Connect with us

OLAHRAGA

Ny. Putri Koster Motivasi Atlet Renang Bali untuk Kibarkan Bendera Bali di PON XX Papua

BALIILU Tayang

:

MOTIVASI: Ny. Putri Koster Motivasi Atlet Renang Bali untuk Kibarkan Bendera Bali di PON XX Papua.

Denpasar, baliilu.com – Ny. Putri Suastini Koster yang juga bertindak selaku Dewan Pembina Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Bali memberikan motivasi kepada atlet yang menggelar time trial untuk dipersiapkan menuju PON XX Papua tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Putri Koster mengajak para atlet muda Bali tersebut untuk memberikan yang terbaik demi berkibarnya bendera Bali di ajang PON XX. “Atlet renang kebanggaan Bali inilah yang nanti akan mengibarkan bendera kebanggaan Bali. Kita hanya bisa berdoa, agar ananda sekalian menyiapkan diri, karena ajang PON yang sangat bergengsi ini memerlukan persiapan tak tanggung-tanggung,” kata sosok pendamping orang nomor satu di Bali ini dalam kegiatan yang digelar di kolam renang Tirta Arum Blahkiuh Badung Bali, Sabtu (29/5) pagi.

Ny. Putri Koster juga menyebutkan bahwa Bali dikenal sebagai ‘istananya’ atlet berprestasi terutama di usia dini. “Untuk yang senior juga harus dikebut. Lebih banyak disediakan sarana prasarana dan semoga pemerintah ke depannya lebih memperhatikan sarana atlet. Jika keinginan kita kuat untuk itu pasti terwujud,” ucap sosok seniman serba bisa ini.

Ditekankan Ny. Putri Koster, bidang olahraga yang punya potensi besar harus terus tingkatkan. “Ada renang, beladiri dan yang lain. Juga harus ada penghargaan pada atlet, kesehatannya kesejahteraannya, karena Bali tak hanya seni budaya dan agar atlet tidak lagi bingung memikirkan masa depan,” katanya menekankan.

Kalau memang diperlukan, wanita yang juga Ketua TP PKK Bali ini akan mendorong bapak Gubernur Bali agar bisa mewujudkan hal tersebut, mulai dari sarananya, hingga jaminan masa depan para atlet. “Pemerintah juga bisa bekerja sama dengan swasta untuk masalah pekerjaan. Saya akan mohon perhatian khusus dari bapak gubernur,” tukasnya.

Baca Juga  Ny. Putri Koster Serahkan Bansos Lanjutan Program PKK ‘’Menyapa dan Berbagi’’ untuk 2 Kabupaten dan 1 Kota

Namun sekarang tunjukkan dulu prestasi ananda untuk Bali karena seperti pepatah, Sekali berarti setelah itu mati. Karenanya mari tetap serius, fokus tulus dan lurus, Men sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” tutupnya.

Di kesempatan yang sama Ketua Umum PRSI Bali, Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana menjelaskan Pelatda sejatinya sudah dimulai sejak April lalu dan para atlet lanjut akan mengikuti time trial untuk memperoleh catatan waktu terbaik. “Kita gunakan sistem promosi- degradasi dalam Pelatda ini. Atlet dengan catatan waktu terbaik, atau memecahkan rekor kita dorong untuk promosi ke pelatda di Jakarta,” jelasnya.

Ardhana juga menyebutkan bahwa olahraga akuatik di Bali sangat berprestasi bahkan merajai di kelompok umur junior. “Dan di PON Papua jika bisa berhasil mungkin kita bisa memohon infrastruktur level internasional,” harapnya.

Senada juga, Ketua KONI Bali I Ketut Suwandi mengatakan bahwa saatnya tiba bagi para atlet untuk mencapai prestasi jelang gelaran PON XX di Papua. “Tekad kerja keras akan menghasilkan prestasi, catatan sejarah penting bagi orang tua, daerah dan diri sendiri. untuk itu gunakan 120 hari efektif ini untuk berlatih,” katanya.

Suwandi juga menjelaskan cabor Renang Bali baru saja memecahkan rekor di PON 2016 Jabar dengan mendapatkan medali emas untuk pertama kali.
“Kita buktikan 2021 juga bisa. Tunjukkan kita bisa dan mampu lebih baik. Meskipun anggaran kecil tapi kita bisa menduduki urutan 6 secara nasional,” seru Suwandi.

Adapun Sembilan atlet renang Pelatda Bali, untuk atlet putra yakni Agus Nuarta, I Putu Wirawan (Pelatnas), Muhammad Fauzan Martzah (TC mandiri), Pande Made Iron Digjaya, sementara atlet putri, Dewi Novita Lestari, Eva Lilian, Komang Adinda, Nugraha, Intan Putri, dan Ni Made Putri Yunadi. (gs)

Baca Juga  Terbukti Ramah Lingkungan, Ny. Putri Koster Dukung Sistem Bioflok untuk Budidaya Ikan di Bali

Advertisements
idul fitri pemprov bali

OLAHRAGA

Meriahkan Hari Sumpah Pemuda, Pemkot Denpasar Bersama E-Sport Indonesia Denpasar Gelar Walikota Cup

Published

on

By

eka
AUDIENSI: Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat terima audiensi Ketua E-sport Indonesia (ESI) Denpasar, I Nyoman Adikarya di Kantor Walikota Denpasar, Selasa (27/7/2021).

 Denpasar, baliilu.com  –  Dalam menyambut dan memeriahkan  Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2021 mendatang. Pemkot Denpasar bekerjasama dengan E-sport Indonesia (ESI) Denpasar menggelar kompetisi bergengsi yang melibatkan seluruh sekaa teruna di Denpasar. Kejuaraan ini akan memperebutkan piala Walikota Cup. Hal tersebut diungkapkan Ketua E-sport Indonesia (ESI) Denpasar, I Nyoman Adikarya Nugraha saat audiensi dengan Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa di Kantor Walikota Denpasar, Selasa (27/7/2021).

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Ketua Koni Denpasar, IB Toni Astawa, Kadek Suprapta Meranggi, serta beberapa instansi terkait lainnya.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, mengapresiasi kegiatan ini sehingga untuk kedepannya dapat menumbuhkan bibit-bibit unggul atlet E-sport. “Selain itu ajang ini juga menjadi seleksi dan salah satu wadah bagi atlet E-sport di Kota Denpasar untuk mengasah skill dan kamampuan  dalam berlomba,” ujarnya.

Lebih lanjut pihaknya mendukung penuh dengan digelarnya turnament Walikota Cup, sehingga dapat lebih mengarahkan kegiatan yang positif bagi anak muda ke arah yang lebih baik. Terlebih dalam situasi pandemi ini agar dapat dilakukan secara online dari rumah sehingga tidak menciptakan kerumunan.

“Apalagi saat ini peminat game online ini sangat besar di kalangan anak muda, agar kedepannya dapat dirangkul sehingga dapat menumbuhkan atlet E-sport yang profesional dan nantinya dapat mengharumkan nama Kota Denpasar, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Arya Wibawa.

Sementara Ketua Umum E-sport Indonesia (ESI) Denpasar, I Nyoman Adikarya Nugraha mengatakan, Walikota Cup tahun ini ada 4 cabor yakni PUBG, Mobile Legend, Free Fire dan Lokapala. Yang mana dalam turnament ini kami bekerjasama dengan Link Aja dan akan melibatkan seluruh sekeha teruna yang ada di Kota Denpasar yang nantinya akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3 di setiap kategori.

Baca Juga  Lestarikan Khasanah Etika Busana Wanita Bali, Ny. Putri Koster Gelar Pelatihan ‘’Pusung Tagel’’

“Khusus untuk mobile legend, peraih juara 1, 2, 3, dan 4 akan kami tampilkan di 16 besar tingkat nasional pada 28 Oktober mendatang. Dan untuk Regional Denpasar kami tampilkan 1 sampai 12 September,” ujarnya.

 Lebih lanjut dikatakannya, untuk pendaftaran bisa dilaksanakan mulai 1 Agustus hingga 30 Agustus. Kemudian perlombaan dari Regional Denpasar untuk 4 cabang tersebut dilaksanakan dari  1 sampai dengan 12 September 2021. Kemudian untuk seleksi nasional dilaksanakan mulai dari Bulan September. Dan untuk laga 16 besarnya dilaksanakan pada Bulan Oktober yang bertempat di Denpasar.

“ Kami berharap untuk kedepannya seluruh pemain E-sport dapat berkontribusi dan berpartisipasi, bukan hanya bermain gamenya saja namun juga berkontribusi untuk keamanan Denpasar dan mempromosikan pariwisata Denpasar. Selain itu dengan kegiatan ini Pemkot Denpasar dapat memperhatikan perkembangan anak muda sehingga bisa mengarahkan ke jalan yang positif,” kata Nyoman Adikarya. (eka)

Advertisements
idul fitri pemprov bali
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo

Published

on

By

Presiden Jokowi lepas kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo, Kamis (8/7) di Istana Negara Jakarta. (Lukas)

Jakarta, baliilu.com – Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang Olimpiade Tokyo tahun 2021. Acara pelepasan dilakukan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 8 Juli 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan dihadiri undangan yang sangat terbatas.

Dalam arahannya kepada para atlet dan ofisial yang hadir baik secara langsung maupun secara virtual, Kepala Negara mengatakan, persiapan kontingen Indonesia untuk menghadapi Olimpiade Tokyo telah dilakukan secara maksimal. Menurutnya, para atlet juga telah bekerja keras untuk meningkatkan prestasinya.

“Saya telah memperoleh laporan, tadi sudah disampaikan juga oleh Pak Menpora, bahwa yang berangkat adalah 28 atlet, 17 ofisial dari 8 cabang olahraga. Cabang atletik, panahan, rowing, menembak, bulutangkis, angkat besi, renang, dan selancar. Sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara dan saya yakin insyaallah perjuangan saudara-saudara akan mendapatkan hasil,” ujar Presiden.

Oleh karena itu, Presiden berpesan kepada para atlet agar terus menjaga kesehatan, stamina, dan motivasi mulai hari ini sampai ke puncak pertandingan nantinya. Presiden juga meminta agar para atlet bisa fokus pada pertandingan dan prestasi di Olimpiade Tokyo nanti sehingga bisa pulang dengan membawa kebanggaan bagi rakyat, bangsa, dan negara.

“Rakyat menaruh harapan besar kepada saudara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia. Selamat menjalankan amanah berat ini, rakyat menunggu saudara-saudara kembali ke Tanah Air dengan membawa medali yang membanggakan Indonesia. Semoga perjuangan saudara-saudara berhasil,” tandasnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali dalam laporannya mengatakan, Olimpiade Tokyo akan berlangsung pada tanggal 23 Juli sampai 10 Agustus 2021. Kontingen Indonesia yang terdiri atas 28 atlet dan 17 ofisial tersebut akan dipimpin oleh Chef de Mission Rosan Roeslani.

Baca Juga  Ny. Putri Koster Sambut Baik Pelatihan bagi UMKM dan IKM Guna Kuasai Pemasaran Digital

“Hasil dari kualifikasi ini melebihi dari target di dalam rencana awalnya hanya dapat memberangkatkan 22 atlet karena situasi pandemi Covid-19, tetapi karena usaha dan kerja keras kita bisa memberangkatkan 28 atlet,” ujar Menpora.

Menpora juga melaporkan bahwa seluruh atlet, ofisial, dan tenaga pendamping yang akan berangkat menuju Olimpiade Tokyo telah divaksin Covid-19 pada tanggal 26 Februari lalu.

Untuk diketahui, acara pelepasan kontingen ini juga dihadiri secara langsung oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission Rosan Roeslani. Hadir juga empat orang perwakilan atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo yakni Alviyanto Bagas Prastyadi (panahan), Arif Dwi Pangestu (panahan), Aflah Fadlan Prawira (renang), dan Windy Cantika Aisah (angkat besi).

Selain itu, acara pelepasan juga diikuti oleh para atlet, ofisial, dan ketua umum induk cabang olahraga secara virtual dari sejumlah tempat antara lain di Hotel Aston, Hotel Mulia, pelatnas dayung Pangalengan, pelatnas selancar Bali, pelatnas angkat besi di Mess Kwini dan Hotel Century. (gs)

Advertisements
idul fitri pemprov bali
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Jaya Negara Buka Kejuaraan Tenis Meja Peringati Bulan Bung Karno

Published

on

By

de
BUKA KEJUARAAN TENIS MEJA: Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka Kejuaraan Tenis Meja se-Kota Denpasar dengan kategori 90 plus, Sabtu (26/6/2021) di Pusat Latihan Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Denpasar, kompleks Sari Suci Jaya.

Denpasar, baliilu.com – Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka Kejuaraan Tenis Meja se-Kota Denpasar dengan kategori  90 plus, Sabtu (26/6/2021) di Pusat Latihan Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Denpasar, kompleks Sari Suci Jaya.

Pelaksanaan kejuaraan ini dirangkaikan memperingati Bulan Bung Karno yang diikuti 51 tim ganda putra 90 plus. Pembukaan diawali dengan permainan bola pertama oleh Walikota Jaya Negara dengan Ketua PTMSI Denpasar A.A. Gede Agung Dwi Putra. Hadir pula dalam pembukaan kejuaraan itu Ketua KONI Denpasar Ida Bagus Toni Astawa, Dirut Perumda Air Minum Tirta Sewaka Dharma Kota Denpasar IB Gede Arsana, dan Dirut Perumda Pasar Sewaka Dharma IB Kompiang Wiranata. Walikota Jaya Negara juga tampak ikut sebagai peserta dengan kejuaraan yang memperebutkan hadiah Rp 10 juta, tidak dipungut biaya serta mewajibkan para pemain untuk melampirkan hasil negatif rapid test antigen.

Walikota Jaya Negara menyampaikan, kejuaraan ini memberikan ruang bagi pemain dengan rentang umur 45 tahun dari setiap tim. Tentu ini menjadi ajang pertemuan dan saling bertukar teknik permainan tenis meja. ‘’Meski digelar di tengah masa pandemi, namun dengan kriteria peserta wajib mengumpulkan hasil tes swab PCR dan melakukan disiplin prokes, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman dalam mengikuti kejuaraan,’’ ujarnya.

Semoga ajang ini mampu meningkatkan tali silaturahmi antarpemain senior di Kota Denpasar. Serta terdapatnya prasarana PTMSI sebagai tempat latihan juga dapat memacu meningkatkan prestasi dan memasyarakatkan olahraga tenis meja.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaran Tenis Meja Denpasar Ida Bagus Ketut Wirajaya mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan ruang kepada penghobi olahraga tenis meja serangkaian Bulan Bung Karno. Pertandingan diikuti 51 tim.

Baca Juga  Ny. Putri Koster Paparkan Upaya Selamatkan Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi

Masuk dalam perempatfinal yakni Kadek Sumerta-Petrus Sutrisna vs Tribawa-Wiratma, skor 3-0. Gung Omi-Arik vs IGN Jaya Negara-Gus Paramarta, skor 3-0. Masuk final yakni Kadek Sumerta-Petrus Sutrisna vs Gung Omi-Arik dengan skor  3-2.

Keluar sebagai juara I, Kadek Sumerta-Petrus Sutrisna, juara II Gung Omi- Arik, juara III bersama IGN Jaya Negara-Gus Paramarta dan Tribawa-Wiratma. (pur/ard)

Advertisements
idul fitri pemprov bali
Lanjutkan Membaca