Sunday, 2 October 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Wagub Cok Ace Terima Audiensi Koordinator Pertemuan G20 India

Koordinator Delegasi Harsh Vardhan Sampaikan Kekagumannya terhadap Bali

BALIILU Tayang

:

wagub cok ace
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati serahkan cinderamata saat menerima audiensi delegasi India yang merupakan Ketua Koordinator G20 India Harsh Vardhan Shringla terkait diskusi persiapan G20 Summit di Bali, Kamis (22/9). (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menerima audiensi delegasi India yang merupakan Ketua Koordinator G20 India Harsh Vardhan Shringla terkait diskusi persiapan G20 Summit di Bali sebagai gambaran untuk persiapan pertemuan G20 Summit di India 2023 mendatang. Audiensi tersebut bertempat di Ruang Tamu Wagub Cok Ace, Kantor Gubernur Bali-Denpasar, pada Kamis (22/9).

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Delegasi Harsh Vardhan Shringla menyampaikan bahwa tahun 2023 mendatang India akan menjadi tuan rumah G20 Summit. Untuk itu pihaknya ingin bertukar informasi terkait persiapan yang dilakukan dalam mempersiapkan G20 Summit. “Bali merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal di mata dunia, dan memang sangat tepat dipilihnya Bali sebagai tempat penyelenggaraan, karena dilihat dari infrastruktur hotel maupun yang lainnya sangat memadai,” kata mantan Menteri Luar Negeri India ini. Shringla juga menilai bahwa hotel di Bali infrastrukturnya lebih baik dari hotel Jakarta. Untuk itu, pihaknya ingin belajar banyak dari Bali terkait pengelolaan infrastruktur, sumber daya manusia serta hal penting apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pelaksanaan G20 Summit.

Menanggapi hal itu, Wagub Cok Ace menyambut baik keinginan delegasi India untuk berdiskusi terkait persiapan G20 Summit. Selanjutnya, Wagub Cok Ace menerangkan bahwa terdapat dua poin penting yang disiapkan oleh Bali dalam kesiapan menjadi tuan rumah yaitu Keamanan dan Penanggulangan Bencana. Pertama terkait Keamanan, dimana Bali sebagai tujuan pariwisata dan berbagai kegiatan membutuhkan akomodasi yang nyaman dan aman. Untuk itu, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa semua hotel harus memiliki sertifikat keamanan yang dikeluarkan dari kepolisian Bali.

Lebih lanjut, Wagub Cok Ace mengatakan bahwa berkaca pada even-even internasional yang ada di Bali, maka sudah banyak strategi yang dilakukan oleh pemerintah. Selain sertifikat keamanan maka pihak hotel dan villa juga harus memiliki sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability). Wagub Cok Ace juga mengatakan bahwa pemerintah daerah juga mengeluarkan Peraturan Gubernur yaitu Keamanan Berbasis Desa Adat, dengan mengoptimalkan peran dan fungsi pecalang dalam mengamankan desa adat yang ada di Bali.

Baca Juga  Wagub Cok Ace: KSPAN Salah Satu Cara Paling Efektif Hindarkan Remaja dari AIDS, Narkoba dan Kenakalan Remaja

Selain sertifikat keamanan dan CHSE, hotel di Bali juga harus mengantongi sertifikat kesiapsiagaan bencana. “Seluruh hotel itu lolos enam parameter penilaian meliputi kelengkapan infrastruktur, pemahaman bencana, sistem peringatan dini, kemampuan merespon bencana, mitigasi bencana, dan keamanan. Parameter itu untuk mengukur apakah hotel sudah siap apabila misalnya terjadi kebakaran, kerusuhan, bencana alam, serta bagaimana mengevakuasi pengunjung dan jalur evakuasi seperti apa hingga kelengkapan alat. Proses penilaian dilakukan oleh tim yang terdiri dari Bali Hotel Association (BHA), BPBD Bali, kepolisian, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta SAR,” ungkap Wagub Cok Ace yang juga Ketua PHRI Bali.

Selain dua poin tadi, Pemprov Bali selalu melakukan evaluasi apa yang perlu diperbaiki, dengan menggandeng lembaga-lembaga pariwisata yang ada di Bali, seperti PHRI, BHA dan lainnya, sehingga koordinasi tersebut terus terjalin.

Menanggapi hal itu, Koordinator Delegasi Harsh Vardhan, menyampaikan kekagumannya terhadap Bali, dimana dari tingkat pusat, daerah sampai tingkat desa ikut berpartisipasi dalam mengamankan perhelatan G20 Summit. Ia berharap dengan belajar dari Bali, India dapat menjadi tuan rumah dengan baik dan lancar nantinya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan

NEWS

Kerahkan Tim DVI, Polri Gerak Cepat Berikan Pertolongan Korban Kerusuhan Laga Arema Vs Persebaya

Published

on

By

polri
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, di Jakarta pada Minggu (2/10/2022). (Foto: Ist)

Jakarta, baliilu.com – Polri menyatakan langsung bergerak cepat mengerahkan tim DVI dari Polda Jawa Timur (Jatim) dan rumah sakit setempat untuk mempercepat proses identifikasi koban laga antara Arema Vs Persebaya.

“Untuk saat ini tim DVI Dokkes Polri segera ke Malang untuk back up Tim DVI Polda Jatim dan RS setempat guna percepatan identifikasi korban,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, di Jakarta pada Minggu (2/10/2022).

Adapun Tim DVI tersebut dipimpin langsung oleh Brigjen Nyoman. Dedi Prasetyo menuturkan, gerak cepat itu dilakukan oleh kepolisian untuk memberikan pertolongan medis kepada suporter yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

“Dan fokus untuk memberikan pertolongan medis kepada korban-korban yang saat ini dirawat di beberapa rumah sakit,” ujar Dedi.

Diberitakan sebelumnya, pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 berakhir dengan tragedi. Suporter dan polisi menjadi korban kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu malam WIB 1 Oktober 2022. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Baca Juga  Wagub Cok Ace Dukung Laksmi Melaju ke Ajang Putri Indonesia 2022
Lanjutkan Membaca

NEWS

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Giri Prasta: Pancasila Sebagai Rumah Bersama

Published

on

By

Kesaktian Pancasila
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara daring dari Ruang Command Center, Puspem Badung, Sabtu (1/10). (Foto : Ist)

Badung, baliilu.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, jajaran pimpinan Forkopimda dan Kepala OPD terkait di Lingkup Pemkab Badung mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022 secara daring dari Ruang Command Center, Puspem Badung. Upacara dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang berlokasi di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).

Pada kesempatan tersebut Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi upacara. Upacara ini juga dihadiri secara langsung oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua DPR RI Puan Maharani, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Seusai mengikuti seluruh rangkaian upacara, Bupati Nyoman Giri Prasta atas nama jajaran Pemerintah, Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Badung merasa bangga hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena rasa persatuan di tengah keberagaman terjalin erat berkat pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan.

“Bagi kami, Pancasila merupakan rumah kita bersama, luar biasa sekali keberadaan Pancasila ini dan kita beruntung sekali diikat oleh nilai-nilai luhur Pancasila. Sehingga Hari Kesaktian Pancasila ini kita junjung tinggi,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati Giri Prasta, keberadaan 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika merupakan panutan bagi Kabupaten Badung maupun bagi pihaknya secara personal.

“Bagi saya pribadi, 4 Pilar Kebangsaan merupakan harga mati untuk kita semua, ini adalah buah karya daripada para pejuang kita, dan kita sebagai generasi milenial sekarang ini sudah menikmati kemerdekaan sehingga kita harus mengisi kemerdekaan itu dengan baik,” tegasnya.

Baca Juga  Wagub Cok Ace Harap Penertiban Gepeng dan Pengamen Jalanan Dilakukan secara Manusiawi

Sementara itu menyikapi persoalan rongrongan ideologi Pancasila secara internal dan eksternal yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia, Bupati Giri Prasta menyebut pihaknya sangat yakin dan percaya dengan Presiden Jokowi, TNI, Polri dan Tokoh-tokoh Bangsa Indonesia lainnya sebagai penjaga Pancasila dalam rangka mewujudkan program mulia Indonesia Emas. “Ke depan Indonesia akan bisa menjadi sejati-jatinya Indonesia Raya,” imbuhnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Kapolri dan Menpora ke Malang, Dua Fokus Awal Polri Tangani Kerusuhan Arema Vs Persebaya

Published

on

By

polri
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo saat jumpa pers, Minggu, 2 Oktober 2022. (Foto: Ist)

Jakarta, baliilu.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan pihaknya akan bergerak cepat menangani kerusuhan pertandingan sepak bola antara Arema Malang melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali akan berangkat ke Malang hari ini.

“Sesuai dengan perintah bapak Presiden hari ini Kapolri dan Menpora akan berangkat ke Malang,” kata Dedi, Minggu (2/10/2022).

Lebih lanjut, Dedi menuturkan Kapolri telah memberangkatkan tim DVI yang langsung menuju ke Malang kemudian mengerahkan seluruh tim dokter dari RS Bhayangkara Malang, RS Bhayangkara Kediri dan RS Bhayangkara Surabaya guna mempercepat proses identifikasi korban dan memberikan pelayanan kesehatan ke korban luka.

Dedi menuturkan, fokus Polri saat ini ada dua yaitu kerja sama dengan tim medis setempat dalam rangka memberikan pelayanan medis yang terbaik, supaya jumlah korban tidak bertambah.

“Yang kedua dengan jumlah korban yang begitu banyak tim DVI bekerja keras untuk segera identifikasi korban meninggal dunia dengan cepat agar korban dapat dikembalikan kepada keluarga masing-masing,” katanya.

Ia pun meminta rekan-rekan media bersabar menunggu perkembangan lanjutan baik dari sisi investigasi maupun penanganan korban.

“Hari ini Kapolri akan melaksanakan rapat dengan Menpora dan pemerintah daerah setempat dan hasilnya akan dievaluasi terlebih dahulu tentunya akan disampaikan ke rekan-rekan media,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 berakhir dengan tragedi. Suporter dan polisi menjadi korban kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu malam WIB 1 Oktober 2022. (gs/bi)

Baca Juga  Bali Flora Festival di Taman Dedari

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca