Monday, 5 December 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Wagub Cok Ace Jadi Pembicara dalam Internasional Tourism Leaders Summit 2022

BALIILU Tayang

:

wagub cok ace
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati saat menjadi salah satu pembicara dalam acara Pembicara dalam Internasional Tourism Leaders Summit 2022, bertempat di Gedung Ksirarnawa - Taman Budaya, Art Center, Denpasar pada Selasa (27/9). (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati didaulat menjadi salah satu pembicara dalam acara Pembicara dalam Internasional Tourism Leaders Summit 2022, bertempat di Gedung Ksirarnawa – Taman Budaya, Art Center, Denpasar pada Selasa (27/9).

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace memaparkan materi terkait “Tantangan Pariwisata Bali Pasca-Pandemi Covid-19”.

Wagub Cok Ace yang juga merupakan Guru Besar di ISI Denpasar mengatakan bahwa dalam membahas pariwisata, maka dirinya membagi atas 5 periode yaitu Pertama: lahirnya pariwisata Bali tahun 1902, Kedua tahun 1960 disebut fase Bali Membangun yang ditandai dengan beberapa pembangunan infrastruktur strategis seperi Bandara dan yang lainnya, Ketiga tahun 1980 pariwisata Bali ada di persimpangan jalan, akibat tingginya pariwisata di Bali, Keempat fase Sadya Kalaning Bali dari tahun 2000-2020 yang ditandai dengan Bom Bali dan Pandemi Covid-19, dan Kelima 2022 merupakan periode Bali Era Baru.

Suatu era yang ditandai dengan tatanan kehidupan baru; Bali yang Kawista, Bali kang tata-titi tentram kerta raharja, gemah ripah lohjinawi; yakni tatanan kehidupan holistik yang meliputi 3 Dimensi Utama: Dimensi Pertama, bisa menjaga/memelihara keseimbangan Alam, Krama (manusia), dan Kebudayaan Bali (Genuine Bali); Dimensi Kedua, bisa memenuhi kebutuhan, harapan, dan aspirasi Krama Bali dalam berbagai aspek kehidupan; Dimensi Ketiga, memiliki kesiapan yang cukup dalam mengantisipasi/menghadapi munculnya permasalahan dan tantangan baru dalam tataran lokal, nasional, dan global yang akan berdampak secara positif maupun negatif terhadap kondisi di masa yang akan datang.

Menurut Wagub Cok Ace, belajar dari pandemi, bahwa Bali tidak bisa terlalu mengandalkan pariwisata sebagai roda utama penggerak ekonomi. Dilihat dari sebelum pandemi, PDRB Bali 54% berasal dari sektor pariwisata, dan begitu ada Covid, ekonomi Bali sangat terpuruk. Untuk itu, dalam periode Bali Era Baru ini Pemprov Bali melakukan beberapa cara manuver penggerak ekonomi Bali, salah satunya adalah penguatan Potensi Sumber Daya Lokal Alam, Krama, dan Kebuadayaan Bali yang diwariskan merupakan potensi dan kekuatan yang besar untuk membangun perekonomian Bali berbasis sumber daya lokal melalui sektor pertanian, kelautan dan perikanan, serta industry kerajinan rakyat berbasis budaya yang didukung oleh pariwisata. Perkembangan pariwisata telah mendorong Krama Bali semakin meninggalkan potensi sumber daya lokal.

Baca Juga  Wagub Cok Ace: Bali Siap Sambut World Tourism Day 2022

Perjalanan panjang pariwisata Bali dengan berbagai kejadian gangguan keamanan, bencana alam, bencana bukan alam, serta pandemi Covid-19 telah cukup memberikan pembelajaran tentang betapa rentannya gejolak perekonomian Bali yang hanya bertumpu pada satu doninasi sektor pariwisata. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan sektor unggulan, seperti Sektor Pertanian dalam arti luas termasuk Peternakan dan Perkebunan, Sektor Kelautan dan Perikanan Sektor Industri, Sektor IKM, UMKM, dan Koperasi, Sektor Ekonomi Kreatif dan Digital Sektor Pariwisata. Dan  pengembangan infrastruktur pendukung. Hal tersebut dituangkan dalam Ekonomi Kerthi Bali.

Selain itu, Wagub Cok Ace juga melihat bahwa hal yang perlu diperhatikan dari Bali adalah keseimbangan antarwilayah. Selama ini ketimpangan antarwilayah sangat tinggi, dimana contohnya pariwisata hanya dominan di wilayah selatan. Untuk itu, Wagub Cok Ace juga menuangkan konsep Padma Bhuwana dalam strategi membangun Bali, dimana prioritas pembangunan di setiap wilayah kabupaten/kota harus didasari karakteristik geografis, demografis, serta potensi sumber daya dominan. Optimalisasi seluruh potensi tersebut haruslah didasari karakteristik dan fungsi setiap Dewata Nawasanga yang menaungi wilayah tersebut sehingga terbangun taksu yang meniscayakan semua potensi berkembang maksimal.

Dalam acara ITLS yang telah berlangsung sejak tanggal 26 September 2022, juga menghadirkan narasumber yang kompeten dalam bidangnya. Selain Wagub Cok Ace juga terdapat dua narasumber lain yaitu Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bali dan Kepala Pusat Kajian Pariwisata Universitas Udayana.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan Bali Bangkit kepada 40 orang penerima yang berkontribusi dalam pariwisata Bali. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Universitas Udayana Gelar Wisuda Ke-151, Rektor Lepas 898 Wisudawan

Published

on

By

wisuda
Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke-151 bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). (Foto: ist)

Jimbaran, Badung, baliilu.com – Universitas Udayana (Unud) menggelar Wisuda Ke-151 bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). Wisuda periode ini diikuti sebanyak 898 wisudawan dari seluruh fakultas di lingkungan Unud.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU dalam laporannya menyampaikan wisuda ke-151 kali ini berasal dari tingkat Diploma 1 orang, Profesi 183 orang, Spesialis 60 orang, Sarjana (S1) 547 orang, Magister 84 orang dan Doktor 23 orang. Dengan demikian, dari awal berdirinya Universitas Udayana sampai saat ini sudah memiliki alumni sebanyak 113.204 orang. Dari jumlah wisudawan tersebut yang memperoleh predikat Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 217 orang. Wisudawan hari ini didominasi oleh kaum perempuan yang jumlahnya 511 orang sedangkan wisudawan laki- laki hanya 387 orang.

wisuda
Peserta Wisuda Ke-151 Unud bertempat di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Jimbaran, Sabtu (3/12/22). (Foto: ist)

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik mengucapkan selamat kepada wisudawan dan terimakasih kepada keluarga wisudawan atas kepercayaan yang diberikan pada Universitas Udayana sebagai tempat proses pembelajaran di Pendidikan Tinggi. “Melalui pendidikan yang telah ditempuh, saudara tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat, selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja. Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan saudara,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara pada kesempatan ini menyerahkan penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing fakultas/spesialis dan profesi. 

rektor
Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara. (Foto: ist)

Rektor dalam sambutannya mengatakan, seluruh wisudawan telah lulus tepat waktu, yang menandakan seluruh proses perkuliahan telah berjalan sesuai standar yang ditetapkan. Unud selama ini, juga menerapkan tracing study kepada seluruh lulusan untuk mengetahui aktivitas alumni Unud setelah menyelesaikan pendidikan. Dari tracing study tersebut, bisa diketahui apakah wisudawan tersebut telah bekerja atau belum dan apakah sesuai dengan minat bakat, kompetensi yang dimiliki serta besaran gaji yang diterima. 

Baca Juga  Wagub Cok Ace Apresiasi Dipilihnya Bali Sebagai Tempat Penyelenggaraan INSARAG AP ERE

“Dari tracing study yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya, sebagian besar lulusan Unud telah bekerja. Bahkan Unud juga terus mendorong para mahasiswanya untuk memiliki pola pikir menjadi wirausahawan. Hal tersebut telah ditanamkan sejak di bangku kuliah dengan membuka inkubator bisnis, kurikulum wirausaha pendampingan dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan para lulusan agar tidak hanya berfokus mencari pekerjaan namun bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” ucapnya.

Unud juga terus berupaya mengupgrade kurikulum yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang semakin dinamis dewasa ini. Pihaknya kerap meminta masukan dan informasi dari para alumni yang telah bekerja, terkait ilmu-ilmu dan kompetensi apa yang diperlukan, sehingga Unud bisa membuat kurikulum yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Untuk meningkatkan kualitas lulusan Unud juga telah berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa agar mereka lebih berdaya saing dan lebih mudah merebut peluang di dunia kerja.

wisuda
Rektor Unud Prof. I Nyoman Gede Antara bersama salah satu wisudawan membentuk simbol cinta pada Unud. (Foto: ist)

Selain itu Rektor juga menyampaikan bahwa Unud saat ini sedang bertransformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Melalui PTN-BH, Unud bermaksud untuk melakukan peningkatan dalam konteks tata kelola dan pemberdayaan segenap aset yang dimiliki dan meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan tinggi di Unud. Melalui PTN-BH, Unud diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang lebih berkualitas ke depannya. PTN-BH juga menjadi salah satu syarat bagi Unud untuk nantinya dapat meraih status World Class University menuju universitas dengan kualitas internasional dan berdaya saing global. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/headline5212-Universitas-Udayana-Gelar-Wisuda-ke-151-Rektor-Lepas-898-Wisudawan.html (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Menko Marves Buka AISF 6th Senior Official Meeting, Polda Bali Perketat Pengamanan

Published

on

By

Menko Marves
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan. (Foto : ist)

Nusa Dua, Badung, baliilu.com – Dalam rangka mengamankan event Achipelagic Island State Forum (AISF) 6th Senior Official Meeting yang dibuka langsung Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Polda Bali memperketat penjagaan pintu masuk kegiatan yang dilaksanakan di Bali International Convention Center (BICC), Senin(5/12/2022).

Penjagaan pintu masuk dilaksanakan untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan 6th Senior Official Meeting. “Polda Bali memperketat penjagaan pintu masuk area kegiatan  6th Senior Official Meeting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para delegasi, serta untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang masuk ke dalam area kegiatan,” terang Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Satake Bayu S.I.K.,M.Si.

Menurut Kombes Pol Satake Bayu  dalam pengamanan pintu masuk kegiatan ini Polda Bali menerjukan personel berpakaian preman dengan menggunakan batik dan jas. “Ini merupakan bentuk komitmen Polda Bali dalam mengamankan seluruh Event Internasional yang dilaksanakan di Pulau Dewata agar berjalan aman dan lancar,” tandasnya. (eka/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Baca Juga  Wagub Cok Ace Terima Kunjungan Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Program
Lanjutkan Membaca

NEWS

KUI Unud Gelar ‘’2nd International Education & Culture Festival’’

Published

on

By

kui
KUI Unud saat menyelenggarakan 2nd International Education & Culture Festival, yang berlangsung di Aula Nusantara Kampus Unud Sudirman Denpasar, pada Senin (5/12/2022). (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana (KUI Unud) menyelenggarakan 2nd International Education & Culture Festival, dengan tema Study Abroad Seminar and Education Exhibition yang berlangsung di Aula Nusantara Kampus Unud Sudirman Denpasar, pada Senin (5/12/2022).

Education Exhibition ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 5-6 Desember 2022 dan menghadirkan perwakilan dari Australian Consulate General, Consulate General of Japan, Consulate General of India, Embassy of Malaysia, International Korea Culture and Study, British Council, Tourism Confucius Institute Unud, Naresy International Educational Centre, Indonesia Britain Education Centre, dan Education USA. 

unud
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes. (Foto: ist)

Rektor Universitas Udayana yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes menyampaikan bahwa Study Abroad Seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara International Education and Cultural Festival yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana. Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi antara KUI dengan para partner dari beberapa Konsulat Jenderal yang ada di Bali dan juga instansi  pendidikan, khususnya terkait pendidikan di luar negeri.

Belajar di luar negeri merupakan impian dari banyak siswa, sehingga seminar mengenai pengetahuan tentang beasiswa dan sistem pendidikan di luar negeri merupakan hal yang sangat menarik untuk dilaksankan. Karena sebelum memulai untuk studi di luar negeri, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa itu sendiri. Tinggal di negara baru dalam kurun waktu yang lama tentu akan membawa tantangan tersendiri bagi para mahasiswa karena mereka dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Wakil Rektor memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan study abroad seminar yang sangat positif dan tentunya bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Baca Juga  Wagub Cok Ace Hadiri Ramah Tamah Meriahkan Hari Jadi Provinsi Bali Ke-64
kui
Koordinator KUI Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng (Foto: ist)

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator KUI Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng menyampaikan bahwa kegiatan International Education & Culture Festival ini akan berlangsung dalam dua hari, di tanggal 5 Desember dilaksanakan rangkaian Seminar Internasional dan pada tanggal 6 Desember dilaksanakan Culture Festival yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Konjen yang ada di Denpasar.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pendidikan sejalan dengan program pemerintah dalam bidang MBKM. Peserta yang hadir diperkirakan lebih dari 1.000 peserta, selain dari kalangan mahasiswa juga dari SMA yang ada di Denpasar. Harapannya kepada peserta yang hadir pada kegiatan ini  untuk mendapatkan informasi bagaimana studi atau melanjutkan studi di luar negeri. Khususnya kepada mahasiswa diharapkan agar aktif bertanya pada stand-stand perwakilan negara yang hadir dalam kegiatan ini. Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5213-Kantor-Urusan-Internasional-Unud-Gelar-2nd-International-Education-Culture-Festival-Study-Abroad-Seminar-and-Education-Exhibition-.html (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

sumpah pemuda pemkot
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
ucapan hut mangupura
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca