Friday, 14 June 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

SENI

Walikota Jaya Negara Apresiasi Persiapan Duta Pawai PKB Denpasar

Usung Tema Cokorda Mantuk Ring Rana, Libatkan 500 Talenta Muda

BALIILU Tayang

:

duta pkb denpasar
PEMBINAAN: Gladi dan pembinaan Pawai (Peed Aya) Duta Kota Denpasar pada Pembukaan PKB XLVI Tahun 2024 yang dihadiri langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Halaman Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Minggu (2/6). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Tim Kesenian yang tergabung dalam Pawai (Peed Aya) Duta Kota Denpasar memastikan kesiapannya untuk tampil pada Pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 pada 15 Juni mendatang. Hal tersebut tampak saat pelaksanaan Gladi dan Pembinaan yang dihadiri langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Halaman Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Minggu (2/6).

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan motivasi kepada seluruh talenta muda Denpasar yang tergabung dalam Yayasan Giri Sakti. Hal ini agar dapat mempersiapkan penampilan terbaiknya pada Pawai Pembukaan PKB nanti.

“Sekilas yang kami lihat dari persiapan pada tahap ini sudah sangat baik dan matang,” ujarnya.

Pihaknya dalam kesempatan tersebut juga berterima kasih kepada seluruh komponen termasuk orang tua peserta pawai yang senantiasa mendukung dan mensupport anak-anaknya. Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara juga mengingatkan seluruh peserta dan para orang tua untuk selalu menjaga kesehatan anak sehingga semua berjalan lncar hingga pawai mendatang.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Denpasar sangat berterima kasih kepada peserta pawai hingga orang tua peserta yang terus mendukung penuh Duta Kota Denpasar ini,” ujarnya.

Koordinator Pawai Duta Kota Denpasar, Ida Bagus Eka Harista mengatakan Pembukaan Pawai PKB 2024 akan membawakan tema ‘’Cokorda Mantuk Ring Rana’’. Pawai ini melibatkan 500 talenta kawula muda yang berasal dari sanggar, sekolah, sekaa teruna, serta komunitas seni lain di Kota Denpasar tersebut mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 250 juta.

Pertunjukan dalam pawai akan dilakukan dengan berjalan yang melambangkan bentuk dari keharmonisan hidup beragam etnis dan budaya di Kota Denpasar.

Baca Juga  Wawali Arya Wibawa Hadiri Pembinaan PKB Tingkat Kota

“Terkait koreksi yang disampaikan oleh tim pembina PKB Kota Denpasar, semuanya menjadi catatan penting bagi kami untuk bahan evaluasi dan referensi, seperti soal durasi tampil serta penampilan lainnya,” katanya. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
stikom3b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SENI

Buleleng Angkat Garapan Pawintenan dan Mebayuh di Peed Aya PKB 2024

Published

on

By

duta pkb buleleng
GLADI BERSIH: Kegiatan Gladi Bersih Peed Aya Sekaa Mandala Yowana Banyuning Duta Seni Kabupaten Buleleng di Taman Kota Singaraja, Senin, (10/6). (Foto: bulelengkab.go.id)

Buleleng, baliilu.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 akan diramaikan oleh Duta Seni Kabupaten Buleleng. Pementasan yang disiapkan adalah garapan prosesi upacara daur hidup dengan menampilkan upacara pawintenan dan mebayuh yang sesuai dengan tema PKB tahun ini yaitu “Jana Kerthi Paramaguna Wikrama“. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Gladi Bersih Peed Aya, yang berlangsung di Taman Kota Singaraja, Senin, (10/6).

Selain garapan utama tersebut, perwakilan Buleleng mempersembahkan garapan tematik “I Gusti Ngurah Panji Sakti Menyerang Blambangan” serta tarian khas Kabupaten Buleleng seperti Tari Trunajaya, Wiranjaya, Palawakya, Legong Pengeleb, dan Tradisi Mejaran-jaranan.

“Ada 200 seniman yang akan terlibat saat Peed Aya nanti,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng I Nyoman Wisandika, dikutip dari bulelengkab.go.id.

Lebih lanjut, Kadis Wisandika menjelaskan garapan yang dibawakan oleh Sekaa Mandala Yowana Banyuning mempersembahkan penampilan seni dengan durasi 10 menit dan gladi ini menjadi pembinaan terakhir sebelum tampil pada saat pembukaan pawai tanggal 15 Juni mendatang.

“Kita dapat urutan ketujuh ya, dan astungkara berjalan lancar sesuai latihan kita yang terakhir ini,” harapnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
stikom3b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Pemkot Pastikan Kesiapan Berlaga di PKB XLVI
Lanjutkan Membaca

SENI

Gladi Bersih Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring, Buduk, Mengwi

Sekda Adi Arnawa Beri Semangat Duta Kabupaten Badung

Published

on

By

sanggar tepi siring badung
GLADI BERSIH: Sekda I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus menyaksikan Gladi Bersih Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada PKB XLVI Tahun 2024 di Jaba Pura Gede Dalem Warung, Banjar Gunung Buduk, Kecamatan Mengwi, Badung, Minggu (9/6). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus menyaksikan Gladi Bersih Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 di Jaba Pura Gede Dalem Warung, Banjar Gunung Buduk, Kecamatan Mengwi, Badung, Minggu (9/6).

Turut hadir dalam kesempatan ini Ida Pandita Mpu Putra Maha Agung Parama Nirbhana Bhiru Dhaksa, Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, Perwakilan Camat Mengwi, Perbekel Desa Buduk I Ketut Wira Adi Atmaja, Bendesa Adat Buduk, Kelian Adat, Kelian Dinas Banjar Umakepuh dan Gunung, serta masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut Sekda Adi Arnawa secara peribadi membantu dana sebesar Rp 20 juta.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi setelah menyaksikan penampilan Wimbakara Taman Penasar Sanggar Seni Tepi Siring. Melihat semangat penampilan gladi bersih tadi, Adi Arnawa optimis bahwa Duta Kabupaten Badung melalui Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada PKB XLVI Tahun 2024 mendapatkan jayanti.

“Secara umum saya lihat penampilan ini sangat bagus, kekompakan sudah dan tolong kepada adik-adik Sekaa Santhi bersama Sekaa Gong penampilannya agar tetap dijaga sampai saat penampilan di PKB yang akan datang. Ingat jaga kondisi sehingga pada saat tampil nanti benar-benar menunjukkan performa dan suara yang terbaik, tunjukkan kemampuan, tunjukkan semangat, kepercayaan serta tanggung jawab yang diberikan untuk mewakili Kabupaten Badung, mendapatkan jayanthi, semoga dengan harapan kita bersama ‘Sebagai Nak Badung Harus Menjadi Juara’,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan PKB ini merupakan kegiatan ajang lomba/kompetisi di bidang adat, seni dan budaya. Untuk itu pemerintah selalu berkomitmen, mendukung kegiatan adat, seni dan budaya. Karena ini merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Badung serta juga sebagai upaya pelestarian budaya Bali dan ini merupakan aset penting dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Badung, dimana pariwisata tidak terlepas dari peranan seni, adat dan budaya.

Baca Juga  Pemkot Pastikan Kesiapan Berlaga di PKB XLVI

“Maka dari itu harus kita jaga dengan baik. Kami selaku pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan adat, seni dan budaya seperti ini, tidak hanya memperkuat kebanggaan masyarakat Bali, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Badung khususnya dan Bali pada umumnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia I Made Gede Wira Sucipta menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Sekda Badung bersama undangan lainnya dimana kami Sanggar Seni Tepi Siring Duta Kabupaten Badung pada Pesta Kesenian Bali XLVI akan menampilkan Wimbakara Taman Penasar.

“Untuk persiapan mewakili Duta Kabupaten Badung kami sudah melakukan latihan dari bulan Maret hingga saat ini dan dengan jumlah penabuh 15 orang dan jumlah penembang/penyayi sebanyak 7 orang. Adapun tema dari Taman Penasar tahun ini adalah Suluh Nika Praba yang merupakan gagasan ide dari pembina kita Bapak I Nyoman Wija Widastra dengan pendamping I Putu Raka Wijana juga iringan yang dibina oleh I Wayan Wiriyadi/Yan Kiyung serta dalam kami melakukan latihan selalu didukung oleh pembina, orang tua dan Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaan baik secara moral maupun material. Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan kepada kami untuk mendukung kegiatan yang kami lakukan dalam penampilan sebagai Duta Kabupaten Badung di PKB XLVI Tahun 2024,” jelasnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
stikom3b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SENI

Gladi Bersih Bapang Barong Duta Kabupaten Badung di Abiansemal

Sekda Adi Arnawa: Nak Badung Harus Menjadi Juara

Published

on

By

bapang barong duta badung
BERI MOTIVASI: Sekda I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri dan memberikan motivasi kepada Seniman Barong Duta Kabupaten Badung yang untuk berlomba pada Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46, di jaba sisi Pura Dalem Gede dan Prajapati Desa Adat Abiansemal, Sabtu (8/6). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Kehadiran Sekda I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung dalam gladi bersih bapang barong untuk memberikan motivasi serta dukungan kepada seniman barong Duta Kabupaten Badung yang diwakili Sanggar Seni Metangun Lingga Khanti Abiansemal untuk berlomba pada Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46, di jaba sisi Pura Dalem Gede dan Prajapati Desa Adat Abiansemal, Sabtu (8/6).

“Melihat performa dan semangat adik-adik seniman Badung, saya berikan apresiasi penampilan pada gladi bersih ini. Saya optimis bahwa Duta Kabupaten Badung melalui Sanggar METALIKA mampu berjaya dan Jayanti dalam PKB XLVI nanti,” harapnya seraya menyerahkan dana pribadi sebesar Rp 20 juta.

Komitmen pemerintah untuk mendukung dan mempromosikan kegiatan budaya tradisional sebagai bagian integral dari pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Badung dan juga sebagai upaya pelestarian budaya Bali merupakan aset penting dalam pengembangan pariwisata dan kegiatan seni budaya di Kabupaten Badung.

“Pariwisata di Bali merupakan pariwisata berbasis budaya tidak terlepas bagaimana peranan seni dan budaya yang harus kita jaga dengan baik, kami berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan budaya tradisional seperti ini, tidak hanya memperkuat kebanggaan masyarakat Bali, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Badung. Sekali lagi saya sampaikan bahwa penampilan sudah bagus, jaga kondisi sehingga pada saat tampil nanti benar-benar menunjukkan performa yang terbaik, tunjukkan kemampuan, tunjukkan semangat, bertanggung jawab diberikan kesempatan dan kepercayaan mewakili Badung, semoga dengan kekompakan dan soliditas menjadi harapan kita bersama. Sebagai Nak Badung Harus Menjadi Juara,” ujar Adi Arnawa memberikan semangat.

Gladi bersih bapang barong dihadiri juga oleh Kadisbud I Gede Eka Sudarwitha, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel Abiansemal sekaligus sebagai Penasehat Sanggar Seni Metalika Ida Bagus Bisma Wiratma dan para tokoh masyarakat. (gs/bi)

Baca Juga  Tari Legong Bapang Durga Duta Denpasar Pukau Penonton PKB XLV

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
stikom3b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca