Tuesday, 5 March 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

SOSIAL

Bersama MGPSSR Buleleng, Satgas Covid-19 MGPSSR Bali Gelontorkan 1045 Paket Sembako di Buleleng

BALIILU Tayang

:

de
SATGAS COVID-19 MGPSSR BALI: Gelar bakti sosial di Kabupaten Buleleng

Buleleng, baliilu.com – Tim Satuan Tugas (Satgas) Corona Virus Disease (Covid-9) Mahagotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali kembali menggelar aksi sosial di tengah pandemi Covid-19. Bersama MGPSSR Kabupaten Buleleng, Satgas Covid-19 MGPSSR Bali menggelontorkan sebanyak 1045 paket sembako ditambah masker, dan hand sanitizer yang ditujukan kepada Ida Pandita Mpu, para pemangku, kelihan dadya Pasek, jagabaya Pasek, dan semeton Pasek yang kurang mampu di Kabupaten Buleleng, Minggu (31/5-2020).

Ketua Satgas Covid-19 Jro Pasek I Putu Bagus Suryadi, S. Sos secara simbolis menyerahkan paket sembako, masker dan hand sanitizer kepada wakil dari masing-masing kecamatan untuk selanjutnya diteruskan kepada semeton yang sudah ditentukan. Penyerahan secara simbolis juga dilakukan Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, SPOG, anggota DPRRI Ketut Kariyasa Adnyana, ST, Ketua MGPSSR Buleleng drs. I Nengah Gelgel, M.Pd, dr. Putra Sedana, sekretaris MGPSSR Bali Pandu P Lagosa, Ni Made Lilik Nurmiasih (anggota DPRD Buleleng). Juga hadir Jaga Baya Pasek Provinsi Bali dan pengurus satgas. Bakti social juga disertai penyemprotan disinfektan di gria-griya Ida Pandita Mpu.

de
GUYUB PESEMETONAN: Berbagi saat pandemi Covid-19

Terkait aksi sosial MGPSSR Bali melalui Satgas Covid-nya di Buleleng, Ketua MGPSSR Buleleng Jro Pasek Nengah Gelgel mengatakan ini satu kegiatan yang sangat baik yang memiliki responsibilitas tinggi terhadap kondisi yang terjadi pada saat pandemi Covid-19 ini. Karena bagaimana pun juga, kita harus mengakui yang paling terdampak adalah semeton Pasek.  

Oleh karena itulah, adanya tim Satgas Covid-19 MGPSSR Bali ini, Jro Pasek Gelgel mengharapkan semeton yang lain yang merasa berada pada posisi lebih agar bisa mengikuti terlibat mem-back- up kegiatan sosial ini.

Baca Juga  Wujudkan Ekonomi Bali yang Kuat, Gubernur Koster Seimbangkan Pariwisata, Pertanian dan Industri Kerajinan Rakyat

Seperti di Buleleng, ungkap Jro Pasek Gelgel, ternyata respons spontanitas semeton yang muncul begitu tinggi. Akhirnya bisa terkumpul sekitar 1000 paket sembako yang rata-rata nilai satu paket sekitar Rp 100.000.

‘’Jadi  dengan adanya kegiatan seperti ini barangkali sebagai satu ciri atau cihna, kita harus mulai betul-betul belajar untuk meningkatkan guyub kita dalam pesemetonan. Sehingga dalam kondisi first major seperti ini maka saudara-saudara kita yang dalam kondisi sedikit lemah bisa kita back-up oleh semeton kita yang berada pada posisi lebih baik daripada yang lain. Itulah harapan kita ke depan supaya semakin lama semakin ditingkatkan rasa guyub pesemetonan ini, tidak hanya terbatas pada saat sekarang, karena wabah ini akan berjalan panjang dan tidak hanya pada kejadian seperti ini tapi mungkin suatu saat ada kejadian lain pun kita semua harus memiliki responsibilitas yang tinggi,’’ papar Jro Pasek Gelgel.

MGPSSR Buleleng yang bertanggung jawab membagikan paket sembako, masker, dan hand sanitizer, lanjut Jro Pasek Gelgel pendistribusiannya di antaranya kepada Ida Pandita Mpu, warga Desa Sambangan, karena sekretariat MGPSSR Buleleng berada di Jalan I Gusti Ketut Jejer No. 157 X, Sambangan Sukasada Buleleng. Semua warga Pasek di Sambangan lebih kurang 205 KK yang sudah hasil seleksi, layak untuk dibantu. Lanjut tim akan turun ke semua kecamatan di Buleleng. Yang disasar adalah semeton jagabaya Pasek yang dulu diajak bersama-sama ngaturang ngayah di Pura Punduk Dawa, para pemangku yang juga diajak ngaturang ngayah setiap piodalan di Pura Punduk Dawa dan Besakih, kemudian kelihan-kelihan dadya Pasek yang secara notabene ekonominya sedikit lemah.

‘’Itu yang akan kita bantu. Lebih kurang setiap kecamatan akan terdistribusi sekitar 75 paket termasuk ada masker dan hand sanitizer,’’ ujar Jro Pasek Gelgel.

Baca Juga  Cegah Jadi Klaster Penularan Covid-19, Sekda Dewa Indra Minta Pasar Modern Bentuk Satgas Khusus
de
JRO PASEK GELGEL: Menghaturkan rsi bojana paket sembako kepada Ida Pandita Mpu

Ketua Satgas Covid-19 MGPSSR Bali Jro Pasek Suryadi mengapresiasi dan berterima kepada pengurus MGPSSR Buleleng yang telah mengumpulkan seribuan paket sembako dari partisipasi semeton dalam aksi sosial pada hari ini.

Jro Pasek Suryadi meyakinkan bahwa kita mampu bergerak untuk semeton. Bukan hanya dari semeton Pasek juga ada beberapa donatur dari perusahaan-perusahaan. ‘’Kami dari Satgas juga sangat berterima kasih terhadap kepedulian mereka, sehingga kita bisa distribusikan kepada semeton di Buleleng sekitar 1000-an paket sembako,’’ ujar Jro Pasek Suryadi seraya mengatakan pendistribusian akan diatur langsung oleh pengurus MGPSSR Buleleng. Kami hanya menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan kecamatan masing-masing.

Suryadi menambahkan salah satu tugas kita di saat pandemi ini selain mengedukasi warga masyarakat perihal pencegahan Covid-19, juga berbagi seperti aksi sosial hari ini. ‘’Namun dalam kegiatan ini kami tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun di air mengalir,’’ kata Suryadi.

Setelah di Buleleng, Satgas Covid-19 akan melanjutkan aksi sosialnya di 6 kabupaten lagi yakni di Klungkung, Karangasem, Jembrana, Badung, Gianyar dan Denpasar. ‘’Sesuai misi kita bahwa kita akan bergerak di seluruh kabupaten kota di Bali. Tanggal 7 Juni kami akan menyasar dua kabupaten, Karangasem dan Klungkung,’’ ujar Suryadi.

de
JRO PASEK KARIYASA: Serahkan sembako kepada pengurus kecamatan untuk diteruskan kepada yang membutuhkan

Sementara itu, Ketut Kariyasa Adnyana, ST menegaskan langkah Mahagotra Pasek sudah sesuai dengan ciri kepasekan yakni bakti ring kawitan, guyub ring semeton dan satya ring bhisama. Sebagai organisasi, MGPSSR adalah organisasi pesemetonan yang terbesar di Bali apalagi saat mahasabha dihadiri Pak Menteri berarti punya peranan penting, punya kepengurusan sampai tingkat nasional.

Tentu dengan situasi ini sangat bagus sekali partisipasinya sehingga bisa membantu meringankan beban warga yang terdampak Covid-19. Road show yang dilakukan hingga ke kabupaten dan kecamatan dengan cara bergotong-royong adalah sesuatu yang luar biasa.

Baca Juga  Update Covid-19 Senin (25/5) Kembali yang Positif dan Sembuh Berimbang, Dewa Indra: Makin Disiplin, Penyebaran Covid-19 melalui Transmisi Lokal Pasti Bisa Dihentikan

‘’Mudah-mudahan berkelanjutan. Karena Covid-19 masih lama sekali, dan yang terpenting kita sebagai pesemetonan harus mensosialisasikan kepada warga akan bahaya Corona. Sebagai warga Pasek harus mempelopori protap-protap pencegahan. Karena sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksin, sehingga jika pesemetonan Pasek yang cukup besar anggotanya ini mensosialisasikan dengan bagus, saya yakin masyarakat akan lebih banyak bisa disentuh dan tentu kalau sudah protap-protap itu dilaksanakan maka akan segera bisa hidup normal kembali,’’ ujar Kariyasa.

Hal yang sama juga dilontarkan semeton Pasek yang kini menjabat Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, SPOG. Ia menegaskan aksi yang dilakukan Satgas Covid-19 MGPSSR Bali sangat luar biasa. Ini menjadi inspirasi bagi semeton yang lain yang sudah sukses untuk ikut nanti berpartisipasi karena banyak semeton kita yang masih sangat memerlukan bantuan.

‘’Saya dukung sekali. Untuk kegiatan ke depan saya akan terus ikut mengawal kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan keluarga besar Pasek untuk di Kabupaten Buleleng. Terimakasih buat Satgas Covid-19 atas kegiatan hari ini, mudah-mudahan berlangsung terus di daerah lain, karena kita tidak tahu sampai berapa lama efek Covid-19 ini,’’ ujar Sucidra.

Ida Pandita Mpu Putra Dwi Tantra dari Griya Panaraga Penarukan Buleleng menyampaikan terimakasih atas bantuan sembako, masker dan hand sanitizer. Kegiatan ini sebagai cihna ingat dengan pesemetonan. (gs)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSIAL

Aksi Sosial Donor Darah Meriahkan Semarak HUT Ke-236 Kota Denpasar

Published

on

By

hut kota denpasar
DONOR DARAH: Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat meninjau pelaksanaan Aksi Sosial Donor Darah yang dipusatkan di Selasar Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Selasa (20/2). (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Beragam kegiatan turut digelar dalam menyambut HUT ke-236 Kota Denpasar. Kali ini turut dilaksanakan Aksi Sosial Donor Darah yang dipusatkan di Selasar Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Selasa (20/2). Hal tersebut dilaksanakan guna mendukung ketersediaan kantong darah di PMI Kota Denpasar.

Pelaksanaan kali ini ditinjau langsung Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa yang juga selaku Ketua PMI Kota Denpasar dan Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana. Tampak pula Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Widnyani Wiradana, Direktur Perumda di lingkungan Pemkot Denpasar.

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas sinergitas semua pihak dalam mendukung aksi sosial donor darah dalam rangka menyambut HUT ke-236 Kota Denpasar. Tentunya, kegiatan ini sangat positif sebagai upaya mendukung ketersediaan stok darah di Kota Denpasar.

Jaya Negara juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hal ini tentu sejalan dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara.

“Tentu kami sangat memberikan apresiasi atas pelaksanaan aksi sosial donor darah ini, hal ini tentu sejalan dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara, semoga dengan adanya donor darah ini dapat menjaga stok darah di Kota Denpasar,” ujarnya.

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa yang juga selaku Ketua PMI Kota Denpasar menjelaskan, aksi sosial donor darah ini dilaksanakan serangkaian menyambut HUT ke-236 Kota Denpasar. Dimana, beberapa stakeholder turut dilibatkan, yakni Pemkot Denpasar, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma, Perumda Pasar Sewakadarma, Perumda Bhukti Praja Sewakadarma, Bank BPD Bali, RSUD Wangaya dan PMI Kota Denpasar.

Baca Juga  Gubernur Bali Wayan Koster dan Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

Dikatakannya, dalam pelaksanaan kali ini ditargetkan sebanyak 400-450 kantong darah dapat terkumpul. Dimana, para pendonor diberikan bantuan sembako atas partisipasinya menyumbangkan darah untuk mendukung pelayanan kesehatan di Kota Denpasar.

“Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasinya dalam menyumbangkan darah untuk mendukung penanganan kesehatan dan menjaga stok darah di Kota Denpasar,” ujarnya. (eka/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

HUT Perumda Pasar Argha Nayottama, Ratusan Peserta Antusias Ikuti Donor Darah

Published

on

By

Perumda Pasar Argha Nayottama
DONOR DARAH: Seluruh jajaran Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Argha Nayottama Kabupaten Buleleng dalam bentuk aksi donor darah di areal Pasar Banyuasri Singaraja, Selasa (6/2). (Foto: Hms Buleleng)

Buleleng, baliilu.com – Konsep cinta kasih antara seluruh jajaran Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Argha Nayottama Kabupaten Buleleng dalam bentuk aksi donor darah digelorakan di areal Pasar Banyuasri Singaraja, Selasa (6/2).

Antusiasme peserta baik dari kalangan jajaran pegawai perumda maupun masyarakat umum berkumpul jadi satu mengikuti bakti sosial dalam bentuk sumbangsih mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.

Dikonfirmasi langsung saat memantau kegiatan, Direktur Utama Perumda Pasar Argha Nayottama Kabupaten Buleleng I Putu Suardhana mengungkapkan bahwa kegiatan ini serangkaian memperingati HUT ke-20 Perumda Pasar Argha Nayottama yang puncaknya pada tanggal 12 Februari mendatang. Dimana pada kegiatan ini ditargetkan seluruh anggotanya yang berjumlah 240 bisa ikut berpartisipasi.

“Kami targetkan 300 peserta bisa mengikuti kegiatan ini. Bukan dari anggota kami saja melainkan juga masyarakat umum yang datang kesini yang sebelumnya sudah kita sosialisasikan. Mudah-mudahan targetnya bisa tercapai,” ujarnya.

Diterangkan Suardhana, sesuai slogan perayaan HUT tahun ini yakni Rise to be Stronger yaitu bangkit dan kuat untuk bertumbuh, diharapkan ke depannya di era kepemimpinannya yang baru Perumda Pasar Argha Nayottama bisa lebih tumbuh dan berkembang lagi nantinya.

Sementara itu, salah satu peserta donor Mega Esti mengungkapkan alasannya mengikuti kegiatan donor darah kali ini. Selain merupakan kegiatan rutin yang ia lakukan, kegiatan donor darah ini baginya sangat penting dilakukan selain demi kesehatan dan dampaknya akan dirasakan bagi orang lain.

“Semoga kegiatan ini secara kontinue dilakukan sehingga bermanfaat bagi orang lain. Karena pada prinsipnya setiap orang harus bisa memberi manfaat pada orang lain. Salah satunya melalui kegiatan hari ini,” tutup Mega.

Untuk diketahui, selain kegiatan donor darah, Perumda Pasar Argha Nayottama juga memberikan bingkisan sembako kepada tenaga hariannya sebagai bentuk perhatian dan sumbangsih perusahaan atas dedikasinya dalam membantu perkembangan perusahaan. (gs/bi)

Baca Juga  Update Covid-19 Senin (25/5) Kembali yang Positif dan Sembuh Berimbang, Dewa Indra: Makin Disiplin, Penyebaran Covid-19 melalui Transmisi Lokal Pasti Bisa Dihentikan

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

SOSIAL

Ny. Antari Jaya Negara Kembali Serahkan Bantuan Kursi Roda kepada Lansia di Dua Kecamatan

Published

on

By

bantuan kursi roda
SERAHKAN BANTUAN: Ketua KKKS Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Wakil Ketua KKKS Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, saat menyerahkan bantuan kursi roda, Senin (29/1) pagi. (Foto: Hms Dps)

Denpasar, baliilu.com – Pemerintah Kota Denpasar melalui Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) kembali menyalurkan bantuan kursi roda kepada empat orang warga Kota Denpasar, Senin (29/1) pagi.

Bantuan kursi roda ini diserahkan langsung Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara di dampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, saat melakukan kunjungan langsung kediaman para lanjut usia (lansia). Adapun lokasi kali ini bertempat di Kecamatan Denpasar Timur dan Denpasar Utara.

Penyerahan bantuan alat kesehatan bagi lansia dan disabilitas ini sendiri telah menjadi agenda rutin K3S Denpasar. Kegiatan ini juga melibatkan peran pihak swasta, perbankan, dan BUMN yang bersinergi dengan Dinas Sosial Kota Denpasar.

Salah satu lansia penerima bantuan, Ni Made Sebro, lansia warga di Banjar Gunung, Desa Penatih Dangin Puri, Denpasar Timur yang pagi itu secara langsung  menerima bantuan kursi roda tak mampu menyembunyikan rasa harunya. Ia mengaku bantuan kursi roda ini akan sangat membantunya untuk melakukan aktivitas di kesehariannya di rumah.

“Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Saya akan menggunakan kursi roda ini untuk aktivitas sehari-hari. Mudah-mudahan, warga lainnya yang membutuhkan dapat juga menerima bantuan seperti saya,” ungkapnya.

Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara di lokasi penyerahan mengemukakan, bantuan alat kesehatan seperti seperti kursi roda manfaat penting bagi lansia dan disabilitas, karena dapat membantu meningkatkan mobilitas serta  memungkinkan mereka bergerak dengan lebih bebas dan mandiri. Bantuan alat kesehatan juga dirasa dapat membantu dalam merawat diri lansia serta mengelola kondisi kesehatan, dan mengikuti perawatan medis dengan lebih baik.

Baca Juga  Seimbangkan Struktur Perekonomian Bali, Gubernur Koster Lirik Sektor Industri

“Dalam pernyerahan bantuan ini disesuaikan dengan kondisi fisik penerima dari lansia dalam meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup, kemandirian, serta membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah,” katanya. (eka/bi)

galungan
Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan dprd bali
Advertisements
pln ucapan
Advertisements
stikom
Advertisements
pemprov bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca