Monday, 4 July 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

POLITIK

Ketua Dewan Adi Wiryatama Ambil Sumpah Dewa Nyoman Rai Sebagai PAW Anggota DPRD Bali

Gantikan I Nyoman Adnyana Karena Meninggal Dunia

BALIILU Tayang

:

sumpah
Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama, S.Sos., M.Si. mengambil sumpah Dewa Nyoman Rai sebagai PAW Anggota DPRD Bali. (Foto: gs)

Denpasar, baliilu.com – Pada Rapat Paripurna Ke-12 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antarwaktu (PAW) Anggota DPRD Provinsi Bali, Ketua Dewan I Nyoman Adi Wiryatama, S.Sos., M.Si. meresmikan dan mengambil sumpah anggota PAW DPRD Bali atas nama I Dewa Nyoman Rai, S.H., pada Selasa, 17 Mei 2022 di Ruang Sidang Utama DPRD Provinsi Bali Jalan Dr. Kusuma Atmaja No. 3, Niti Mandala Renon Denpasar.

Pengambilan sumpah PAW anggota DPRD Bali ini disaksikan sulinggih, Gubernur Bali Wayan Koster, Pimpinan dan Anggota DPRD Bali, Forkopimda Bali, Sekda Bali dan jajarannya, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Bali.

Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama saat menyematkan pin kepada Dewa Nyoman Rai. (Foto: gs)

Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama dalam kata pembukanya menyampaikan peresmian pengangkatan Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD Provinsi Bali berdasarkan Pasal 139 Tata Tertib DPRD Bali dipandu oleh pimpinan DPRD Provinsi Bali. Pelaksanaan ini merupakan tindak lanjut dari diterbitkannya Keputusan Menteri Dalam Negeri RI No. 161 PP51-1103 Tahun 2022 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Bali atas nama I Nyoman Adnyana, S.H., M.M., terhitung sejak meninggal dunia pada tanggal 19 Februari 2022 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama menjadi anggota DPRD Provinsi Bali.

Selanjutnya telah terbit pula Keputusan Menteri Dalam Negeri RI No. 161 PP51-1104 Tahun 2022 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD Provinsi Bali atas nama I Dewa Nyoman Rai, S.H.

Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama didampingi Wakil Ketua Wayan Suyasa memimpin Rapat Paripurna Ke-12 Peresmian Pengangkatan PAW Snggota DPRD Bali. (Foto: gs)

‘’Pada kesempatan ini, kami pimpinan dan segenap anggota DPRD Bali mengucapkan selamat kepada I Dewa Nyoman Rai, S.H. sebagai anggota DPRD Bali sisa masa jabatan 2019-2024. Kepada yang terhormat keluarga almarhum Nyoman Adnyana kami mengucapkan terima kasih dengan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan jasa-jasanya sebagai anggota DPRD Provinsi Bali,’’ kata Ketua Dewan Adi Wiryatama sebelum mengambil sumpah Dewa Nyoman Rai dan penyematan insigne.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada bapak Ketua Dewan yang dengan cepat merespons, sehingga astungkara pelantikan bisa dilaksanakan hari ini.

Baca Juga  Fraksi Demokrat DPRD Bali Setuju Ranperda Perubahan PMD Dibahas untuk Ditetapkan Jadi Perda

Gubernur Wayan Koster mengungkapkan, jalan hidup orang tidak bisa ditentukan, dimana daerah pemilihan Buleleng tak terpilih tetapi ada kesempatan mengganti antarwaktu wakil anggota dewan dapil Kabupaten Bangli. ‘’Saya sendiri sempat kepikiran siapa yang akan mengganti di internal di Bangli. Rupanya KPU punya peraturan yang menjadi exit policy untuk mengatasi masalah ini.

‘’Terima kasih kepada KPU yang telah memberikan jalan keluar sehingga pergantian antarwaktu bisa cepat,’’ ujar Gubernur seraya berharap tentu dengan hadirnya anggota dewan Dewa Rai akan menambah kemampuan kerja DPRD Provinsi Bali dalam rangka kita menjalankan sejumlah agenda pembangunan di Bali, melaksanakan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era Baru.

Gubernur Bali Wayan Koster. (Foto: gs)

Sebagai Gubernur Bali sekaligus sebagai pimpinan partai, pihaknya juga berharap, dari pengalaman Dewa Rai agar bekerja sebaik-baiknya, professional, tertib, disiplin serta mengedepankan kesantunan sebagai anggota DPRD yang mendapat predikat terhormat di masyarakat. ‘’Segala sesuatu pikiran ucapan dan tindakan agar benar-benar bisa menjadi panutan di publik dan dijadikan bagian daripada membangun kinerja sebagai anggota DPRD,’’ pesan Koster.

‘’Saya tak terlalu banyak berbicara, satu saja pesan saya kepada Pak Dewa Nyoman Rai, hari ini dapat surat keputusan, tolong jangan dibawa ke BPD Bali,’’ ucap Gubernur. Oleh karena itu, di rumah disimpan dengan baik, selanjutnya bekerja sebagai anggota dewan tentunya turun ke masyarakat. Selama bertugas sebagai anggota dewan, agar bekerja dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan Dewa Nyoman Rai usai dilantik kepada media mengucap syukur karena atas rahmat-Nyalah bisa kembali lagi sebagai anggota DPRD pengganti antarwaktu yang sempat 3 periode sebagai anggota DPRD Bali.

‘’Saya percaya Tuhan maha adil dan dikembalikan ke DPRD Bali. Ke depan apa yang sudah saya lakukan, saya berharap bisa melakukan yang lebih baik dari apa yang sudah dilakukan sebelumnya,’’ ucap Dewa Rai yang duduk di Komisi I Bidang Hukum seraya menegaskan akan memaksimalkan selalu sebagai anggota legislatif dalam bidang legislasi, anggaran dan pengawasan.

Baca Juga  DPRD Bali Sampaikan Catatan Rekomendasi LKPJ 2021 ke Pemprov Bali

Akhir rapat paripurna dilanjutkan dengan ucapan selamat kepada Dewa Rai yang dimulai dari Gubernur Bali disambung Ketua DPRD Bali, wakil ketua dan anggota dewan, Forkopimda, Sekda Bali dan jajaran, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Bali dan undangan lainnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan galungan pemkot

iklan galungan pemprov
Advertisements
iklan galungan dprd bali
Advertisements
iklan galungan dprd badung
Advertisements
de
Advertisements
iklan stikom terbaru

POLITIK

3 Hari di Sekolah Partai DPP PDIP, Wayan Koster Hayati Suasana Merakyat Bersama Gubernur dari Kader PDI Perjuangan

Published

on

By

Gubernur Koster
Wayan Koster bersama Ganjar Pranowo dan tokoh PDI Perjuangan lainnya saat santai di ruang mes. (Foto: Ist)

Jakarta, baliilu.com – Ketua DPD PDI Perjuangan dari 34 Provinsi dan Gubernur dari Kader PDI Perjuangan se-Indonesia mengikuti Rakernas II PDI Perjuangan yang berlangsung dari tanggal 21-23 Juni 2022 di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Jalan Lenteng Agung, Jakarta.

Selama Rakernas II PDI Perjuangan berlangsung, seluruh Ketua DPD PDI Perjuangan dari 34 Provinsi dan Gubernur dari Kader PDI Perjuangan, termasuk di dalamnya terdapat Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali yang sekaligus menjabat sebagai Gubernur Bali, Wayan Koster wajib menginap di Mes Sekolah Partai dengan tempat tidur bertingkat dan sederhana, yang memiliki tujuan untuk mendidik kader agar tertib dan disiplin selama perhelatan Rakernas II PDI Perjuangan.

Kader PDI Perjuangan betul – betul menghayati suasana kesederhanaan dan nuansa yang merakyat dengan tidak membedakan jabatannya selama berada di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan. Hal ini tentu sangat relevan dengan materi Rakernas untuk memikirkan masalah – masalah riil kerakyatan hingga berdiskusi satu sama lain guna mencarikan solusi yang bermanfaat untuk kepentingan rakyat Indonesia. Toppppp.

Kehadiran Ketua DPD PDI Perjuangan dari 34 Provinsi dan Gubernur dari Kader PDI Perjuangan se-Indonesia di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Jalan Lenteng Agung sempat viral ketika ada video pendek yang memperlihatkan Gubernur Bali, Wayan Koster, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, dan juga Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono sedang bercanda di dalam satu kamar sederhana.

“Ini jam setengah sebelas malam, ini adalah kader – kader  yang tidak bisa tidur,” ujar Ganjar Pranowo yang disambut canda tawa di kamar Mes Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan dengan tempat tidur bertingkat.

Baca Juga  Wagub Bali Bacakan Jawaban Gubernur terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi Atas Raperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

Lebih lanjut, Ganjar dalam videonya menyampaikan, ada yang kekenyangan ada juga yang kelaparan. Kemudian ada yang nyeletuk. “Bapak Gubernur Bali (Wayan Koster, red) pakai celana pendek, tapi tetap ganteng. Apa tanggapannya Pak Gub?” cetus salah satu kader PDI Perjuangan yang langsung dijawab Gubernur Koster dengan berujar ini sebuah kebersamaan, materinya bagus, tidurnya nyenyak, makanannya enak. Kemudian ada yang bertanya, Siapa yang ngorok? Lalu Gubernur Koster yang juga Ketua DPD PDIP Bali ini menjawab yang ngorok Pak Ganjar.

Dikonfirmasi ke Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Wayan Koster membenarkan video tersebut. Gubernur Bali jebolan ITB ini mengatakan bahwa suasana kebersamaan luar biasa di Mes Sekolah Partai. “Tidurnya pakai ranjang bertingkat, saya kebetulan bersebelahan dengan Pak Ganjar, rame, seru dan guyub,” jelasnya sembari menyatakan seluruh peserta Rakernas memang wajib menginap di Mes Sekolah Partai dengan suasana sangat sederhana yang bertujuan untuk mendidik kader agar mengikuti Rakernas dengan tertib dan disiplin, serta menghayati suasana kesederhanaan dan merakyat tanpa menbedakan jabatan.

 Kegiatan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan juga sangat relevan dengan materi Rakernas untuk memikirkan masalah – masalah riil kerakyatan, dan mencarikan solusi yang bermanfaat untuk rakyat. (gs/bi)

Advertisements
iklan galungan pemkot

iklan galungan pemprov
Advertisements
iklan galungan dprd bali
Advertisements
iklan galungan dprd badung
Advertisements
de
Advertisements
iklan stikom terbaru
Lanjutkan Membaca

POLITIK

Tingkatkan Pendidikan Politik, Himapol Udayana Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Kapal

Published

on

By

de
Himapol Udayana foto bersama pembicara, dan para pejabat Desa Kapal Kecamatan Mengwi Badung saat lakukan pengabdian masyarakat. (Foto: Ist)

Badung, baliilu.com – Dalam rangka membantu meningkatkan pendidikan politik di masyarakat, Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Udayana mengadakan kegiatan pengabdian sekaligus sosialisasi di Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung, Minggu, 1 Mei 2022.

Kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan selama dua hari, yang diawali dengan kegiatan membersihkan lingkungan di area Pura Sada, Desa Kapal pada Jumat, 29 April 2022. Kemudian dilanjutkan pada Sabtu, 30 April 2022 dengan kegiatan Sosialisasi Pemilih Pemula yang mengundang Sekaa Teruna dan siswa-siswi SMA se-Desa Kapal sebagai peserta.

Berkaitan dengan pemilu dan Pemilihan 2024 semakin dekat, sosialisasi pemilih pemula tersebut dilaksanakan dengan menghadirkan langsung Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, S.T.,M.H., serta dosen Ilmu Politik, Efatha Filomeno Borromeu Duarte, S.IP., M.Sos., selaku pembicara.

Sosialisasi yang bertempat di Wantilan Desa Kapal dibuka oleh Lurah Desa Kapal, I Nyoman Sudiarta, S.E., bersama dengan Bendesa Adat, Petajuh Desa Adat, Pecalang dan Babinsa. Turut hadir pula, I Made Anom Wiranata, S.IP, M.A. selaku Wakil Dekan III FISIP Udayana, Dr. Tedi Erviantono, S.IP.,M.Si. selaku Koordinator Program Studi Ilmu Politik Universitas Udayana, serta perwakilan organisasi mahasiswa di lingkungan FISIP, Universitas Udayana.

Terdapat beberapa hal yang menjadi pembahasan, seperti pemutakhiran data pemilih, hoaks politik, isu agama, fenomena post-truth dalam politik hingga potensi generasi milenial dalam dunia politik. Antusiasme para peserta terlihat dalam banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan mengenai berbagai isu dalam sesi diskusi yang dipandu oleh salah satu mahasiswa ilmu politik, Universitas Udayana.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan penyerahan plakat panitia kepada pihak Desa Kapal dan sesi foto bersama. Hal tersebut juga sekaligus menjadi kegiatan penutup dari kegiatan pengabdian masyarakat. Dengan acara ini, diharapkan mampu membangkitkan semangat generasi milenial untuk terjun ke ranah politik, serta membantu meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu dan pemilihan 2024 nanti. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas976-Tingkatkan-Pendidikan-Politik-Himapol-Udayana-Adakan-Pengabdian-Masyarakat.html (gs/bi)

Baca Juga  Fraksi Demokrat DPRD Bali Setuju Ranperda Perubahan PMD Dibahas untuk Ditetapkan Jadi Perda

Advertisements
iklan galungan pemkot

iklan galungan pemprov
Advertisements
iklan galungan dprd bali
Advertisements
iklan galungan dprd badung
Advertisements
de
Advertisements
iklan stikom terbaru
Lanjutkan Membaca

POLITIK

Puan Datangi DPC PDIP Sragen, Kader Banteng Teriakkan “Mbak Puan Presiden!”

Published

on

By

de
Puan Maharani. (Foto: Ist)

Sragen, baliilu.com – Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyambut kedatangan Puan Maharani di kantor DPC PDI-P Sragen, Rabu (27/4). Yel-yel penyambutan terdengar begitu Puan memasuki kantor DPC Sragen.

“Mbak Puan…,” seru pengurus yang langsung disambut suara serentak “Presiden!”.

Puan menyapa para kader PDI-P yang sudah berkumpul di halaman kantor DPC. Puan berinteraksi dengan para kader hingga melayani permintaan kader yang ingin selfie bersama.

Di pertemuan itu, Puan mengaku senang dan bersemangat bisa menemui pengurus dan kader PDI-P di kantor DPC Sragen. Ini adalah kali pertama Puan mendatangi kantor DPC Sragen. Biasanya, pertemuan dengan kader PDI-P Sragen dilakukan di Pendopo Kabupaten. Kunjungan Puan ke kantor DPC Sragen adalah untuk melakukan konsolidasi mempersiapkan Pemilu 2024.

Lewat pidatonya, Puan mengingatkan bahwa gelaran Pemilu 2024 sudah sebentar lagi. Puan meminta agar pengurus dan kader fokus untuk pemenangan partai.

“Sragen Insya Allah sudah kompak. Pasti Sragen ini suaranya nanti naik. Solo Raya harus jadi kantong kemenangan nasional,” seru Puan.

“Kerja turun lapangan. Jangan terpengaruh survei, itu hanya jadi pegangan. Jangan terganggu ada calon ini itu. Yang penting kerja, kerja, dan tunggu instruksi Ketua Umum. Nanti saya pastikan kita punya Capres dari PDI Perjuangan,” tegas Puan.

Tak hanya konsolidasi, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan agenda Ramadan Berbagi. Lewat kader DPC PDI-P, Puan membagikan paket sembako untuk warga di 20 kecamatan se-Kabupaten Sragen.

Puan mendorong kekompakan kader DPC untuk turun menemui masyarakat.

“Sambil menyelam minum air, saya berikan kontribusi saya, beras. Yang jadi kebutuhan jelang Hari Raya. Bapak Ibu bantu bagikan, saya yang sediakan. Ini implementasi konkret gotong-royong sebagai keluarga besar PDI Perjuangan. Harus terus kita lakukan untuk kemenangan 2024, siap atau enggak?,” kata Puan yang langsung disambut teriakan “Siap,” oleh para kader. (gs/bi)

Baca Juga  Rapat Paripurna Ke-4 Masa Sidang I/2022 DPRD Bali, Gubernur Sampaikan Pandangan Umum Fraksi soal Penyertaan Modal Daerah

Advertisements
iklan galungan pemkot

iklan galungan pemprov
Advertisements
iklan galungan dprd bali
Advertisements
iklan galungan dprd badung
Advertisements
de
Advertisements
iklan stikom terbaru
Lanjutkan Membaca