Monday, 5 December 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Walikota Jaya Negara Buka MPLS SMP di Kota Denpasar

Tekankan Kegiatan yang Bermanfaat, Motivasi Siswa untuk Semangat Belajar

BALIILU Tayang

:

Walikota Jaya Negara
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar I Ketut Suteja Kumara saat membuka secara resmi pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP di Kota Denpasar yang dipusatkan di SMPN 2 Denpasar, Senin (11/7). (Foto : Ist)

Denpasar, baliilu.com – Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP di Kota Denpasar yang dipusatkan di SMPN 2 Denpasar, Senin (11/7). Pembukaan kegiatan yang bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru ini ditandai dengan Pelepasan Balon dan Burung.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar I Ketut Suteja Kumara, Ketua MKKS SMP Kota Denpasar I Wayan Murdana, serta Kepala Sekolah SMP Negeri dan Swasta di Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menjelaskan, sesuai visi dan misi Pemerintah Kota Denpasar yakni “Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju”, salah satu misinya meningkatkan kemakmuran masyarakat Kota Denpasar melalui peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan, dan pendapatan masyarakat yang berkeadilan. Karenanya, sektor pendidkan menjadi salah satu prioritas utama degan mewujudkan pendidikan di Kota Denpasar yang lebih bermutu, relevansi, berdaya saing, dan terakses merata di setiap wilayah.

“Untuk mewujudkan itu perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan pelayanan pendidikan, meningkatkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru merupakan kegiatan sangat penting bagi peserta didik baru untuk memperkenalkan lingkungan barunya agar diketahui dan dipahami dengan baik, sehingga mereka merasa nyaman dan aman sebagai peserta didik baru karena diperlakukan dengan baik, wajar, dan ramah oleh seluruh warga satuan pendidikan barunya.

Dikatakan Jaya Negara, pengenalan lingkungan sekolah ini harus bisa memberikan kesan positif dan hangat kepada para perserta didik baru untuk memulai proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di jenjang pendidikan barunya. Karenanya, dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini diimbau agar dihindari model-model kegiatan yang mengarah pada perpeloncoan.

Baca Juga  Kembali Lampaui Kasus Positif Covid-19, Pasien Sembuh di Denpasar Melejit di Angka 598 Orang

“Lakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk memotivasi peserta didik agar bersemangat belajar, selain itu kenalkan dan jelaskan tata tertib sekolah agar para peserta didik baru mengetahui hak dan kewajibannya sebagai siswa. Perkenalkan pula berbagai kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan sebagai pilihan dalam mengembangkan potensi minat dan bakatnya,” jelasnya.       

“Saya berharap agar semua pemangku kepentingan pendidikan di Kota Denpasar terus bekerja keras, bekerja cerdas, terus berinovasi untuk percepatan kemajuan pendidikan guna mewujudkan generasi muda yang memiliki karakter, religius, nasionalis, gotong royong, integritas dan mandiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama mengatakan, penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan mengenai lingkungan sekolah bagi siswa baru. Hal ini lantaran setiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya.

“Adanya ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan dijalankan sebelumnya perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada pada jenjang pendidikan saat ini yang lebih sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis siswa,” jelasnya.

Wiratama mengatakan, MPLS yang mengusung tema “Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Kita Wujudkan Sekolah Hebat Menuju Denpasar Maju” ini dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai dengan 13 juli 2022, yang kemudian dilanjutkan dengan bakti sosial tanggal 14 juli 2022 dengan kegiatan bakti sosial di lingkungan sekolah. Di mana, sasaran MPLS yakni siswa kelas VII SMP baik negeri maupun swasta dengan melibatkan pengurus OSIS, guru serta intansi terkait.

Harapanya, lanjut Wiratama, dari MPLS ini diharapkan dapat mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan prilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persaudaraan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotang royong. (way/eka/bi)

Baca Juga  Tingkatkan Ekspor Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan, Pemkot Denpasar Siap MoU dan PKS Dengan Kopitu

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Universitas Udayana Gelar Wisuda Ke-151, Rektor Lepas 898 Wisudawan

Published

on

By

wisuda
Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke-151 bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). (Foto: ist)

Jimbaran, Badung, baliilu.com – Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke-151 bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). Wisuda periode ini diikuti sebanyak 898 wisudawan dari seluruh fakultas di lingkungan Unud.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU dalam laporannya menyampaikan wisuda ke-151 kali ini berasal dari tingkat Diploma 1 orang, Profesi 183 orang, Spesialis 60 orang, Sarjana (S1) 547 orang, Magister 84 orang dan Doktor 23 orang. Dengan demikian, dari awal berdirinya Universitas Udayana sampai saat ini sudah memiliki alumni sebanyak 113.204 orang. Dari jumlah wisudawan tersebut yang memperoleh predikat Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 217 orang. Wisudawan hari ini didominasi oleh kaum perempuan yang jumlahnya 511 orang sedangkan wisudawan laki- laki hanya 387 orang.

wisuda
Peserta Wisuda Ke-151 Unud bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). (Foto: ist)

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik mengucapkan selamat kepada wisudawan dan terimakasih kepada keluarga wisudawan atas kepercayaan yang diberikan pada Universitas Udayana sebagai tempat proses pembelajaran di Pendidikan Tinggi. “Melalui pendidikan yang telah ditempuh, saudara tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat, selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja. Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan saudara,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara pada kesempatan ini menyerahkan penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing fakultas/spesialis dan profesi. 

rektor
Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara. (Foto: ist)

Rektor dalam sambutannya mengatakan, seluruh wisudawan telah lulus tepat waktu, yang menandakan seluruh proses perkuliahan telah berjalan sesuai standar yang ditetapkan. Unud selama ini, juga menerapkan tracing study kepada seluruh lulusan untuk mengetahui aktivitas alumni Unud setelah menyelesaikan pendidikan. Dari tracing study tersebut, bisa diketahui apakah wisudawan tersebut telah bekerja atau belum dan apakah sesuai dengan minat bakat, kompetensi yang dimiliki serta besaran gaji yang diterima. 

Baca Juga  Kembali Lampaui Kasus Positif Covid-19, Pasien Sembuh di Denpasar Melejit di Angka 598 Orang

“Dari tracing study yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya, sebagian besar lulusan Unud telah bekerja. Bahkan Unud juga terus mendorong para mahasiswanya untuk memiliki pola pikir menjadi wirausahawan. Hal tersebut telah ditanamkan sejak di bangku kuliah dengan membuka inkubator bisnis, kurikulum wirausaha pendampingan dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan para lulusan agar tidak hanya berfokus mencari pekerjaan namun bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” ucapnya.

Unud juga terus berupaya mengupgrade kurikulum yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang semakin dinamis dewasa ini. Pihaknya kerap meminta masukan dan informasi dari para alumni yang telah bekerja, terkait ilmu-ilmu dan kompetensi apa yang diperlukan, sehingga Unud bisa membuat kurikulum yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Untuk meningkatkan kualitas lulusan Unud juga telah berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa agar mereka lebih berdaya saing dan lebih mudah merebut peluang di dunia kerja.

wisuda
Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara bersama salah satu wisudawan membentuk simbol cinta pada Unud. (Foto: ist)

Selain itu Rektor juga menyampaikan bahwa Unud saat ini sedang bertransformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Melalui PTN-BH, Unud bermaksud untuk melakukan peningkatan dalam konteks tata kelola dan pemberdayaan segenap aset yang dimiliki dan meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan tinggi di Unud. Melalui PTN-BH, Unud diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang lebih berkualitas ke depannya. PTN-BH juga menjadi salah satu syarat bagi Unud untuk nantinya dapat meraih status World Class University menuju universitas dengan kualitas internasional dan berdaya saing global. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/headline5212-Universitas-Udayana-Gelar-Wisuda-ke-151-Rektor-Lepas-898-Wisudawan.html (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Menko Marves Buka AISF 6th Senior Official Meeting, Polda Bali Perketat Pengamanan

Published

on

By

Menko Marves
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan. (Foto : ist)

Nusa Dua, Badung, baliilu.com – Dalam rangka mengamankan event Achipelagic Island State Forum (AISF) 6th Senior Official Meeting yang dibuka langsung Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Polda Bali memperketat penjagaan pintu masuk kegiatan yang dilaksanakan di Bali International Convention Center (BICC), Senin(5/12/2022).

Penjagaan pintu masuk dilaksanakan untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan 6th Senior Official Meeting. “Polda Bali memperketat penjagaan pintu masuk area kegiatan  6th Senior Official Meeting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para delegasi, serta untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang masuk ke dalam area kegiatan,” terang Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Satake Bayu S.I.K.,M.Si.

Menurut Kombes Pol Satake Bayu  dalam pengamanan pintu masuk kegiatan ini Polda Bali menerjukan personel berpakaian preman dengan menggunakan batik dan jas. “Ini merupakan bentuk komitmen Polda Bali dalam mengamankan seluruh Event Internasional yang dilaksanakan di Pulau Dewata agar berjalan aman dan lancar,” tandasnya. (eka/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Baca Juga  Dekopinda Kota Denpasar Gelar Seminar Nasional Sosialisasi Lembaga Penjaminan Simpanan "Amankah Menabung di Bank"
Lanjutkan Membaca

NEWS

KUI Unud Gelar ‘’2nd International Education & Culture Festival’’

Published

on

By

kui
KUI Unud saat menyelenggarakan 2nd International Education & Culture Festival, yang berlangsung di Aula Nusantara Kampus Unud Sudirman Denpasar, pada Senin (5/12/2022). (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana (KUI Unud) menyelenggarakan 2nd International Education & Culture Festival, dengan tema Study Abroad Seminar and Education Exhibition yang berlangsung di Aula Nusantara Kampus Unud Sudirman Denpasar, pada Senin (5/12/2022).

Education Exhibition ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 5-6 Desember 2022 dan menghadirkan perwakilan dari Australian Consulate General, Consulate General of Japan, Consulate General of India, Embassy of Malaysia, International Korea Culture and Study, British Council, Tourism Confucius Institute Unud, Naresy International Educational Centre, Indonesia Britain Education Centre, dan Education USA. 

unud
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes. (Foto: ist)

Rektor Universitas Udayana yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes menyampaikan bahwa Study Abroad Seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara International Education and Cultural Festival yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana. Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi antara KUI dengan para partner dari beberapa Konsulat Jenderal yang ada di Bali dan juga instansi  pendidikan, khususnya terkait pendidikan di luar negeri.

Belajar di luar negeri merupakan impian dari banyak siswa, sehingga seminar mengenai pengetahuan tentang beasiswa dan sistem pendidikan di luar negeri merupakan hal yang sangat menarik untuk dilaksankan. Karena sebelum memulai untuk studi di luar negeri, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa itu sendiri. Tinggal di negara baru dalam kurun waktu yang lama tentu akan membawa tantangan tersendiri bagi para mahasiswa karena mereka dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Wakil Rektor memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan study abroad seminar yang sangat positif dan tentunya bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Baca Juga  Kembali Lampaui Kasus Positif Covid-19, Pasien Sembuh di Denpasar Melejit di Angka 598 Orang
kui
Koordinator KUI Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng (Foto: ist)

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator KUI Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng menyampaikan bahwa kegiatan International Education & Culture Festival ini akan berlangsung dalam dua hari, di tanggal 5 Desember dilaksanakan rangkaian Seminar Internasional dan pada tanggal 6 Desember dilaksanakan Culture Festival yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Konjen yang ada di Denpasar.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pendidikan sejalan dengan program pemerintah dalam bidang MBKM. Peserta yang hadir diperkirakan lebih dari 1.000 peserta, selain dari kalangan mahasiswa juga dari SMA yang ada di Denpasar. Harapannya kepada peserta yang hadir pada kegiatan ini  untuk mendapatkan informasi bagaimana studi atau melanjutkan studi di luar negeri. Khususnya kepada mahasiswa diharapkan agar aktif bertanya pada stand-stand perwakilan negara yang hadir dalam kegiatan ini. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5213-Kantor-Urusan-Internasional-Unud-Gelar-2nd-International-Education-Culture-Festival-Study-Abroad-Seminar-and-Education-Exhibition-.html (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca