Saturday, 30 September 2023
Connect with us
https://www.baliviralnews.com/wp-content/uploads/2022/06/stikom-juni-25-2022.jpg

KESEHATAN

Sekda Rai Iswara Apresiasi Pelayanan BP Jamsostek Terapkan Protokol Kesehatan

BALIILU Tayang

:

de
TINJAU, Sekda Denpasar AAN Rai Iswara meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di kantor BP Jamsostek Cabang Bali-Denpasar, Kamis (25/6). (Foto:Ist)

Denpasar, baliilu.com – Penerapan protokol kesehatan agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19 dilaksanakan berbagai instansi, tak terkecuali di kantor BP Jamsostek Denpasar yang telah menerapkan One to Many. Sekda Denpasar, AAN Rai Iswara bersama Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab meninjau langsung pelaksanaan protokol kesehatan di kantor BP Jamsostek dan diterima langsung Kepala BP Jamsostek Cabang Bali – Denpasar Mohamad Irfan beserta jajaran, Kamis (25/6-2020).

Sekda Denpasar, AAN Rai Iswara memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan  protokol kesehatan yang diterapkan oleh kantor BP Jamsostek Denpasar dan berharap pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan maksimal.

“Kami Pemerintah Kota Denpasar sangat mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di kantor BP Jamsostek ini, sehingga dapat mencegah penularan Covid-19 khususnya di Denpasar. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat tetap berjalan secara lancar,” ujar Rai Iswara. Pelaksanaan protokol kesehatan di BP Jamsostek mulai dari pengukuran suhu tubuh, tempat cuci tangan, pemakaian masker hingga pengaturan tempat duduk sudah dilakukan, termasuk layanan dengan menggunakan IT.

Lebih lanjut dikatakan di masa pandemi ini, semua pihak termasuk masyarakat harus dapat bekerja sama untuk mencegah penularan Covid-19 di Kota Denpasar.  “Saya harapkan untuk semua masyarakat agar tetap waspada serta mengikuti anjuran pemerintah melaksanakan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, serta menjaga kebersihan,” katanya.

Sementara Kepala BP Jamsostek Cabang Bali – Denpasar, Mohamad Irfan mengatakan pihaknya juga sudah melakukan layanan klaim melalui daring (online), one to one dan juga one to many. Terkait layanan secara online protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) sudah dimulai dari 23 Maret 2020 hingga saat ini. Selain mempermudah peserta, melalui penerapan protokol Lapak Asik pihaknya menjamin pelayanan yang diberikan sesuai standar yang berlaku di BP Jamsostek.

Baca Juga  IDI Denpasar: Percepat Penanganan Covid-19, Lakukan Tes Lebih Masif dan Terus-menerus

“Melalui protokol Lapak Asik ini peserta cukup mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) melalui website antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi BPJSTKU dari rumah dan tidak perlu datang ke kantor,” katanya.

Ia menambahkan BP Jamsostek mengembangkan sendiri aplikasi pendukung Lapak Asik.  “Dengan menggunakan aplikasi internal yang telah dimiliki (SMILE), dipadukan dengan aplikasi video conferencing TrueConf. Beberapa cabang yang masih terkendala dengan hardware, untuk sementara menggunakan Aplikasi Video Conference lainnya dengan tetap memperhatikan keamanan data para peserta,” pungkasnya. (*/eka)

Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
dprd bali
Advertisements
iklan galungan PDI Perjuangan Bali
Advertisements
hut ri
Advertisements
hut bali dprd badung
Advertisements
iklan

KESEHATAN

Cek Kesehatan Gratis SMSI Bali Gandeng RSU Puri Raharja Membludak, Tembus 439 Orang

Published

on

By

FOTO BERSAMA: Kadis Kominfos Bali Gede Pramana berfoto bersama Dirut RSU Puri Raharja Dr. Bagus Darmayasa, anggota DPD RI Mangku Pastika didampingi seluruh pengurus SMSI Bali sesaat gelaran bakti sosial cek kesehatan gratis gelaran SMSI Bali gandeng RSU Puri Raharja, Minggu, 24 September 2023 di Lapangan Nii Mandala Renon Denpasar. (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Bakti sosial berupa layanan kesehatan cek kesehatan gratis yang diadakan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali dengan menggandeng RSU Puri Raharja mendapat perhatian luar biasa dari pengunjung car free day yang dilaksanakan di Lapangan IG Ngurah Rai Niti Mandala Renon Denpasar. Peserta yang ingin mengikuti cek kesehatan gratis membludak hingga menembus 439 orang.

Dalam kegiatan ini, RSU Puri Raharja yang mengerahkan tim medisnya menyiapkan pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah dan pemeriksaan kolesterol. Dalam waktu sekitar 2 jam pelaksanaan, 439 orang mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Salah satu yang ikut bergabung untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan itu adalah Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali Gede Pramana.

“Kolaborasi yang dilakukan SMSI sangat baik dan bermanfaat untuk masyarakat. Kalau perlu bisa diadakan rutin setiap Minggu, dengan menggandeng yang lain, seperti misalnya Fakultas Kedokteran Universitas yang ada di Bali,” kata Gede Pramana, Minggu, 24 September 2023.

kadiskominfos
Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana saat mengunjungi kegiatan baksi sosial cek kesehatan gratis gelaran SMSI Bali gandeng RSU Puri Raharja, Minggu, 24 September 2023 di Lapangan Nii Mandala Renon Denpasar. (Foto: ist)

Gede Pramana mengatakan, Pemerintah Provinsi Bali melalui Diskominfos sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan SMSI Provinsi Bali dan RSU Puri Raharja. Menurutnya, kesehatan memegang peranan penting dalam rangka meningkatkan kemajuan pembangunan. Sebagai wadah perusahaan media online, SMSI Bali telah turut berperan dalam pembangunan melalui pemeriksaan dasar kesehatan.

“Dampaknya tentu sangat dirasakan masyarakat, apalagi untuk teman-teman wartawan, dengan kesehatan yang prima tentu akan mendukung aktivitas dalam mengelola pemberitaan,” ungkapnya.

Kegiatan diawali jalan santai di Lapangan Renon. Kemudian dilanjutkan dengan Senam Sehat Jiwa Raga. Kegiatan juga melibatkan unsur kepolisian, Direktur Direktorat Samapta Polda Bali Kombes Pol. I Gede Adhi Mulyawarman.

“Dukungan juga diberikan oleh pengurus Kadin Bali, BPD Bali, dan Krishna Oleh-Oleh,” kata Dirut RSU Puri Raharja dr. Gede Bagus Darmayasa.

Baca Juga  Sekda Rai Iswara Tinjau 117 Orang Diswab Test di Puskesmas Pembantu Pemecutan

Sementara, Wakil Ketua Bidang Organisasi SMSI Bali Agustinus Apollonaris KD menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak RS Puri Raharja atas dukungan dalam bakti sosial ini.

“Ini merupakan bakti sosial yang kedua kami laksanakan di Lapangan Renon untuk menjawab antusiasme masyarakat melakukan pengecekan kesehatan secara gratis,” kata Apollonaris.

Kegiatan serupa juga digelar SMSI Provinsi Bali kerjasama dengan RSU Bhakti Rahayu pada Minggu (17/9/2023). Ratusan masyarakat antusias hingga rela mengantre untuk melakukan pengecekan kesehatan.

Pada pemeriksaan kesehatan ini, keluhan yang umum dirasakan masyarakat adalah tekanan darah tinggi dan kadar gula darah. Beberapa pasien juga ada yang dirujuk untuk pemeriksaan mendalam karena tensi dan gula darah yang melebihi ambang batas normal. (gs/bi)

Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
dprd bali
Advertisements
iklan galungan PDI Perjuangan Bali
Advertisements
hut ri
Advertisements
hut bali dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

SMSI Bali Gandeng RSU Puri Raharja Gelar Cek Kesehatan Gratis di Lapangan Niti Mandala

Published

on

By

cek kesehatan
CEK KESEHATAN: Direktur Utama RS Puri Raharja dr. Gede Bagus Darmayasa (tengah) bersama Ketua Panitia Ngurah Dibia (kanan) dan Wakil Ketua Bidang Organisasi SMSI Bali, Agustinus Apollonaris KD saat memantau persiapan cek kesehatan gratis di Lapangan Renon, Denpasar, Sabtu (23/9/2023) sore. (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Serangkaian jelang pelantikan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali periode 2023 – 2028, digelar aksi bakti sosial (baksos) cek kesehatan gratis berkolaborasi dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Puri Raharja bertepatan dengan Car Free Day (CFD) di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar. Tepatnya di lapangan barat, di sebelah timur Kantor Pusat BPD Bali, Minggu (24/9/2023) pagi.

Seluruh dokter dan juga perawat yang bertugas di RSU Puri Raharja akan dilibatkan dalam acara baksos kesehatan tersebut, sehingga kegiatan berjalan lancar saat kegiatan berlangsung.

“Pelayanan kesehatan mulai dari pengecekan tensi, gula darah, dan lainnya. Check up kesehatan gratis ini untuk mendukung bakti sosial yang digelar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali. Kami kerahkan seluruh dokter, perawat, dan juga staf RSU Puri Raharja untuk melayani pengecekan kesehatan gratis kepada masyarakat umum, yang melakukan olahraga di Lapangan Renon ini. Jadi silakan datang,” ajak Direktur Utama RS Puri Raharja dr. Gede Bagus Darmayasa saat ditemui di sela-sela persiapan di Lapangan Renon, Denpasar, Sabtu (23/9/2023) sore.

Dijelaskan pula, sebelum pelayanan kesehatan gratis, bakal diawali jalan santai mengelilingi Lapangan Renon. Kemudian dilanjutkan dengan Senam Sehat Jiwa Raga.

“Kegiatan ini bakal melibatkan Dit Samapta Polda Bali yang dipimpin Kombes Pol. I Gede Adhi Mulyawarman, dan didukung Kadin Bali, BPD Bali, dan Krishna Oleh-Oleh,” sebut dr. Bagus.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi SMSI Bali, Agustinus Apollonaris KD menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak RSU Puri Raharja atas dukungan dalam bakti sosial ini.

“Ini merupakan bakti sosial yang kedua kami laksanakan di Lapangan Renon sebelah barat. Ini untuk menjawab antusiasme masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan secara gratis,” ungkapnya didampingi Ketua Panitia I Gusti Ngurah Dibia bersama pengurus SMSI lainnya Jeffry Karangan (Bang JK), Bang Kristo, dan Rosihan Anwar.

Baca Juga  IDI Denpasar: Percepat Penanganan Covid-19, Lakukan Tes Lebih Masif dan Terus-menerus

Sebelumnya, lanjut dia, kegiatan serupa juga dilakukan di lapangan ini. Tepatnya pada hari Minggu (17/9/2023).

“Ini kali kedua, yang mana saat ini bekerja sama dengan RSU Puri Raharja pimpinan dr. Bagus yang banyak men-support kita dan saya harapkan lebih meriah karena melibatkan lintas instansi dan organisasi. Sebelumnya didukung oleh RSU Bhakti Rahayu, ratusan masyarakat sangat antusias hingga mengantre untuk cek kesehatan seperti tensi, kolesterol, gula darah, dan asam urat. Usai pelantikan pengurus pada 19 Oktober nanti, kita kembali lanjutkan baksos bersama RSU Bhakti Rahayu,” sambung Ketua Panitia Ngurah Dibia. (*/gs)

Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
dprd bali
Advertisements
iklan galungan PDI Perjuangan Bali
Advertisements
hut ri
Advertisements
hut bali dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca

KESEHATAN

Dekatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkot Denpasar Gelar Safari Kesehatan

Published

on

By

safari kesehatan di desa pemecutan kaja
SAFARI KESEHATAN: Dinas Kesehatan Kota Denpasar melaksanakan Safari Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023 di Kantor Perbekel Desa Pemecutan Kaja Kecamatan Denpasar Utara pada Jumat (22/9). (Foto: ist)

Denpasar, baliilu.com – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar melaksanakan Safari Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023 di Kantor Perbekel Desa Pemecutan Kaja Kecamatan Denpasar Utara pada Jumat (22/9). Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Jenis pemeriksaan kesehatan yang dilayani antara lain promosi kesehatan, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, screening Penyakit Tidak Menular (PTM) dan pengobatan dari UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Utara.

Selain itu, pelaksanaan Safari Kesehatan ini turut menggandeng Laboratorium Klinik Prameka yang memberikan pelayanan IVA Test, RSUD Wangaya Kota Denpasar memberikan pelayanan Fisioterapi dan kesehatan tradisional, John Fawcett Foundation Indonesia (JFF) memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata dan obat tetes mata sesuai hasil pemeriksaan, Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali memberikan pelayanan Fisioterapi, serta BPJS Kesehatan Cabang Denpasar yang melayani kepesertaan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, A.A. Ayu Candrawati mengatakan, safari kesehatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan ini untuk mengecek kesehatan dan berkonsultasi kepada dokter yang berkompeten di bidangnya.

“Safari Kesehatan ini, selain untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional, juga untuk mendekatkan pelayanan kesehatan, kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan ini untuk mendukung terciptanya kesehatan masyarakat yang berkelanjutan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, koordinasi yang baik dengan seluruh pihak yang terlibat sangat menunjang lancarnya kegiatan safari kesehatan. Safari kesehatan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai upaya promotif, preventif, dan kuratif demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Koordinasi yang baik dengan seluruh pihak yang terlibat menunjang lancarnya kegiatan safari kesehatan yang tentunya berdampak baik pula manfaatnya bagi masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga  Update Covid-19 (22/7) di Bali, Pasien Sembuh Bertambah 68 Orang

Sementara, Perbekel Desa Pemecutan Kaja, AA Ngurah Arwata memberikan apresiasi sekaligus berterimakasih atas pelaksanaan safari kesehatan ini. Hal ini lantaran mampu memberikan pelayanan langsung ke masyarakat.

“Tentu kami selaku masyarakat di Desa Pemecutan Kaja mengucapakan terimakasih atas perhatian Pemerintah Kota Denpasar dalam memberikan pelayanan kesehatan secara merata langsung ke tengah masyarakat. Kami harap kegiatan ini terus berkelanjutan,” ujarnya. (eka/bi)

Advertisements
galungan dprd badung
Advertisements
galungan pemprov
Advertisements
dprd bali
Advertisements
iklan galungan PDI Perjuangan Bali
Advertisements
hut ri
Advertisements
hut bali dprd badung
Advertisements
iklan
Lanjutkan Membaca