Monday, 5 December 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

BUDAYA

Bupati Sanjaya Apresiasi Persatuan Krama Pemenang dalam Membangun Yadnya

BALIILU Tayang

:

sanjaya
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., disambut warga saat menghadiri undangan upacara Pitra Yadnya Ngaben Bersama di Banjar Adat Pemenang, Desa Banjar Anyar, Kediri, Rabu (23/11). (Foto: ist)

Tabanan, baliilu.com – Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang Kepala Daerah, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., selalu menyempatkan diri mendukung pembangunan yang dilakukan masyarakat. Seperti halnya kali ini, dengan mengajak jajaran menghadiri undangan upacara Pitra Yadnya Ngaben Bersama yang dilaksanakan oleh krama/masyarakat Banjar Adat Pemenang, Desa Banjar Anyar, Kediri, Rabu (23/11).

Kegiatan Ngaben Bersama ini juga dihadiri Anggota DPR RI I Made Urip, anggota DPRD Tabanan Putu Eka Putra Nurcahyadi, Sekda, para Asisten dan OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Kediri. Tepatnya di Balai Banjar Adat Pemenang, kehadiran orang nomor satu di Tabanan beserta jajaran disambut hangat oleh krama Banjar Adat Pemenang yang saat itu nampak didampingi oleh Perbekel, Bendesa Adat, para Manggala Karya dan juga tokoh masyarakat setempat.

Titiang bersama jajaran dan teman-teman di legislatif sangat mendukung pelaksanaan Yadnya ini, dimana selama 10 tahun menjadi Wakil Bupati dan sekarang hampir satu setengah tahun menjadi Bupati, titiang ketika turun di tengah-tengah masyarakat banyak sekali menghadiri upacara Yadnya serupa. Titiang di Pemerintah, tiang selalu mendorong, mendukung dan memberikan apresiasi,” ucap Sanjaya.

pemenang
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., foto bersama warga Pemenang Desa Banjar Anyar, Kediri, Rabu (23/11). (Foto: ist)

Di samping itu, dikatakan Sanjaya hal ini merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh umat Hindu dalam konsep Tri Rna, begitupun program Desa Adat, juga sebagai cerminan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Dimana membangun sebuah keharmonisan, keseimbangan sekala dan niskala, melalui pembangunan masyarakat, budaya dan lingkungan yang dikonsepkan oleh para leluhur. Untuk itu, Bupati Sanjaya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya buat persatuan dan kekompakan yang ditunjukkan krama Banjar Adat Pemenang.

Bupati Sanjaya juga meyakini, dalam konsep membangun karya, manggala karya pasti memikirkan untuk meringankan beban masyarakat. Untuk itu, Bupati Sanjaya meminta agar kegiatan seperti ini terus ditingkatkan, di samping untuk meringankan dari segi materiil juga dari segi moril. Dimana, selaku umat Hindu tidak terlepas dari upacara Yadnya. Kedepannya konsep seperti ini terus ditingkatkan sehingga terwujudnya masyarakat yang Aman, Unggul dan Madani.

Baca Juga  Hadiri Pelantikan Panwascam, Bupati Sanjaya Berharap Kolaborasi Demokrasi yang Kritis Tetap Dipertahankan

“Luar biasa niki hubungan pemerintah dengan krama titiang di Banjar Adat Pemenang ini sudah baik, tetap dijaga keharmonisan dan persatuan ini. Pemerintah mengayomi masyarakat, begitupun juga dengan masyarakat tiang disini juga saya harap saling bahu-membahu membangun Tabanan. Persatuan disini luar biasa sekali,” puji Sanjaya.

Sesuai keterangan Bendesa Adat Pemenang Made Raka, kegiatan Ngaben Bersama ini juga ditujukan untuk melaksanakan pembersihan melalui upacara Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya menyambut upacara Ngenteg Linggih di wilayah setempat. Kegiatan Ngaben Bersama ini diikuti oleh 36 Sawa, 3 Sawa Ngerorasin, 31 Sawa Ngelangkir, 5 Sawa Ngelungah, 39 Sawa Ngelangkir dan 51 orang Metatah. Masing-masing mengeluarkan biaya 4 juta rupiah untuk Sawa Ngaben, Ngerorasin 2 juta rupiah, Ngelangkir 350 ribu, Ngelungah 400 ribu dan Metatah 700 ribu. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan

BUDAYA

TP PKK Kota Denpasar Kembali Gelar “Medharma Yatra” bersama Lansia di Dua Pura di Gianyar

Published

on

By

TP PKK
TP PKK Kota Denpasar saat “Medharma Yatra” bersama lansia di dua Pura di Gianyar, Sabtu (03/12). (Foto : ist)

Gianyar, baliilu.com  –  Di hari kedua pelaksanaan Medharma Yatra, TP PKK Kota Denpasar kembali mengikutsertakan ratusan lansia dan Kader Posyandu Paripurna lainnya serta segenap kader TP PKK se-Kecamatan Denpasar untuk menghaturkan sembah bhakti di dua lokasi pura pada Sabtu (3/12). Dengan menggunakan armada bus, rombongan peserta tersebut beranjak menuju Pura Tirta Empul dan juga Pura Samuan Tiga, Bedulu, Kabupaten Gianyar.

Tampak hadir di tengah para peserta, Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan juga Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Kegiatan Medharma Yatra yang merupakan perwujudan sradha bhakti kehadapan Sang Pencipta, Ida Sang Hyang Widhi Wasa ini juga dirangkaikan dengan penutupan kegiatan Posyandu Paripurna yang secara maraton telah rampung dilaksanakan oleh TP PKK Kota Denpasar beberapa waktu lalu.

Seperti diberitakan  sebelumnya, pelaksanaan Medharma Yatra hari pertama kemarin, Jumat  2 Desember telah melibatkan peserta dari Kecamatan Denpasar Utara dan Kecamatan Denpasar Timur. Sementara hari kedua, giliran ratusan peserta lansia dari Kecamatan Denpasar Barat serta Kecamatan Denpasar Selatan yang berkesempatan turut serta dalam perjalanan ini.  

Di tengah kehangatan dan keakraban dengan para peserta Medharma Yatra, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengungkapkan kebahagiaan karena dapat bersama- sama dengan para  lansia, dan peserta Posyandu Paripurna lainnya mengikuti pelaksanaan kegiatan ini. 

 “Pelaksanaan Medharma Yatra ini adalah perwujudan sradha bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dan juga sebagai ungkapan rasa syukur kita, bahwa pelaksanaan Posyandu Paripurna beberapa waktu lalu  yang digelar oleh TP PKK di Kota Denpasar telah rampung dan berjalan lancar,” katanya.

Dalam melaksanakan program, termasuk di dalamnya Posyandu Paripurna dan program lainnya, kerja sama dan ikatan silaturahmi harus terjalin sebagai sebuah landasan.

Baca Juga  Hadiri ’’Pemlaspasan‘‘ Candi Bentar, Bupati Sanjaya Komunikasi Aktif dengan Krama

“Maka, saya dan Ibu Ketua TP PKK Kota Denpasar berharap melalui perjalanan ini kita bisa merangkai kebersamaan agar dapat dengan mudah kedepannya melaksanakan setiap program,” tutur Ny. Ayu Kristi di hadapan para peserta.

Beranjak sejak pagi hari dari Kota Denpasar, rombongan  peserta Tirta Yatra ini memulai persembahyangan di Pura Tirta Empul.

Usai melaksanakan persembahyangan, peserta berkesempatan juga untuk melakukan penglukatan di area sumber mata air yang berada di dekat pura.

Rampung persembahyangan di lokasi pertama, rombongan langsung bergerak menuju lokasi kedua, yakni Pura Samuan Tiga yang berlokasi di Bedulu, Gianyar.

Salah satu peserta perjalanan Medharma Yatra, Jro Mangku Rayun, warga lansia yang berdomisili Banjar Kaja, Sesetan merasa amat bersyukur dirinya berkesempatan untuk turut serta dalam perjalanan ini.

“Terima kasih Ibu Ketua TP PKK Kota Denpasar untuk program Posyandu Paripurna dan juga kesempatan ikut Medharma Yatra ini. Astungkara, banyak sekali manfaat bagi saya, yakni bisa sembahyang dan bertemu dengan para lansia lainnya,” ungkapnya. (eka/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

BUDAYA

Ny. Antari Jaya Negara Ajak Lansia “Tirta Yatra” ke Pura Tirta Empul

Published

on

By

Tirta Yatra
TP PKK Kota Denpasar saat mengadakan Tirta Yatra bersama ratusan lansia se -Kota Denpasar ke Pura Tirta Empul Tampaksiring dan Pura Samuan Tiga, Bedulu Gianyar pada Jumat (2/12). (Foto : ist)

Denpasar, baliilu.com – TP PKK Kota Denpasar mengadakan Tirta Yatra bersama ratusan lansia se -Kota Denpasar. Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengajak para lansia melakukan Tirta Yatra ke Pura Tirta Empul Tampaksiring  dan Pura Samuan Tiga, Bedulu Gianyar pada Jumat (2/12).

Ny. Antari Jaya Negara yang didampingi Istri Wakil Walikota Denpasar sekaligus Ketua GOW Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana sesaat sebelum kegiatan persembahyangan dimulai mengatakan, kegiatan Tirta Yatra ini dilakukan sebagai wujud syukur dan meningkatkan srada dan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Kegiatan Tirta Yatra ini kami laksanakan sebagai wujud sradha dan bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, juga sebagai ungkapan syukur atas segala anugrah-Nya yang telah diberikan kepada kami,” ungkap Ny. Antari Jaya Negara.

Menurut Ny. Antari Jaya Negara, Tirta Yatra ini dilaksanakan rutin oleh TP PKK Kota Denpasar juga dalam rangka penutupan serangkaian kegiatan Posyandu Paripurna tahun 2022.

“Banyak program dan kegiatan Posyandu Paripurna yang sudah kami laksanakan di tahun 2022. Tirta Yatra ini bisa dikatakan juga sebagai penutupan serangkaian kegiatan kami di tahun 2022, serta memohon kerahayuan agar di tahun depan kami bisa melaksanakan kegiatan dengan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Kegiatan Tirta Yatra ini sendiri diikuti oleh seluruh jajaran pengurus dan anggota TP PKK se- Kecamatan Kota Denpasar yang dibagi menjadi 2 gelombang. Pada hari ini terdapat 2 kecamatan yaitu Kecamatan Denpasar Utara dan Denpasar Timur.  Persembahyangan dilaksanakan di dua tempat yakni di  Pura Tirta Empul, dimulai dari para lansia yang melukat kemudian dilanjutkan dengan sembahyang, dan di Pura Samuan Tiga Bedulu. (eka/bi)

Baca Juga  Bupati Sanjaya di Kaba-Kaba: "Jalani Yadnya dengan Tulus Ikhlas"

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

BUDAYA

Dua Anggota DPRD Badung Hadiri Pujawali Pura Linggih Hyang Bhagawan Penyarikan Desa Adat Kuta

Published

on

By

dprd badung
Bupati Nyoman Giri Prasta serahkan punia didampingi anggota DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti dan Luh Gede Sri Mediastuti saat menghadiri Pujawali Pura Begawan Penyarikan Banjar Pering Desa Adat Kuta, Jumat (2/12). (Foto: ist)

Badung, baliilu.com – Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung yakni I Gusti Anom Gumanti dan Luh Gede Sri Mediastuti menghadiri Pujawali Pura Linggih Hyang Bhagawan Penyarikan Desa Adat Kuta, Badung pada Jumat (2/12/2022). Kehadiran anggota Dewan Dapil Kuta ini sebagai wujud komitmen dukungannya dalam melestarikan dan menguatkan adat agama dan budaya di tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, hadir Bupati Giri Prasta bersama anggota DPRD Provinsi Bali Bagus Alit Sucipta, Kadis Kebudayaan Badung Gde Eka Sudarwitha, Camat Kuta beserta jajaran serta tokoh adat se-Kelurahan Kuta.

Bupati Giri Prasta menghaturkan punia Pemkab Rp 225 juta dan punia pribadi Rp 25 juta yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian Balai Banjar setempat.

Bupati Giri Prasta menyampaikan, pujawali Pura Begawan Penyarikan merupakan wujud bakti masyarakat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi-Nya sebagai Dewa Pengayom Organisasi dan Dewa Administrasi Yang Agung. “Masyarakat Banjar Pering baik pengusaha, pedagang, pegawai pemerintahan, Perbekel atau Kelian dan semua masyarakat silahkan ngrastiti bakti atau meminta berkah kepada Ida Begawan Penyarikan agar selalu dituntun ke arah yang benar,” terangnya.

Bupati Giri Prasta lanjut menegaskan, selama dirinya masih menjabat sebagai Kepala Daerah di Bumi Keris, Pemkab Badung komit untuk membantu masyarakat Desa Adat Kuta dalam menuntaskan pembangunan yang ada di Pura Desa, Pura Puseh dan Pura Dalem sehingga masyarakat Kuta tidak lagi mengeluarkan dana urunan. Di samping itu pihaknya juga berkomitmen untuk menuntaskan penataan Pantai Kuta. “Untuk mempercepat Recovery Kuta, saya sudah sampaikan kepada Bendesa Adat dan Prajuru semuanya, bahwa akan ada penataan di depan Pantai Kuta, Hard Rock dan seterusnya. Kawasan Seminyak Legian Kuta juga tidak akan ada lagi kabel di atas semua akan di bawah tanah. Saya minta kepada semua tokoh dan masyarakat bersatu membangun jembatan emas untuk generasi mendatang,” pungkasnya.

Baca Juga  Hadiri ‘’Pemelaspasan’’ Pura Beji Taman, Bupati Tabanan Tekankan Persatuan Sangat Penting dalam Membangun

Sementara itu, Prawartaka Pujawali Pura Begawan Penyarikan Banjar Pering Desa Adat Kuta, Dewa Made Suartana atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Bupati Giri Prasta dan undangan lainnya karena telah hadir dalam upacara Nugtug Karya Ngenteg Linggih di Pura Begawan penyarikan yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Prajuru Banjar Adat dan Prajuru ST Mandala Kerthi masa bakti 2022-2025.

“Mewakili masyarakat, saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Badung yang telah hadir dan memberikan punia dalam pujawali Pura Begawan Penyarikan Br. Pering Desa Adat Kuta,” ujarnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca