Thursday, 22 February 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Sopir Traktor Langka, Petani Dilatih Jadi Operator Alsintan

BALIILU Tayang

:

alsistan
Petani di Badung sedang dilatih untuk bisa menjadi operator traktor dan perawatan secara mandiri untuk mengatasi kelangkaan tukang traktor. (Foto: Ist)

Badung, baliilu.com –  Upaya modernisasi sektor pertanian seringkali menemui kendala semakin berkurangnya minat masyarakat khususnya generasi muda untuk menekuni sektor pertanian sehingga tenaga kerja di sektor pertanian menjadi semakin langka padahal peluang kerja sektor ini sangat besar. Untuk mengatasi hal itu, pemerintah telah banyak menggelontorkan bantuan alsintan serta melatih petani untuk menjadi operator.

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana mengungkapkan hal itu saat membuka dan meninjau pelatihan operator Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang diikuti 30 orang petani se-Badung bertempat di Subak Pedahanan, Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal, Rabu (19/10).

Menurut Wijana, banyak subak yang tidak bisa panen dan mengolah lahan tepat waktu karena sulitnya mendapatkan buruh panen dan langkanya sopir traktor hal ini akan berdampak pada keuntungan petani karena kualitas gabah semakin menurun dan pergeseran waktu tanam yang tidak sesuai dengan “Tetebek atau Dewasa Ayu”  juga beresiko terhadap gagal panen. Untuk itu pihaknya berupaya melatih petani agar mampu menjadi operator Alsintan secara mandiri dan bisa melakukan perawatan ringan melalui praktek perbengkelan. Ke depan pihaknya juga berencana akan melatih anak-anak muda yang berminat untuk bisa menjadi operator maupun bengkel Alsintan. (gs/bi)

Advertisements
ucapan Natal dan Tahun Baru
Advertisements
imlek
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Baca Juga  Dukung Ketahanan Pangan, Sekda Adi Arnawa Serahkan Bantuan 4 Traktor kepada Petani
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Tindaklanjuti Kelangkaan LPG 3 Kg Bersubsidi di Kabupaten Badung

Sekda Adi Arnawa Koordinasi ke Kantor Pertamina Cabang Denpasar

Published

on

By

kelangkaan lpg di badung
KOORDINASI: Sekda Adi Arnawa diterima oleh Hasanudin Ritonga selaku Sales Branch Manager Rayon IV Badung dan Gianyar saat melakukan koordinasi ke Kantor Pertamina Cabang Denpasar, Kamis (22/2). (Foto: Hms Badung)

Denpasar, baliilu.com – Menindaklanjuti kondisi kelangkaan gas LPG 3 kg di wilayah Kabupaten Badung, Sekda Adi Arnawa atas arahan Bupati Giri Prasta melakukan koordinasi ke Kantor Pertamina Cabang Denpasar. Kehadiran Adi Arnawa diterima oleh Hasanudin Ritonga selaku Sales Branch Manager Rayon IV Badung dan Gianyar, Kamis (22/2) berlokasi di Jl. Sugianyar No. 2 Denpasar.

Pada saat itu Hasanudin Ritonga menjelaskan bahwa untuk wilayah Badung, Pertamina setiap harinya sudah memberikan realisasi penyaluran tabung gas LPG 3 kg sebanyak 28.000 biji. Untuk menyikapi kondisi kelangkaan gas 3 kg di masyarakat, dirinya menyebut sudah mengambil langkah-langkah dengan melakukan penambahan jumlah distribusi yang dimulai dari tanggal 20 sampai dengan tanggal 21 Februari kemarin dengan total 26.000 tabung gas.

“Masing-masing hari sekitar 13.000 tabung gas. Dan tentu karena penambahan ini baru saja dilakukan, hari ini atau besok pihak Pertamina akan mengevaluasi sejauh mana dampak dari pada penambahan penyaluran tabung gas tersebut terhadap kondisi yang terjadi di masyarakat,” terangnya.

Setelah mendengarkan penjelasan pihak Pertamina Sekda Adi Arnawa berharap penambahan kuota penyaluran gas 3 kg untuk Kabupaten Badung, bisa secepatnya dapat didistribusikan ke masyarakat sehingga permasalahan yang ada di masyarakat saat ini dapat diatasi secara maksimal.

“Kami selaku pemerintah dan pihak Pertamina mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik, karena bagaimanapun juga Pertamina sudah mengambil langkah cepat, serta jika dengan penambahan yang sudah dilakukan masih tetap terjadi kelangkaan di masyarakat, kita juga mendorong untuk dilakukan penambahan lagi sehingga dipastikan kebutuhan gas LPG 3 kg bersubsidi Kabupaten Badung dapat terpenuhi,” ujarnya.

Disisi lain Adi Arnawa mengakui kelangkaan gas 3 kg saat ini mengakibatkan kondisi masyarakat Badung menjadi cukup berat, karena menjelang hari raya kebutuhan gas LPG cukup besar, di samping itu Badung juga merupakan daerah wisata.

Baca Juga  Didukung Listrik PLN, Petani Muda Ini Bawa Pertanian Bali Kian Modern

“Kami sudah meminta kepada pihak Pertamina untuk benar-benar dapat diperhatikan serta kita mendorong agar kuota di Bali dilakukan penambahan mengingat kebutuhan di Bali yang cukup besar dengan perkembangan pariwisata yang terus meningkat, mudah-mudahan dengan kehadiran saya kesini dari pihak Pertamina dapat menyikapi, serta tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak Pertamina yang telah mengusahakan agar permasalahan ini dapat teratasi,” tambahnya.

Terkait dengan permasalahan ini, dirinya mengimbau masyarakat, apabila menemukan hal yang tidak beres, masyarakat diminta untuk tidak segan-segan menghubungi call center Pertamina dengan nomor 135.

“Disini dapat diperoleh informasi yang lebih valid lagi terkait keberadaan gas LPG 3 kg bersubsidi,” imbuh Adi Arnawa. (gs/bi)

Advertisements
ucapan Natal dan Tahun Baru
Advertisements
imlek
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Bupati Giri Prasta Terima Audiensi Ketua IMI Bali

Published

on

By

ketua imi bali
AUDIENSI: Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat menerima audiensi Ketua IMI Bali I Gusti Ngurah Anom dan Indo Pajero Community Bali di Rumah Jabatan Bupati Puspem Badung, Kamis (22/2). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menerima audiensi Ketua IMI Bali I Gusti Ngurah Anom yang akrab disapa Ajik Krisna bersama Indo Pajero Community Bali yaitu komunitas otomotif di bawah naungan IMI bertempat di Rumah Jabatan Bupati Puspem Badung, Kamis (22/2).

Pada kesempatan itu, dihadapan Bupati Badung, Ajik Krisna bersama Yogi selaku Ketua Indo Pajero Community Bali membeberkan rencana program Bakti Sosialnya (Baksos) berupa pembagian sembako dan bedah rumah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Giri Prasta menyambut baik dan mengapresiasi program dari Ketua IMI Bali bersama Komunitas Pajero Bali. Dirinya bahkan mengungkapkan akan turut membantu pelaksanaan kegiatan positif tersebut.

“Kita tidak ada salahnya memperbanyak berbuat kebaikan, karena berbuat kebaikan pasti hasilnya baik. masyarakat juga harus mampu mencontoh Ajik Krisna bagaimana kegigihannya dalam berusaha dan bekerja serta figurnya yang sangat apa adanya dan selalu menjadi diri sendiri,” ujarnya. (gs/bi)

Advertisements
ucapan Natal dan Tahun Baru
Advertisements
imlek
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Baca Juga  PLN Salurkan Bantuan Pengembangan “Smart Farming” untuk Peternak Ayam Sanur
Lanjutkan Membaca

NEWS

Silaturahmi Bersama Ketua Ikatan Keluarga Sumba

Published

on

By

Ikatan Keluarga Sumba
PERTEMUAN: Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H., selaku Kabid Humas Polda Bali melakukan pertemuan dengan Ketua Ikatan Keluarga Sumba (IKKES) Fredik Billy, Rabu (21/2/2024). (Foto: Hms Polda Bali)

Denpasar, baliilu.com – Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H., selaku Kabid Humas Polda Bali menyampaikan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Ketua Ikatan Keluarga Sumba (IKKES) Fredik Billy, Rabu (21/2/2024).

Pertemuan tersebut dilakukan terkait beberapa peristiwa akhir-akhir ini sudah cukup membuat resah akibat ulah oknum warga Sumba terlibat masalah hukum di Wilkum Polda Bali.

‘’Dalam pertemuan itu kami minta kepada bapak Fredik Billy selaku Ketua Ikatan Keluarga Sumba, yang saat itu didampingi para pengurus IKKES dan perwakilan warga Sumba, agar selalu mengingatkan dan memberikan arahan serta ketegasan terhadap warga Sumba khususnya yang ada di Bali untuk ikut menjaga kamtibmas di Bali, dimana tempat mereka beraktivitas dan melakukan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya,‘‘ ujar Jansen.

‘‘Selain itu untuk oknum warga Sumba yang sedang bermasalah kami pastikan akan diproses dengan tegas dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,‘‘ sambungnya.

Jansen berharap dengan adanya pertemuan antara IKKES dengan kepolisian, dapat memberikan efek positif bagi warga Sumba yang lain untuk dapat menyadari betapa pentingnya menjaga situasi kamtibmas.

Selesai pertemuan tersebut, Fredik Billy bersama pengurus dan perwakilan warga Sumba langsung membuat video imbauan dan ajakan kepada seluruh warga Sumba untuk ikut berperan menjaga keamanan Bali dan bersama memastikan Bali tetap damai dan tertib. (gs/bi)

Advertisements
ucapan Natal dan Tahun Baru
Advertisements
imlek
Advertisements
iklan stikom
Advertisements
iklan
Baca Juga  Kunjungi Subak Sengempel Bongkasa, Putu Parwata: Petani Memerlukan Perhatian Serius dari Pemerintah
Lanjutkan Membaca