Tuesday, 16 July 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Update Covid-19 Rabu (22/4), 5 PMI Sembuh, Dewa Indra: Cegah Transmisi Lokal Kuncinya Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan

BALIILU Tayang

:

de
KETUA HARIAN GUGUS TUGAS COVID-19 DEWA MADE INDRA

Denpasar, baliilu.com – Pemerintah Provinsi Bali, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, melaporkan perkembangan kasus Covid-19 di Bali hingga Rabu petang (22/4-2020) ada kabar baik dimana pekerja migran Indonesia asal Bali yang positif Covid-19 hari ini dinyatakan sembuh sebanyak 5 orang. Jadi jumlah akumulatif yang sembuh menjadi 47 orang.

‘’Namun di balik kabar gembira ada berita duka, karena ada saudara kita yang meninggal 1 orang yakni warga negara Indonesia asal Bali merupakan PMI yang baru pulang dari luar negeri. 1 orang meninggal tadi pagi telah dikremasi tadi sore pukul 15.00 Wita dari tim RSUP Sanglah. Juga proses kremasi telah mengikuti sesuai prosedur pemulasaran jenasah Covid-19,’’ ujar Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali yang juga selaku Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam video conference Rabu (22/4-2020) di Kantor Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Renon Denpasar.

Pasien yang meninggal tersebut berusia 53 tahun, sempat bekerja sebagai migran Indonesia di Portugal. Selain meninggal akibat terinfeksi Covid-19, juga memiliki riwayat hipertensi. Dengan bertambahnya 1 orang meninggal Rabu pagi, kata Dewa Indra sehingga jumlah akumulatif menjadi 4 orang. Terdiri dari 2 orang WNA dan 2 WNI.

Sementara itu, sampai hari ini kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2 orang warga negara Indonesia. Proses terinfeksinya, 1 orang melalui transmisi lokal dan 1 orang imported case. Dengan bertambah 2 orang kasus positif hari ini, maka jumlah akumulatif positif Covid-19 menjadi 152 orang.

Dari 152 orang positif Covid-19 terdiri dari 8 orang WNA dan 144 orang warga negara Indonesia. Menurut metode terjangkitnya Covid-19, dari 144 orang ini sebanyak 115 orang adalah kasus imported case, terinfeksi di luar negeri atau di daerah terjangkit di luar daerah. Terinfeksi di luar negeri dan di luar daerah setelah melalui uji swab dengan metode PCR.

Baca Juga  Karena Covid-19 Sensus Penduduk Online Bali Terhenti Sementara, Dilanjutkan September 2020

Sedangkan yang benar-benar terjangkit terjadi di Bali atau transmisi lokal sebanyak 29 orang. Setelah terkonfirmasi sembuh dan meninggal serta penambahan 2 orang positif, maka pasien positif yang masih dalam perawatan sebanyak 101 orang tersebar di 11 rumah sakit rujukan dan tempat karantina yang dikelola Pemerintah Provinsi Bali.

Mencermati data hari ini, Dewa Indra menegaskan jumlah yang positif Covid-19 masih tetap didominasi imported case. Sedangkan yang benar-benar terinfeksi di Bali sebanyak 29 orang. Meskipun persentase transmisi local 19,07%, tetapi angka ini diupayakan tidak bertambah lagi.

Supaya tidak ada penambahan kasus positif karena transmisi local, Dewa Indra menyatakan kuncinya harus disiplin betul dalam menerapkan semua imbauan pemerintah.  Masyarakat Bali harus menggunakan masker jika berada di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak aman dengan orang lain, menghindari keramaian dan menghindari  berinteraksi dengan banyak orang.

Oleh karena itu, untuk menghindari transmisi lokal, pemerintah  tidak pernah berhenti mengajak masyarakat untuk melakukan upaya-upaya  pencegahan. Kunci utama pencegahan transmisi lokal adalah memakai masker, menjaga jarak dan rajin  mencuci tangan.  Kalau semua dilakukan maka kasus transmisi lokal tidak akan bertambah.

Beda halnya dengan kasus imported case yang  sulit dikendalikan. Banyak PMI yang pulang ke Bali dan pemerintah tidak mungkin mengambil kebijakan untuk mencegah mereka pulang karena yang pulang adalah masyarakat kita sendiri. Untuk itu screening terus kita lakukan, jika pun kasus positif bertambah karena imported case, kita harus pastikan mereka tidak menularkan di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu mereka yang datang dari luar negeri atau daerah terjangkit di luar Bali  harus menjalani karantina.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, Dewa Indra tak henti-hentinya mengimbau masyarakat perlunya melanjutkan dengan penuh disiplin untuk menggunakan masker di tempat terbuka, karena penggunaan masker memiliki dua (2) fungsi. Pertama, yakni bagi yang sakit (batuk dan flu) maka percikan/ droplets akan tertahan oleh masker yang menyebabkan percikan itu tidak akan keluar dan mengenai orang lain. Kedua, penggunaan masker bagi yang sehat maka akan terhindar (terutama pada wajah bagian hidung, mulut dan mata) dari percikan dari orang lain.

Baca Juga  Pdt Jonathan : Mari Terus Galang Kepedulian untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Selain itu hindari menyentuh bagian wajah terutama hidung, mulut dan mata setelah menyentuh benda tertentu dan sebelum mencuci tangan. Karena tiga indera dalam tubuh kita tersebut akan memudahkan bagi virus corona untuk masuk ke tubuh. (*/gs)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Propam Polres Gianyar Laksanakan Gaktibplin kepada Personel Ops Patuh Agung

Published

on

By

polres gianyar
GAKTIBPLIN: Sie Propam Polres Gianyar saat melaksanakan kegiatan Gaktibplin kepada personel bertempat di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar, Selasa (16/7/2024) pagi. (Foto: Hms Polres Gianyar)

Gianyar, baliilu.com – Dalam upaya menjaga disiplin dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam berlalulintas, Sie Propam Polres Gianyar melaksanakan kegiatan Gaktibplin kepada personel bertempat di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar, Selasa (16/7/2024) pagi.

Kapolres Gianyar AKBP Umar, S.I.K., M.H. melalui Kasi Propam Polres Gianyar menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan kedisiplinan anggota Polri dalam melaksanakan tugasnya.

“Dalam kegiatan Gaktibplin tersebut, Sie Propam Polres Gianyar melakukan pemeriksaan sikap tampang personel serta kelengkapan surat-surat kendaraan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa anggota Polri tetap menjunjung tinggi disiplin, integritas, dan memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat,” jelas Iptu Made Mulata.

Kasi Propam Iptu Made Mulata menambahkan, Operasi Patuh Agung 2024 sendiri merupakan operasi yang dilaksanakan oleh Polres Gianyar bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta mengurangi angka fatalitas kecelakaan.

“Jadi, sebelum melaksanakan operasi Patuh Agung kepada masyarakat, kita dahului dengan Gaktibplin personel. Kita tertibkan lebih dahulu anggota sebelum mereka melaksanakan operasi terhadap masyarakat,” ujar Kasi Propam.

“Dengan adanya kegiatan Gaktibplin ini, diharapkan anggota Polres Gianyar dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam kedisiplinan berlalulintas. Selain itu, kegiatan Gaktibplin ini juga menjadi sarana untuk memperbaiki kinerja anggota Polri agar masyarakat semakin nyaman dalam mendapatkan pelayanan kepolisian,” tambahnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Sekda Dewa Indra: Jebolan IPDN Jangan Cengeng
Lanjutkan Membaca

NEWS

Sapa Siswa SLBN 2 Saat MPLS, Ny. Antari Jaya Negara Juga Tekankan Pentingnya Menabung Sejak Dini

Published

on

By

antari jaya negara
SAPA SISWA: Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara hadir untuk menyapa para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Denpasar, saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di sekolah setempat, Selasa (16/7). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara hadir untuk menyapa para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Denpasar, dalam kegiatan Literasi Keuangan Bagi Siswa Sekolah Luar SLB, yang dirangkaikan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di sekolah setempat, Selasa (16/7).

Acara yang turut dihadiri Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Kabid PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Bali Agung Suryawan, dan Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati tersebut, merupakan hasil kolaborasi sekolah tersebut dengan Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar, dalam upaya menuju predikat nasional Kota Denpasar sebagai Wilayah Implementasi Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) Terbaik Tahun 2024, dan juga Bank BPD Bali sebagai bank dengan Bank Goes to School SLB Terbaik Tahun 2024.

Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara menyebut, edukasi perihal literasi keuangan perlu ditanamkan sejak dini sebagai bentuk didikan kepada para siswa untuk dapat mengelola dan mengatur keuangan dengan lebih baik.

“Sebagai hal, literasi keuangan haruslah didapatkan oleh semua kalangan tanpa terkecuali, termasuk siswa-siswi SLB Negeri 2 Denpasar, yang juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan literasi keuangan dari perbankan. Karena itu Bank BPD Bali saat ini hadir untuk memberikan literasi tentang pentingnya mengelola keuangan dan rajin menabung sejak dini,” ungkap Ny. Antari Jaya Negara.

Selebihnya, dirinya menyebutkan, literasi keuangan dapat direalisasikan melalui gerakan belajar menabung bagi para siswa. Ini juga tambahnya, adalah bentuk implementasi kesadaran terhadap Gerakan Indonesia Menabung.

Di lokasi yang sama, Wakil Cabang Bisnis Bank BPD Bali Komang Bayu Baruna, menyebutkan, kegiatan Literasi Keuangan yang menggunakan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah, dalam bentuk pembukaan rekening gratis tersebut dimaksudkan untuk memotivasi para siswa untuk terus menabung rutin, terutama setelah memperoleh pembekalan Literasi Cermat Kelola Keuangan dari Bank BPD Bali.

Baca Juga  Nagisa Bali Group Peduli Jurnalis, Bagi Sembako di Pojok Sudirman

“Dan Capem terdekat kami akan siap lakukan penjemputan rutin terjadwal ke sekolah ini. Sebagai bentuk apresiasi, hari ini seluruh peserta akan dibukakan rekening SimPel gratis oleh Bank BPD Bali,” tegas Bayu.

Sementara itu, Kepala SLB Negeri 2 Denpasar Ni Wayan Rapiyanti, S.Pd menyambut baik perihal kegiatan perbankan ini. Baginya, kegiatan ini merupakan langkah penentuan agar kedepannya para siswa tetap konsisten menabung di lembaga perbankan, termasuk Bank BPD Bali.

“Hari ini ada sekitar 83 orang siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini. Harapannya memang para siswa memahami dan dapat menjalankan gerakan gemar menabung sejak dini,” ujar Rapiyanti.

Sebagai informasi, selain literasi keuangan, rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan aneka penampilan seni dari para siswa, antara lain permainan angklung dan juga pantomim. Ada juga pembagian sejumlah paket dari Bank BPD Bali sebagai bentuk kepedulian bagi para siswa tersebut. (eka/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Presiden Jokowi Lantik 906 Perwira Remaja TNI dan Polri dalam Praspa 2024

Published

on

By

Praspa 2024
PELANTIKAN: Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tahun 2024 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2024. (Foto: BPMI Setpres/Vico)

Jakarta, baliilu.com – Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tahun 2024 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2024. Pada upacara hari ini, Presiden melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) berjumlah 906 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri, dikutip dari presidenri.go.id.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh lima orang perwira sesuai agama yang dianut yakni, M. Shultan Andika Bhakti dari perwakilan agama Islam, Gamail Marshal Pamungkas dari perwakilan agama Protestan, Beltazar Wirya Nugraha dari perwakilan agama Katolik, Komang Wiwin Tribuana Putri dari perwakilan agama Hindu, dan Michaeel Darmadi Cahyadi Joshua dari perwakilan agama Konghucu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 417 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 129 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 113 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 247 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudi Saladin turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akademi Militer, Mochamad Irvan Sugianto dari Akademi Angkatan Laut, Jofanka Hendhico Arintio dari Akademi Angkatan Udara, dan Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akademi Kepolisian. Mayjen TNI Rudi Saladin juga diketahui merupakan peraih Adhi Makayasa pada tahun 1997.

Baca Juga  Nagisa Bali Group Peduli Jurnalis, Bagi Sembako di Pojok Sudirman

Presiden Jokowi pun menyampaikan apresiasi atas kegigihan para perwira yang baru dilantik dalam mengikuti pendidikan mulai dari fisik, akademik, hingga keterampilan. Kepala Negara menegaskan bahwa pembelajaran yang telah didapatkan juga dapat diaplikasikan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang.

“Saya bangga saudara-saudara telah lolos pada proses pembelajaran yang sangat-sangat berat, fisik dan mental, akademik dan keterampilan dan saya bangga saudara-saudara telah menguasai banyak ilmu pengetahuan dan teknologi,” ucap Presiden dalam sambutannya.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2024 adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, para ketua lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca