Connect with us

POLITIK

Sekda Adi Arnawa Pantau Kesiapan Pilkada Badung 2020

BALIILU Tayang

:

de
Sekda Adi Arnawa saat melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Badung 2020 ke beberapa TPS yang ada di wilayah Kuta Utara, Kuta dan Kuta Selatan, Selasa (8/12).

Badung, baliilu.com – Guna mewujudkan Pilkada Badung Tahun 2020 yang sukses, sehat dan aman, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bersama Forkopimda serta pimpinan OPD terkait melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Badung 2020 ke beberapa TPS yang ada di wilayah Kuta Utara, Kuta dan Kuta Selatan, Selasa (8/12). Turut mendampingi Ketua Bawaslu Badung I Ketut Alit Astasoma, Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Badung I GKG Yusa Arsana Putra.

Sekda Adi Arnawa mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka memantau persiapan penyelenggara pemilu  dan TPS untuk pelaksanaan Pilkada Badung 2020. “Kami bersama para pimpinan Forkopimda dan OPD terkait hari ini hadir bersama memantau perkembangan persiapan Pilkada Badung 2020 yang akan berlangsung Rabu (9/12).

Dari hasil pemantauan di beberapa TPS, penyelenggara juga sudah memastikan kesiapannya dalam  menerapkan protokol kesehatan. Itu terbukti dengan disediakannya bilik khusus bagi para pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat,” katanya. Pihaknya juga meminta KPPS di masing-masing TPS agar benar-benar melaksanakan pilkada secara luber, walaupun di Badung pilkada hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Di samping itu diharapkan penyelenggara juga agar selalu berkoordinasi dengan pihak aparat, apa pun kondisinya dan berharap Pilkada Badung ini berlangsung aman, sukses dan terkendali.

Adi Arnawa menambahkan, kesiapan penyelenggara pemilu, merupakan bagian yang paling krusial pada pesta demokrasi, mulai dari logistik, SDM dan juga SOP-nya. Terlebih saat ini Pilkada dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, sarana dan prasarana penunjang, khususnya kesiapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 harus benar-benar maksimal. “Kami harus mengetahui apa-apa saja yang telah dilakukan dan bagaimana kesiapannya. Kami pun mengimbau agar warga dapat menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember dan tidak perlu khawatir atau takut tertular. Sebab, penyelenggara sudah menerapkan SOP dan prokes untuk menghindari penularan Covid-19,” tegasnya.

Baca Juga  Gandeng Minyak Belog, Sereh Wangi Dibudidayakan Besar-besaran di Desa Berembeng

Sementara itu IGKG Yusa Arsana Putra dari KPU Badung mengutarakan pihaknya dengan segala upaya mengusahakan pelaksanaan Pilkada Badung agar bisa berlangsung sukses dan bisa berjalan sesuai dengan regulasi. Pihaknya juga mengajak semua masyarakat Badung yang miliki hak pilih untuk hadir ke TPS menggunakan hak pilihnya. “Logistik hari ini sudah dipastikan bisa didistribusikan di desa masing masing. Sehingga nantinya kami berharap pelaksanaan Pilkada di Badung ini dapat berlangsung dengan lancar, sukses dan demokratis,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama,  I Ketut Alit Astasoma dari Bawaslu Badung  menyampaikan Pilkada Badung yang akan dilaksanakan besok sudah sesuai dengan undang-undang dan protokol kesehatan yang berlaku.

Di sisi lain Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. Nyoman Gunarta mengungkapkan, dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada 2020  ini, pihaknya menerjunkan tim Dinas Kesehatan untuk memantau seluruh TPS guna memastikan pelaksanaan prokes berjalan sesuai SOP. “Besok tim Pustu, KBS dan Dinas Kesehatan ikut siaga satu memantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS untuk mewujudkan Pilkada Badung yang sehat dan aman,” ungkapnya. (bt)

POLITIK

PDIP Raih 3 Rekor MURI: Dari Penanaman Pohon Terbanyak hingga Tumpeng untuk Rakyat

Published

on

By

Foto: Dok

Jakarta, baliilu.com – Serangkaian kegiatan PDI Perjuangan (PDIP) mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Penyampaikan penghargaan itu disampaikan langsung oleh Penggagas MURI Jaya Suprana.

Jaya yang hadir secara virtual itu membeberkan ada tiga penghargaan MURI yang diberikan kepada PDIP. Pertama, penghargaan kepesertaan HUT ke-48 PDIP secara daring terbanyak.

“Dengan penuh kerendahan hati saya mohon berkenan untuk dapat menganugerahkan 3 piagam penghargaan Museum Record Indonesia (MURI) dalam rangka HUT ke-48 dan rakernas PDIP. Satu, prosesi HUT Partai Politik secara daring peserta terbanyak, yaitu 73.367 peserta yang terdiri dari DPP, plus 34 provinsi dengan 1.367 peserta. Joe Biden juga harus belajar dari kita, dari PDIP,” kata Jaya, di sela rapat DPP PDIP bersama Muri, Senin (18/1).

Yang kedua, lanjut Jaya, MURI juga memberikan penghargaan atas kegiatan penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik secara serentak di seluruh Indonesia.

“Rekor kedua, penanaman pohon terbanyak oleh anggota parpol serentak yaitu 357.975 dengan jumlah pohon 579.247 waduh, ampun saya. Yang nyebutnya saja sampai pusing ini, karena begitu banyak,” ujar Jaya.

“Jadi, ini penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik secara serentak dalam merayakan hari ulang tahun,” sambung Jaya.

Terakhir, MURI juga memberikan penghargaan atas rekor pembagian tumpeng terbanyak saat HUT ke-48 PDIP kepada masyarakat.

“Sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi mahakarya, kebudayaan nusantara ini, ulang tahun PDIP dilaksanakan dengan pembagian tumpeng terbanyak, DPP dan DPD seluruhnya 7.763 tumpeng. Ini semua dibagikan kepada para panti asuhan, panti jompo dan berbagai komunitas kemanusiaan,” tutur Jaya.

Nantinya, piagam MURI itu akan dikirimkan ke Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Baca Juga  Pasca Banjir Bandang di Jembrana, TNI/Polri/Pemda Karya Bakti Bersama Masyarakat

“Ini kita umumkan secara daring dulu, nanti akan dikirim tentu ke kantor pusat PDIP. Jadi, Ini rekor dunia. Karena saya belum tau bagaimana partai-partai politik di Amerika, China, maupun Rusia apalagi Jerman dan negara-negara yang lebih gede lagi itu saya belum pernah dengar kalau ada acara HUT dengan secara daring dengan peserta demikin banyak. Untuk penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik terbanyak di dunia juga ini, terbanyak. Pembagian nasi tumpeng, itu kan adanya cuma di Indonesia. Dan ini pasti rekor dunia nasi tumpeng terbanyak,” pungkas Jaya.

Merespons hal itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku bangga dengan penghargaan MURI itu.

“Terima kasih, sebagai pengurus dari MURI Museum Rekor Indonesia saya tentu sangat bangga sekali, karena saya diberitahu Pak Sekjen, karena hari ulang tahun kita yang ke 48 itu ternyata itu mungkin diperhatikan oleh MURI, yang menurut saya, dan saya tidak menyangka bahwa hasilnya mencapai rekor Muri yang tadi telah disampaikan Pak Jaya,” ucap Megawati.

Di kesempatan yang sama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan apa yang dilakukan kader PDIP adalah sesuai dengan ajaran Megawati bahwa berpolitik juga termasuk memperindah alam raya Indonesia.

“Bahwa kebahagiaan manusia itu juga dalam keseimbangan manusia dengan sang pencipta, dan manusia dengan alam raya, dan manusia dengan sesama,” ujar Hasto.

Hadir juga dalam rapat itu pengurus DPP, DPD serta DPC PDIP seluruh Indonesia secara virtual. (*/gs)

Lanjutkan Membaca

POLITIK

Gubernur Koster Ajak DPW PKB Provinsi Bali Memutus Penyebaran Covid-19

Published

on

By

de
Gubernur Bali Wayan Koster saat menghadiri Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali yang digelar, Sabtu (16/1) di Sanur, Denpasar.

Denpasar, baliilu.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengajak pengurus DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Bali untuk mendukung mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan guna mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di Pulau Bali.

Hal itu diucapkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster saat menghadiri Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali yang digelar, Sabtu (16/1) di Sanur, Denpasar.

“Dukungan lainnya juga saya harapkan dari DPW PKB Provinsi Bali berupa doa, agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” tambah Koster dalam sambutan pembukanya dihadapan Ketua DPW PKB Provinsi Bali H. Bambang Sutiyono, SE, seraya mengharapkan kegiatan Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali bisa berjalan dengan lancar.

Wayan Koster yang tercatat telah memiliki hubungan baik dengan PKB sejak ia menjadi Anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan di Senayan, Jakarta, lebih lanjut dalam sambutan penutupnya mengajak DPW PKB Provinsi Bali untuk bersama-sama membantu menjaga Bali ini dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang mengandung makna Menjaga Kesucian dan Keharmonisan Alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia, Sekala-Niskala menuju Kehidupan Krama Bali sesuai dengan prinsip Tri Sakti Bung Karno, Berdaulat secara Politik, Berdikari secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan melalui Pembangunan Secara Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah, dan Terintegrasi dalam Bingkai NKRI berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila 1 Juni 1945.

Gubernur Koster saat menghadiri Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali yang turut juga dihadiri secara virtual oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, hingga Kesbangpol Provinsi Bali.

“Saya berharap bapak-bapak yang bergabung di PKB bersama-sama membantu memulihkan pariwisata dan perekonomian Bali dengan senantiasa mencegah penyebaran Covid-19, dan kita sebagai generasi penerus memiliki tanggung jawab untuk menjaga Bali secara berkelanjutan dan hidup dengan ideologi yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila di NKRI ini,” kata Gubernur Koster yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini.

Baca Juga  Update Covid-19 (8/1) di Bali, Kasus Positif Melonjak Bertambah 231 Orang

Sementara itu, Ketua DPW PKB Provinsi Bali H. Bambang Sutiyono, SE mengatakan Musyawarah Wilayah PKB Provinsi Bali ini kami laksanakan sesuai dengan amanah PKB dan dihadiri oleh DPC PKB se-kabupaten/kota di Bali, dengan mengambil tema ‘Penataan dan Penyeragaman Masa Bakti Kepengurusan PKB Provinsi Bali’.

Dalam acara tersebut turut juga dihadiri secara virtual oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, dan dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, hingga Kesbangpol Provinsi Bali. (gs)

Lanjutkan Membaca

POLITIK

HUT Ke-48 PDI Perjuangan Targetkan Pecahkan Rekor MURI, DPD PDIP Bali Gelar Berbagai Lomba

Published

on

By

de
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster menyerahkan tumpeng kepada kader partai untuk diteruskan kepada komponen masyarakat pada peringatan HUT ke-48 PDI Perjuangan, di Kantor DPD PDIP Bali, Minggu (10/1).

Denpasar, baliilu.com – Minggu, 10 Januari 2021 adalah hari istimewa bagi keluarga besar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).  Karena hari ini PDI Perjuangan genap berusia 48 tahun. Di hari jadinya yang ke-48 ini, DPP PDI Perjuangan melaksanakan peringatan dengan tema “Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan” yang dihadiri secara virtual oleh anggota, kader dan simpatisan partai seluruh Indonesia.

Pada peringatan secara virtual ini mengundang DPD PDI Perjuangan, DPC PDI Perjuangan, PAC PDI Perjuangan, Ranting PDI Perjuangan, Anggota Fraksi DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kader PDI Perjuangan seluruh Indonesia dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Minggu (10/1-2021).

Koordinator Umum Ulang Tahun PDI Perjuangan Provinsi Bali Dewa Made Mahayadnya dalam konferensi pers di kantor DPD PDI Perjuangan Bali, Minggu (10/1) menyampaikan dalam peringatan ini, DPP Partai menargetkan meraih rekor MURI terkait jumlah partisipan yang mengikuti peringatan HUT ke-48 secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan menargetkan sejumlah 365.600 partisipan.  Dengan rincian dari partisipan DPP Partai, 34 DPD, 514 DPC, 128 DPR RI, 418 DPRD, 3.232 DPRD Kabupaten/Kota, 14 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi, serta 274 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota.

‘’Dari perhitungan di atas dapat diasumsikan apabila tingkat partisipasi sebesar 25% maka diperkirakan yang akan dapat mengikuti Zoom Meeting sejumlah 91.400 partisipan,’’ terang Mahayadnya yang juga menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Bali.

Sambutan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarno Putri secara virtual

Di samping itu, kata Mahayadnya, peringatan ini ditandai dengan pemotongan dan pembagian tumpeng HUT ke – 48 PDI Perjuangan kepada komponen masyarakat. Jumlah tumpeng yang dibagikan sebanyak 48 tumpeng di DPP Partai, di setiap DPD Partai dan DPC Partai seluruh Indonesia. Pembagian tumpeng ini juga ditargetkan untuk memecahkan rekor MURI Jumlah Tumpeng Terbanyak.

Baca Juga  Update Covid-19 (8/1) di Bali, Kasus Positif Melonjak Bertambah 231 Orang

Terkait target Rekor MURI Jumlah Partisipan dan Jumlah Tumpeng pada Peringatan HUT ke – 48 PDI Perjuangan, DPD PDI Perjuangan Bali menyatakan siap untuk melaksanakan. Adapun rincian Jumlah Partisipan Zoom Meeting peringatan HUT ke – 48 PDI Perjuangan di Provinsi Bali dari sejumlah 16.000 Partisipan terdiri dari DPD Partai sejumlah 4.000 Partisipan, DPC Denpasar sejumlah 2.000 Partisipan, DPC Badung sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Tabanan sejumlah 2.000 Partisipan, DPC Jembrana sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Buleleng sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Karangasem sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Klungkung sejumlah 1.000 Partisipan, DPC Gianyar sejumlah 2.000 Partisipan, dan DPC Bangli sejumlah 1.000 Partisipan.

HUT ke-48 PDI Perjuangan digelar secara virtual. Peserta saat mendengarkan sambutan Presiden RI Joko Widodo

Tumpeng peringatan HUT ke – 48 PDI Perjuangan di Provinsi Bali berbahan beras merah dengan jumlah 480 tumpeng, terdiri dari DPD 48 sejumlah tumpeng, 9 DPC x 48 tumpeng = 432 tumpeng. Teknis pembagian tumpeng di DPD Partai dan DPC Partai dilaksanakan setelah peringatan HUT ke – 48 PDI Perjuangan di Kantor Partai berakhir. Tumpeng tersebut dibagikan kepada komponen masyarakat oleh Petugas Partai. Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster berkesempatan memotong tumpeng dan menyerahkan tumpeng kepada petugas partai untuk dibagikan kepada komponen masyarakat.

Terkait pelaksanaan HUT ke- 48 PDI Perjuangan di Provinsi Bali, Mahayadnya lanjut memaparkan, PDI Perjuangan Bali benar-benar mengikuti secara serius karena berkeinginan untuk mencapai rekor MURI. ‘’Dalam acara Ulang Tahun hari ini yang menerapkan dengan ketat protokol kesehatan Covid-19, dihadiri oleh seluruh struktur DPD PDI Perjuangan, DPR RI dari PDI Perjuangan, dan anggota Fraksi DPRD Provinsi Bali yang berjumlah kurang lebih 50 orang,’’ ujar Mahayadnya.

Dalam proses peringatan yang akan berlangsung sampai 31 Mei mendatang dan disambung dengan bulan Bung Karno pada Bulan Juni, DPD Bali akan melaksanakan sembilan kegiatan dengan sub tema “Memantapkan Implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang diharapkan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, yakni Lomba Cocktail berbahan dasar arak Bali, lomba Barista Kopi Bali, Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali yang diinisiasi oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster, Lomba Desain Motif Kreatif Endek Bali, Lomba Desain Busana Adat Pakem Bali, Lomba Website Aksara Bali, Bakti Sosial pembersihan danau, mata air, sungai, dan laut. Bakti Sosial bagi siswa dan mahasiswa yatim piatu yang berprestasi. Tingkat SD dan SMP akan diselenggarakan oleh DPC untuk SMA dan universitas akan dilaksanakan oleh DPD Bali.

Baca Juga  Kelurahan Sesetan secara Berkelanjutan Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Digelar pula Lomba Pengobatan Tradisional. Mahayadnya menyebut di Bali dikenal dengan adanya dua metode pengobatan yang disebut sekala dan niskala. ‘’Nanti kami akan gali potensi dalam bidang pengobatan yang ada di Bali. Sistem pengobatan tersebut akan kami bagi dalam 3 kategori yaitu mantra, tindakan seperti mengurut, dan herbal seperti loloh. Nanti kami akan atraksikan dan sosialisasikan. Kami juga akan mensosialisasikan dalam bentuk testimoni,’’ kata Mahayadnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster

Sesuai sub tema HUT ke-48 PDI Perjuangan di Provinsi Bali yakni “Memantapkan Implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Wayan Koster menegaskan kita akan memantapkan implementasi visi Nangun Sat  Kerthi Loka Bali.

‘’Kita harapkan bisa berjalan dengan baik, mendapat dukungan penuh dari seluruh Rakyat Bali sehingga dengan demikian cita-cita kita bersama untuk menjadikan Bali yang maju berdasarkan kearifan lokal, nilai-nilai budaya yang dimiliki Bali akan solid bergerak ke depan, sehingga masyarakat Bali akan benar-benar memiliki kepribadian, jati diri yang kuat sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal Bali,’’ pungkasnya. (gs/eka)

Lanjutkan Membaca