Saturday, 13 April 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

SOSIAL

KT Yowana Satya Graha dan PKK Sumerta Gelar Aksi Sosial bagi Sembako

BALIILU Tayang

:

de
AKSI SOSIAL: Karang Taruna Yowana Satya Graha dan PKK Kelurahan Sumerta menggelar aksi peduli sosial.

Denpasar, baliilu.com –  Menumbuhkan sikap rasa gotong-royong, kepedulian dan meningkatkan persaudaraan saat pandemi Covid-19, Karang Taruna Yowana Satya Graha dan PKK Kelurahan Sumerta menggelar aksi peduli sosial yakni menyerahkan bantuan sembako kepada keluarga yang melakukan isolasi mandiri karena ada salah satu anggota keluarganya terkonfirmasi positif Covid-19 , Senin (20/7-2020). Penyerahan bantuan ini didampingi langsung Lurah Sumerta I Wayan Eka Apriana dan Satgas Kelurahan dan Satgas Lingkungan.

Lurah Sumerta I Wayan Eka Apriana mengatakan, aksi peduli sosial ini  telah dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Maksudnya bantuan secara berkala dan berkelanjutan yang dilakukan  tersebut adalah  menyalurkan atau memfasilitasi bantuan dari para donatur, perusahaan maupun dari unsur masyarakat kepada yang membutuhkan salah satunya bagi keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri. “Bantuan tersebut disalurkan melalui karang taruna, ada juga bantuan yang disalurkan merupakan fasilitas dari karang taruna dan PKK Kelurahan Sumerta sendiri,” ujar Eka saat ditemui Selasa (21/7).

Menurutnya semua bantuan sembako yang disalurkan diutamakan kepada  warga yang melaksanakan isolasi mandiri karena salah satu keluarganya terkonfirmasi positif Covid-19. Dari awal adanya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini bantuan yang tersalur untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri  sebanyak 33 KK.

“Sejak ditemukan konfirmasi Covid-19 di lingkungan Kelurahan Sumerta Karang Taruna dan PKK langsung bergerak memberikan bantuan kepada warga yang keluarganya terkonfirmasi positif Covid-19. Tidak hanya keluarganya saja tapi keluarga terdekatnya dan yang mendapat bantuan hingga saat ini telah tercatat sebanyak 33 KK, ” ungkapnya.

Mengingat isolasi mandiri cukup lama yakni 14 hari, pihaknya berharap agar keluarga terdekat, satgas lingkungan setempat juga bisa memfasilitasi sembako serta bersinergi dengan OPD terkait. Untuk memberikan pelayanan kesehatan, dan kenyamanan saat melakukan isolasi di rumah.

Baca Juga  Presiden Serahkan Bantuan Dana Bergulir untuk Koperasi, Tiga di Antaranya dari Bali

Memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal  pihaknya bersama satgas lingkungan tetap melakukan pemantauan intensif dan optimal. Untuk pemantauan kepada keluarga yang melaksanakan isolasi mandiri Eka mengaku dilakukan oleh Satgas Lingkungan dan Satgas Banjar, namun tetap bersinergi dengan Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kelurahan dan OPD terkait.

Dengan adanya upaya ini dan keterlibatan dan antisipasi aktif lembaga kemasyarakatan yang ada di Kelurahan Sumerta salah satunya Tim PKK dan Karang Taruna diharapkan dapat  meringankan beban kebutuhan hidup dari keluarga yang sedang melaksanakan  isolasi mandiri.  Tidak hanya itu dengan adanya kegiatan seperti ini pihaknya bisa memantau dan memberikan jaminan kepastian bahwa warga bersangkutan betul-betul sedang melaksanakan isolasi mandiri dengan disiplin. (*/eka)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan

SOSIAL

Pemprov Bali Melalui BPBD Bantu Warga Kurang Mampu di Desa Sibetan

Published

on

By

bantuan pemprov bali
SERAHKAN BANTUAN: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin saat menyerahkan bantuan dana kepada warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Seperti yang dilakukan BPBD Bali yang mengunjungi warga Desa Sibetan yang bertempat tinggal di Br. Wates Kaja, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kamis (4/4).

Bantuan berupa uang tunai senilai Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali I Made Rentin kepada warga kurang mampu I Nyoman Daging, seorang buruh serabutan yang penghasilan sehari-harinya tidak menentu. Sebelumnya, ia bersama istri dan seorang anaknya tinggal bersama di rumah saudaranya. Yayasan Lentera Hati sebelumnya juga telah memberikan bantuan pembangunan berupa sebuah rumah namun sempat viral di media sosial bahwa keluarga Nyoman Daging juga membutuhkan bantuan berupa peralatan rumah tangga, seperti kasur, lemari, hingga peralatan dapur.

“Melalui pemberitaan viral itu, Bapak Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya yang melihat pun tergerak dan mengajak jajarannya untuk menyambangi langsung dan membantu Bapak Nyoman Daging dengan cara Ngrombo,” jelas I Made Rentin pagi tadi.

I Made Rentin pun berpesan agar uang yang diberikan ini dipergunakan sebaik-baiknya, sembari berharap bisa memenuhi kebutuhan mendesak lainnya di rumah baru I Nyoman Daging kelak. “Semoga Bapak Nyoman Daging sehat terus, agar bisa membangun kehidupan yang bahagia bersama keluarga kecilnya kelak,” imbuhnya.

Tak lupa, pada kesempatan pagi itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus desa khususnya Camat Bebandem dan Perbekel Desa Sibetan atas partisipasi aktifnya selama ini. Ia berpesan bahwa Pemprov Bali terus ingin berkolaborasi untuk mengurangi kemiskinan di lapangan, sehingga peran aktif aparat desa dan kecamatan terus dibutuhkan.

Baca Juga  Persentase Pasien Sembuh di Denpasar Hari Ini Capai 70,75 Persen

Camat Bebandem I Gusti Ngurah Wiranata dan Perbekel Desa Sibetan I Made Beru Suryawan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Bali beserta jajaran atas kepedulian yang ditunjukkan kepada warganya. Mereka pun menyatakan komitmen akan terus berkoordinasi aktif baik dengan Pemkab Karangasem dan Pemprov Bali dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Bali.

Ucapan terima kasih juga dilontarkan I Nyoman Daging, karena bantuan ini sangat berguna baginya. Ia pun berharap, dengan bantuan pembangunan rumah serta peralatan rumah tangga, ia dan keluarga kecil bisa membuka lembaran baru yang lebih baik dalam kehidupan mereka. (gs/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Inspektorat Bareng BRIDA Bantu Dua Anak Yatim Piatu di Desa Penaban

Published

on

By

pemprov bali hadir
PEMPROV BALI HADIR: Pemerintah Provinsi Bali saat melakukan gerakan “Pemprov Bali Hadir” kepada dua anak yatim piatu di Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/4). (Foto: Hms Pemprov Bali)

Karangasem, baliilu.com – Sebagai bentuk kepedulian pada warga kurang mampu di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gerakan “Pemprov Bali Hadir”. Salah satunya di Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/4).

Bantuan kemanusiaan “Pemprov Bali Hadir” diserahkan langsung oleh Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada, serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali I Made Gunaja didampingi Kepala Dinas Sosial dan P3A Provinsi Bali Drh. Luh Ayu Aryani kepada 2 (dua) anak yatim piatu.

Bantuan sebesar masing-masing Rp. 15.000.000,- (Lima belas juta rupiah) ini diserahkan kepada Putu Widya Ardana dan Kadek Jaya Artana, yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi biaya pendidikan.

Kakak beradik yatim piatu ini, diasuh oleh I Ketut Karang (kakek) dan Ni Nengah Sundi (nenek) sejak ayahnya meninggal belasan tahun silam dan ibunya menikah lagi.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali Bali I Made Gunaja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan motivasi dari pimpinan (Pj. Gubernur Bali) dengan program “Pemprov Bali Hadir”, untuk turut serta membantu dan peduli terhadap mereka yang kurang mampu dan membutuhkan uluran tangan. Dengan bekerja sama dan Ngrombo, semua akan terasa ringan dan dapat disentuh dengan optimal.

Inspektur Daerah Provinsi Bali Wayan Sugiada, menambahkan bahwa bantuan Ngrombo ini adalah untuk membantu biaya pendidikan kedua anak yang yatim piatu ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya memajukan pendidikan nasional, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengenyam pendidikan seperti anak-anak lainnya untuk memiliki bekal masa depan yang lebih baik, terlebih sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar.

Baca Juga  Ny. Putri Koster: Ibu Hamil Wajib Ikuti Protokol Kesehatan dan Protokol Kehamilan

Kepala Lingkungan Br. Adat Dukuh Bukit Ngandang, Desa Penaban, Karangasem I Gede Mutarsa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali yang hadir dan memberikan perhatian terhadap warganya, terlebih dua anak yang sejak kecil sudah yatim piatu ini sangat membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak, selain juga mereka belum memiliki tempat tinggal yang layak. (gs/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Wawali Arya Wibawa Serahkan 1.625 Bantuan Paket Sembako TJSL BRI Denpasar kepada Masyarakat

Published

on

By

arya
SERAHKAN SEMBAKO: Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Regional CEO BRI Denpasar, Hery Noercahya saat menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kantor BRI Cabang Denpasar, pada Sabtu (30/3). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Regional CEO BRI Denpasar, Hery Noercahya,  menyerahkan secara simbolis bantuan 1.625 paket sembako  kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kantor BRI Cabang Denpasar, Sabtu (30/3) sore.

Kegiatan yang dikemas dalam program Berbagai Bahagia Bersama BRI Group Ramadhan 1445 Hijriah ini, menyasar masyarakat yang berada di wilayah sekitar Regional Office Denpasar.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, I Made Sada, dan undangan serta masyarakat penerima sembako.

Wawali Arya Wibawa yang membacakan sambutan Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menyampaikan terimakasih kepada pihak PT. BRI Cabang Denpasar serta seluruh pihak yang berperan dalam kegiatan berbagi ini.

“Kami dari Pemerintah Kota Denpasar merasa sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada program BRI Peduli Berbagi Bahagia Bersama BRI Group Ramadhan 1445 Hijriah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya momen yang penuh makna dalam pembangunan kemanusiaan, yang dalam hal ini direalisasi dalam bentuk penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, diharapkan akan menjadi titik awal untuk lebih peduli dan saling membantu sesama.

“Tentu dengan dilandasi spirit Vasudhaiva Khutumbakam yakni kita semua bersaudara, maka momentum ini bisa kita jadikan sebagai titik awal bagi kita semua untuk lebih peduli dan saling membantu serta memperkuat ikatan solidaritas antar sesama,” imbuh Arya Wibawa.

Sementara itu, Regional CEO BRI Denpasar, Hery Noercahya dalam sambutannya mengatakan BRI melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyelenggarakan Program Berbagi Bahagia Bersama BRI Group Ramadhan 1445 Hijriah ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Wagub Cok Ace: Sarankan Gunakan THK sebagai Pertimbangan Melihat Tingkat Kebahagiaan Masyarakat Bali

Selebihnya dijelaskan, adapun agenda tahun ini meliputi pembagian paket sembako sebanyak 1.625, yang kepada masyarakat di sekitar Regional Office Denpasar.

“Tentu kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat membawa berkah dan manfaat bagi sesama, khususnya pada masyarakat yang berada di Kecamatan Denpasar Timur. Selain itu, kegiatan ini juga kami harapkan dapat menginspirasi berbagai pihak untuk terus peduli dan berbagi. Karena sekecil apapun kebaikan akan memberikan pahala dan mampu meringankan beban mereka yang membutuhkan,” ungkap Hery Noercahya.

Salah satu warga penerima bantuan sembako, Komaria mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkot Denpasar dan pihak BRI Denpasar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar dan BRI Denpasar, dengan bantuan ini pastinya kami dapat terbantu dalam pengeluaran sehari-hari,” ungkapnya.  (eka/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca