Sunday, 14 April 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

OLAHRAGA

Stadion Dipta Masuk Nominasi Venue Utama Piala Dunia U-20, Gubernur Koster: Gelaran Vital ‘’We Love Bali Movement’’

BALIILU Tayang

:

de
MERUMPUT: Gubernur Bali I Wayan Koster dan Ketua Umum PSSI Iriawan menikmati rumput Stadion Dipta di Gianyar. (Foto:Ist)

Gianyar, baliilu.com – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan Stadion I Wayan Dipta di Gianyar layak untuk menjadi venue utama event sepak bola internasional. Tahun lalu stadion berkapasitas 25 ribu penonton ini digunakan timnas senior menjamu Vietnam pada lanjutan Pra-Piala Dunia 2022 serta uji coba timnas U-23 melawan Iran. Selain itu, Bali United pun kerap menggunakannya dalam ajang Piala AFC.

Hal itu dikatakan Iriawan yang secara khusus meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar bersama Gubernur Bali I Wayan Koster, Sabtu (7/3-2020) sore.

Iriawan menyatakan Piala Dunia U-20 2021 merupakan sejarah bagi bangsa Indonesia karena Indonesia bisa mengalahkan bidding negara-negara lain yang juga sangat ingin menjadi tuan rumah event penuh gengsi ini.

‘’Senang sekali melihat jumlah tempat duduk tribun single seat sudah bertambah sejak dipakai pertandingan timnas tahun lalu. Tinggal perbaikan minor seperti penambahan ruangan untuk fasilitas broadcast, peningkatan kapasitas lampu penerangan, perbaikan kamar ganti, kolam berendam air hangat, dan lain-lain,’’ kata Iriawan seraya menegaskan Stadion Dipta salah satu venue yang kemungkinan ditunjuk oleh FIFA, tergantung dari penilaian mereka yang berencana akan hadir bulan ini. Dari 10 yang direkomendasikan akan ditunjuk 6 venue resmi. Mudah-mudahan salah satunya di Bali.

Sementara Gubernur Bali I Wayan Koster yang mendampingi Ketua Umum PSSI menyampaikan posisi Bali sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia, salah satu yang akan dikembangkan ke depan adalah sport tourism. Dan pariwisata olahraga yang paling representatif saat ini adalah sepak bola. Banyak mendapatkan atensi publik dan sangat potensial untuk dikembangkan berbarengan dengan bidang pariwisata.

‘’Kami sangat membutuhkan dukungan dari PSSI dan semua pihak terkait upaya kami ke depan untuk menjadikan Bali sebagai destinasi pariwisata yang dimana di dalamnya termasuk sport sebagai daya tariknya. Dan even Piala Dunia U-20 tahun 2021 adalah harapan publik di Bali,’’ ujar Gubernur Koster.

Baca Juga  Fasilitasi UMKM dan IKM Ikuti Pameran, Ny. Putri Koster Ingin Produk Kerajinan Lokal Kuasai Pasar

Stadion berkapasitas 20 ribu penonton yang merupakan home base klub Bali United ini dinominasikan sebagai salah satu dari enam kandidat tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

‘’Mungkin saat ini dari sisi fasilitas pendukung even tersebut masih kurang, namun kami punya banyak unsur lain yang bisa jadi bahan pertimbangan,’’ ungkap Koster.

Kata Koster, nama Bali sudah sangat besar dan dikenal di luar. Mudah-mudahan dengan masuknya nama Bali, berharap dukungan PSSI dengan konsekuensinya adalah perbaikan fasilitasnya. Dengan Stadion Kapten I Wayan Dipta sebagai venue utama, bisa dikembangkan menjadi stadion yang representatif dan memenuhi syarat, ditambah lapangan latihan sebagai pendukung.

de
COBA SEAT: Gubernur Koster dan Iriawan coba kursi VIP pemain. (Foto:Ist)

Gubernur  mengatakan Bali kini sedang sedikit menurun pariwisatanya karena dampak virus corona. Namun Bali terus berbenah salah satunya dengan “We Love Bali Movement”, gerakan pemulihan pariwisata Bali. Jika Piala Dunia U-20 bisa terselenggara di Bali tentu akan jadi gelaran yang vital bagi pariwisata Bali, selain tentu sebagai ajang olahraga prestisius.

BaIi penyumbang devisa pariwisata terbesar bagi Indonesia, 6,3 juta wisman atau 39 persen dari total wisman nasional. Devisanya Rp 75 triliun dari Bali. Jadi kalau dihitung-hitung, kalau even PD U-20 bisa dilaksanakan di Bali selain memajukan olahraga juga bisa memberikan kontribusi besar untuk devisa negara. Ekonomi masyarakat juga makin berkembang. Jika dimungkinkan, Pemprov Bali juga bisa mendukung segala sesuatunya dari anggaran perubahan.

‘’Saya yakin, Bapak Presiden senang jika Bali dipertimbangkan. Saya paham kompetisinya sangat ketat sebagai venue PD U-20, tapi saya serahkan kepada bapak Ketua Umum PSSI. Mudah-mudahan memberikan berkah untuk Bali,’’ pungkasnya.

Iriawan menambahkan, Bali memang menarik untuk wisatawan, apalagi ada konsep sport tourism yang ditawarkan bapak Gubernur. Ini kelebihannya, bahkan seringkali ada turis yang menonton langsung ke stadion Dipta. Kita lihat juga lapangan latihan pendukungnya.

Baca Juga  HUT PDI Perjuangan Ke-47, Ribuan Generasi Milenial Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba

Iriawan lanjut mengatakan perlu koordinasi juga untuk akses, kemacetan dan lainnya. Komitmen Presiden dan PUPR sudah sangat jelas, akan memperbaiki semua venue yang nantinya ditunjuk.

Selama berada di Stadion I Wayan Dipta, Iriawan yang akrab disapa ‘Iwan Bule’ tersebut meninjau kondisi rumput lapangan dan berbagai infrastruktur lain. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, Ketua Asprov PSSI Bali I Ketut Suardana, dan anggota Komite Eksekutif PSSI Pieter Tanuri. (*/balu1)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OLAHRAGA

Hadiri Sesi Latihan Bali United Academy, Adilson Maringa Bandingkan Proses Latihan dengan Negara Brasil

Published

on

By

Bali United Academy
Penjaga gawang Bali United, Adilson Maringa hadir dalam sesi latihan Bali United Academy hari Sabtu (6/4) sore tadi di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. (Foto: baliutd)

Gianyar, baliilu.com – Penjaga gawang Bali United, Adilson Maringa hadir dalam sesi latihan Bali United Academy hari Sabtu (6/4) sore tadi di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar.

Kiper asing Serdadu Tridatu cukup terpukau dengan semangat antusias latihan dari anak-anak didik Bali United Academy sore tadi.

Sebab itu menjadi pengalaman pertamanya untuk lebih dekat dan secara hangat bersama mereka menjalani proses latihan dengan tim pelatih yang hebat.

Mantan penjaga gawang Arema FC itu bahkan membandingkan dengan dirinya yang menjalani proses latihan untuk menjadi pemain profesional di negara asalnya, Brasil.

“Tentu, di negara saya (Brasil) sama seperti Indonesia yang sangat fanatik terhadap sepak bola. Kami memulai dari akademi sepak bola seperti ini sebelumnya. Saya memulai latihan dan pelatih percaya saya. Mereka memberikan saya kesempatan untuk menjadi pemain profesional di masa depan. Jadi, jika kalian memiliki anak yang memiliki mimpi menjadi pemain sepak bola profesional, datanglah ke Bali United Academy. Pelatih akan melihat bakat dan kualitas kalian untuk menjadi pemain profesional. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus,” terang Maringa.

Penjaga gawang yang kini menempati urutan pertama dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga 1 musim ini pun memberikan wejangan khusus untuk para penjaga gawang yang tengah menjalani proses bersama Bali United Academy.

“Khususnya untuk penjaga gawang, saya ingin berkata kepada mereka bahwa Bali sekarang memiliki Training Center yang besar dan indah serta  memiliki pelatih yang bagus. Bekerja keraslah dan percaya pada dirimu untuk terus berusaha sebagai kunci rahasia menuju sukses. Percaya diri dan percayakan kepada pelatih kalian,” jelas Maringa.

Baca Juga  Masuk Zone Kuning, PKM Desa Dangri Kangin Peringatkan 10 Orang Warga tanpa Masker

Bali United Academy saat ini menjalani proses latihan untuk anak didik 5 kategori usia yaitu U8, U10, U12, U14, dan U16 serta tidak menutup kemungkinan kategori usia lainnya akan dibuka.

Segala proses telah dijalankan peserta didik yang sudah memasuki pekan ketiga latihan di sarana latihan dari Serdadu Tridatu ini.

Para anak didik ini akan terus ditempa dalam program latihan yang sudah dicanangkan oleh tim pelatih profesional dan berkesempatan menjalani berbagai turnamen dan kompetisi nasional di waktu yang akan datang.

Pasca-latihan di pekan ketiga ini, Bali United Academy akan menjalani waktu libur Idul Fitri tahun ini sebelum nantinya akan kembali melanjutkan program latihan dari tim jajaran pelatih Bali United Academy. (gs/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Tumbangkan UEA, Modal Positif untuk Garuda Muda

Published

on

By

Tim U-23 Indonesia saat laga uji coba dengan Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Shahab Al Ahli, Dubai, Senin (8/4) waktu setempat. (Foto: pssi.org)

Dubai, UEA, baliilu.com – Tim U-23 Indonesia meraih kemenangan atas Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0 pada laga uji coba jelang Piala Asia U-23 2024. Uji coba ini berlangsung di Stadion Shahab Al Ahli, Dubai, Senin (8/4) waktu setempat.

Dalam laga tersebut, gol kemenangan skuad Garuda Muda dilesakkan oleh Witan Sulaeman. Sebelumnya, Indonesia takluk 1-3 dalam laga uji coba melawan Arab Saudi.

Pelatih tim U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan starting eleven saat melawan UEA berbeda dengan saat kalah dari Arab Saudi. Ini merupakan starting eleven yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-23 2024.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu masih melihat ada beberapa masalah dalam Skuad Garuda Muda. Salah satunya soal finishing.

Memang ya para pemain inti yang dimainkan hari ini, jadi ya performa sangat baik, tetapi ya kurangnya mungkin, kurang fokus untuk cetak gol ya. Kalau fokus lebih ya mungkin harusnya cetak 3-4 gol lebih, tapi itu yang kurang. Tapi secara keseluruhannya sangat baik untuk performa,” kata Shin Tae-yong.

“Ya, pemain semuanya telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan permainan kita jadi tadi juga memang kelihatan menjadi baik juga dan tanggal 15 nanti akan pastinya menjadi lebih baik lagi,” tambahnya.

Piala Asia U-23 2024 digelar di Qatar, 15 April sampai 3 Mei mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Indonesia akan menghadapi Qatar, pada laga perdana di Jassim Bin Hammad Stadium, Senin (15/4).

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 berhak mentas di Olimpiade Paris 2024. Sedangkan posisi empat besar harus menjalani play-off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea. (gs/bi)

Baca Juga  Ny. Putri Koster Ajak Kader PKK Se-Bali untuk Aktif, Inovatif dan Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

OLAHRAGA

Wawali Arya Wibawa Tutup Porsenijar Kota Denpasar 2024

SMPN 2 Denpasar Sukses Kawinkan Juara Umum I Pada Cabang Olahraga dan Cabang Seni

Published

on

By

porsenijar denpasar 2024
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat menyerahkan Piala Bergilir bagi para Juara Umum serangkaian Penutupan Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024 di GOR Lila Buwana Denpasar, Minggu (7/4). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Setelah berlangsung selama sepekan, Gelaran Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Tahun 2024 secara resmi ditutup Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa di GOR Lila Buwana Denpasar, Minggu (7/4).

Dalam penutupan tersebut Juara Umum I cabang olahraga untuk tingkat SMA/SMK diraih SMAN 2 Denpasar, untuk tingkat SMP diraih SMPN 2 Denpasar dan Kecamatan Denpasar Selatan untuk tingkat SD.  Sedangkan untuk cabang seni Juara Umum diraih SMAN 4 Denpasar untuk tingkat SMA/SMK, SMPN 2 Denpasar untuk tingkat SMP dan Kecamatan Denpasar Timur untuk tingkat SD.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Forkopimda Kota Denpasar, Sekretaris KONI Kota Denpasar, I Made Damriyasa, Pimpinan OPD, serta seluruh Kontingen Porsinejar Kota Denpasar Tahun 2024. Dalam kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa turut menyerahkan hadiah bagi para pemenang dan atlet terbaik di masing-masing tingkat.

Adapun secara rinci kontingen menjadi pemenang yakni untuk Cabang Olahraga tingkat SMA/SMK Juara Umum I yakni SMAN 2 Denpasar, Juara Umum II yakni SMKN 1 Denpasar dan Juara Umum III yakni SMAN 7 Denpasar. Untuk tingkat SMP Juara Umum I yakni SMPN 2 Denpasar, Juara Umum II yakni SMPN 13 Denpasar dan Juara Umum III yakni SMPN 3 Denpasar. Sedangkan untuk tingkat SD Juara Umum I yakni Kecamatan Denpasar Selatan, Juara Umum II yakni Kecamatan Denpasar Utara dan Juara Umum III yakni Kecamatan Denpasar Timur.

Sementara itu untuk kategori Cabang Seni tingkat SMA/SMK Juara Umum I yakni SMAN 4 Denpasar, Juara Umum II SMAN 3 Denpasar dan Juara Umum III yakni SMAN 1 Denpasar. Untuk tingkat SMP Juara Umum I yakni SMPN 2 Denpasar, Juara Umum II yakni SMPN 6 Denpasar dan Juara Umum III yakni SMPN 3 Denpasar. Sedangkan untuk tingkat SD Juara Umum I yakni Kecamatan Denpasar Timur, Juara Umum II yakni Kecamatan Denpasar Barat dan Juara Umum III yakni Kecamatan Denpasar Selatan.

Baca Juga  OJK Keluarkan Kebijakan Stimulus Perekonomian Nasional, BI Turunkan Suku Bunga, Gubernur Koster: Kebijakan yang Sangat Membantu

Dalam kesempatan tersebut juga turut diumumkan Atlet Terbaik pada ajang Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024. Yakni untuk tingkat SD Putra diraih I Gede Adonistino Chandra Wibawa dari Cabor Judo dan SD Putri diraih Putu Putri Indah Cahyani dari Cabor Tenis Meja. Untuk tingkat SMP Putra diraih Putu Alvino Putra Arsana dari Cabor Tarung Drajat dan Putri diraih Ni Ni Luh Putu Bunga Jelita Darmaja dari Cabor Balap Sepeda. Sedangkan untuk SMA/SMK Putra diraih Kadek Surya Pramestika dari Cabor Kabaddi dan untuk Putri diraih Ni Komang Nadine Vergian Dinatha dari Cabor Menembak.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa usai penyerahan hadiah berharap, melalui pelaksanaan Porsenijar ini dapat menjadi momentum bagi para siswa Denpasar untuk meningkatkan prestasi serta menyalurkan bakat serta talenta mereka. Pihaknya juga mengucapkan selamat bagi seluruh pemenang dan mengajak yang belum berhasil menjadi juara untuk tidak patah semangat.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Denpasar mengucapkan selamat bagi para pemenang, dan kepada yang belum meraih juara agar tidak patah semangat, terus berlatih untuk meraih juara di ajang berikutnya,” ujar Arya Wibawa.

Lebih lanjut Arya Wibawa menyampaikan, ajang Porsenijar merupakan momentum bagi para siswa siswi menguatkan jiwa dan kesehatan, Men Sana in Corpore Sano di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sehingga nantinya tidak hanya di kancah Kota Denpasar, melainkan terus mengasah diri untuk bertanding di ajang yang lebih tinggi.

Sementara Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Denpasar, AA Gede Wiratama mengatakan, Porsenijar Kota Denpasar telah dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 7 April 2024 yang pembukaan dan penutupannya bertempat di GOR Lila Buana Denpasar. Dimana, untuk cabang olahraga telah dilaksanakan di lapangan venue yang ada di Kota Denpasar. Sedangkan untuk cabang seni telah dilaksanakan di Kawasan Taman Budaya Art Center Denpasar dari tanggal 1 sampai 6 April 2024 lalu.

Baca Juga  Ny. Putri Koster Ajak Kader PKK Se-Bali untuk Aktif, Inovatif dan Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19

Lebih lanjut dijelaskan, Porsenijar Kota Denpasar tahun ini diikuti sekitar 12.000 orang yang terdiri dari atlet dan artis beserta pembina/pelatih serta wasit/juri. Dimana dalam cabang olahraga dimulai dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK dengan mempertandingkan 32 cabor resmi dan sebanyak 5 cabor eksibisi yakni Rugby, Xiangqi, Pickle Ball, e-Sport dan Yongmoodo. Sedangkan untuk cabang seni dimulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK yang melombakan 22 cabang seni.

“Kami selaku panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang telah membantu dalam menyukseskan kegiatan porsenijar ini. Marilah kita junjung tinggi sportivitas baik peserta maupun wasit/juri, dan selamat bagi para menang, dan bagi yang belum juara kalian tetap terhormat,” ujarnya. (eka/bi)

Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
nyepi dprd badung
Advertisements
dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca