Connect with us

SOSIAL

Diresmikan Presiden, Gubernur Koster Turut Ikuti Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia secara Virtual

BALIILU Tayang

:

Gubernur Bali Wayan Koster

Denpasar, baliilu.com – Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan program bantuan tunai se-Indonesia untuk tahun 2021, Senin (4/1) yang diikuti juga secara virtual oleh Gubernur Bali Wayan Koster dari Rumah Jabatan Jaya Sabha, Denpasar.

Dalam arahannya Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Pemerintah telah mempersiapkan anggaran bantuan sosial (Bansos) sebesar Rp 110 triliun. Menurut Presiden, bantuan ini digunakan untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 yang diberikan dalam beberapa tahapan, dan dipastikan penerima bakal menerima secara utuh tanpa potongan dengan pengawasan ketat.

“Saya tegaskan pula, jangan ada yang menggunakan untuk hal-hal yang tidak pokok, seperti rokok misalnya,” tegas Presiden.

Presiden Jokowi menambahkan, bantuan tunai 2021 ini akan diberikan kepada masyarakat dalam beberapa tahapan. Pertama, Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan empat tahap pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober melalui bank yang tergabung dalam Himbara.

Lalu, program bantuan sembako disalurkan dari bulan Januari sampai Desember 2021. Nilainya sebesar Rp 200 ribu per bulan per Kartu Keluarga (KK). “Kemudian bantuan sosial tunai diberikan selama empat bulan. Dari Januari, Februari, Maret April dan nilainya Rp 300 ribu per bulan per KK. Ini sudah jelas semuanya,” terangnya.

Kepala Negara berharap bantuan ini dapat meringankan keluarga yang terdampak Covid-19. Selain itu, dapat menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional.

Sementara itu Menteri Sosial Tri Risma Harini menyebut dalam laporannya bahwa bantuan tunai se-Indonesia untuk tahun 2021 ini dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. “Bantuan tunai ini meliputi Program Keluarga Harapan serta Kartu Sembako dan Bansos Tunai dengan anggaran Rp 110 triliun,” sebutnya.

Untuk tahap pertama PKH disalurkan untuk 10 juta keluarga sebesar Rp 7,17 triliun. Sementara untuk Kartu Sembako akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga dengan anggaran Rp 3,76 triliun dan Bansos Tunai diberikan kepada 10 juta keluarga sebesar Rp 3 triliun, sehingga total anggaran bantuan tunai bulan Januari 2021 ini mencapai Rp 13,93 triliun.

Baca Juga  Pelaksanaan PPKM di Denpasar, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Diperketat

Dalam kesempatan itu, Gubernur Bali Wayan Koster memastikan akan meneruskan instruksi Presiden untuk mengawal bantuan tersebut agar sampai ke tangan yang tepat. “Tidak ada potongan atau apa pun namanya. Kalau ada (yang menerima kurang/terpotong, red) lapor pada saya,” tegas Gubernur saat berbincang langsung dengan penerima bantuan yang secara simbolis hadir sejumlah 24 orang berasal dari seluruh Bali. (gs)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

Wabup Suiasa Apresiasi Kegiatan Donor Darah Pasemetonan Kayu Selem

Published

on

By

de
Wabup Suiasa saat menghadiri donor darah yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Pasemetonan WKSBN di Kerobokan Kelod, Minggu (24/1).

Badung, baliilu.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan sosial berupa donor darah yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Pasemetonan Warga Kayu Selem Bali Nusantara (WKSBN).

“Atas nama masyarakat Badung, saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pasemetonan WKSBN se-Bali yang telah melaksanakan kegiatan sosial berupa donor darah. Ini sebagai wujud kepedulian Semeton Kayu Selem terhadap transfusi darah kita yang mana dilihat dari kondisi saat ini memang benar-benar kebutuhan akan darah,” kata Wabup Suiasa saat menghadiri kegiatan tersebut yang bertempat di Geo Open Space Jl. Raya Kedampang Kerobokan Kelod, Minggu (24/1).

Kegiatan yang mengambil tema “Darah Anda Nyawa Bagi Sesama” ini juga dihadiri oleh Camat Kuta Utara Putu Eka Permana, Lurah Kerobokan Kelod Made Wisatawan serta Bendesa Adat Kerobokan AA Putu Sutarja.

Lebih lanjut Suiasa menyampaikan apa yang dilaksanakan oleh Pasemetonan WKSBN ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama serta memberi manfaat yang luar biasa untuk keselamatan kemanusiaan. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 ini tentunya keberadaan stok darah khususnya bagi PMI memang benar-benar sangat dibutuhkan. “Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan Pasemetonan WKSBN ini menginspirasi dan menjadi motivasi buat masyarakat yang lainnya  untuk bisa mengikuti jejak yang dilakukan Pasemetonan Kayu Selem,” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Donor Darah Pasemetonan WKSBN Bali Made Hartawan mengatakan bahwa acara ini rutin dilaksanakan tiga bulan sekali yang bertujuan untuk mengembangkan sifat sosial Pasemetonan WKSBN Bali. Untuk itu dalam kegiatan ini pihaknya bersinergi dengan PMI Bali yang saat ini memang membutuhkan darah. “Program ini akan terus kami laksanakan di samping mensosialisasikan pentingnya donor darah, juga untuk berbagi kepada sesama. Kegiatan donor darah ini dibuka untuk umum siapa pun bisa ikut donor darah di sini,” terangnya.

Baca Juga  Peringati HUT Ke-49 KORPRI, Sekda Dewa Indra Serahkan Bantuan Kursi Roda dan Paket Sembako

Pada kesempatan yang sama Sekretaris WKSBN Bali I Wayan Suyasa juga menyampaikan bahwa kegiatan donor darah kali ini dalam rangka menyambut tahun baru 2021. Dikatakan untuk hari ini yang sudah mendaftar sejumlah 80 orang dari WKSBN seluruh Bali yang berada di lingkungan terdekat di seputaran Badung. (bt)

Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Wagub Cok Ace Terima Bantuan CSR dari PT. Ace Hardware Indonesia

Published

on

By

de
Wakil Gubernur Bali Tjok. Oka Artha Ardana Sukawati bersama management PT. Ace Hardware Indonesia usai penyerahan CSR, Kamis (21/1).

Denpasar, baliilu.com – Wakil Gubernur Bali Tjok. Oka Artha Ardana Sukawati menyambut baik penyerahan CSR yang dilakukan management PT. Ace Hardware Indonesia di Bali kepada Pemerintah Daerah Provinsi Bali.

Wagub Cok Ace meminta agar pihak management PT. Ace Hardware Indonesia juga memberikan peluang bagi perajin Bali untuk turut mendapat tempat di areal pertokoan Ace Hardware untuk mereka berjualan dan memasarkan hasil kerajinannya. Dengan begitu perekonomian Bali juga dapat berputar kembali seperti sebelumnya. Hal ini disampaikannya saat menerima manajemen Ace Hardware yang dipimpin Tri Gunawan, di ruang kerjanya, Kamis (21/1).

Penyerahan CSR berupa 2.000 APD dan alat kesehatan berupa 1.400 pasang sarung tangan lateks, 400 baju hazmat, 100 alat pengukur suhu badan dan 100 face shield dan kaca pelindung. Kegiatan penyerahan CSR ini merupakan pertama kali dilakukan oleh pihak Ace Hardware untuk Bali, sebagai dukungan untuk tenaga medis dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Bali. Seperti yang kita ketahui bahwa kasus penambahan Covid-19 di Bali semakin meningkat.

Bantuan CSR ini kemudian diserahkan kepada BPBD Provinsi Bali yang nantinya lanjut disalurkan ke rumah sakit rujukan penanganan Covid-19, agar dapat digunakan oleh tenaga medis yang sedang berjuang menangani ribuan pasien Covid-19 di Bali.

Dengan diterimanya bantuan CSR ini, Wagub Cok Ace berharap agar dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kinerja tenaga medis. (gs)

Baca Juga  Drainase Tersumbat Sampah, Dinas PUPR Denpasar Gencarkan Pembersihan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Posko Peduli Bencana ACT Bali Siap Salurkan Donasi Dermawan

Published

on

By

de

Denpasar, baliilu.com – Dalam mengantisipasi banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bali mendirikan Posko Peduli Bencana, yang bertempat di kantor Aksi Cepat Tanggap Bali Jl. Waturenggong, No. 160 A, Denpasar.

“Kami berharap dengan dibukanya posko peduli bencana yang berada di Bali ini dapat memudahkan masyarakat di Bali dalam mendermakan bantuannya untuk masyarakat yang tengah terdampak bencana di Indonesia, mulai dari tanah longsor Sumedang, gempa bumi Majene Sulbar, dan banjir bandang Kalimantan Selatan serta banjir bandang Jembrana Bali.

Bantuan yang diterima, bisa berupa paket sembako, pakaian layak pakai, dan bisa langsung cash donation yang nantinya bantuan yang diterima akan disalurkan langsung ke tempat bencana melalui Cabang ACT di daerah yang terdampak.

Posko Peduli Bencana ini juga memfasilitasi masyarakat terkait update informasi terkait bencana yang terjadi sehingga dapat memetakan sekiranya bantuan apa saja yang dibutuhkan dan yang paling menjadi prioritas utama di daerah bencana.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi 08113951818 atau dapat datang langsung ke Kantor Aksi Cepat Tanggap Bali, Jl. Waturenggong No. 160 A Denpasar. (*/gs)

Baca Juga  Walikota Rai Mantra Dampingi Ketua DPR-RI, Mensos dan Men-PPPA Serahkan Bantuan Sosial ke KPM-PKH di Panjer
Lanjutkan Membaca