Wednesday, 28 September 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

GAYA HIDUP

Kisah Pemberdayaan Perempuan, di Balik Sukses Produk Kecantikan Bali Alus

BALIILU Tayang

:

da
Ni Kadek Eka Citrawati, sang pendiri Bali Alus

DI saat tren skincare makin bermunculan dan industri kecantikan Indonesia mulai menggeliat, ada seorang perempuan Bali yang telah menjadi pelopor akan kemajuan dunia kecantikan Tanah Air. Dialah Ni Kadek Eka Citrawati, sang pendiri Bali Alus, produk kecantikan berbahan dasar alami yang dikembangkan dari resep warisan leluhur Bali.

Bali Alus berdiri sejak tahun 1999 akhir. Awalnya, Ni Kadek terinspirasi melihat salah satu hasil bumi di desanya, yaitu tanaman aloe vera atau lidah buaya yang melimpah, tetapi hanya menjadi komoditas ekspor. Menurutnya, lidah buaya ini akan lebih bermanfaat jika diolah dan dimanfaatkan sendiri.

Dari sana, ia pun mulai mencoba meracik produk perawatan kulit dengan resep atau cara membuat yang sudah turun temurun diwarisi oleh keluarganya secara tradisional. Hasil buatannya ini tadinya hanya diberikan pada teman, keluarga, dan tetangganya. Namun, lama-kelamaan Ni Kadek melihat potensi besar pada passion-nya ini.

Pada Selasa, 1 Juni 2021 Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI meninjau ruang produksi Bali Alus dan memberikan kesan positif bahwa pabrik Bali Alus sangat bersih dan higienis.

Kini, Bali Alus telah meluncurkan lebih dari 200 produk. Ni Kadek terus berinovasi membuat produk dari bahan organik yang tahan lama dan bagus untuk kulit. Produknya mulai dari berbagai rangkaian produk perawatan tubuh, sabun mandi dan cuci tangan, essential oil, hingga rangkaian produk untuk spa. Malah selama pandemi Covid-19, Ni Kadek juga berinovasi menciptakan kebutuhan harian untuk menjaga kesehatan, seperti hand sanitizer dan masker kain.

Di balik kesuksesan ini, Ni Kadek ternyata juga sukses memberdayakan perempuan-perempuan di sekelilingnya. Ia mengajak ibu-ibu rumah tangga yang aktif di banjar untuk bergabung memajukan Bali Alus. Keterlibatan mereka mulai dari produksi hingga ikut andil dalam kegiatan pemasaran. 

Ia membuka jalan untuk para ibu tetap memiliki waktu untuk menjalani aktivitasnya sebagai ibu, sambil membantu perekonomian keluarga. Waktu bekerjanya pun tidak mengganggu aktivitas sosial yang mereka ikuti sebelumnya.

“Ada juga di sini misalnya, anaknya sekolah sama anak saya terus kenal di situ, terus (dia) ada kesulitan perekonomian jadi saya pekerjakan di Bali Alus,” kata Ni Kadek. 

Ia bahagia karena bisa membantu dan tentunya, dibantu usahanya oleh kaum perempuan di sekelilingnya. Pegawainya yang pada awal mula Bali Alus berdiri hanya tiga orang, sekarang sudah mencapai 100 orang pekerja.

Pengembangan Bali Alus juga unik dari segi promosi. Sejak awal berdirinya, Ni Kadek tidak pernah menggunakan media iklan besar-besaran. Berkat loyalitas perempuan-perempuan yang menjadi konsumernya, produk Bali Alus bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat.

“Kekuatannya ada di produknya ya, terus kita juga nggak punya budget awalnya untuk promosi. Jadi, masih dalam mulut ke mulut dan itu kita sangat terbantu sekali dengan loyalitas ibu-ibu pemakai Bali Alus yang mempromosikan,” katanya.

Pengalaman ini kemudian membuat Ni Kadek belajar, bahwa ketika perempuan saling membantu hasil karya perempuan lainnya, maka ada kesuksesan bersama yang dapat diraih.

“Sebagai perempuan Indonesia lebih mencintai produk dalam negeri. Kita ada ribuan perempuan Indonesia. Jadi kalo mereka mencintai produk dalam negeri, mereka juga mencintai produk temannya mereka,” ucap Ni Kadek.

Sejak pandemi di 2020, Ni Kadek bersama perempuan-perempuan Bali Alus lebih aktif lagi mengembangkan usahanya. Ia gencar memberdayakan pegawainya untuk bertransformasi secara digital, memindahkan usahanya dari offline ke online.

Ketua DPRRI Puan Maharani berkunjung ke stand Bali Alus di Pameran Bali Bangkit II

Ni Kadek fokus memindahkan kegiatan marketing secara daring. Pegawai yang tadinya aktif berjualan di toko-toko cabangnya, diarahkan serta diberikan pembelajaran untuk berjualan melalui media sosial, website atau marketplace dalam negeri.

Mereka pun belajar untuk menyesuaikan diri dengan kegiatan promosi secara online, memasang iklan digital, hingga lebih banyak mempublikasikan kegiatan demi kegiatan di media sosial. Semuanya demi merambah pasar baru dan menjaring pembeli lebih luas di dunia digital. 

“Mau tidak mau mereka pengetahuannya diupgrade. Mereka harus bisa yah, biar survive juga di kondisi sekarang ini. Jadi mereka saya tugaskan di online,” ucapnya.

Bali Alus membangun akun Instagram @balialus.id, website www.balialus.com, dan berbagai toko online dengan nama Bali Alus Official. Sejauh ini, pasarnya telah mencapai Pulau Jawa dan Sulawesi. Secara internasional, produk Bali Alus juga diekspor ke Korea Selatan.

Ke depannya, ia berharap produknya dapat lebih dicintai, oleh kaum perempuan dan juga laki-laki. Bagaimana pun, merawat kulit berarti juga merawat kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tampak sehat di luar dan sehat di dalam.

Ni Kadek juga berharap ke depannya keadaan dapat menjadi lebih baik. Vaksinasi dapat berjalan dengan lancar dan penanganan pandemi semakin baik, sehingga cepat usai dampaknya. Sehingga, usahanya dapat menghidupkan kembali toko-toko offline, kemudian dipadukan dengan usaha online yang sudah terbentuk selama pandemi.

Terinspirasi dari Perempuan 

Selain menjadi inspirasi bagi perempuan Tanah Air, Ni Kadek juga mendasari perjalanannya terinspirasi dari perempuan-perempuan Indonesia. Meski pasarnya luas, produk Bali Alus dikembangkan dengan tujuan awal memberikan akses perawatan kulit alami dan organik untuk perempuan.

“Sebenarnya produk natural itu terjangkau buat semua masyarakat, dan semuanya bisa memakai. Karena produk natural itu produk yang bagus, jadi ini kan perawatan untuk itu merawat kulit jadi kulitnya lebih sehat,” kata Ni Kadek.

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI sempat meninjau dapur produksi Bali Alus

Semangatnya menjalankan usaha juga terinspirasi dari perempuan-perempuan di sekelilingnya serta tokoh-tokoh dengan kisah sukses yang ia pelajari pengalamannya. Salah satu tokoh yang menjadi inspirasinya pernah ia temui pada acara Pameran IKM Bali Bangkit 2. 

Saat itu, ia bertemu dengan Ketua DPR RI Puan Maharani yang sedang melakukan kunjungan kerja di Bali untuk meninjau percepatan vaksinasi dan geliat ekonomi Pulau Dewata.

Ia terinspirasi karena Puan adalah seorang perempuan yang memiliki multi-kemampuan, bisa menjadi ibu rumah tangga sekaligus memiliki karir yang luar biasa. 

Ketika bertemu, Ni Kadek tidak menyangka bahwa Puan adalah orang yang supel dan ramah. Malah, beliau yang banyak bertanya serta memperhatikan produknya. Puan memang mengunjungi stand Bali Alus pada pameran tersebut. 

“Beliau yang banyak berusaha komunikasi sama kita. Jadi saya merasa kok, rasanya nyaman gitu. Lupa ya klo ini sama Ibu Puan yang ketua DPR RI. Saya merasa sama-sama wanita gitu lho,” katanya.

Pertemuan mereka, menurut Ni Kadek, berlangsung sangat terbuka. Puan banyak bertanya tentang perempuan Bali dan kondisinya selama pandemi. Puan juga menanyakan kondisi yang terjadi pada pelaku usaha Bali dan perekonomiannya setelah adanya virus Corona. 

“Beliau juga men-support, gimana caranya wanita bersatu. (Misal) kita belanja sama teman kita, jualan sama teman kita, jadi saling mensupport sesama wanita di Indonesia,” ucap Ni Kadek.

Selain itu, ia melanjutkan, terlepas dari latar belakang daerah, apakah wanita bali, wanita jawa, dan lain sebagainya, semua harus saling bantu membantu. “Saya pribadi sih dibukakan sekali, kita nih wanita, kita harus support sesama wanita. Itu powernya luar biasa,” lanjut Ni Kadek.

Ia setuju akan pandangan Ketua DPR yang dibagikan padanya hari itu, jika perempuan saling mendukung akan banyak keuntungan yang didapatkan. 

“Sebagai wanita Indonesia (sebaiknya) lebih mencintai produk dalam negeri. Kita ada ribuan wanita Indonesia. Jadi kalau mereka mencintai produk dalam negeri, mereka juga mencintai produk temannya mereka,” ujarnya.

Ke depannya, Ni Kadek berharap perempuan Indonesia dapat lebih maju, membuka wawasan, dan bisa menyaring informasi yang didapatkan. Perempuan punya peluang sangat besar jika melangkah dengan cerdas dan kreatif.

Wanita dapat berperan di mana saja, baik itu dalam rumah tangga, karier, maupun di lingkungan luas. “Wanita Indonesia itu sangat pintar-pintar, kuat-kuat juga. Di sini (Indonesia) semuanya sangat ditentukan oleh wanita ya,” kata Ni Kadek. (Anya Putri, Gerakan Perempuan Indonesia Satu)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GAYA HIDUP

Ny. Putri Koster Buka ‘’Bali Wonder Fashion Festival’’ di Kori Maharani Gianyar

Published

on

By

ny. putri koster
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. Putri Koster fot bersama para designer. (Foto: Ist)

 Gianyar, baliilu.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. Putri Koster secara resmi membuka acara Bali Wonder Fashion Festival dengan tema Beauty and Creativity in Paradise Island yang digelar di Kori Maharani Villas-Gianyar, pada Minggu (8/5).

Dalam sambutannya, Ny. Putri Koster menyampaikan beberapa poin penting, dimana menurut pendamping orang nomor satu di Bali ini, acara fashion show seperti ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, terlebih sebagai Ketua Dekranasda pihaknya sedang fokus dalam menata fashion di Bali agar lebih terarah dan tentunya tetap dalam konsep pelestarian budaya Bali dengan mengedepankan kain-kain tenun Bali.

Untuk itu, dalam melahirkan designpreneur di Bali, pihaknya telah membuat suatu kompetisi yang telah diseleksi oleh para kurator designer senior yang ada di Bali. Dan telah diperoleh 5 design fashion yang pada bulan Mei ini akan menampilkan hasil karyanya. Diharapkan pata designer ini akan memantik semangat masyarakat Bali khususnya para designer untuk lebih menggeliat dan melahirkan suatu produk yang memang hasil dari karya mereka baik dari design-design-nya sampai dengan pemasarannya. Sehingga nantinya karya dari designer ini dapat mempengaruhi trend mode fashion di Bali.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. Putri Koster foto bersama model. (Foto: Ist)

Untuk itu, Putri Koster berharap acara fashion seperti ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan, sehingga fashion di Bali semakin terarah dan memiliki ciri khas tersendiri dan kemudian dapat memberikan dampak positif baik terhadap pelestarian tenun Bali, maupun dampak positif pada perkembangan ekonomi Bali.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra melaporkan tujuan dari acara tersebut untuk memperkenalkan karya-karya terbaik dari para designer Bali. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan pariwisata Bali dari segi fashion

Dalam acara tersebut dihadirkan karya-karya fashion dari beberapa designner diantaranya Lenny Hartono, Rhea Cempaka, Amy Dee, Manik Galih, Tjok Abi, Rakaory, dan lainnya. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Gianyar beserta ibu, dan undangan lainnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

GAYA HIDUP

Jawab Kebutuhan Kecantikan Perempuan Aktif, Kini NMW Clinic Hadir di Bali

Published

on

By

Pendiri Klinik Kecantikan NMW, Dr. Nataliani Mawardi (nomor dua dari kanan). (Foto: gs)

Denpasar, baliilu.com – NMW Clinic menghadirkan sebuah pengalaman baru dalam perawatan kulit wajah, baik wanita maupun pria. Setiap perempuan, khususnya tentu menginginkan memiliki kulit yang sehat dan cantik. Tak terkecuali bagi perempuan aktif yang memiliki mobilitas tinggi sehari-hari.

Memahami kebutuhan tersebut, NMW Clinic menghadirkan sebuah pengalaman baru dalam perawatan kulit wajah, dengan membuka cabang di Bali yang ke-19. Hal itu diungkapkan Pendiri Klinik Kecantikan NMW, Dr. Nataliani Mawardi, di sela -sela acara Grand Opening NMW Clinic, Rabu (20/4/2022) di Jalan Patih Jelantik No. 8, Denpasar.

Pelepasan burung menandai dibukanya Klinik Kecantikan NMW di Bali. (Foto: gs)

“Selain kami menyediakan rangkaian perawatan cepat dan produk terbaik dengan produksi sendiri serta telah lulus uji BPOM, kami juga menyediakan edukasi tentang cara terbaik untuk menjaga kulit wajah customer agar tetap sehat,” katanya.

Lanjutnya, hal ini semata-mata merupakan pelayanan terbaik NMW Clinic untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin tetap cantik dengan cara melakukan perawatan dengan produk yang tepat.

“Di NMW Clinic customer juga akan dibantu oleh Beauty Barista dalam memilih produk dan treatment yang sesuai dengan kondisi kulit wajah customer. Selain itu, adapula dokter yang telah berpengalaman dalam menangani berbagai keluhan dan permasalahan konsumen,” jelasnya.

Pihaknya menghadirkan perawatan yang dikerjakan oleh dokter seperti IPL, Laser, PRP, dan masih banyak lagi. Selain perawatan untuk kulit wajah, di NMW Clinic juga menyediakan tindakan Aesthetic seperti Filler, Thread Lift dan Botox yang berfungsi untuk memperbaiki Contour wajah, Shaping hingga Tightening.

Perlu diketahui, NMW Clinic memiliki sebanyak 450 karyawan, dari dokter hingga security yang tersebar di 19 cabang dan kini menjadi salah satu klinik kepercayaan artis top nasional dan masyarakat luas untuk perawatan wajah.

Seiring berkembang pesatnya klinik NMW, Dr. Nataliani meningkatkan kualitas produknya over the counter-nya dengan punya label BPOM, selain itu punya pabrik kecantikannya tersendiri di Bekasi.

Pelepasan balon bersama para dokter saat pembukaan Klinik Kecantikan NMW. (Foto: Ist)

Meskipun begitu, target konsumen klinik kecantikan NMW adalah semua kalangan “Meskipun banyak merek skincare atau klinik kecantikan yang beredar di pasaran. Bukan jadi jaminan bakal cocok untuk kulit ketika mengalami masalah kulit, para customer akan langsung ke klinik NMW terdekat untuk konsultasi,” imbuhnya.

Dr. Natalie menambahkan, pada saat Grand Opening di Denpasar ini cukup banyak promo-promo menarik bertajuk “Best Opening Deal” hingga memeriahkan perayaan Kartini yang bisa didapatkan seperti promo mulai 20 April sampai 31 Mei seharga paket perawatan mulai Rp 450 ribu untuk laser dan scincare, sedangkan khusus Hari Kartini free tindakan senilai Rp 350 ribu. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

GAYA HIDUP

Inspirasi Baju Lebaran: Baju Syari Modis Kekinian

Published

on

By

de
Baju Syari (Sumber: pixabay.com)

BAJU syari merupakan salah satu kebutuhan wanita menjelang Lebaran. Sebelum puasa, produsen sudah menawarkan model terbaru dengan aneka warna dan cutting.

Jika selama ini, baju Muslimah identik dengan gamis, sebenarnya masih banyak model lain. Perkembangan baju syari wanita sangat pesat. Trend ini semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Model Baju Gamis Syari Bukan Satu-satunya

Pakaian Muslimah tidak hanya menjadi pelengkap merayakan hari raya. Tetapi juga dalam keseharian, termasuk ketika bekerja. Model pakaian ini pun semakin berkembang dan menyesuaikan kebutuhan.

Dalam pemilihan pakaian, banyak wanita yang menekankan pada fungsi. Busana lebaran pun modelnya semakin variatif. Selain pas untuk bersilaturahmi, juga cocok dikenakan saat ke kantor, hangout maupun acara lain.

Beberapa tahun lalu, jika berbicara mengenai baju syari, maka yang terlintas  di pikiran adalah kaftan atau gamis. Namun sekarang sudah berbeda. Pakaian Muslimah bisa berbentuk aneka macam, tetapi tetap menyesuaikan fungsinya. Syari artinya menutup aurat dengan sempurna.

Padu padan koleksi fashion item tersebut juga bisa menghadirkan penampilan yang fresh, up to date dan variatif sehingga tidak terkesan membosankan. Dalam pemilihan warna pun semakin beragam. Tidak lagi didominasi oleh warna soft, namun semua jenis bisa masuk dan meramaikan trend busana Muslim.

Apa saja modelnya? Berikut beberapa item tersebut:

Gamis

Gamis masih menjadi produk pakaian Muslimah yang banyak peminatnya. Akan tetapi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Produsen gamis sekarang juga banyak yang menawarkan jenis pakaian lain sehingga pilihannya semakin banyak.

Jenis pakaian ini memang sangat praktis, terdiri dari satu produk saja, berupa terusan panjang yang menutup seluruh badan. Banyak produsen yang menjualnya lengkap dengan khimar yang menambah kesempurnaan dalam menutup aurat.

Kaftan

Sedikit berbeda dengan gamis, kaftan mempunyai cutting yang sangat simpel. Bahkan kadang hanya terlihat sebagai satu lembaran kain dengan tambahan akses pada bagian depan.

Karena modelnya longgar, meski produsen menjual dengan seri ukuran berbeda, ada juga pembeli yang ketika membeli tidak mau memperhatikan size. Beda panjang dan lebar per masing-masing ukuran memang kadang tidak signifikan.

Jenis kaftan cocok untuk silaturahmi, jamuan buka puasa atau ketika berangkat untuk shalat Idulfitri. Modelnya sangat simpel, yang membuat terlihat eksklusif adalah detailnya yang bisa berupa mote, payet atau bordir.

Dress A Line

Kali ini model yang lebih kekinian, Dress A Line. Jenis ini cocok untuk remaja dan ibu muda, cutting-nya sedikit lebih detail. Menggunakan dress model ini untuk bersilaturahmi atau aktivitas lain seperti kuliah dan bekerja sangat nyaman. Bagian bawah yang longgar menjadikan pemakainya bebas bergerak.

Dress A Line cocok dipadukan dengan jilbab paris atau model pashmina. Dengan penggunaan yang sederhana, paduannya terlihat sangat enerjik dan kekinian, namun tetap syari.

T-Shirt

Jangan salah, t-shirt bisa menjadi fashion item Muslimah yang anggun dan menawan. Padukan dengan rok plisket atau kulot super longgar. Jika ingin terlihat lebih anggun, dapat menutupnya menggunakan coat di bagian luar. Penampilan Anda bukan hanya modis, tetapi juga anggun karena sempurna menutup aurat.

Overall

Pakaian model ini memang identik dengan kebebasan dan keluwesan dalam bergerak. Overall dengan bagian bawah lebar dapat menjadi fashion lebaran yang anggun dan cantik.

Padukan dengan atasan berupa blus longgar dan lengkapi menggunakan jilbab senada. Kini tampilan Anda menjadi lebih fresh, energik dan tetap terlihat anggun serta Islami.

Long Dress Ruffle

Long dress banyak menjadi pilihan karena tidak terlalu merepotkan. Cukup dengan satu item busana tanpa harus menambah dengan kulot atau celana panjang, seluruh tubuh tertutup sempurna.

Aksen ruffle pada bagian bawah bukan hanya mempercantik cutting dress. Fungsi lainnya adalah membuat penggunanya nyaman dan bebas melangkah karena longgar sehingga tidak mengganggu.

Long dress ruffle bisa menjadi item kekinian yang sangat anggun dikenakan. Apalagi bagi yang mempunyai postur tubuh tinggi. Pasti terlihat semakin anggun dan menawan.

Knitwear dengan Rok Plisket

Knitwear saat ini menjadi fashion item yang banyak peminatnya. Selain unik, apalagi yang handmade, juga hangat. Cocok dipakai pada musim hujan atau ketika berada di wilayah berhawa dingin.

Paduan dengan rok plisket menjadikan tampilan penggunanya semakin anggun dan menawan. Kedua fashion item ini cukup recommended untuk dikenakan saat bersilaturahmi di hari Idulfitri.

Coat

Dulu, coat memang terlihat formal dan tegas, namun sekarang lebih fleksibel. Bahkan bisa menjadi baju syari wanita yang tampak kekinian. Banyak desainer yang membuat coat panjang dengan model simpel dan warna bervariasi, bisa menjadi pakaian syar’i yang elegan.

Padu padan coat dengan rok, kulot maupun celana panjang dapat menghasilkan tampilan yang trendy dan Islami. Item ini bisa menjadi pilihan untuk dikenakan saat Idulfitri nanti. Selain itu, coat juga dapat berfungsi untuk menghangatkan badan selama dalam perjalanan atau berada di daerah berhawa dingin.

Tunik

Terakhir tunik, model pakaian wanita ini juga semakin banyak penggemarnya. Tunik juga merupakan jenis pakaian simpel, namun tetap bisa tampil trendi dan syari. Jenis pakaian ini sangat pas dipasangkan dengan bawahan berupa celana panjang.

Desain dan padu padannya dapat membuat pemakai bebas bergerak karena bawahan yang berupa celana panjang. Anda juga dapat menambahkan legging untuk menutup kaki yang terlihat.

Tunik bisa menjadi pakaian Muslimah alternatif pengganti gamis. Pemakaianya bisa tetap tampil anggun dan cantik. Untuk menambah koleksi tunik muslim, Anda dapat membelinya secara online di Blibli. Koleksinya sangat lengkap dengan kualitas terjamin.

Seller di Blibli hanya menjual produk fashion berkualitas dengan harga terjangkau. Pilihan modelnya pun sangat beragam. Anda dapat segera membuka aplikas Blibli dan memilih produk tunik sesuai keinginan. Koleksi baju syari di Blibli semua sesuai dengan trend sehingga pemakainya terlihat kekinian dan tidak ketinggalan zaman. (*/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca