Sunday, 21 July 2024
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

NEWS

Konsulat di Bali Dukung Pembentukan Forum Komunikasi Multisektor SKB

BALIILU Tayang

:

sosialisasi skb bpbd bali
SOSIALISASI SKB: BPBD Provinsi Bali saat mengadakan Sosialisasi SKB ke seluruh Perwakilan Konsul di Bali pada Jumat, 14 Juni 2024 di Sanur Resort Watu Jimbar. (Foto: BPBD Bali)

Denpasar, baliilu.com – Bali sebagai destinasi utama wisatawan domestik dan dunia penting memiliki kesadaran terhadap bencana. Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) adalah bukti keseriusan dan komitmen Pemerintah Provinsi Bali melalui BPBD Provinsi Bali dalam menciptakan Pariwisata Tangguh Bencana. Multihelix diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam menciptakan ketangguhan. Oleh karena itu, BPBD Provinsi Bali mengadakan Sosialisasi SKB ke seluruh Perwakilan Konsul di Bali pada Jumat, 14 Juni 2024 di Sanur Resort Watu Jimbar.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Konsul Jenderal Cina, Konsul Kehormatan Polandia, Konsul Kehormatan Romania, Konsul Kehormatan Spanyol, Per Acting Konsul Kehormatan Kolombia, Pro Konsul Inggris, dan Perwakilan Konsul negara Perancis, Meksiko, Swiss, Timur Leste, Ceko, Belanda, Australia, Rusia, Finlandia, Amerika Serikat, Hungaria, Korea Selatan, Jepang. Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali yang diwakili oleh Ida Ayu Nyoman Chandrawati, S.H., M. Par, Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Bali.

Kalaksa BPBD Provinsi Bali I Made Rentin menjelaskan, salah satu tujuan diadakan sosialisasi ini yaitu untuk mendapatkan dukungan dari para konsul untuk berkolaborasi dalam menciptakan Pariwisata Tangguh Bencana di Bali. Salah satunya dengan Si Kencana Duta Bali atau Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana (SKB) untuk Dunia Usaha Pariwisata. SKB penting karena dapat merubah paradigma respons pada tanggap darurat menjadi preventif sebelum terjadi bencana.

‘‘Sebagai bentuk percepatan SKB akan dibentuknya Forum Multisektor untuk mempererat kemitraan. Deklarasi Forum Komunikasi Multisektor SKB akan dilaksanakan pada Kamis, 20 Juni 2024 mendatang,‘‘ ujar Rentin. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Baca Juga  Dampak Cuaca Ekstrim, Masyarakat Diminta Waspada dan Berhati-hati

NEWS

Bupati Giri Prasta Buka Desa Kuwum Fest 2024

Published

on

By

desa kuwum
BUKA KUWUM FEST 2024: Bupati Giri Prasta saat membuka acara Kuwum Fest 2024 serangkaian HUT Ke-22 Desa Kuwum di Rest Area Desa Kuwum,Mengwi, Jumat (19/7). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan apresiasi yang tinggi kepada tokoh dan masyarakat Desa Kuwum yang memiliki persatuan dan semangat untuk membangun desanya sendiri. Semangat ini mampu membuat Desa Kuwum membuat sejarah yang luar biasa. Melihat antusiasme masyarakat membangun Desa Kuwum dan dengan bersatunya 3 pilar masyarakat yaitu Wiwerda, Winata dan Wimuda maka setengah perjuangan sudah berhasil dan apabila tidak bersatu maka setengah perjuangan akan gagal.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada 10 tokoh Desa Kuwum, Beliau telah mampu membuat legacy, sejarah baru ketika ide gagasan dan cita-cita bagaimana Desa kuwum dimekarkan pada tahun 2002, sehingga Desa Kuwum bisa sangat luar biasa seperti sekarang ini,” ucap Bupati Giri Prasta saat memberikan sambutan dan membuka acara Kuwum Fest 2024 serangkaian HUT Ke-22 Desa Kuwum di Rest Area Desa Kuwum, Mengwi, Jumat (19/7).

Acara Kuwum Fest sendiri diberikan bantuan melalui dana APBDes sebesar Rp. 500 juta, serta dukungan dana pribadi Bupati Giri Prasta untuk Sekaa Gong Remaja sebesar Rp. 10 juta dan Sekaa Gong Wanita sebesar Rp. 10 juta.

Disampaikan juga bahwa komitmen Pemkab Badung dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya melalui Perumda Pasar dan Pangan yang bekerja sama dengan Pekaseh se-Badung dalam membeli hasil produksi petani Badung dengan nilai diatas rata-rata harga pasar dan menggandeng BUMDes sebagai penyalur dan memasarkan kepada masyarakat sehingga petani tidak akan mengalami kerugian.

Selanjutnya terkait masalah bedah rumah, Bupati pastikan program tersebut terus berlanjut dengan menganggarkan Rp. 55 juta/rumah sehingga masyarakat memiliki hunian yang layak dan juga kepada UMKM yang sudah berperan aktif pada acara Desa Kuwum Fest, Pemkab Badung melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan sudah membuat kebijakan terhadap fasilitas pengajuan kredit untuk UMKM di Bank BPD Bali dengan bunganya dibayarkan oleh Pemerintah.

Baca Juga  Pemprov Bali Melalui BPBD Bantu Warga Kurang Mampu di Desa Sibetan

“Saya berterima kasih kepada kader posyandu dimana anak-anak muda ikut berpartisipasi. Sebelum masa jabatan saya sebagai Bupati berakhir Pebruari 2025, saya pastikan semua pembangunan infrastruktur, fasilitas umum milik masyarakat hingga ke Merajan akan saya selesaikan,” sambung Giri Prasta.

Perbekel Kuwum, Ida Bagus Tirtayasa menyampaikan, atas nama Pemerintah Desa Kuwum dan masyarakat Desa Kuwum mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati dalam acara Kuwum Fest dan atas bantuan yang telah diberikan kepada Desa Kuwum.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan seni, adat, budaya dan untuk memperkenalkan UMKM kami yang ada di Desa Kuwum. Seperti yang sering Bapak Bupati sampaikan, Kuwum boleh maju, Kuwum boleh berkembang tetapi jangan sampai kemajuan dan berkembangnya Kuwum menggerus akar budaya adat istiadat serta agama yang ada di Desa Kuwum. berdasarkan hal itulah, disamping merupakan visi dan misi yang kami tuangkan di dalam RPJMDes Desa Kuwum, bahwa kami selalu berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan seni adat dan budaya yang ada di desa kuwum,” ucapnya.

Turut hadir anggota  DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, tokoh masyarakat sekaligus anggota DPRD Badung I Wayan Regep dan masyarakat Desa Kuwun. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Wabup Suiasa Hadiri HUT Ke-53 ST Swakarya Banjar Keraman Abiansemal

Published

on

By

hut
HADIRI HUT: Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri puncak HUT Ke-53 ST. Swakarya Banjar Keraman, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (20/7). (Foto:Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri puncak HUT Ke-53 ST Swakarya Banjar Keraman, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (20/7). Turut hadir anggota DPRD Badung Ni Putu Yunita Oktarini, Perwakilan Kecamatan Abiansemal dan unsur tripika, Perbekel Desa Abiansemal, Bendesa Adat Abiansemal serta undangan lainnya.

Puncak HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Ketut Suiasa yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua ST Ida Bagus Abimana serta memberikan bantuan dana dari pemerintah sebesar Rp. 10 juta dan secara pribadi sebesar Rp. 4 juta.

Wabup Suiasa menyampaikan rasa terima kasih dan berharap ST Swakarya ke depan dapat ikut berperan aktif dalam menyukseskan program pemerintah. “Tanpa pemuda yang aktif, program pemerintah tidak akan dapat berjalan dengan baik, untuk itu jadikanlah Sekaa Teruna sebagai organisasi tempat belajar dalam mempererat tali persaudaraan dan melaksanakan adat dan budaya karena sejatinya Sekaa Teruna adalah organisasi yang bersifat tradisional berbasiskan adat,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan perayaan ulang tahun agar dijadikan momentum untuk mengintrospeksi diri sebagai organisasi. ”53 tahun merupakan usia dewasa, untuk itu mari jadikan momentum ulang tahun ini sebagai ajang introspeksi diri, apa yang telah kita sumbangkan dan lakukan kepada masyarakat. Intropeksi ini juga untuk meningkatkan jati diri serta dedikasi dalam melaksanakan Tri Hita Karana setidaknya di lingkungan sekitar,” imbuh Suiasa.

Sementara ketua ST Swakarya Ida Bagus Abimana melaporkan tema acara HUT kali ini adalah “Tuntas, Cepat, Cerdas”. Tuntas dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di ruang lingkup Sekaa Teruna maupun masyarakat sekitar, Cepat dalam mengambil tindakan apabila ada arahan dalam kegiatan sekaa truna maupun bebanjaran, Cerdas dalam memilih informasi agar di dalam sekaa truna mempunyai kepribadian yang kuat. (gs/bi)

Baca Juga  Cuaca Ekstrem ke Depan, Kalaksa BPBD Bali Made Rentin Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

NEWS

Bupati Giri Prasta Komit Dukung Pembangunan di Desa Kekeran

Published

on

By

hut
HADIRI HUT: Bupati Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Perayaan HUT Ke-31 Desa Kekeran di Lapangan Umum Lettu Rai Madra, Sabtu (20/7). (Foto: Hms Badung)

Badung, baliilu.com – Hadir pada Perayaan HUT Ke-31 Desa Kekeran, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengatakan rasa bangga dan berterima kasih kepada Perbekel,  BPD, tokoh serta masyarakat Desa Kekeran karena sudah mampu mengimplementasikan program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) Kabupaten Badung di Desa Kekeran.

“Untuk restorasi Pura Kahyangan Tiga Utamaning Mandala, Madya dan Sor Tahun 2025 saya selesaikan semua yang ada di Desa Kekeran utamanya di Pura Desa,” ucapnya seraya memberikan bantuan secara pribadi sebesar Rp. 10 juta kepada PKK Desa Kekeran sebagai dukungan dan motivasi.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Umum Lettu Rai Madra, Sabtu (20/7) tersebut dihadiri juga oleh Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Tripika Mengwi, Bendesa Adat Kekeran I Wayan Sukandia, Ketua BPD, Kaling dan Kelian Banjar se-Desa Kekeran serta tokoh dan masyarakat Desa Kekeran.

Selanjutnya Bupati Giri Prasta juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung pembangunan Desa Kekeran. Ia mengatakan bahwa Pemkab Badung akan terus memberikan bantuan kepada Desa Kekeran untuk meningkatkan infrastruktur dan kualitas hidup masyarakat.

“Pemkab Badung akan terus membantu Desa Kekeran dalam berbagai hal, seperti pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi, dan pengembangan sumber daya. Untuk puskesmas sesuai permohonan Bapak Perbekel yang sudah dikomunikasikan baik dengan BPD, saya akan selesaikan pembangunannya sebelum habis masa jabatan saya,” ujarnya.

Pemkab Badung dengan terobosannya sebagai upaya menguatkan dan peningkatan ekonomi masyarakatnya terhadap sektor UMKM, menjamin fasilitas kemudahan dalam permodalan pengembangan usaha.

“Saya berterima kasih kepada UMKM bahwa Desa Kekeran sudah mampu menciptakan usaha ekonomi mikro menengah, melalui fasilitas kredit BPD Bali masyarakat Badung yang memiliki UMKM boleh meminjam dengan bunga akan dibayarkan oleh pemerintah. Untuk hasil produksi pertanian, petani Badung melalui Perusahaan Pasar dan Pangan akan membeli hasil pertanian di atas rata-rata harga pasar sehingga menjamin hasil produksi terhadap gagal panen dan permainan tengkulak,” pungkas Giri Prasta.

Baca Juga  FT Unud Bersama BPBD Bali Gelar Workshop K3L

I Nyoman Suarda selaku Perbekel Desa Kekeran menyampaikan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta atas kehadirannya dan atas semua bantuan yang telah diberikan. Ia berharap Desa Kekeran dapat terus menjalin kerjasama yang baik, bersinergi dengan Pemkab Badung untuk kemajuan Desa Kekeran.

“Kami atas nama masyarakat Desa Kekeran mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Giri Prasta atas kehadirannya dan atas semua bantuan yang telah diberikan kepada desa kami. Kami berharap Desa Kekeran dapat terus menjalin kerjasama yang baik dengan Pemkab Badung untuk kemajuan pembangunan desa dan masyarakat Kekeran,” ujarnya. (gs/bi)

Advertisements
iklan sman 1 dps
Advertisements
gelombang 4b
Advertisements
waisak dprd badung
Advertisements
idul fitri dprd bali
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca