Tuesday, 5 March 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Terima Eks Pemain Gelora Dewata, Gubernur Koster Janji Hidupkan lagi Piala Gubernur Bali

BALIILU Tayang

:

de
GUBERNUR KOSTER: Menerima audiensi mantan pemain Gelora Dewata di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar pada Selasa (28/1). (Foto:Ist)

Denpasar, baliilu.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengapresiasi rencana reuni akbar tim sepak bola legendaris Bali Gelora Dewata ’89 yang akan mengadakan laga reuni di Stadion Ngurah Rai, Denpasar pada 8 Februari mendatang.

“Saya senang sekali mendengar rencana ini, karena saya tahu tim ini dulu sangat terkenal dan punya prestasi membanggakan untuk Bali. Jadi saya dukung penuh,” kata Gubernur Koster saat menerima audiensi mantan pemain Gelora Dewata di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar pada Selasa (28/1).

Gubernur Koster menganggap nama besar Gelora Dewata akan selalu tercatat dalam memori pecinta sepak bola di Pulau Dewata, khususnya generasi sebelumnya. “Masyarakat Bali tentu mengingat kita dulu pernah mempunyai tim yang punya prestasi bagus, dan juga menyumbangkan banyak pemain lokal Bali yang mampu menjadi pemain nasional. Semangat ini harus digali kembali,” kata Alumnus ITB Bandung itu.

Gubernur Koster juga berjanji akan menghidupkan lagi ajang Piala Gubernur Bali yang sudah vakum nyaris 25 tahun lamanya. “Harus dibangkitkan lagi untuk mencetak bibit-bibit pemain lokal Bali seperti dulu, agar makin banyak yang berkiprah di pentas nasional,” serunya.

Sementara itu, para pemain ‘lawas’ yang hadir dalam audiensi tersebut mengaku bersyukur Gubernur Koster memberikan dukungan penuh terhadap reuni para pemain eks tim jebolan kompetisi Galatama tersebut.

“Agenda ini akan dimeriahkan oleh puluhan mantan pesepak bola era 1990-an. Agenda ini begitu ditunggu-tunggu oleh para mantan punggawa Gelora Dewata. Hal ini ditunjukkan dengan bakal hadirnya mayoritas pemain dari luar Pulau Bali. Bahkan pemain asing yang berdomisili di Australia. Hampir semua mantan pemain mau berpartisipasi karena inilah reuni pertama setelah sekian lama,” kata Kadek Swartama, mantan kapten tim Gelora Dewata mewakili rekan-rekan lainnya seperti IB Mahayasa, Komang Adnyana dan Wayan Sukadana.

Tercatat ada 65 pemain yang memastikan bakal hadir. Sebanyak 18 di antaranya berasal dari wilayah Pulau Bali, sementara puluhan nama lain kini sudah terpencar ke penjuru Tanah Air. Para pemain asal Bali yang hadir antara lain Kadek Swartama, Ida Bagus Mahayasa, Komang Adnyana, Wayan Suyadnya, Wayan Kana, Darma Putra, Alit Supartana, dan Wayan Sukadana.  Sementara nama-nama nasional mulai Erick Ibrahim, Freddy Muli, Jamal Yastro, Nus Yadera, Ari Kurniawan, Jasman Harun, Irfan Syamsudin, Yusrifar Jafar, Didik Jambrong, dan masih banyak lagi juga mengonfirmasi kehadirannya.

Dalam reuni nanti, Gelora Dewata 89 akan menggelar laga persahabatan melawan tim Siwo PWI Bali serta Putra Renon. Selain itu juga akan diadakan coaching clinic yang mengundang puluhan sekolah sepak bola (SSB) se-Bali.  Gelora Dewata sendiri merupakan klub asal Bali pertama yang menjejak level elite di kancah sepak bola Indonesia. Pencapaian terbaik mereka adalah juara Piala Galatama 1993 sekaligus mendapatkan tiket ke Piala Winners Asia 1994. (*/balu1)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

PSSI Gelar Kursus dan Seleksi Wasit Lisensi C1

Published

on

By

kursus wasit pssi
SELEKSI WASIT: Seleksi dan kursus untuk wasit lisensi C1 tanpa dipungut biaya berlangsung di Bogor, Sabtu (2/3). (Foto: Hms pssi.org)

Bogor, Jabar, baliilu.com – Seusai menggelar kursus penilai wasit dengan menggunakan sistem refer, Departemen Perwasitan PSSI melakukan terobosan lain, yakni seleksi dan kursus untuk wasit lisensi C1 tanpa dipungut biaya. Kegiatan ini berlangsung di Bogor, Sabtu (2/3).

Kursus hari pertama mulai dengan melakukan seleksi tes fitnes di pagi hari. Di sesi ini, anggota Komite Eksekutif Rudi Yulianto hadir memantau kegiatan. Kemudian di siang harinya ada pemberian materi.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut, di sesi pemberian materi teori siang hari, setelah seleksi fitness test di lapangan pagi hari.

“Terobosan kali ini dari perwasitan PSSI, tentunya atas arahan dan visi dari Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir untuk bertransformasi menuju PSSI yang lebih maju dan lebih efektif serta efisien dalam menjalankan program,” kata Tisha.

Kali ini kursus wasit lisensi C1 PSSI dilakukan secara terpusat oleh PSSI. Dalam satu tahun ini, C1 akan digelar dalam dua kelompok, yakni Maret dan Oktober.

“Pesertanya harus melewati seleksi yang ketat dan datang dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI,” imbuh Tisha.

Kandidat peserta dari C1 yang dimaksud adalah peserta atau wasit yang telah lulus lisensi C2 dan telah bertugas selama satu tahun lima bulan serta lolos seleksi tes fitnes yang dilaksanakan oleh Asprov. “Kemudian mereka datang ke Jakarta, melakukan pra seleksi dengan menggunakan FIFA fitness test kategori dua yang merupakan kategori untuk top level referee. Baru mereka berhasil mengikuti kursus,” bebernya.

Dari seleksi wasit lisensi C1 hari ini ada 35 peserta, di mana 24 peserta lulus FIFA tes fitnes kategori dua, dan dua di antaranya adalah wasit putri.

“Ini merupakan suatu kebanggaan karena C1 ini dipimpin langsung oleh instrukur FIFA dan kami mengedepankan kualitas nomor satu. Artinya, kursus ini tidak dipungut biaya, akan tetapi hanya melalui benar-benar seleksi yang ketat untuk mengedepankan kualitas,” sebut Tisha.

Adapun instruktur FIFA yang dimaksud ini adalah Subkhiddin Mohd Salleh, dibantu oleh Purwanto dan Jimmy Napitupulu, serta Pratap Singh.

Terakhir, mantan Sekretaris Jenderal PSSI itu berharap dengan konsep ini, ke depannya akan melahirkan wasit-wasit muda, termasuk wasit-wasit putri yang bisa mendongkrak jumlah wasit berkualitas dan bersaing di level Internasional.

Seleksi dan kursus ini akan berakhir pada 8 Maret 2024. Daftar nama peserta kursus yang lolos lisensi C1: 1. Nova Widianto – Asprov Kalimantan Selatan; 2. Al Hakan Jazmi – Asprov Nanggroe Aceh Darussalam; 3. Yuzadi – Asprov Sumatera Barat; 4. Rahul Aquino – Asprov Sumatera Barat; 5. Ali Muakhir – Asprov Jawa Tengah; 6. Sholidin Usman – Asprov Jawa Tengah; 7. Gilang Ramadhan – Asprov Jawa Timur; 8. Agus Subandri – Asprov Jawa Timur; 9. Abdul Nafi’ – Asprov Jawa Timur; 10. Eka Nurul Permatasari – Asprov Jawa Timur; 11. Ahmad Rizal – Asprov Jawa Timur; 12. Muslimin – Asprov Jawa Timur; 13. Raden Samba – Asprov Jawa Timur; 14. Muhammad Ismail – Asprov Jawa Timur; 15. Tri Guntoro Adi Saputro – Asprov Jawa Timur; 16. Nanda Hermawan – Asprov Sumatera Utara; 17. Kartiwa – Asprov Jawa Barat; 18. Yazid Zamzami – Asprov Jawa Barat; 19. Alidza Adburrahman – Asprov Jawa Barat; 20. Aedil Fitriansyah – Asprov Kalimantan Timur; 21. Mellenia Dinda Saputri – Asprov Jawa Timur; 22. Ardi Nurfauzi – Asprov Jawa Timur; 23. M. Arsyan Septiawan A – Asprov Jawa Timur; 24. Yudi Setiawan – Asprov Jawa Timur. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Wawali Arya Wibawa Buka Turnamen Futsal Desa Tegal Kertha

Published

on

By

Turnamen Futsal Tegal Kertha
BUKA TURNAMEN: Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa membuka secara resmi Turnamen Futsal Tegal Kertha Cup 2024 yang digelar Desa Tegal Kertha di Nusantara Futsal, Minggu (3/3). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa membuka secara resmi Turnamen Futsal Tegal Kertha Cup 2024 yang digelar Desa Tegal Kertha di Nusantara Futsal, Minggu (3/3). Turnamen Futsal yang digelar serangkaian menyambut HUT ke-236 Kota Denpasar dan HUT ke-34 Desa Tegal Kertha ini berlangsung meriah dengan diikuti 8 tim.

Perbekel Desa Tegal Kertha, I Putu Trisnajaya mengatakan, turnamen futsal ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-236 Kota Denpasar serta HUT ke-34  Desa Tegal Kertha. Sehingga pelaksanaannya selain berkompetisi, juga menjadi wahana silaturahmi serta mempererat persaudaraan.

Lebih lanjut dikatakannya, adapun peserta dari turnamen ini diikuti sebanyak 8 tim yang merupakan perwakilan dusun se-Desa Tegal Kertha. Nantinya, dari lomba ini akan memperebutkan juara I, juara II, juara III dan harapan I, serta top score untuk perorangan.

“Tentu kami berharap pelaksanaan ini dapat terus dilaksanakan sehingga dapat meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan antar-dusun di Desa Tegal Kertha,” kata Putu Trisnajaya.

Pihaknya juga memberikan bantuan alat tulis sekolah bagi anak penerima manfaat sebanyak 65 orang dan penyerahan sembako kepada petugas kebersihan sebanyak 17 orang. Hal ini sebagai bentuk tali kasih dan kepedulian Desa Tegal Kertha terhadap penerima manfaat.

“Ini bentuk perhatian kita terhadap masyarakat dalam hal ini anak penerima manfaat dan petugas kebersihan yang selalu menjaga kebersihan di desa kami,” ujarnya.

Sementara, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi kegiatan turnamen futsal yang digelar oleh Desa Tegal Kertha ini. Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada Desa Tegal Kertha yang merayakan HUT ke-34. Sehingga diharapkan terus bersinergi dalam pembangunan dalam mewujudkan inovasi berkemanfaatan dan kemajuan Kota Denpasar, khususnya Desa Tegal Kertha.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Denpasar, turut mengapresiasi atas digelarnya Turnamen Futsal Desa Tegal Kertha. Tidak hanya futsal, kegiatan apapun yang dilakukan oleh masyarakat di Kota Denpasar selama itu membawa dampak yang positif, kami akan selalu mendukung,” pungkas Wawali Arya Wibawa usai membuka turnamen yang ditandai penendangan bola pertama. (eka/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Erik Stark dari Victory Team Juarai Sprint Race 2 F1Powerboat Danau Toba

Published

on

By

f1powerboat danau toba
Juara Sprint Race 2 F1Powerboat Danau Toba, Erik Stark dari Victory Team. (Foto: Dok. InJourney)

Toba, Sumatera Utara, baliilu.com – Hari pertama penyelenggaraan pertandingan olahraga air berskala internasional, F1Powerboat Danau Toba berlangsung sukses.

Keindahan Danau Toba pun menuai pujian dari para pembalap yang ikut berlaga dalam sprint race 2 pada Sabtu (2/3/2024).

Sprint Race 2 ini sendiri dijuarai oleh pembalap dari Victory Team, Erik Stark yang berhasil meraih 10 poin. Posisinya disusul pembalap dari Sharjah Team, Rusty Wyatt dengan 9 poin, dan posisi ketiga diraih pembalap dari China CTIC Team, Peter Morin dengan 8 poin.

Raimondo Di San Germano, Director H2O Management menyampaikan terima kasih atas keramahan Indonesia dan juga penyelenggaraan F1Powerboat yang sangat baik. Ia meyakini akan lebih banyak orang yang datang ke Danau Toba. “Saya ingat F1Powerboat tahun lalu merupakan tahun pertama Indonesia menyelenggarakan ajang ini dan Indonesia menjadi penyelenggara terbaik untuk ajang ini.

“Tahun ini, kami kembali kesini dan kami jatuh cinta dengan Danau Toba. Danau Toba telah menjadi rumah kedua bagi kami,” kata Raimondo dalam konferensi pers yang digelar di Balige.

Para pembalap menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan F1Powerboat. “Luar biasa bisa kembali ke Danau Toba. Track di Danau Toba penuh tantangan dan diperlukan set up mesin dan kemampuan yang matang untuk menaklukan track ini. “Namun, saya sangat takjub dengan ramahnya masyarakat setempat dan penonton-penonton yang sangat antusias,” kata Bartek Marzalek, tim Stromoy Racing.

“Ini adalah race pertama saya di Indonesia, sehingga saya masih beradaptasi untuk memenangi lomba ini. Meski secara teknis sulit dan menantang, tapi saya sangat menyukai lintasan disini. Harus diakui bahwa track di sini sangat sulit dan menantang. Tapi apapun bisa terjadi di Danau Toba. Semoga besok saya bisa bermain dengan sebaik-baiknya,” kata Stefan Arand dari tim Binh Dinh, Vietnam.

Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholders terkait. Termasuk para pembalap dan masyarakat yang hadir sehingga F1Powerboat hari pertama bisa terselenggara dengan baik. Harapannya, kesuksesan penyelenggaraan F1Powerboat ini bisa memberikan multiplier effect yang luas.

Maya menjelaskan bahwa F1Powerboat tahun lalu memberikan dampak ekonomi hingga Rp. 1,68 triliun. Harapannya, dampak ekonomi penyelenggaraan tahun ini diharapkan bisa meningkat 10-20% dari sebelumnya.

“InJourney berkomitmen untuk terus mengembangkan destinasi pariwisata di Indonesia. Sebagai Holding BUMN aviasi dan pariwisata, kami memiliki ekosistem yang sangat besar untuk Indonesia. Namun, untuk membangun destinasi pariwisata kami membutuhkan concerted effort dengan kolaborasi berbagai pihak, pemerintah daerah, swasta, BUMN, dan ini merupakan salah satu kolaborasi luar biasa yang harus terus berkelanjutan,” kata Maya Watono.

Odo RM Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi berharap F1Powerboat Danau Toba bisa mencetak atlet-atlet para.

“Kami berharap para pembalap tidak hanya berkompetisi saja akan tetapi membantu mempromosikan Danau Toba dan menjadi bagian dari pengembangan destinasi pariwisata yang terus berkelanjutan,” tambah Odo.

F1Powerboat 2024 juga dimeriahkan oleh festival musik yang menghadirkan band papan atas. Pada hari pertama, ribuan pengunjung dihipnotis oleh penampilan Band Wali. Dengan membawakan sejumlah lagu, pengunjung antusias ikut bernyanyi band yang beranggotakan Faank, Apoy, Tommy, dan Ovie itu.

F1Powerboat Danau Toba berlangsung 2-3 Maret 2024. Hari ini merupakan hari kedua yang akan menampilkan ajang yang tak kalah seru. Para pembalap akan melakukan parade lap dan juga final race Grand Prix of Indonesia F1Powerboat.

Tak hanya itu, hari ini juga digelar pertandingan Solu Bolon yang diikuti oleh 8 kabupaten di Sumatra Utara. Band Radja dan ADA Band juga akan memeriahkan festival musik di hari kedua ini. (gs/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca