Connect with us

POLITIK

Gubernur Koster Bersama Kapolda & KPU Bali Monitoring TPS Pilkada 2020 di Denpasar, Bangli & Karangasem

BALIILU Tayang

:

de
Gubernur Bali Wayan Koster bersama Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra secara maraton melakukan monitoring kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, hingga Kabupaten Karangasem, Selasa (8/12).

Denpasar, baliilu.com – Gubernur Bali Wayan Koster bersama Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra secara maraton melakukan monitoring kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, hingga Kabupaten Karangasem, Selasa (8/12).

Didampingi Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, dan Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani, Gubernur Wayan Koster sebelum melakukan monitoring, dalam wawancaranya dihadapan awak media di Kantor KPU Provinsi Bali menegaskan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Bali (Pilkada Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana, Bangli dan Karangasem, red) siap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Kemudian setibanya di lokasi monitoring pertama di TPS 15, Banjar Betngandang, Desa Sanur Kauh, Denpasar, Gubernur Koster langsung mengecek ketersediaan fasilitas Protokol Pencegahan Covid-19 di TPS 15, seperti tempat pencuci tangan, hand sanitizer, maupun alat pengukur suhu tubuh agar dapat digunakan dengan baik saat masyarakat datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember.

Tidak berhenti sampai disana, Gubernur asal Desa Sembiran, Buleleng ini juga menanyakan kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai dari fasilitas bilik suara, hingga ruang tunggu para pemilih. “Saya mohon juga KPPS, Saksi, hingga warga yang melakukan hak suaranya di TPS agar tetap menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19,” ujar Gubernur Koster.

Mendengar hal tersebut, Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya yang didampingi Ketua KPPS I Wayan Andika Saputra di TPS 15 Banjar Betngandang menjelaskan mulai Pukul 07.00 Wita pagi KPPS sudah memulai pemungutan suara sampai pukul 13.00 Wita siang.

“Selama pemungutan suara berlangsung, dan sesuai dengan Protokol Pencegahan Covid-19 kami mengatur enam gelombang kehadiran pemilih di TPS 15, yang mana pemilih per satu gelombang berjumlah 50 sampai 60 orang,” ujarnya seraya mengatakan di TPS 15 ini terdapat 465 pemilih.

Baca Juga  Tim Gabungan Gelar Razia Penegakan Prokes di Desa Sanur Kaja, 10 Orang Didenda, 8 Orang Dibina

Sementara di Kabupaten Bangli, rombongan Gubernur Bali, Kapolda Bali, KPU dan Bawaslu Provinsi Bali disambut oleh Ketua KPU Kabupaten Bangli, Putu Pujawan di TPS 05 Taman Bali yang berlokasi di SDN 1 Taman Bali, Bangli.

Pastikan Pilkada 2020 Menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19

“TPS 05 Taman Bali siap melaksanakan Pilkada Serentak 2020 dengan menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19, disini terdapat 318 pemilih,” lapor Ketua KPPS I Dewa Nyoman Agus Lastriawan dihadapan Gubernur Bali Wayan Koster usai melalukan pemeriksaan kesiapan KPPS dan ruang titik kumpul pemilih sebelum pemungutan suara dimulai.

Kemudian di Kabupaten Karangasem, Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan bersama Komisioner KPU Kabupaten Karangasem Putu Deasy Natalia mengajak Gubernur Bali Wayan Koster ke TPS 31 Kelurahan Subagan yang berlokasi di SMPN 2 Amlapura.

TPS 31 yang memiliki jumlah pemilih sebanyak 352 ini, tercatat Gubernur Koster bersama Kapolda Bali, dan Bawaslu Bali meminta KPU Karangasem agar mengganti lampu di ruangan TPS 31, karena kondisinya kurang cerah.

Mendengar hal itu, Ketua KPPS I Komang Hendra segera menyanggupi permintaan tersebut, sehingga ruangan di TPS 31 mendapatkan cahaya lampu yang optimal dengan harapan tahapan Pemungutan Suara dapat berjalan lancar.

Di akhir penutup kegiatan monitoring kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Serentak Tahun 2020 tersebut, Gubernur Bali Wayan Koster tidak henti-hentinya mengajak seluruh penyelenggara Pilkada untuk bersama-sama mematuhi Protokol Pencegahan Covid-19, dan berharap semoga di tengah Pandemi Covid-19 ini partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya di atas 85 persen. (gs)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POLITIK

Gubernur Koster Ajak DPW PKB Provinsi Bali Memutus Penyebaran Covid-19

Published

on

By

de
Gubernur Bali Wayan Koster saat menghadiri Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali yang digelar, Sabtu (16/1) di Sanur, Denpasar.

Denpasar, baliilu.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengajak pengurus DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Bali untuk mendukung mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan guna mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di Pulau Bali.

Hal itu diucapkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster saat menghadiri Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali yang digelar, Sabtu (16/1) di Sanur, Denpasar.

“Dukungan lainnya juga saya harapkan dari DPW PKB Provinsi Bali berupa doa, agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” tambah Koster dalam sambutan pembukanya dihadapan Ketua DPW PKB Provinsi Bali H. Bambang Sutiyono, SE, seraya mengharapkan kegiatan Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali bisa berjalan dengan lancar.

Wayan Koster yang tercatat telah memiliki hubungan baik dengan PKB sejak ia menjadi Anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan di Senayan, Jakarta, lebih lanjut dalam sambutan penutupnya mengajak DPW PKB Provinsi Bali untuk bersama-sama membantu menjaga Bali ini dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang mengandung makna Menjaga Kesucian dan Keharmonisan Alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia, Sekala-Niskala menuju Kehidupan Krama Bali sesuai dengan prinsip Tri Sakti Bung Karno, Berdaulat secara Politik, Berdikari secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan melalui Pembangunan Secara Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah, dan Terintegrasi dalam Bingkai NKRI berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila 1 Juni 1945.

Gubernur Koster saat menghadiri Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali yang turut juga dihadiri secara virtual oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, hingga Kesbangpol Provinsi Bali.

“Saya berharap bapak-bapak yang bergabung di PKB bersama-sama membantu memulihkan pariwisata dan perekonomian Bali dengan senantiasa mencegah penyebaran Covid-19, dan kita sebagai generasi penerus memiliki tanggung jawab untuk menjaga Bali secara berkelanjutan dan hidup dengan ideologi yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila di NKRI ini,” kata Gubernur Koster yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini.

Baca Juga  Sabtu Ini Pasien Sembuh Covid-19 Bertambah 24 Orang di Denpasar, Positif 27 Orang

Sementara itu, Ketua DPW PKB Provinsi Bali H. Bambang Sutiyono, SE mengatakan Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali ini kami laksanakan sesuai dengan amanah PKB dan dihadiri oleh DPC PKB se-kabupaten/kota di Bali, dengan mengambil tema ‘Penataan dan Penyeragaman Masa Bakti Kepengurusan PKB Provinsi Bali’.

Dalam acara tersebut turut juga dihadiri secara virtual oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, dan dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, hingga Kesbangpol Provinsi Bali. (gs)

Lanjutkan Membaca

POLITIK

HUT Ke-48 PDI Perjuangan Targetkan Pecahkan Rekor MURI, DPD PDIP Bali Gelar Berbagai Lomba

Published

on

By

de
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster menyerahkan tumpeng kepada kader partai untuk diteruskan kepada komponen masyarakat pada peringatan HUT ke-48 PDI Perjuangan, di Kantor DPD PDIP Bali, Minggu (10/1).

Denpasar, baliilu.com – Minggu, 10 Januari 2021 adalah hari istimewa bagi keluarga besar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).  Karena hari ini PDI Perjuangan genap berusia 48 tahun. Di hari jadinya yang ke-48 ini, DPP PDI Perjuangan melaksanakan peringatan dengan tema “Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan” yang dihadiri secara virtual oleh anggota, kader dan simpatisan partai seluruh Indonesia.

Pada peringatan secara virtual ini mengundang DPD PDI Perjuangan, DPC PDI Perjuangan, PAC PDI Perjuangan, Ranting PDI Perjuangan, Anggota Fraksi DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kader PDI Perjuangan seluruh Indonesia dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Minggu (10/1-2021).

Koordinator Umum Ulang Tahun PDI Perjuangan Provinsi Bali Dewa Made Mahayadnya dalam konferensi pers di kantor DPD PDI Perjuangan Bali, Minggu (10/1) menyampaikan dalam peringatan ini, DPP Partai menargetkan meraih rekor MURI terkait jumlah partisipan yang mengikuti peringatan HUT ke-48 secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan menargetkan sejumlah 365.600 partisipan.  Dengan rincian dari partisipan DPP Partai, 34 DPD, 514 DPC, 128 DPR RI, 418 DPRD, 3.232 DPRD Kabupaten/Kota, 14 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi, serta 274 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota.

‘’Dari perhitungan di atas dapat diasumsikan apabila tingkat partisipasi sebesar 25% maka diperkirakan yang akan dapat mengikuti Zoom Meeting sejumlah 91.400 partisipan,’’ terang Mahayadnya yang juga menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Bali.

Sambutan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarno Putri secara virtual

Di samping itu, kata Mahayadnya, peringatan ini ditandai dengan pemotongan dan pembagian tumpeng HUT ke – 48 PDI Perjuangan kepada komponen masyarakat. Jumlah tumpeng yang dibagikan sebanyak 48 tumpeng di DPP Partai, di setiap DPD Partai dan DPC Partai seluruh Indonesia. Pembagian tumpeng ini juga ditargetkan untuk memecahkan rekor MURI Jumlah Tumpeng Terbanyak.

Baca Juga  Di Depan OJK, Gubernur Koster: Kasus Covid-19 yang Terkendali Tumbuhkan Kepercayaan Wisatawan ke Bali

Terkait target Rekor MURI Jumlah Partisipan dan Jumlah Tumpeng pada Peringatan HUT ke – 48 PDI Perjuangan, DPD PDI Perjuangan Bali menyatakan siap untuk melaksanakan. Adapun rincian Jumlah Partisipan Zoom Meeting peringatan HUT ke – 48 PDI Perjuangan di Provinsi Bali dari sejumlah 16.000 Partisipan terdiri dari DPD Partai sejumlah 4.000 Partisipan, DPC Denpasar sejumlah 2.000 Partisipan, DPC Badung sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Tabanan sejumlah 2.000 Partisipan, DPC Jembrana sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Buleleng sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Karangasem sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Klungkung sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Gianyar sejumlah 2.000 Partisipan, dan DPC Bangli sejumlah 1.000 Partisipan.

HUT ke-48 PDI Perjuangan digelar secara virtual. Peserta saat mendengarkan sambutan Presiden RI Joko Widodo

Tumpeng peringatan HUT ke – 48 PDI Perjuangan di Provinsi Bali berbahan beras merah dengan jumlah 480 tumpeng, terdiri dari DPD 48 sejumlah tumpeng, 9 DPC x 48 tumpeng = 432 tumpeng. Teknis pembagian tumpeng di DPD Partai dan DPC Partai dilaksanakan setelah peringatan HUT ke – 48 PDI Perjuangan di Kantor Partai berakhir. Tumpeng tersebut dibagikan kepada komponen masyarakat oleh Petugas Partai. Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster berkesempatan memotong tumpeng dan menyerahkan tumpeng kepada petugas partai untuk dibagikan kepada komponen masyarakat.

Terkait pelaksanaan HUT ke- 48 PDI Perjuangan di Provinsi Bali, Mahayadnya lanjut memaparkan, PDI Perjuangan Bali benar-benar mengikuti secara serius karena berkeinginan untuk mencapai rekor MURI. ‘’Dalam acara Ulang Tahun hari ini yang menerapkan dengan ketat protokol kesehatan Covid-19, dihadiri oleh seluruh struktur DPD PDI Perjuangan, DPR RI dari PDI Perjuangan, dan anggota Fraksi DPRD Provinsi Bali yang berjumlah kurang lebih 50 orang,’’ ujar Mahayadnya.

Dalam proses peringatan yang akan berlangsung sampai 31 Mei mendatang dan disambung dengan bulan Bung Karno pada Bulan Juni, DPD Bali akan melaksanakan sembilan kegiatan dengan sub tema “Memantapkan Implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang diharapkan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, yakni Lomba Cocktail berbahan dasar arak Bali, lomba Barista Kopi Bali, Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali yang diinisiasi oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster, Lomba Desain Motif Kreatif Endek Bali, Lomba Desain Busana Adat Pakem Bali, Lomba Website Aksara Bali, Bakti Sosial pembersihan danau, mata air, sungai, dan laut. Bakti Sosial bagi siswa dan mahasiswa yatim piatu yang berprestasi. Tingkat SD dan SMP akan diselenggarakan oleh DPC untuk SMA dan universitas akan dilaksanakan oleh DPD Bali.

Baca Juga  Gubernur Koster Bangga Aksara Bali segera Sejajar dengan Aksara lain yang Mendunia

Digelar pula Lomba Pengobatan Tradisional. Mahayadnya menyebut di Bali dikenal dengan adanya dua metode pengobatan yang disebut sekala dan niskala. ‘’Nanti kami akan gali potensi dalam bidang pengobatan yang ada di Bali. Sistem pengobatan tersebut akan kami bagi dalam 3 kategori yaitu mantra, tindakan seperti mengurut, dan herbal seperti loloh. Nanti kami akan atraksikan dan sosialisasikan. Kami juga akan mensosialisasikan dalam bentuk testimoni,’’ kata Mahayadnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster

Sesuai sub tema HUT ke-48 PDI Perjuangan di Provinsi Bali yakni “Memantapkan Implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster menegaskan kita akan memantapkan implementasi visi Nangun Sat  Kerthi Loka Bali.

‘’Kita harapkan bisa berjalan dengan baik, mendapat dukungan penuh dari seluruh Rakyat Bali sehingga dengan demikian cita-cita kita bersama untuk menjadikan Bali yang maju berdasarkan kearifan lokal, nilai-nilai budaya yang dimiliki Bali akan solid bergerak ke depan, sehingga masyarakat Bali akan benar-benar memiliki kepribadian, jati diri yang kuat sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal Bali,’’ pungkasnya. (gs/eka)

Lanjutkan Membaca

POLITIK

Kapolres Bangli Pimpin Pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pilkada 2020

Published

on

By

de
Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, SIK,MIK, saat meninjau langsung pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Bangli tahun 2020 di Kantor KPU Bangli, Rabu (16/12).

Bangli, baliilu.com – Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, SIK,MIK, bersama Dandim 1626/Bangli Letkol Inf. I Putu Suardana, SIP memimpin langsung pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Bangli tahun 2020 di Kantor KPU Bangli, Rabu (16/12).

Rapat yang dipimpin langsung Ketua KPU Bangli Putu Gede Pertama Pujawan, SE, dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Bali I Gst Agus Darmasanjaya, ST, MH, Ketua Bawaslu Bangli I Nengah Purna, Kabid Demokrasi Kesbangpol I Gede Sukaradnyana, PPK Se-Bangli, dan saksi dari masing-masing paslon.

Kapolres Bangli menuturkan pada tahap rekapitulasi dari tingkat PPK hingga penetapan hasil penghitungan suara di tingkat KPU jajarannya menerjunkan 175 personel yang telah dibagi sesuai tugas masing-masing.

“Anggota pengamanan kita bagi sesuai tugasnya masing-masing serta tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Kapolres.

Dirinya mengatakan selama pelaksanaan rekapitulasi baik dari tingkat PPK hingga penetapan hasil penghitungan suara di KPU Bangli berjalan dengan aman dan lancar, hal tersebut tak terlepas dari kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat karena telah berpartisipasi dan ikut menjaga keamanan di wilayah Bangli selama pelaksanaan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Bangli tahun 2020 sehingga berjalan aman damai dan sejuk,” tandasnya. (gs)

Baca Juga  Gubernur Koster Bangga Aksara Bali segera Sejajar dengan Aksara lain yang Mendunia
Lanjutkan Membaca