Sunday, 5 February 2023
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

UP3M FT Unud Gelar Workshop dan Pendampingan General Accreditation IABEE

BALIILU Tayang

:

FT Unud
UP3M Fakultas Teknik Universitas Udayana saat melaksanakan Workshop dan Pendampingan General Accreditation (GA) IABEE Fakultas Teknik Universitas Udayana bidang Teknik Mesin pada Kamis, 28 Juli 2022. (Foto : Ist)

Jimbaran, Badung, baliilu.com – UP3M Fakultas Teknik Universitas Udayana melaksanakan Workshop dan Pendampingan General Accreditation (GA) IABEE Fakultas Teknik Universitas Udayana bidang Teknik Mesin pada Kamis, 28 Juli 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang 2, Lantai 3 Dekanat Fakultas Teknik Kampus Bukit Jimbaran.

Kegiatan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Tim Taspos Program Studi (Prodi) Teknik Mesin, serta Koordinator Program Studi (Prodi) di lingkungan Fakultas Teknik. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber, Dr. Eko Surojo, ST., MT., dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

 Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua UP3M Fakultas Teknik Dr. Wayan Nata Septiadi, S.T., M.T., dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Teknik. Kegiatan diisi dengan sharing pengalaman Proses Akreditasi GA IABEE Teknik Mesin FT Universitas Sebelas Maret oleh Narasumber, Dr. Eko Surojo, S.T., M.T., dengan moderator Dosen Prodi Teknik Mesin, Ir. Ni Made Dwidiani, MA.Sc.

 Pemaparan dimulai dengan penyampaian tahapan review dan evaluasi IABEE, di mana Dr. Eko Surojo, S.T., M.T., selaku narasumber menyampaikan bahwa perbaikan-perbaikan masih dapat dilakukan sebelum dilakukan visitasi. Dalam materi sharing pengalaman ini, juga disampaikan beberapa catatan yang diperoleh setelah visitasi yang dilakukan secara online di Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknis UNS. Seperti alur prodi dalam penerapan kurikulum baru, Basic Science dan Matematika tidak bisa di-split dari mata kuliah lain, kriteria disiplin  yang memuat “capstone design” di mana pengajar perancangan harus memiliki sertifikat (sertifikasi profesi) atau pengalaman melakukan desain di bidang teknik mesin, seluruh dosen harus memahami bagaimana proses kurikulum disusun, serta pelaksanaan Plan, Do, Check, Act (PDCA) di level dosen, prodi, fakultas dan universitas. 

Baca Juga  Kenalkan FTP Pada Khalayak Luas, BEM FTP Unud Gelar FTP “Goes to School”

Dr. Eko Surojo, S.T., M.T,. selaku Narasumber mengungkapkan bahwa PDCA akan ditanyakan sehingga perlu diuraikan terkait penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) termasuk bukti-bukti kegiatan, pelaksanaan pembelajaran dari masing-masing dosen, serta evaluasi pembelajaran harus disiapkan seperti portofolio MK di mana yang dievaluasi adalah, nilai CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) yang diturunkan dari CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) Prodi.

 Selain sharing pengalaman, workshop dan pendampingan General Accreditation (GA) IABEE ini juga diisi dengan pembahasan ikhtisar Prodi Teknik Mesin Universitas Udayana dan kunjungan laboratorium. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan laboratorium, antara lain penanganan safety di masing-masing laboratorium, pengecekan kadaluwarsa APAR, kalibrasi alat dan calibration plan, pengenalan safety untuk mahasiswa S1, report accident yang pernah terjadi di dalam laboratorium pengecoran (dalam bentuk report secara tertulis) dan terdapat plan atau SOP sehingga tidak terjadi lagi yang sama, penataan posisi laboratorium, jadwal perawatan laboratorium, software berlisensi, logbook penggunaan alat, serta semua alat praktikum harus dapat beroperasi.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada moderator oleh Ketua UP3M Fakultas Teknis dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST., MA.Sc., Ph.D., sekaligus menutup acara. Pada penutupan acara disampaikan pentingnya acara ini dan diharapkan kedepannya akan dapat terus terjalin kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Udayana dan Universitas Sebelas Maret, khususnya Prodi Teknik Mesin. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1493-Workshop-Dan-Pendampingan-General-Accreditation-GA-IABEE-Fakultas-Teknik-Universitas-Udayana-Bidang-Teknik-Mesin-.html (gs/bi)

Advertisements
iklan natal dprd badung
Advertisements
dprd bali
Advertisements
dprd badung
Advertisements
walikota galungan kuningan
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
ucapan DPC PDI P Badung
Advertisements
imlek dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Bupati Sanjaya Hadiri Perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Vihara Dharma Catta

Published

on

By

sanjaya
Bupati Tabanan Komang Sanjaya saat menghadiri perayaan Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh 2574 di Vihara Dharma Catta/Kong Co Bio Tabanan. (Foto: ist)

Tabanan, baliilu.com – Sebagai salah satu daerah yang heterogen dengan berbagai macam perbedaan, sikap toleransi antarumat beragama merupakan salah satu sikap yang wajib diimplementasikan oleh setiap umat. Untuk itu, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, selaku Kepala Daerah selalu berupaya menjaga silaturahmi dengan berbagai umat guna menjaga keharmonisan di Kabupaten Tabanan. 

Seperti halnya kali ini, Minggu (5/2), Bupati Sanjaya didampingi, jajaran Forkopimda, anggota DPRD Tabanan, Sekda, para Asisten dan OPD terkait, menghadiri perayaan Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh 2574 di Vihara Dharma Catta/Kong Co Bio, Jln. Melati No.18 Tabanan. Turut hadir, Ketua FKUB dan Walubi Tabanan, Perbekel dan Bendesa Adat setempat, serta undangan lainnya, juga para umat yang hadir merayakan.

Dalam sambutannya saat itu, Bupati Sanjaya mengatakan perbedaan adalah sebuah keniscayaan dan juga sebagai anugerah. “Pelangi yang sangat indah karena adanya warna-warni yang berbeda. Demikian juga kehidupan sosial kita menjadi indah dan dinamis karena kita semua memiliki perbedaan. Indonesia juga demikian penuh warna-warni. Bung Karno dari dulu juga menyampaikan pesan yang sama, mari kita mencintai Indonesia dengan penuh warna-warni ini, begitu juga di Tabanan,” ucap Sanjaya. 

Di samping itu, Bupati Sanjaya juga sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain itu, Sanjaya menyatakan bahwa perbedaan ini patut disyukuri, adanya umat yang heterogen memberikan kebudayaan yang beragam pula di Kabupaten Tabanan. Untuk itu, Bupati Sanjaya meminta kepada seluruh umat di Tabanan agar selalu menjaga kerukunan dan keharmonisan tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama melalui akulturasi budaya dengan semangat kebhinekaan.

Bupati Sanjaya juga berharap agar harmonisasi ini bukan hanya slogan semata tetapi harus dijabarkan oleh seluruh umat di Tabanan. “Mari kita wujudkan secara nyata seperti saat ini. Tidak ada lagi suku, ras, agama, merasa ada perbedaan. Caranya adalah kerja bareng, kolaborasi membuat sebuah kegiatan yang diayomi oleh pemerintah daerah. Untuk itu mari kita selalu implementasikan hal tersebut salah satunya melalui festival,” imbuh Sanjaya.

Baca Juga  Kuliah Tamu Prof. Josaphat: Pencipta CP-SAR dari Indonesia untuk Dunia

Sementara, Lim Surya Adinata selaku Panitia Acara, menyampaikan, bahwa perayaan Imlek ini “Merajut Kebhinekaan, Memperkuat Kerukunan menuju Tabanan Era Baru Aman, Unggul dan Madani”. Ia memambahkan bahwa Tabanan adalah kota toleransi yang dibuktikan dengan Tabanan mendapatkan penghargaan Harmony Awards. “Dan dari dulu saya sudah merasakan di lingkungan kami, warga banjar, warga kami, kampung jawa, sudah memiliki kerukunan yang sangat bagus sekali,” ungkapnya. 

Pihaknya juga menyampaikan bahwa sangat bangga menjadi warga Tabanan. Mewakili seluruh umat, Lim Surya Adinata menyampaikan terimakasih kepada Bupati Tabanan dan seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Tabanan atas dukungan dan apresiasinya dalam kegiatan ini. Pihaknya juga berharap agar kerukunan ini tetap terjaga dan menjadi lebih baik lagi. “Semoga situasi ini bisa terpelihara untuk selamanya Pak,” imbuh pihaknya. (gs/bi)

Advertisements
iklan natal dprd badung
Advertisements
dprd bali
Advertisements
dprd badung
Advertisements
walikota galungan kuningan
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
ucapan DPC PDI P Badung
Advertisements
imlek dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Sekda Adi Arnawa Lepas Jalan Sehat Gebyar Sholawat Menuju Satu Abad NU

Published

on

By

jalan sehat
Sekda Badung sekaligus Ketua FKUB Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa melepas peserta jalan sehat serangkaian kegiatan Gebyar Sholawat Menuju Satu Abad Nahdlatul Ulama di Outdoor Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Minggu (5/2). (Foto: ist)

Badung, baliilu.com – Mewakili Bupati Badung, Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa yang juga selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Badung menghadiri sekaligus melepas jalan sehat dalam rangka kegiatan Gebyar Sholawat Menuju Satu Abad Nahdlatul Ulama yang juga dirangkaikan dengan penggalian dana untuk Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Bali, bertempat di Outdoor Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Minggu (5/2). Turut hadir Ketua PWNU Bali K.H. Abdul Aziz, Perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Badung dan para peserta jalan sehat.

Sebagai wujud dukungan Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana Pemkab Badung sebesar Rp. 30 juta.

Dalam sambutannya Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua keluarga besar NU Bali meskipun dalam suasana hujan tidak pernah gentar untuk dapat hadir dalam kegiatan ini.

“Ini menunjukkan bahwa keluarga besar NU Bali memang dari dulu selalu menjadi warga yang terdepan. Bangsa ini berdiri tidak terlepas dari dukungan seluruh keluarga besar Nahdlatul Ulama seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pemkab Badung membuktikan bahwa kerukunan umat beragama di Badung telah terjalin dengan baik ini dibuktikan dengan pelaksanaan kegiatan hari ini Pemerintah Kabupaten Badung telah memfasilitasi tempat dan bantuan dana motivasi serta dukungan karena ini merupakan suatu komitmen Pemkab Badung kepada keluarga besar NU Bali.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Harlah 1 Abad hari ini akan memberikan motivasi buat kita untuk tetap bersatu seperti pepatah mengatakan dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Mari jaga kesatuan dan persatuan kita, karena bagaimanapun juga Provinsi Bali dan Kabupaten Badung yang kita cintai adalah satu-satunya daerah yang berkembang dari sektor pariwisata oleh karena itulah kenyamanan, keamanan, persatuan wajib hukumnya kita jaga bersama-sama,” pungkas Adi Arnawa. (gs/bi)

Baca Juga  Unud Kirim 138 Outbound dan Terima 100 Mahasiswa Inbound pada Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri

Advertisements
iklan natal dprd badung
Advertisements
dprd bali
Advertisements
dprd badung
Advertisements
walikota galungan kuningan
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
ucapan DPC PDI P Badung
Advertisements
imlek dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Hadiri Puncak HUT Ke-57 ST. Bhakti Yowana Loka, Sekda Adi Arnawa Ingatkan Sekaa Teruna Harus Bersatu

Published

on

By

sekda adi arnawa
Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri puncak HUT ST. Bhakti Yowana Loka ke-57 yang ditandai dengan pemotongan tumpeng di Banjar Karangjung, Desa Sembung Kecamatan Mengwi, Sabtu (4/2). (Foto: ist)

Badung, baliilu.com – Mewakili Bupati Badung Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri puncak HUT Ke-57 ST. Bhakti Yowana Loka yang ditandai dengan pemotongan tumpeng sekaligus pelantikan pengurus baru periode 2022-2025 Banjar Karangjung, Desa Sembung Kecamatan Mengwi, Sabtu (4/2).

Turut hadir anggota DPRD Badung Wayan Regep, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Sekdes Sembung, Bendesa Adat Karangjung serta tokoh masyarakat setempat.

Sebagai wujud dukungan dan motivasi, Pemkab Badung melalui Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana sebesar Rp.10 juta dan bantuan dana pribadi Bupati Badung Giri Prasta sebesar Rp.10 juta.

Sekda Adi Arnawa mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Badung menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada ST. Bhakti Yowana Loka Sembung karena sudah berinisiatif dan bersemangat serta bergotong royong melaksanakan segala kegiatan serangkaian HUT ST. Bhakti Yowana Loka yang Ke-57. “Saya menyampaikan sesuai dengan pesan Bupati Badung Giri Prasta terkait dengan kebutuhan sekaa teruna dalam menunjang segala kebutuhan dan melaksanakan segala kreatifitas untuk mewujudkan dan melestarikan adat, seni, tradisi dan budaya Pemkab Badung akan selalu hadir untuk membantu,” ucapnya.

Lebih lanjut Adi Arnawa juga mengingatkan agar sekaa teruna tetap bersatu karena dengan bersatu dan bersama-sama segala kegiatan di organisasi serta kegiatan di masyarakat akan dapat berjalan dengan baik, seraya mengucapkan selamat hari jadi untuk ST. Bhakti Yowana Loka Banjar Karangjung Desa Sembung semoga semakin jaya dan semakin kompak.

Sementara Ketua Panitia I Nyoman Juliastika menyampaikan terimakasih kepada Bupati Badung yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Badung yang sudah berkenan hadir sekaligus memberi bantuan sehingga kegiatan hut kali ini dapat terlaksana. Dilaporkan juga hut kali ini mengangkat tema “Kriyamana Giri Segara” yang bermakna kreatifitas tanpa batas. Sekaa teruna diharapkan memiliki kreatifitas yang memadukan kecerdasan serta kegembiraan dan keikhlasan karena sekaa truna merupakan ujung tombak dalam rangka meneruskan pembangunan dan perjuangan di masyarakat untuk kemajuan bangsa dan negara. (gs/bi)

Baca Juga  Kenalkan FTP Pada Khalayak Luas, BEM FTP Unud Gelar FTP “Goes to School”

Advertisements
iklan natal dprd badung
Advertisements
dprd bali
Advertisements
dprd badung
Advertisements
walikota galungan kuningan
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
ucapan DPC PDI P Badung
Advertisements
imlek dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca