Sunday, 2 October 2022
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

ITB STIKOM Bali Lepas Empat Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka

BALIILU Tayang

:

stikom bali
Humas ITB STIKOM Bali Rahman (tengah) bersama empat peserta pertukaran mahasiswa merdeka. (Foto: Ist)

Denpasar, baliilu.com – Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB STIKOM Bali Ida Bagus Suradarma, SE, M.Si melepas empat mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (PMM Kemendikbudristek) bertempat di kampus ITB STIKOM Bali, Renon, Denpasar, Rabu (10/8/2022).

Keempat mahasiswa tersebut akan mengikuti perkuliahan selama satu semester  secara offline di perguruan tinggi (PT) penerima.  Pertama, Hergiano Pingko mahasiswa angkatan 2021 dari Program Studi (Prodi) Sistem Komputer ke ITB Bandung. Hergiano Pingko akan mengambil seluruh 20 SKS di ITB Bandung pada Prodi yang sama. Kedua, Ni Komang Ratih Tribanowati angkatan 2021 dari Program Studi Sistem Informasi ke Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Di sana, Ni Komang Ratih Tribanowati akan mengambil 14 SKS, dan mengikuti 6 SKS dari ITB STIKOM Bali (PT asal). Ketiga, William Gates dari Prodi Bisnis Digital angkatan 2021 ke Universitas Amikom Yogyakarta. William mengambil seluruh 20 SKS di PT penerima tersebut. Keempat atau terakhir, Luh Gede Liana Putri ke Universitas Budi Luhur Jakarta. Di sini, Luh Gede Liana Putri juga mengambil seluruh 20 SKS.

Dalam arahannya Ida Bagus Suradarma meminta keempat mahasiswa tersebut selalu mengikuti program tersebut sampai tuntas, baik kegiatan akademik maupun kegiatan nonakademik karena semua itu akan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.

“Saya yakni kembali dari sana anda akan memiliki kemampuan akademik yang lebih baik dan wawasan yang lebih luas karena bergaul dengan mahasiswa lain dari seluruh Indonesia,” kata Suradarma.

Suradarma menjelaskan, program PMM ini sejalan dengan semua program yang kita jalankan selama ini untuk meningkatkan wawasan mahasiswa seperti kuliah sambil magang offline di Jepang, kuliah sambil kerja offline di Inggris,  kuliah sambil magang online di Singapura, maupun mengikuti program International  Credit Transfer ke Dalian Neosoft Univerity of Information, China.

Baca Juga  Dosen ITB STIKOM Bali Ciptakan "Learning Management System" untuk SMK PGRI 2 Badung
Empat peserta pertukaran mahasiswa merdeka ITB STIKOM Bali bersama pimpinan ITB STIKOM Bali. (Foto: Ist)

“Semua itu dalam rangka meningkatkan citra kampus kita. Tahun ini kita berada di ranking 127 dari sekitar 4000 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Ini penilaian Webometrics, sebuah lembaga asing, jadi fair. Semester lalu kita baru berada di ranking 145,” sebut Suradarma.

Pada kesempatan ini Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Keuangan dan Sumber Daya ITB STIKOM Bali Dr. Ni Luh Putri Srinadi, SE, MM.Kom juga memberikan wejangan sekaligus dorongan moral kepada mahasiswa agar senantiasa menjaga diri selama di kampus tujuan.  “Jaga nama baikmu, nama baik keluarga, nama baik kampus dan nama baik Bali,” pesan Putri Srinadi.

Personal in Caharge Program PMM ITB STIKOM Bali Dr. Evi Triandini, M.Eng melaporkan, dibandingkan tahun lalu peserta outbond PMM ITB STIKOM Bali mengalami penuruan. Tahun lalu mahasiswa kita yang outbond sebanyak 12 orang, tahun ini hanya 4 orang. Tapi tahun ini kita di STIKOM Bali kedatangan mahasiswa inbound sebanyak 55 orang, mereka datang dari hampir seluruh kampus di Indonesia.

Sekedar diketahui, PMM – dalam rangka MBKM adalah program Menteri  Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadien Makarim yang memberikan hak mahasiswa untuk tiga semester mengikuti kegiatan di luar Prodinya. Yakni satu semester di luar prodi dalam perguruan tingginya dan dua semester di luar prodi di luar perguruan tingginya. Total seluruhnya dikonversi menjadi 60 SKS.

Khusus untuk PMM, mahasiswa akan mendapatkan berbagai kemudahan. Antara lain, SPP selama satu semester dibayar oleh negara, mendapat uang saku bulanan dari negara sebesar Rp 700.000, uang kos Rp 500.000 per bulan dan tiket PP dari kampus asal ke kampus tujuan dibiayai oleh negara serta mengikuti kegiatan budaya yang difasilitasi oleh PT penerima. (gs/bi)

Baca Juga  Mahasiswa ITB STIKOM Bali Juara Tinju Nasional dan Runner Up Silat

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWS

Kerahkan Tim DVI, Polri Gerak Cepat Berikan Pertolongan Korban Kerusuhan Laga Arema Vs Persebaya

Published

on

By

polri
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, di Jakarta pada Minggu (2/10/2022). (Foto: Ist)

Jakarta, baliilu.com – Polri menyatakan langsung bergerak cepat mengerahkan tim DVI dari Polda Jawa Timur (Jatim) dan rumah sakit setempat untuk mempercepat proses identifikasi koban laga antara Arema Vs Persebaya.

“Untuk saat ini tim DVI Dokkes Polri segera ke Malang untuk back up Tim DVI Polda Jatim dan RS setempat guna percepatan identifikasi korban,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, di Jakarta pada Minggu (2/10/2022).

Adapun Tim DVI tersebut dipimpin langsung oleh Brigjen Nyoman. Dedi Prasetyo menuturkan, gerak cepat itu dilakukan oleh kepolisian untuk memberikan pertolongan medis kepada suporter yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

“Dan fokus untuk memberikan pertolongan medis kepada korban-korban yang saat ini dirawat di beberapa rumah sakit,” ujar Dedi.

Diberitakan sebelumnya, pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 berakhir dengan tragedi. Suporter dan polisi menjadi korban kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu malam WIB 1 Oktober 2022. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Baca Juga  Mahasiswa ITB STIKOM Bali Juara Tinju Nasional dan Runner Up Silat
Lanjutkan Membaca

NEWS

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Giri Prasta: Pancasila Sebagai Rumah Bersama

Published

on

By

Kesaktian Pancasila
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara daring dari Ruang Command Center, Puspem Badung, Sabtu (1/10). (Foto : Ist)

Badung, baliilu.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, jajaran pimpinan Forkopimda dan Kepala OPD terkait di Lingkup Pemkab Badung mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022 secara daring dari Ruang Command Center, Puspem Badung. Upacara dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang berlokasi di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).

Pada kesempatan tersebut Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi upacara. Upacara ini juga dihadiri secara langsung oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua DPR RI Puan Maharani, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Seusai mengikuti seluruh rangkaian upacara, Bupati Nyoman Giri Prasta atas nama jajaran Pemerintah, Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Badung merasa bangga hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena rasa persatuan di tengah keberagaman terjalin erat berkat pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan.

“Bagi kami, Pancasila merupakan rumah kita bersama, luar biasa sekali keberadaan Pancasila ini dan kita beruntung sekali diikat oleh nilai-nilai luhur Pancasila. Sehingga Hari Kesaktian Pancasila ini kita junjung tinggi,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati Giri Prasta, keberadaan 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika merupakan panutan bagi Kabupaten Badung maupun bagi pihaknya secara personal.

“Bagi saya pribadi, 4 Pilar Kebangsaan merupakan harga mati untuk kita semua, ini adalah buah karya daripada para pejuang kita, dan kita sebagai generasi milenial sekarang ini sudah menikmati kemerdekaan sehingga kita harus mengisi kemerdekaan itu dengan baik,” tegasnya.

Baca Juga  Dua Dekade ITB STIKOM Bali, Puncak Acara di Pantai Pandawa Hadirkan Tulus

Sementara itu menyikapi persoalan rongrongan ideologi Pancasila secara internal dan eksternal yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia, Bupati Giri Prasta menyebut pihaknya sangat yakin dan percaya dengan Presiden Jokowi, TNI, Polri dan Tokoh-tokoh Bangsa Indonesia lainnya sebagai penjaga Pancasila dalam rangka mewujudkan program mulia Indonesia Emas. “Ke depan Indonesia akan bisa menjadi sejati-jatinya Indonesia Raya,” imbuhnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Kapolri dan Menpora ke Malang, Dua Fokus Awal Polri Tangani Kerusuhan Arema Vs Persebaya

Published

on

By

polri
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo saat jumpa pers, Minggu, 2 Oktober 2022. (Foto: Ist)

Jakarta, baliilu.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan pihaknya akan bergerak cepat menangani kerusuhan pertandingan sepak bola antara Arema Malang melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali akan berangkat ke Malang hari ini.

“Sesuai dengan perintah bapak Presiden hari ini Kapolri dan Menpora akan berangkat ke Malang,” kata Dedi, Minggu (2/10/2022).

Lebih lanjut, Dedi menuturkan Kapolri telah memberangkatkan tim DVI yang langsung menuju ke Malang kemudian mengerahkan seluruh tim dokter dari RS Bhayangkara Malang, RS Bhayangkara Kediri dan RS Bhayangkara Surabaya guna mempercepat proses identifikasi korban dan memberikan pelayanan kesehatan ke korban luka.

Dedi menuturkan, fokus Polri saat ini ada dua yaitu kerja sama dengan tim medis setempat dalam rangka memberikan pelayanan medis yang terbaik, supaya jumlah korban tidak bertambah.

“Yang kedua dengan jumlah korban yang begitu banyak tim DVI bekerja keras untuk segera identifikasi korban meninggal dunia dengan cepat agar korban dapat dikembalikan kepada keluarga masing-masing,” katanya.

Ia pun meminta rekan-rekan media bersabar menunggu perkembangan lanjutan baik dari sisi investigasi maupun penanganan korban.

“Hari ini Kapolri akan melaksanakan rapat dengan Menpora dan pemerintah daerah setempat dan hasilnya akan dievaluasi terlebih dahulu tentunya akan disampaikan ke rekan-rekan media,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 berakhir dengan tragedi. Suporter dan polisi menjadi korban kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu malam WIB 1 Oktober 2022. (gs/bi)

Baca Juga  Dua Dekade ITB STIKOM Bali, Puncak Acara di Pantai Pandawa Hadirkan Tulus

Advertisements
iklan pemprov

iklan dprd badung
Advertisements
iklan dprd bali
Advertisements
iklan pemkot ri
Advertisements
iklan hut ri
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca