Monday, 4 July 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Monitoring Proyek PEN, Bupati Tabanan Terima Kunjungan Tim Kerja PT SMI

BALIILU Tayang

:

Bupati Tabanan
Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya., S.E., M.M saat menerima kunjungan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). (Foto: Ist)

Tabanan, baliilu.com –  Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya., S.E., M.M menerima kunjungan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) terkait Kegiatan Monitoring Proyek Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Pelaksanaan Rapat Pertemun dengan Bupati, yang berlangsung di ruang rapat Bupati Tabanan, kantor Bupati Tabanan, Kamis (23/6).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Asisten Deputi Perekonomian Daerah dan Sektor Riil selaku Ketua Tim Kerja Lintas Kementerian RI, Perwakilan Kementerian dan SMI Kemendagri beserta jajaran, Perwakilan dari DJPK dan DJKN, PT SMI Leader, Tim Pinjaman Daerah Kabupaten Tabanan, Asisten II dan III beserta Inspektur Kabupaten Tabanan, serta para OPD terkait di lingkungan Setda Tabanan.

Kunjungan ini merupakan pertemuan perdana Bupati Sanjaya dengan para leader PT SMI, di mana selain monitoring, juga akan dilakukan evaluasi terhadap Pelaksanaan Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemerintah Kabupaten Tabanan, untuk pembangunan infrastruktur di daerah yang difokuskan pada pembangunan jalan-jalan utama di Tabanan.

Pelaksanaan on-site monitoring proyek PEN 2021 hari ini, akan dilakukan di 21 ruas yang tersebar di 10 kecamatan sebagai akses utama penghubung antar kecamatan. Pembangunan infrastruktur jalan yang telah berhasil diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan diantaranya, proyek Jalan Subamia – Wanasari, Jalan Poh Gending – Dukuh, Jalan Perumnas BKT Sanggulan Indah, Jalan Cut Mutia I dan II, Jalan Pulau Nias, Jalan Mawar, Jalan Pejaten – Bongan Jawa, Jalan Ulun Desa – Nyitdah, Jalan Beraban – Nyitdah, dan Jalan SP Beraban Munggu – Pantai Nyanyi.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Sanjaya menyampaikan ungkapan syukur dan bahagianya, sekaligus menyampaikan ucapan selamat datang atas kunjungan Tim Kerja Lintas Kementerian yang akan melakukan monitoring selama 1 hari penuh tersebut.

Baca Juga  Bupati Tabanan Lantik Perbekel: Ingatkan Tingkatkan Kerja Sama dan Gotong-royong

Pada kesempatan itu, Sanjaya juga memperkenalkan keunggulan Kabupaten Tabanan, sebagai kabupaten di Bali yang paling lengkap memiliki potensi alam, dari hamparan pegunungan hingga ke pesisir pantai.

“Karena di daerah pertanian, masyarakat kami 75% lebih berprofesi sebagai petani. Karena alam yang begitu subur dan luas, namun tidak terlepas dari infrastruktur yang kita miliki. Kabupaten Tabanan adalah kabupaten yang wilayahnya saling terkoneksi, alam yang terbentang indah ini, persoalan utamanya yakni infrastruktur, terutama infrastruktur jalan. Karena satu-satunya Kabupaten di Bali yang memiliki jalan terpanjang, tapi banyak sekali yang rusak,” ungkap Sanjaya dalam diskusi bersama tersebut.

Oleh sebab itu, imbuh Sanjaya, alokasi Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional, difokuskan Tabanan untuk pembangunan infrastruktur jalan. Dengan permintaan utama langsung dari masyarakat Tabanan, sebab, sebagai daerah agraris Kabupaten Tabanan banyak menghasilkan produk unggulan yang sangat memerlukan dukungan untuk mendapat akses pasar dengan segera. Guna memaksimalkan potensi tersebut, maka Pmerintah Kabupaten Tabanan menekankan perhatian terhadap 3 hal yakni produksi, distribusi, dan pemasaran.

“Untuk melaksanakan upaya ini, kami sangat membutuhkan dukungan, khususnya dalam meningkatkan kualitas infrastruktur jalan. Saya sangat bersyukur Kabupaten Tabanan diberi kepercayaan mendapat PEN melalui PT SMI. Sebab sarana jalan sebagai urat nadi perekonomian masyarakat yang sebelumnya dikeluhkan sepanjang 53.735 kilometer akhirnya dapat ditingkatkan kualitasnya,” tambah Sanjaya.

Selain merupakan perwujudan Visi Tabanan Era Baru, perbaikan ruas jalan ini sangat bermanfaat untuk pemulihan ekonomi Kabupaten Tabanan yang selama pandemi terkoreksi sangat dalam. “Dapat kami sampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan sudah tuntas 100% dan kesemuanya telah mendapat pemeriksaan oleh pengawas intern maupun ekstern,” ujarnya lebih lanjut.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Deputi Perekonomian Daerah dan Sektor Riil, Puji Gunawan selaku Ketua Tim Kerja Lintas Kementerian RI menyampaikan, perbaikan infrastruktur jalan oleh Pemkab Tabanan merupakan pilihan yang luar biasa.  “Menurut kami pembangunan tersebut merupakan suatu pemikiran yang sangat luar biasa, dan sangat kami berikan apresiasi,” ujar Gunawan.

Baca Juga  Bupati Tabanan Buka Lomba Kuliner, Mixology dan Barista Dalam Rangka HUT Ke-49 PDIP

Menurutnya, selain pembangunan, maintenance dan pemeliharan juga penting, termasuk inisiasi pembangunan-pembangunan agar selalu optimal sehingga tercipta sinergi yang baik di proyek-proyek ke depannya. (gs/bi)

Advertisements
iklan galungan pemkot

iklan galungan pemprov
Advertisements
iklan galungan dprd bali
Advertisements
iklan galungan dprd badung
Advertisements
de
Advertisements
iklan stikom terbaru

NEWS

Ni Luh Sukadani Raih Gelar Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unud

Published

on

By

ni luh
Ni Luh Sukadani foto bersama usai mengikuti ujian terbuka promosi doktor. (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Fakultas Peternakan Universitas Udayana kembali melahirkan seorang doktor di bidang Ilmu Peternakan. Adalah Ni Luh Sukadani yang merupakan Kepala UPTD Rumah Kreatif Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, M.S., IPU. pada Kamis, 30 Juni 2022.

Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. Ir. I Gst. Nym. Gde. Bidura, MS.,IPU., Asean Eng., Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, M.S., IPU., dan Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si.  Promosi Doktor menghadirkan penguji eksternal Dr. drh. I Made Rai Yasa, MP.  dan 5 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud. Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “Performa Produksi dan Karakteristik Karkas Itik Bali Jantan yang Diberi Ekstrak Air Daun Indigofera Zollingerian”.

Luh Sukadani memaparkan, hasil penelitian disertasi ini mendapatkan novelty bahwa penggunaan ekstrak air daun Indigofera Zollingerian pada level 6% dalam air minum berkhasiat sebagai additive herbal yang dapat meningkatkan performa produksi dan berkualitas karkas itik Bali jantan umur 8 minggu.

Tujuannya umum dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui dampak pemanfaatan ekstrak air daun Indigofera Zollingerian sebagai feed additive pada ternak itik. Sedangkan tujuan khusus untuk mengidentifikasi kandungan fitokimia ekstrak air daun Indigofera Zollingerian, mengkaji pemanfaatan ekstrak air daun Indigofera Zollingerian pada peningkatan performa produksi dan karakteristik karkas itik Bali jantan umur 8 minggu, dan untuk mengetahui level penggunaan ekstrak air daun Indigofera Zollingerian yang dapat meningkatkan performa produksi dan karakteristik karkas itik Bali jantan umur 8 minggu. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1295-Ni-Luh-Sukadani-Raih-Gelar-Doktor-Ilmu-Peternakan-Fapet-Unud.html (gs/bi)

Advertisements
iklan galungan pemkot

iklan galungan pemprov
Advertisements
iklan galungan dprd bali
Advertisements
iklan galungan dprd badung
Advertisements
de
Advertisements
iklan stikom terbaru
Baca Juga  Bupati Tabanan Buka Diklat Revolusi Mental dan Peningkatan Motivasi Kerja ASN
Lanjutkan Membaca

NEWS

Fapet Unud Sosialisasikan Prodi S2 dan S3 ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali

Published

on

By

sosialisasi
Tim dari Fapet Unud foto bersama usai menyosialisasikan Prodi S2 dan S3 ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Fakultas Peternakan Universitas Udayana kembali melaksanakan sosialisasi dan promosi Prodi S2 dan S3 ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali pada Selasa, 28 Juni 2022. Kegiatan ini diwakili oleh Koordinator Program Studi Magister Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Unud, Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si. dan Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unud Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si. 

Kunjungan dilaksanakan bertujuan untuk memperkenalkan Prodi S2 dan S3 Fapet Unud di masyarakat, sehingga banyak yang mengenal dan tertarik selanjutnya mau menimba ilmu di Fapet Unud. Nantinya dapat meningkatkan jumlah mahasiswa pada program pascasarjana melalui kegiatan promosi Program Studi Magister Ilmu Peternakan (S2) dan Program Doktor (S3) Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Unud di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. 

Pelaksanaan kunjungan ini diterima oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Dr. I Wayan Sunada, SP., M.Agb. dan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan A.A. Istri Inten Wiradewi, S.Pt., M.Si. beserta staff. Kadis dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari Fapet Unud untuk promosi prodi S2 dan S3 Fapet Unud.

Koprodi Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unud. Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si. menyampaikan beberapa hal, salah satunya menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan Fapet Unud ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali yaitu sosialisasi dan promosi untuk Prodi S2 dan S3 Fapet Unud. “Fapet Unud memiliki 3 prodi yaitu Prodi S1 Sarjana Peternakan, Prodi S2 Magister Ilmu Peternakan dan Prodi S3 Doktor Ilmu Peternakan. Jadi semua strata ada di Fakultas Peternakan Universitas Udayana,” ujar Dr. Suryani. 

Baca Juga  Bupati Tabanan Buka Lomba Kuliner, Mixology dan Barista Dalam Rangka HUT Ke-49 PDIP

‘’Terkait keberadaan Prodi S2 dan S3 di Fakultas Peternakan Universitas Udayana, kami sangat mengharapkan bapak dan ibu berminat mendaftar dan untuk bisa lanjut studi di Prodi S2 dan S3,” lanjut Dr. Suryani.

Kemudian Koprodi Magister Peternakan Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si. menjelaskan tentang teknis pendaftaran dan perkuliahan di Prodi S2 dan S3 di Fapet Unud. Kunjungan diakhiri dengan pemberian brosur Prodi S2 dan S3 Fapet Unud oleh Koprodi S3 ke Kadis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi keberadaan Litbang Tumbuhan Pakan dan Litbang Sapi Bali Universitas Udayana oleh Prof. Dr. Ir. I Wayan Suarna, M.S. dan Dr. Ir. Ni Putu Sarini, M.Sc. selaku ketua Litbang. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1302-Sosialisasi-dan-Promosi-Prodi-Magister-dan-Doktor-Ilmu-Peternakan-Fapet-Unud-ke-Dinas-Pertanian-dan-Ketahanan-Pangan-Provinsi-Bali.html (gs/bi)

Advertisements
iklan galungan pemkot

iklan galungan pemprov
Advertisements
iklan galungan dprd bali
Advertisements
iklan galungan dprd badung
Advertisements
de
Advertisements
iklan stikom terbaru
Lanjutkan Membaca

NEWS

Putu Yuda Prabawa, Mahasiswa Prodi Spesialis Patologi Klinik FK Unud Raih IFCC Roche Travel Scholarship

Published

on

By

mahasiswa
Mahasiswa Program Studi Spesialis Patologi Klinik, dr. I Putu Yuda Prabawa, S.Ked. saat di Seoul. (Foto: Ist)

Seoul, Korea Selatan, baliilu.com – Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kembali berpartisipasi di kancah internasional. Kali ini mahasiswa Program Studi Spesialis Patologi Klinik, dr. I Putu Yuda Prabawa, S.Ked., turut menjadi peserta dalam 24th International Congress of Clinical Chemistry and Laboratory Medicine & 16th Asia-Pacific Congress of Clinical Biochemistry yang diselenggarakan di Coex Korea Exhibition Center, Seoul, Korea dari tanggal 26 s/d 30 Juni 2022.

IFCC merupakan konferensi yang pertama kali diselenggarakan tahun 1954. Tujuan utama konferensi ini adalah globalisasi pengetahuan medis terkait Kimia Klinis dan Kedokteran Laboratorium melalui sistem yang terstruktur dengan baik.

dr. Yuda dalam kesempatan ini mendapatkan IFCC Roche Travel Scholarship untuk penelitiannya yang akan dipresentasikan secara Poster. Reward ini terpilih setelah dilakukan penjurian yang ketat oleh IFCC, dimana kontestan acara ini berasal dari 30 negara.

Keberhasilan dr. Yuda tidak lepas dari peran serta pembimbingnya yaitu Prof. Dr. dr. Anak Agung Wiradewi Lestari, Sp.PK(K) dan Dr. dr. Ni Kadek Mulyantari, Sp.PK(K) yang juga menjabat sebagai Ketua Departemen Patologi Klinis FK Unud.

Konferensi yang dihadiri oleh 300 peserta dari 30 negara ini berisikan acara program simposium yang menarik dan informatif termasuk kuliah pleno, lokakarya pendidikan, pertemuan global, dan sesi poster. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1279-Mahasiswa-Program-Studi-Spesialis-Patologi-Klinik-FK-Unud-Raih-IFCC-Roche-Travel-Scholarship-Pada-24th-International-Congress-of-Clinical-Chemistry-and-Laboratory-Medicine-IFCC-WorldLab-SEOUL-2022.html (gs/bi)

Advertisements
iklan galungan pemkot

iklan galungan pemprov
Advertisements
iklan galungan dprd bali
Advertisements
iklan galungan dprd badung
Advertisements
de
Advertisements
iklan stikom terbaru
Baca Juga  Jadi Panutan, Bupati Tabanan Dinobatkan Sebagai Ayah Generasi Berencana
Lanjutkan Membaca