat dalam memori pecinta sepak bola di Pulau Dewata, khususnya generasi sebelumnya. “Masyarakat Bali tentu mengingat kita dulu pernah mempunyai tim yang punya prestasi bagus, dan juga menyumbangkan banyak pemain lokal Bali yang mampu menjadi pemain nasional. Semangat ini harus digali kembali,” kata Alumnus ITB Bandung itu.

Gubernur Koster juga berjanji akan menghidupkan lagi ajang Piala Gubernur Bali yang sudah vakum nyaris 25 tahun lamanya. “Harus dibangkitkan lagi untuk mencetak bibit-bibit pemain lokal Bali seperti dulu, agar makin banyak yang berkiprah di pentas nasional,” serunya.

Sementara itu, para pemain ‘lawas’ yang hadir dalam audiensi tersebut mengaku bersyukur Gubernur Koster memberikan dukungan penuh terhadap reuni para pemain eks tim jebolan kompetisi Galatama tersebut.

“Agenda ini akan dimeriahkan oleh puluhan mantan pesepak bola era 1990-an. Agenda ini begitu ditunggu-tunggu oleh para mantan punggawa Gelora Dewata. Hal ini ditunjukkan dengan bakal hadirnya mayoritas pemain dari luar Pulau Bali. Bahkan pemain asing yang berdomisili di Australia. Hampir semua mantan pemain mau berpartisipasi karena inilah reuni pertama setelah sekian lama,” kata Kadek Swartama, mantan kapten tim Gelora Dewata mewakili rekan-rekan lainnya seperti IB Mahayasa, Komang Adnyana dan Wayan Sukadana.

Tercatat ada 65 pemain yang memastikan bakal hadir. Sebanyak 18 di antaranya berasal dari wilayah Pulau Bali, sementara puluhan nama lain kini sudah terpencar ke penjuru Tanah Air. Para pemain asal Bali yang hadir antara lain Kadek Swartama, Ida Bagus Mahayasa, Komang Adnyana, Wayan Suyadnya, Wayan Kana, Darma Putra, Alit Supartana, dan Wayan Sukadana.  Sementara nama-nama nasional mulai Erick Ibrahim, Freddy Muli, Jamal Yastro, Nus Yadera, Ari Kurniawan, Jasman Harun, Irfan Syamsudin, Yusrifar Jafar, Didik Jambrong, dan masih banyak lagi juga mengonfirmasi kehadirannya.

Dalam reuni nanti, Gelora Dewata 89 akan menggelar laga persahabatan melawan tim Siwo PWI Bali serta Putra Renon. Selain itu juga akan diadakan coaching clinic yang mengundang puluhan sekolah sepak bola (SSB) se-Bali.  Gelora Dewata sendiri merupakan klub asal Bali pertama yang menjejak level elite di kancah sepak bola Indonesia. Pencapaian terbaik mereka adalah juara Piala Galatama 1993 sekaligus mendapatkan tiket ke Piala Winners Asia 1994. (*/balu1)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

Walikota Jaya Negara Buka Turnamen Futsal Kusuma Praja Cup VIII

Published

on

By

Kusuma Praja Cup
BUKA TURNAMEN FUTSAL: Walikota Denpasar IGN Jaya Negara saat membuka Turnamen Futsal Kusuma Praja Cup VIII yang digelar Karang Taruna Kusuma Praja Desa Padangsambian Klod, ditandai dengan penendangan bola pertama, Kamis (18/7) di My Stadium Futsal Arena. (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Walikota Denpasar IGN Jaya Negara membuka Turnamen Futsal Kusuma Praja Cup VIII yang digelar Karang Taruna Kusuma Praja Desa Padangsambian Klod, ditandai dengan penendangan bola pertama, Kamis (18/7) di My Stadium Futsal Arena.

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut Perbekel Desa Padangsambian Klod, I Gede Wijaya Saputra, serta aparat desa setempat.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengapresiasi segala bentuk kegiatan positif yang dilakukan pemuda di Kota Denpasar. “Saya atas nama Pemerintah Kota Denpasar, mengucapkan terima kasih, dan apresiasi kepada Karang Taruna Kusuma Praja yang telah melaksanakan turnamen futsal, sehingga membawa dampak yang positif bagi pembangunan di Kota Denpasar,” ujarnya.

Ditambahkan pula, tujuan utama dari turnamen ini untuk mempromosikan gaya hidup sehat, membangun komunitas yang solid, serta menyediakan platform untuk mengekspresikan bakat dan keterampilan dalam olahraga.

“Dan tak hanya futsal, kegiatan apapun yang dilakukan oleh pemuda di Kota Denpasar selama itu membawa dampak yang positif, kami akan selalu mendukung,” kata Walikota Jaya Negara.

Ketua Panitia I Made Dwijanata dalam laporannya mengatakan, turnamen Futsal Kusuma Praja Cup ini merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Karang Taruna Kusuma Praja Desa Padangsambian Klod, dan kali ini merupakan pergelaran yang ke-8 kalinya.

Adapun dalam turnamen tahun ini diikuti sebanyak 14 tim dari seluruh perwakilan dusun se-Padangsambian Klod, 1 tim dari perangkat Desa Padangsambian Klod, dengan memperebutkan juara I, II, dan III.

“Tentu kami mengucapkan banyak terima kasih atas apresiasi dari bapak Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara serta jajaran Pemkot Denpasar. Dan kami berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga dapat memberikan kegiatan positif bagi generasi muda serta melahirkan bibit-bibit atlet yang berkompeten,” pungkas Dwijanata. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Polri Gelar Kejuaraan Badminton Kapolri Cup 2024, Upaya Asah Bibit Muda

Published

on

By

badminton kapolri cup
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Kamis (18/7/2024) saat memberikan keterangan terkait Kejuaraan Badminton Kapolri Cup 2024. (Foto: humas.polri.go.id)

Jakarta, baliilu.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berkolaborasi bersama Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) menggelar Kapolri Cup Badminton Championship 2024 pada 22-27 Juli 2024 mendatang. Kejuaraan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78.

Kejuaraan badminton yang diadakan di Gedung Olahraga Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur ini, diikuti oleh anggota Polri dan masyarakat umum. Berbagai kategori dipertandingkan dalam kejuaraan ini.

“Di mana Polri dalam rangka merayakan hari lahirnya mengadakan berbagai rangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat umum, salah satunya adalah pertandingan olahraga bulu tangkis,” ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Kamis (18/7/2024), dikutip dari humas.polri.go.id.

Trunoyudo menyebut kejuaraan kali ini merupakan bagian dari pembinaan olahraga yang berkelanjutan. Hal ini menjadi tolak ukur ketercapaian prestasi suatu bangsa.

Lebih lanjut, Trunoyudo mengatakan kejuaraan ini menjadi langkah awal mengasah bakat agar para peserta dapat meraih prestasi di level yang lebih tinggi di masa depan. Tak hanya itu, diharapkan dari kejuaraan ini terjaring bibit dari generasi muda yang akan menjadi generasi emas pada 2045 mendatang.

“Dengan pertandingan olahraga yang diselenggarakan dapat membatu menjapai tujuan untuk menyiapkan talenta-talenta muda agar terus berkembangnya potensi prestasi serta industri olahraga hingga ke pelosok-pelosok negeri,” ucapnya.

Adapun kejuaraan Kapolri Cup Badminton Championship diikuti oleh berbagai rentang usia dan kategori. Diantaranya peserta umum sebanyak 480 peserta U-15, U-17 dan U-19 dan Polri sebanyak 64 regu dari satker Mabes Polri dan jajaran.

Sementara itu Wasekjen PP PBSI Sukarno, mengatakan sejauh ini pendaftar umum mencapai 1.212 atlet. Namun hanya 32 peserta yang akan bertanding di tiap kelompok umur.

32 peserta itu diambil dari ranking 32 tertinggi. Kendati demikian tak menutup yang berada di rangking diatas 32 bisa mengikuti kejuaraan ini.

“Tetapi karena PP PBSI setelah melakukan diskusi dengan panitia dari Mabes Polri kita hanya menentukan 1 sampai 32, size drawnya 32. Sehingga yang bertanding nanti adalah mereka yang memiliki rangking nasional yang tertinggi 32,”.

“Misalnya 1 sampai 32 ikut semua, maka 33 tidak bisa ikut. Tapi dalam prakteknya dari ranking 1-32 ikut, sehingga ranking berikutnya akan masuk yang tadinya sebagai cadangan, masuk menjadi 1-32 itu. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Piala Presiden 2024 Siap Digelar

Published

on

By

piala presiden
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir. (Foto: pssi.org)

Jakarta, baliilu.com – Piala Presiden 2024 siap bergulir pada 19 Juli di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat. Ajang pramusim paling bergengsi sepak bola Indonesia akan memperebutkan hadiah Rp 5 miliar sebagai pemenang.

Piala Presiden tahun ini, jadi gelaran keenam sejak pertama kali bergulir pada 2015 lalu. Di mana pada edisi perdana, Persib Bandung mencatatkan sejarah keluar sebagai juara.

Pada edisi Piala Presiden berikutnya, Arema FC tiga kali keluar sebagai juara. Yaitu masing-masing pada 2017, 2019, dan 2022. Sementara di edisi 2018, Persija Jakarta keluar sebagai pemenang.

Pada Piala Presiden 2024, hadiah tim yang keluar sebagai juara di ganjar uang hadiah lebih besar dibandingkan pada edisi-edisi sebelumnya. Di mana pun pemenang akan mendapatkan uang hadiah Rp 5 miliar.

“Pembukaan di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 19 Juli 2024. Insya Allah bapak Presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini juga memperbaiki animo masyarakat yang sekarang menunggu ada perbaikan di liga,” ungkap Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, dikutip dari pssi.org.

“Panitia penyelenggara (Sterring Committee) Piala Presiden di bawah pak Maruarar Sirait sudah mengumpulkan dana besar. Hadiahnya Rp 5 M juara satu,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait, mengatakan dirinya sudah melaporkan roadmap Piala Presiden 2024 kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, pria yang akrab disapa Ara tersebut sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholders terkait. Khususnya perihal keamanan dari TNI dan Polri, menemui Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

“Piala Presiden adalah role model dalam transparansi. Nanti tidak ada uang negara. Baik itu dari BUMN, APBN maupun juga dari APBD. Tetapi semuanya dari sponsor. Dari swasta murni karena kita ingin membangun industri olahraga,” ungkap Maruarar Sirait.

Maruarar Sirait yang sebelumnya tercatat sebagai Ketua SC Piala Presiden 2015, 2017, 2018, dan 2019 menegaskan, hadiah sebesar Rp 5 miliar untuk klub pemenang bisa didapat karena pergelaran Piala Presiden selalu mengedepankan transpransi. Seperti di event Piala Presiden sebelumnya, untuk kali ini Ara kembali menggandeng PricewaterhouseCoopers (PwC) untuk mengaudit perputaran uang yang terjadi di ajang pramusim tersebut.

“Nanti Piala Presiden 2024 juga akan kembali di audit. Di mana selama ini juga diaudit oleh PwC (PricewaterhouseCoopers) yang memang sangat kredibel. Kelasnya juga internasional sehingga Indonesia juga akan makin dipercaya oleh dunia dalam bidang olahraga,” tutupnya.

Piala Presiden 2024 diikuti 8 tim Liga 1. Delapan tim dibagi ke dalam 2 grup. Masing-masing grup berisi 4 tim.

Emtek dipercaya sebagai official broadcaster. Piala Presiden 2024 bisa disaksikan secara langsung di Indosiar dan Vidio.com. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca